Apa itu Transportasi Logistik? Ini Pengertian dan Tips Memaksimalkannya!

Di dalam bisnis jasa pengiriman, manajemen transportasi adalah suatu aspek yang sangat penting. Anda tidak bisa menjalankan bisnis tanpa adanya transportasi logistik.

Nah, untuk membantu Anda dalam memaksimalkan sistem pengelolaan bisnis transportasi logistik, Anda bisa membaca tipsnya di bawah ini.

Tips Memaksimalkan Bisnis Transportasi Logistik

1. Lakukan Evaluasi Secara Menyeluruh

Hal pertama yang harus Anda lakukan agar transportasi logistik bisa berjalan dengan baik adalah melakukan evaluasi terkait manajemen transportasi. Evaluasi tersebut mencakup performa kurir, rute pengiriman, kondisi kendaraan, penggunaan bahan bakar, dan lain sebagainya.

Evaluasi yang dilakukan secara menyeluruh nantinya akan mempermudah Anda dalam memaksimalkan efisiensi dan mencari tahu apa yang membuat biaya operasional jadi sangat besar. Anda akan mengetahui kesesuaian pemilihan rute pengiriman, tingkat penggunaan bahan bakar, kinerja kurir, dan keluhan dari pelanggan.

Selain itu, cobalah untuk melakukan analisa kembali terhadap metode pengiriman yang Anda gunakan, apakah memang sudah efektif dan memberikan keuntungan yang baik atau belum.

Selain itu, cobalah untuk mencari tahu tentang apa yang paling sering dikeluhkan oleh para pelanggan. Caranya bisa menggunakan survei kepuasan pelanggan atau menelpon langsung ke mereka.

2. Berikanlah Nilai Tambah Pada Layanan Anda

Perlu Anda sadari bahwa saat ini hampir semua bisnis jasa pengiriman saling berlomba-lomba dalam meningkatkan layanan mereka agar bisa menjadi pilihan utama untuk pelanggan.

Anda harus meluangkan banyak waktu untuk mencari tahu nilai tambah yang bisa Anda berikan pada layanan. Daripada memberikan potongan harga atau harga promo di dalam jasa pengiriman, Anda bisa memanfaatkan layanan lain yang lebih berguna, seperti pengiriman privat, prioritas pengiriman, pilihan jenis transportasi dan durasi waktu pengiriman yang beragam.

Dengan begitu, bisnis Anda akan memiliki nilai tambah yang lebih tinggi. Pelanggan akan memaklumi biaya jasa yang lebih mahal bila mereka bisa mendapatkan manfaat yang lebih baik.

3. Ciptakanlah Koordinasi yang Baik Antara Back Office & Kurir

Kurir memiliki tanggung jawab penuh untuk mengantarkan pesanan dari pengirim sampai ke tempat tujuan. Namun, tim back office lah yang memiliki tugas untuk menyampaikan informasi lengkap pada kurur serta membantu mengatasi berbagai isu dalam pengiriman. Jadi, back office dan juga kurir harus mempunyai koordinasi yang baik.

Agar bisa meningkatkan kolaborasi dari tim pemasaran, penjualan, logistik, customer service dan kurir, Anda bisa menggunakan suatu aplikasi bisnis yang terpusat dan mampu membantu setiap tim untuk bisa saling berbagi informasi.

Aplikasi bisnis yang baik akan memudahkan tim penjualan untuk memperoleh informasi yang lengkap terkait klien tanpa harus menemui tim pemasaran secara langsung. Tim logistik pun nantinya bisa mengetahui permintaan pengiriman tanpa harus terlebih dahulu menanyakannya pada tim penjualan.

Tim kurir pun nantinya bisa secara langsung mendapatkan informasi tentang pengiriman dari aplikasi bisnis tersebut.

Baca juga: Tips Sukses untuk Para Pemilik Perusahaan yang Bisa Diterapkan

4. Gunakan Sistem Manajemen Transportasi Otomatis

Menjalankan bisnis transportasi logistik bukanlah hal yang mudah, terlebih lagi bila Anda masih melakukannya secara manual. Akan sangat sulit sekali untuk melacak transportasi dan memastikan ketepatan waktu dan keamanan dalam setiap pengiriman.

Nah, sistem manajemen transportasi otomatis akan memudahkan Anda dalam mewujudkan seluruh hal tersebut hanya dari satu tempat saja.

Sistem ini akan membantu Anda dan tim back office untuk melacak keberadaan kurir, memberikan tugas pada kurir, mengetahui kendaraan mana saja yang sedang beroperasi, memonitor bahan bakar dan biaya yang dihabiskan oleh setiap kendaraan, dan juga melihat riwayat perjalanan secara mudah dengan menggunakan sistem SCM.

Seluruh hal tersebut bisa dilakukan dalam waktu yang bersamaan dan melalui satu sistem saja. Anda pun bisa mendapatkan laporan terkait penghasilan Anda secara real-time.

5. Lakukan Pemeriksaan Secara Rutin

Manajemen transportasi tidak akan terasa lengkap tanpa adanya pemeliharaan. Pemeliharaan yang dilakukan secara berkala adalah suatu hal yang sangat penting. Pasalnya, bisnis Anda akan sangat bergantung pada setiap moda transportasi. Jika salah satu transportasi Anda rusak, maka pengiriman barang tidak bisa dilakukan dengan baik.

