Ide Bisnis Teknologi yang Memberikan Keuntungan Besar

Saat ini, ide bisnis teknologi atau bisnis di bidang IT masih tergolong baru, belum banyak pebisnis di Indonesia yang menggeluti bidang ini. Sehingga, peluangnya pun masih tergolong sangat besar.

Nah, bila Anda berminat untuk membuka usaha pada bidang IT atau bisnis teknologi, Anda bisa membaca artikel di bawah ini untuk mendapatkan ide bisnisnya.

Ide Peluang Bisnis di Bidang IT atau Bisnis Teknologi

1. Bisnis Teknologi Web Development

Website adalah salah satu produk bisnis teknologi yang pada saat ini menjadi suatu hal yang harus dimiliki oleh suatu bisnis. Pasalnya, zaman sekarang adalah zaman keterbukaan informasi dan kemudahan dalam melakukan komunikasi.

Terdapat banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dalam memiliki website bagi suatu bisnis, seperti memperkenalkan profil perusahaan, meningkatkan kredibilitas, sebagai media komunikasi, media promosi, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, peluan untuk membuat bisnis jasa pembuatan website saat ini sangatlah tepat. Banyak sekali individu yang memerlukannya, mulai dari bisnis, pribadi, hingga instansi tertentu.

2. Startup Produk IT

Startup adalah suatu istilah untuk pebisnis yang baru memulai bisnisnya dalam bidang digital ataupun teknologi. Agar bisa membangun bisnis startup, maka Anda memerlukan konsep yang matang.

Namun bila Anda tidak memiliki konsep yang matang, seperti desain, pemrograman, konten marketing, SEO dan melakukan strategi pemasaran online, Anda bisa menyerahkannya pada orang lain yang sudah lebih dulu memiliki pengalaman tinggi.

Tapi jika Anda memang bisa, Anda bisa melakukannya sendiri. Kemampuan utama yang harus dimiliki sebelum membangun bisnis startup adalah kemampuan mengelola sumber daya manusia.

Beberapa contoh bisnis teknologi pada produk IT adalah Facebook, Google, Instagram, Twitter, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Apa Itu Cryptoart? Ini Cara Kerja dan Prinsipnya

3. Bisnis Jasa Desain Grafis

Membuka bisnis teknologi dalam bentuk jasa desain grafis juga mempunyai peluang yang cukup besar. Tidak semua orang bisa membuat desain meskipun sudah menginstal aplikasi di laptop atau komputernya.

Harga jual dari suatu desain juga tergolong besar, tergantung kemampuan dari desainernya sendiri. Tips untuk memperoleh klien adalah Anda harus mempunyai banyak portfolio. Tujuannya adalah agar klien Anda mengetahui hasil desain yang sebelumnya pernah Anda buat dan agar lebih mudah dalam menawarkan harga pada klien.

Anda bisa mencari klien di berbagai situs penyedia freelance terkenal untuk menawarkan jasa yang berkaitan dengan bisnis teknologi, seperti freelancer, fiverr, dan masih banyak lagi.

4. Jasa Penulis Artikel

Untuk Anda yang memiliki kemampuan menulis, maka tidak ada salahnya untuk menyalurkan kemampuan Anda menjadi keuntungan. Pekerjaan menulis adalah satu ide peluang bisnis teknologi dalam bidang IT yang paling mudah untuk dilakukan.

Terlebih lagi bila Anda sudah memahami tentang SEO, maka nilai artikel Anda akan dihargai lebih mahal. Anda bisa menawarkan keahlian menulis Anda pada berbagai form atau bergabung dengan perusahaan penulis konten.

5. Bisnis SEO Konsultan

Berdasarkan Wikipedia, SEO adalah satu cara untuk meningkatkan website Anda agar bisa berada dihalam pertama mesin pencarian Google, sehingga akan banyak pengunjung yang datang ke website Anda.

Ilmu terkait SEO ini masih belum banyak yang menguasainya. Sehingga, peluang untuk membuka usaha atau bisnis teknologi yang satu ini masih tergolong luas. Terlebih lagi, biaya untuk jasa SEO pun tergolong mahal, khususnya untuk website yang mempunyai tingkat persaingan yang berat.

Baca juga: Berapa Modal Usaha Toko Olahraga? Ini Jawabannya!

6. Aplikasi Mobile

Setiap tahunnya, perkembangan aplikasi mobile terus mengalami peningkatan yang signifikan. Terlebih lagi, saat ini sudah banyak orang yang menggunakan smartphone, sehingga aplikasi mobile menjadi salah satu produk teknologi yang memiliki potensi jual tinggi.

Berdasarkan suatu data, aplikasi mobile yang banyak diunduh di urutan pertama adalah Games sebanyak 21,69%, dilanjutkan dengan education and reference sebanyak 14,6%, lalu business and productivity sebanyak 13,90%.

Berdasarkan data tersebut, bisa kita ketahui bahwa aplikasi games adalah aplikasi paling laku dan banyak diminati pada saat ini. Sehingga, produk tersebut bisa Anda manfaatkan untuk memulai usaha di bidang teknologi.

7. Social Media Consulting

Dewasa ini, terdapat banyak sekali jenis media sosial, bila saat dulu hanya ada friendster, maka saat ini sudah ada Instagram, Twitter, Facebook, TikTok, YouTube, dan lain sebagainya.

Nah, Anda bisa memperoleh peluang dari banyaknya jenis media sosial yang saat ini sudah tersedia dengan menjadi seorang social media consulting.

Anda bisa menawarkan jasa agar bisa memaksimalkan media sosial untuk sarana promosi, berbisnis, meningkatkan jumlah pengikut/followers, membangun brand, dan lain sebagainya.

Baca juga: Langkah Awal Usaha Daycare Demi Untung Berlimpah

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang ide bisnis teknologi yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk memulainya. Jadi, beberapa ide bisnis teknologi tersebut adalah menyediakan jasa pembuatan website, menyediakan produk IT, membuka jasa desain grafis, jasa penulisan artikel, SEO Consultant, Social Media Consultant, dam aplikasi mobile.

Tapi, apapun bisnis yang ingin Anda jalankan, hal utama yang harus Anda ketahui adalah tentang mengelola dan merencanakan keuangan Anda dengan baik. Bila Anda kesulitan atau tidak memiliki waktu untuk melakukannya, Anda bisa mempercayakan hal tersebut dengan menggunakan aplikasi bisnis dari Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, seluruh kegiatan transaksi Anda akan tercatat secara otomatis dan Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang akan mempermudah Anda dalam mengelola serta merencanakan anggaran keuangan.

Lebih dari itu, Accurate Online juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul yang akan membantu Anda dalam mengelola persediaan barang digudang, melakukan penjualan dan pembelian, menyelesaikan kegiatan perpajakan usaha, dan masih banyak lagi.

Masih ragu dengan Accurate Online? Daftarkan bisnis Anda dan nikmati free trial 30 hari di bawah ini untuk bisa membuktikan sendiri manfaat dari Accurate Online.

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.