Bisnis Skincare dan Tips Sukses untuk Menjalankannya

Di tengah ketidakpastian yang terjadi dalam industri ritel, bisnis skincare dan kecantikan justru semakin berkembang. Berdasarkan laman The NPD Group, salah satu perusahaan yang fokus pada market research, melaporkan bahwa bisnis skincare menyumbanng sebanyak 45% dari total keuntungan industri ritel.

Bahkan, ada banyak sekali penelitian yang memprediksi bahwa bisnis skincare akan menjadi bisnis terdepan di dalam industri ritel untuk beberapa tahun selanjutnya.

Itu artinya, hal tersebut menjadi kesempatan emas untuk Anda yang ingin memulai bisnis ini. Namun tanpa adanya strategi yang tepat, membangun bisnis ritel juga akan menjadi bumerang untuk Anda, terlebih lagi saat ini juga banyak sekali brand skincare yang muncul dan menawarkan berbagai konsep serta strategi pemasaran yang unik dan kreatif.

Nah, agar bisa memenangkan persaingan yang terjadi antar bisnis kosmetik, maka Anda harus bisa membuat sistem perencanaan yang matang. Untungnya, kami sudah merangkum berbagai tips yang Anda perlukan dalam membangung bisnis skincare di bawah ini.

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Skincare

1. Mengikuti Tren dan Memahami Kebutuhan Konsumen

Anda tidak akan bisa membangun bisnis kosmetik yang sukses tanpa mengikuti perkembangan tren yang terjadi saat ini. Bila memang Anda ingin selangkah lebih maju, maka berusahalah untuk lebih up to date dari kompetitor. Anda bisa berlangganan di beragam situs website kecantikan terkenal agar bisa mengetahui produk terbaru yang dikeluarkan oleh kompetitor.

Anda juga bisa membaca beragam rubrik fashion saat ini, menonton video terkait make up di YouTube, serta mengikut berita terbaru tentang skincare di media sosial. Hal tersebut nantinya akan membantu Anda untuk bisa mengembangkan ide terkait produk make up yang saat ini digemari oleh konsumen.

Selain itu, Anda juga bisa membuat sebuah survei untuk bisa mencari tahu produk kosmetik apa yang sedang diperlukan oleh konsumen saat ini, apa yang mereka peroleh dari suatu brand skincare, dan alasan mereka lebih menggunakan produk skincare tertentu. Sehingga, Anda akan terbantu dalam berinovasi pada produk skincare Anda.

2. Tentukanlah Image yang Ingin Anda Lekatkan

Anda harus memikirkan citra atau imej apa yang ingin Anda bangun secara matang. Pelanggan akan lebih memilih brand yang lebih peduli dengan isu sosial dan lingkungan. Untuk itu, sangat disarankan untuk memerhatikan beragam isu penting di sekitar Anda dan juga menunjukkan kepedulian Anda pada isu tersebut dengan menggunakan brand Anda.

Baca juga: 6 Langkah Menerapkan Lean Manufacturing Secara Mudah

3. Berikanlah Sentuhan yang Berbeda

Tips sukses membangun bisnis skincare selanjutnya adalah memberikan sentuhan yang berbeda dengan kompetitor lain. Anda bisa mengambil contoh dari produk skincare lain yang sudah lebih dahulu terkenal, namun jangan menirunya sama persis.

4. Permudah Konsumen untuk Menemukan Brand Anda

Di era digitalisasi seperti saat ini, banyak orang yang menggunakan channel-nya untuk berbelanja. Banyak generasi milenial yang mungkin sebagian besar dari konsumen Anda dan tidak bisa dipisahkan lagi dari teknologi. Untuk itu, pastikanlah untuk bisa memudahkan mereka untuk menemukan brand secara Anda secara online.

Anda bisa menjalankan bisnis skincare Anda di situs e-commerce dan juga di media sosial, atau bisa juga di marketplace. Dengan menambahkan sales channel, maka Anda akan terbantu dalam meningkatkan brand awareness dan penjualan.

Agar bisa lebih memudahkan Anda dalam mengelola pesanan, melihat data penjualan dan mengatur persediaan produk di setiap marketplace, Anda bisa menggunakan teknologi yang bisa mengotomatisasi hal tersebut.

5. Ciptakanlah Customer Experience yang Unik

Saat ini, pelanggan tidak hanya akan mementingkan produk Anda saja, tapi juga pengalaman yang mereka peroleh. Contohnya, bila Anda pergi ke suatu mall, pasti Anda akan melihat bahwa ada banyak orang yang lebih suka pergi ke toko makeup yang mampu menyediakan layanan pelanggan yang baik, seperti konsultasi atau mencoba make up gratis.

Namun karena hampir semua bisnis skincare itu memberikan pelayanan yang sama, akan lebih baik jika Anda memikirkan suatu hal yang berbeda. Anda bisa meniru ide kreatif yang dilakukan oleh Sephora. Bisnis Skincare terkenal dari Perancis ini menyediakan aplikasi dengan nama Virtual Artist yang memungkinkan setiap pelanggannya untuk bsia mencoba produk makeup secara virtual.

Selain itu, Sephora pun mampu mengintegrasikan pengalaman berbelanja online dan offline dengan mengizinkan para pelanggannya untuk membeli produk di situs website mereka dan mengambilnya di toko mereka.

Mereka juga menyediakan chatbot yang berguna sebagai makeup consultant untuk para pelanggan mereka. Dengan begitu, tidak heran jika mereka berhasil mendapatkan omset yang besar.

Baca juga: Apa itu Transportasi Logistik? Ini Pengertian dan Tips Memaksimalkannya!

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang tips menjalankan bisnis skincare. Agar lebih memudahkan Anda dalam mengelola bisnis skincare, Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Kenapa? Karena Accurate Online mampu mencatat setiap transaksi yang terjadi pada bisnis skincare Anda secara otomatis serta menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat.

Selain itu, Accurate Online juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur bisnis lain yang mampu memudahkan Anda dalam mengelola persediaan barang, menyelesaikan kegiatan penjualan dan pembelian dengan cepat, mengurus administrasi perpajakan, dan masih banyak lagi.

Dengan begitu, Anda bisa mengerjakan pekerjaan lain dan lebih fokus dalam mengembangkan bisnis melalui strategi yang tepat.

Penasaran dengan Accurate Online? Anda bisa mencobanya sendiri selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.