Pemeliharaan yang dilakukan secara berkala mampu mencegah terjadinya kerusakan pada transportasi Anda. Masa penggunaannya pun nanti bisa lebih panjang. Hal tersebut juga nantinya akan mengurangi biaya, karena Anda memerlukan biaya yang lebih banyak dalam memperbaiki kendaraan yang rusak atau membeli yang baru daripada merawatnya.

6. Visibility Tools

Pada dasarnya, visibilitas didasarkan pada integrasi ke sistem pengangkutan yang terdapat di dalam armada. Melalui adanya perangkat canggih seperti LED ataupun perangkat pencatatan elektronik yang mampu memberikan data penting tentang posisi transportasi dalam suatu pengiriman, sehingga Anda bisa mengetahui estimasi waktu yang diperlukan, atau yang dikenal dengan estimate time of arrival (ETA).

Selain itu, perangkat dari sistem ini juga bisa didapat mendapatkan data di mana dan kapan pengemudi bisa berhenti, atau masalah lainnya yang terjadi selama perjalanan berlangsung. Sehingga, bisa memberikan suatu kepastian dan mampu meningkatkan kepercayaan dari pelanggan.

Baca juga: 3 Cara Menjadi Dropshipper yang Sukses

7. Machine Learning

Salah satu solusi untuk bisa memaksimalkan manajemen transportasi logistik adalah dengan menggunakan machine learning. Alat ini akan menggunakan perangkat mobile dan juga aliran data yang mampu mengkonfigurasikan penyimpanan secara otomatis dan melakukan kegiatan pengelolaan manajemen dari atas hingga ke bawah.

Sehingga, kegiatan pelacakan pengiriman, operasional harian di gudang, serta memonitoring biaya, bisa dilakukan secara lebih efisien. Karena, mampu memahami potensi gangguan yang terdapat di dalam pengiriman dan juga merencanakan waktu yang tepat.

Berbagai masalah yang terjadi selama proses pengiriman, dari mulai jarak, waktu dan estimasi penyelesaian pekerjaan, akan disediakan oleh machine learning tersebut.

Selain itu, machine learning juga mampu mempelajari operator mana saja yang mampu memenuhi pelayanan secara tepat waktu, jalur mana yang umumnya memberikan potensi penundaan, dan jumlah pemberhentian sebelum pengiriman terlambat.

8. Internet of Things

IoT atau internet of things mampu memberikan solusi dalam melacak keberadaan armada transportasi, memberikan status armada, waktu tunggu yang lebih cepat, utilitas armada yang lebih efisien, serta penghematan biaya perawatan.

9. TMS (Transportation Management System)

TMS adalah serangkaian sistem yang ditempelkan pada suatu moda transportasi agar bisa dilacak oleh pemilik ataupun oleh pihak ketiga. Sistem ini mempunyai komponen komunikasi, seperti seluler ataupun satelit agar bisa mengirimkan status keberadaan armada pada pengguna lain.

Dalam manajemen transportasi logistik, melacak posisi transportasi ini akan memudahkan manajer untuk lebih mudah dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan moda transportasinya.

Selain itu, alat ini juga juga bisa mengetahui berbagai hal yang berkaitan dengan pola dari seorang pengemudi, biaya perawatan kendaraan setiap kilometernya, atau penggunaan bahan bakar untuk setiap kendaraan.

Baca juga: Ingin Memulai Bisnis Mebel? Ini Tipsnya!

Penutup

Demikianlah tips dari kami tentang transportasi logistik dan tips sukses dalam memaksimalkannya. Anda bisa mengikuti cara atau tips di atas dan menyesuaikannya lagi dengan kebutuhan Anda.

Selain itu, Anda juga harus bisa mengelola keuangan Anda secara baik serta mencatat setiap kegiatan transaksi yang didapat atau dikeluarkan oleh bisnis Anda lalu membuat laporan keuangan yang baik.

Nah, bila Anda kesulitan atau tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan hal tersebut, maka Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Accurate Online adalah aplikasi bisnis buatan anak bangsa yang dikembangkan dengan menggunakan teknologi cloud computing dan sistem keamanan yang sangat ketat. Tampilan dashboard di dalamnya juga didesain dengan sangat simpel. Sehingga, Anda bisa menggunakan aplikasi ini secara mudah, aman dan nyaman.

Accurate Online pun sudah dipercaya oleh ratusan ribu pebisnis di Indonesia dan telah meraih penghargaan TOP Brand Award dari tahun 2016 hingga sekarang.

Dengan menggunakan Accurate Online, maka Anda kegiatan pencatatan transaksi bisa dilakukan secara otomatis dan Anda bisa memperoleh lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara cepat dan akurat.

Accurate Online pun sudah dilengkapi dengan berbagai fitur bisnis lainnya yang akan memudahkan Anda dalam melakukan kegiatan penjualan dan pembelian, mengelola persediaan barang di gudang, menyelesaikan urusan perpajakan perusahaan dan masih banyak lagi.

Penasaran dengan Accurate Online? Daftarkan perusahaan Anda melalui tautan gambar di bawah ini dan nikmati Accurate Online selama 30 hari, Gratis!

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.