Bisnis Franchise: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

Jika membeli bisnis yang sudah mapan tidak cocok untuk Anda karena biaya yang cukup mahal, tetapi memulai bisnis dari awal kedengarannya agak menakutkan karena Anda belum memiliki pengalaman, Anda mungkin cocok untuk memilih bisnis franchise.

Apa itu Bisnis Franchise?

Bisnis franchise atau waralaba pada dasarnya adalah membangun hubungan franchisee atau pewaralaba membayar biaya awal dan royalti yang berkelanjutan kepada pemilik merek dagang franchise atau yang disebut franchisor.

Sebagai imbalannya, pewaralaba memperoleh penggunaan merek dagang, dukungan berkelanjutan dari franchisor, dan hak untuk menggunakan sistem franchise untuk melakukan bisnis dan menjual produk atau layanannya.

Selain nama merek terkenal, bisnis franchise menawarkan banyak keuntungan lain yang tidak tersedia untuk pengusaha ingin memulai bisnis dari awal.

Baca juga: Ingin Beternak Kambing? Perhatikan 10 Tips ini Untuk Sukses

Cocokkah Bisnis Franchise Untuk  Pemula?

Mungkin yang paling penting adalah Anda akan mendapatkan sistem operasi dan pelatihan yang sudah terbukti berhasil. Dengan memilih bisnis franchise Anda dapat menghindari banyak kesalahan yang biasanya dibuat oleh pengusaha pemula karena pemilik waralaba telah menyempurnakan operasi harian melalui trial and error.

Franchisor yang memiliki reputasi baik melakukan riset pasar sebelum menjual outlet baru, sehingga Anda akan merasa lebih percaya diri bahwa ada permintaan untuk produk atau layanan yang akan Anda tawarkan.

Gagal melakukan riset pasar yang memadai adalah salah satu kesalahan terbesar yang biasanya dilakukan oleh pengusaha independen; sebagai franchisee, itu dilakukan untuk Anda. Franchisor juga memberi Anda gambaran yang jelas tentang kompetisi dan bagaimana membedakan bisnis Anda dari mereka.

Akhirnya, pewaralaba menikmati keuntungan dari kekuatan dalam jumlah. Anda akan mendapatkan keuntungan dari skala ekonomis dalam membeli bahan, persediaan dan layanan, seperti iklan, serta dalam negosiasi untuk lokasi dan persyaratan sewa.

Sebagai perbandingan, Bisnis independen harus bernegosiasi sendiri, biasanya mendapatkan penawatan yang kurang menguntungkan. Beberapa pemasok tidak akan berurusan dengan bisnis baru atau akan menolak bisnis Anda karena bisnis Anda tidak cukup besar.

Baca juga: Apa Itu Produsen, Distributor, dan Konsumen?

Mana yang Lebih Baik: Franchise atau Business Opportunity?

Business opportunities kurang terstruktur daripada waralaba, sehingga definisi apa yang merupakan business opportunity tidak mudah dijabarkan.

Pada dasarnya, business opportunity adalah menawarkan setiap paket barang atau jasa yang memungkinkan pembeli untuk memulai bisnis dan di mana penjual menyatakan bahwa ia akan menyediakan rencana pemasaran atau rencana penjualan, bahwa ada pasar untuk produk atau layanan, dan bahwa usaha ini akan menguntungkan.

Berikut adalah faktor kunci lainnya:

  • Business opportunity umumnya tidak menonjolkan merek dagang penjual; pembeli beroperasi dengan namanya sendiri.
  • Business opportunity cenderung lebih murah daripada franchise dan umumnya tidak mengenakan biaya royalti yang berkelanjutan.
  • Business opportunity memungkinkan pembeli untuk melakukan pemasaran tanpa batasan seperti pasar geografis dan operasi.
  • Sebagian besar business opportunity tidak memiliki hubungan suportif yang berkelanjutan antara penjual dan pembeli; setelah paket awal dijual, pembeli harus memasarkannya sendiri.

