Rahasia Sukses Membangun Bisnis Travel di Kota Semarang

Prospek Bisnis Travel di Kota Semarang

Kota Semarang adalah ibu kota Jawa Tengah, yang juga termasuk sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia. Letaknya yang strategis dan kultur budaya dan sejarah yang kental, juga menjadikan Kota Semarang sebagai salah satu kota pariwisata. Sebut saja bangunan lawang sewu yang melegenda, kota lama Semarang, dan masih banyak lagi. Tentunya hal ini bisa menjadi nilai tambah bagi Anda yang berencana membangun bisnis travel di Kota Semarang.

Pesatnya pertumbuhan di Kota Semarang juga menjadi magnet untuk sebagian orang mencari pekerjaan atau sekeder menikmati keindahan Kota ini. Pada masa liburan, Kota Semarang juga maenjadi tujuan bagi mereka yang mudik dan juga berwisata. Tentu hal ini juga menjadi alasan yang tepat untuk Anda yang ingin membangun bisnis travel di Kota Semarang.

Untuk membangun bisnis travel di Kota Semarang tentunya Anda membutuhkan perencanaan yang matang dan cara pemasaran yang tepat. Berikut adalah rahasia sukses bagi Anda yang berencana membangun bisnis travel di Kota Semarang :

1. Pilih Layanan Anda

Jika Anda berpikir bahwa bisnis travel hanya bisnis yang mengantar pelanggan ke tempat wisata, Anda salah. Sekarang sudah banyak bisnis travel atau agen pariwisata yang menyediakan layanan tour selama beberapa hari ke tempat wisata populer. Bahkan menyewakan jasa penginapan dan menyediakan jasa antar jemput juga sudah termasuk dalam bisnis travel.

Jika Anda tidak memiliki penginapan, tidak usah khawatir. Bekerjasamalah dengan para pemilik penginapan dengan menggunakan sistem komisi. Anda juga bisa melayani perjalanan pariwisata dan travel di sekitar Kota Semarang seperti daerah pegununan di ungaran atau daerah lainnya yang memiliki potensi yang tepat untuk dikunjungi.

Lakukan evaluasi layanan dengan benar. Apakah Anda ingin menjual semua jenis perjalanan atau memulai agen perjalanan khusus. Kadang-kadang berfokus pada bidang perjalanan tertentu, seperti tour selama beberapa hari atau bulan madu, membuatnya lebih mudah untuk menargetkan jenis pelanggan tertentu dan membedakan dengan pesaing Anda.

Dengan memilih layanan yang tepat pada bisnis travel, Anda bisa menghadirkan pelayanan terbaik karena sudah terbiasa melakukannya.

Baca juga : 7 Peluang Usaha Semarang yang Mudah untuk Dikembangkan

2. Tambah Pengetahuan dan Edukasi Anda

Cari peluang pelatihan sebelum Anda memulai bisnis travel Anda sendiri. Misalnya, Anda dapat mengikuti kursus atau pelatihan agen perjalanan yang memperkenalkan Anda pada berbagai jenis pemesanan, software reservasi, dan legalitas dalam menjalankan bisnis perjalanan.

Pertimbangkan bergabung dengan komunitas atau asosiasi seperti Association of Indonesian Tour and Travel Agency (ASITA) untuk menambagh relasi dan mendapatkan pengetahuan  khusus untuk industri baru Anda.

3. Gunakan Pemandu Wisata Terbaik

Dalam bisnis travel, pelayanan adalah yang membedakan Anda dengan pesaing. Gunakanlah pemandu wisata dan tour guide terbaik jika Anda menggunakannya. Pastikan mereka memeliki pengetahuan yang cukup pada setiap destinasi atau daerah yang menjadi tujuan wisata yang Anda pasarkan.

Jika pada bisnis travel Anda tidak menggunakan pemandu wisata, Anda tetap harus memilih seseorang yang memiliki pengalaman dan pengetahuan yang luas di daerah Semarang. Hal ini untuk membuat pelanggan Anda mendapatkan rekomendasi yang tepat jika mereka pendatang dan membutuhkan masukan tentang apa hal menarik di Kota Semarang.

Baca juga : Strategi Terbaik Sebelum Membangun Usaha Cafe di Kota Semarang

4. Siapkan Rencana Pemasaran

Pemasaran yang baik adalah penentu kesuksesan usaha travel Anda. Gunakanlah pemasaran bisnis melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, atau Twitter. Jika Anda memiliki modal yang cukup, gunakanlah jasa endorsement dari para influencer yang memiliki follower sesuai target pasar Anda yaitu para wisatawan atau backpacker.

Anda juga membuat website agar para konsumen bisa melakukan reservasi secara online. Lalu pertimbangkan juga untuk bekerjasama dengan Online Travel Agent yang memiliki layanan sesuai dengan layanan yang Anda pasarkan. Contohnya adalah Traveloka atau Airbnb. Berikan juga potongan harga pada masa yang memiliki jumlah reservasi rendah, agar arus kas usaha Anda tetap berjalan normal.

Baca juga : Tips Terbaik bagi Anda yang ingin Membangun Bisnis Kuliner di Semarang

5. Gunakan Teknologi

Perkembangan zaman juga membawa kemudahan bagi pengembangan bisnis dengan adanya teknologi, tidak terkecuali untuk usaha travel. Penerapan teknologi yang tepat bagi bisnis travel adalah dengan menggunakan software reservasi dan software akuntansi.

Dengan menggunakan software resevasi akan memudahkan Anda dalam menangani tagihan beserta rekapitulasi keuangannya. Untuk hasil terbaik, Anda bisa memadukannya dengan software akuntansi berbasis cloud.

Dengan menggunakan software akuntansi Anda bisa memantau seluruh pemasukan dan pengeluran dengan mudah. Pilihlah software akuntansi yang memiliki fitur laporan keuangan terlengkap. Nantinya laporan keuangan ini bisa Anda gunakan untuk melakukan analisa dan pengambilan keputusan terbaik untuk proses usaha Anda. Salah satu software akuntansi yang cocok untuk  usaha travel di Kota Semarang adalah Accurate Online.

Accurate Online adalah software berbasis cloud yang mudah digunakan sekalipun Anda tidak memahami ilmu akuntansi dan telah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia. Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan ini.

Baca juga : Mau Membangun Bisnis Rental Mobil di Semarang? Berikut Strateginya

6. Pertimbangkan Asuransi

Keamanan adalah hal utama pada usaha travel, terlebih jika Anda menawarkan layanan perjalanan atau paket tour. Pertimbangkan untuk menggunakan asuransi untuk bisnis travel Anda.

Ini akan melindungi Anda jika Anda melakukan kesalahan dan klien perjalanan Anda menuntutnya. Anda mungkin harus mengganti uang klien untuk beberapa kesalahan dari kantong pribadi sendiri. Namun, dengan menggunakan asuransi dan memberitahukan pada pelanggan bahwa perjalanannya telah diasuransikan, ini akan membuat pelanggan merasa aman dan tidak ragu untuk menggunakan jasa usaha travel Anda lagi kedepannya.

Baca juga : Ingin Membangun Coffe Shop di Semarang? Baca dulu Tips Berikut ini


Jadi, apakah Anda siap untuk membuka usah travel di Kota Semarang? Lakukan semua tips di atas, untuk membuat bisnis travel Anda mendapatkan keuntungan dan pelanggan tetap.

Ingat! Lakukan pencatatan setiap pemasukan pada arus keuangan usaha travel Anda dengan Accurate Online. Cobalah Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini :

accurate 200 ribu perbulan