Baca juga: 10 Inspirasi Usaha yang Bisa Anda Lakukan dengan Modal Kecil

bisnis franchise 2

Kelebihan Bisnis Franchise

Kekuatan terbesar dari bisnis franchise adalah kemampuannya untuk menyatukan retailer independen menggunakan satu merek dagang dalam satu konsep bisnis. Manfaatnya banyak, seperti: kesadaran merek, keseragaman dalam memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan, kekuatan dari kumpulan iklan dan efisiensi pembelian kelompok.

Untuk pemilik perorangan, ada beberapa keuntungan dari franchise. Risiko kegagalan bisnis yang selalu ada berkurang ketika program bisnis telah terbukti berhasil di pasar; penggunaan merek dagang yang mapan menghemat biaya pemilik bisnis dan mengiklankan nama yang akan dikenali pelanggan; dan keuntungan dari iklan dan pembelian grup membuat operasi lebih menguntungkan.

Selain itu, pelatihan yang berkelanjutan menciptakan keahlian operasional instan yang seharusnya diperoleh dari operasi harian melalui trial and error. Juga, dengan bisnis franchise, ekspansi akan datang secara lebih alami.

Mengoperasikan franchise atau waralaba yang sukses dapat dengan cepat mengarah pada membangun bisnis kedua dan kemudian ketiga, dan seterusnya. Keuntungan lebih mudah dibangun dengan cara ini.

Keuntungan Franchise Lebih Jauh:

  • Pengurangan risiko
  • Turnkey operation
  • Produk dan sistem terstandarisasi
  • Sistem keuangan terstandarisasi
  • Daya beli kolektif
  • Pengawasan dan konsultasi sudah tersedia
  • Program periklanan nasional dan lokal
  • Iklan point-of-sale
  • Kemasan seragam
  • Penelitian dan pengembangan yang terus berlangsung
  • Biasanya memiliki asisten Keuangan
  • Panduan pemilihan lokasi
  • SOP sudah disediakan
  • Bantuan penjualan dan pemasaran

Kekurangan Bisnis Franchise

Namun, bisnis franchise bukan untuk semua orang. Jika Anda ingin segala sesuatunya harus dilakukan dengan cara Anda, mungkin jenis bisnis ini tidak cocok untuk Anda.

Ketahuilah bahwa beberapa sistem bisnis franchise lebih baik daripada yang lain. Program waralaba yang lemah tidak akan melatih Anda dengan baik untuk menangani tantangan bisnis, tidak akan melakukan pekerjaan yang baik untuk membantu Anda ketika masalah muncul, dan tidak akan melakukan pemasaran iklan karena itu dianggap membuang-buang anggaran.

Kekurangan Franchise Lebih Jauh:

  • Kurangnya kendali
  • Kontrak yang mengikat
  • Masalah franchisor berarti juga masalah Anda

Jika Anda mempertimbangkan untuk melakukan bisnis franchise, jangan biarkan harapan liar mempengaruhi keputusan Anda.

Ingatlah, waralaba atau franchise dirancang untuk menempatkan orang ke dalam bisnis yang belum pernah memiliki bisnis sebelumnya, kegembiraan kepemilikan dapat menciptakan dorongan untuk bergerak maju tanpa perencanaan yang tepat.

Jika Anda terburu-buru untuk membuka bisnis franchise dan berharap dapat meningkatkan pemasukan Anda saat ini, percayalah, ini tidak akan semudah itu. Dalam bisnis apapun tidak ada yang pasti, Anda mungkin akan mendapati bahwa Anda akan mengalami kerugian atau target pendapatan Anda melenceng dari yang Anda harapkan pada saat awal Anda membuka bisnis tersebut.

Bekerjalah dengan akuntan yang baik untuk menyiapkan proyeksi arus kas untuk bisnis sebelum Anda terjun. Ketahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai BEP atau titik impas dan menghasilkan laba, serta jumlah gaji yang secara realistis untuk diri Anda.

Untuk memaksimalkan perencanaan keuangan dan pencatatan seluruh transaksi pada bisnis Anda nantinya, Anda bisa menggunakan software akuntansi yang mudah digunakan dan memiliki harga terjangkau seperti Accurate Online.

Ingin mengenal lebih jauh tentang bisnis waralaba atau franchise? Baca artikel di bawah ini:

Biaya Terkait Bisnis Franchise

Dalam hal investasi modal, biaya waralaba Anda akan ditentukan oleh profitabilitas bisnis. Sebagian besar perusahaan memiliki skala dalam hal biaya waralaba. Mereka dapat memiliki rentang yang bervariasi, tergantung pada ukuran sistem.

Selain biaya pendaftaran dan untuk bergabung pada sistem franchise tersebut, franchisor kadang juga memberikan kepada Anda untuk hak istimewa menggunakan konsep bisnis, menghadiri program pelatihan mereka, dan mempelajari seluruh bisnis, juga akan ada biaya royalti yang berkelanjutan, biasanya berkisar 2 hingga 10 persen, atau angka bulanan dari setiap penghasilan pada bisnis franchise Anda.

Beberapa biaya lain yang terkait dengan waralaba meliputi:

Lokasi fasilitas

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin juga harus membeli tanah atau bangunan, atau Anda mungkin harus menyewa tempat. Jika Anda menyewa tempat, Anda tidak hanya akan bertanggung jawab atas sewa bulanan tetapi juga untuk uang jaminan.

Peralatan

Berbagai jenis bisnis akan membutuhkan berbagai peralatan, termasuk jika Anda berencana untuk melakukan bisnis franchise. Peralatan yang diperlukan tergantung dengan bisnis franchise yang Anda pilih. Salah satu peralatan yang harus ada dalam toko Anda nantinya adalah tanda pada toko.

Papan tanda luar bisa sangat mahal bagi pemilik usaha kecil. Kebanyakan pemilik waralaba telah mengembangkan paket tanda yang wajib dibeli oleh pemegang waralaba.

Baca juga: Mengenal Perusahaan Manufaktur, Karakter, Contoh, Dan Proses Bisnisnya

Stok Awal

Ini biasanya terdiri dari sedikitnya dua minggu persediaan, kecuali jika Anda berada dalam bisnis yang membutuhkan stok yang jauh lebih variatif atau bisnis franchise Anda hanya menyediakan layanan dan bukan barang. Kebanyakan pemilik waralaba akan memberi tahu Anda apa persyaratan inventaris atau stok pada saat pembukaannya.

Biaya Iklan

Biasanya ada biaya untuk beriklan secara regional atau nasional. Kebanyakan pemilik waralaba yang lebih besar membutuhkan pemegang waralaba mereka untuk membayar jumlah tertentu yang digunakan untuk memajukan konsep pemasaran. Sisi baiknya adalah manfaatnya cukup besar dalam hal visibilitas yang Anda dapatkan dengan jenis iklan yang dilakukan sebagian besar pemilik jaringan waralaba.

Baca juga: Hal yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Mendirikan Bisnis Properti

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum Anda membangun dan bekerjasama dalam bisnis franchise. Bisnis apapun, hal utama yang Anda harus lakukan adalah konsisten dan berkomitmen dalam membangun bisnis yang sukses.

Perhatikan juga proses keuangan dalam usaha Anda, terutama pada fase awal memulai bisnis. Anda harus mengatur semua pengeluaran secara ketat dan meminimalisir pemborosan pada pengeluaran.

Gunakanlah software akuntansi yang telah terpercaya dan mudah digunakan seperti Accurate Online untuk kemudahan pembukuan dan analisa keuangan usaha Anda.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah dipercaya oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis termasuk para pebisnis franchise sebagai solusi kemudahan pembukuan dan pemantauan data finansial usaha mereka.

Jadi apalagi yang masih Anda ragukan? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate berhenti membuang waktu