Strategi Terbaik Sebelum Membangun Usaha Cafe di Kota Semarang

Prospek Bisnis Cafe di Kota Semarang

Membangun cafe di kota besar seperti Kota Semarang adalah mimpi bagi sebagian orang. Semarang adalah kota besar yang memiliki potensi yang besar pula. Ibu kota provinsi jawa tengah ini telah menjelma menjadi kota multikultural dengan potensi pengembangan bisnis cafe yang menguntungkan. Pesatnya pembangunanan dan banyaknya universitas di Kota Semarang, menjadikan cafe sebagai tempat yang mengasyikan untuk berkumpul.

Namun seperti bisnis lainnya, membangun cafe di Kota Semarang memerlukan perencanaan yang matang. Tanpa strategi dan rencana, bisa dipastikan bahwa cafe Anda tidak akan berjalan lama. Jadi, berikut adalah strategi efektif bagi Anda yang ingin membangun cafe di Kota Semarang.

1. Melakukan Riset Terlebih Dahulu

Membuka kafe membutuhkan investasi besar dalam waktu dan uang. Sangat penting bahwa Anda menghabiskan waktu sekarang memahami apa yang diperlukan untuk menjalankan kafe yang sukses dengan melakukan riset.

Anda dapat belajar dari pengalaman pada senior atau siapapun yang telah sukses mendirikan cafe di kota lain; mencari tahu apa yang berhasil, dan apa yang tidak. Dam bagian menyenangkannya adalah Anda akan mengunjungi banyak kafe untuk mendapatkan wawasan tentang seperti apa bisnis yang Anda inginkan.

Pertimbangkan apa yang akan Anda ambil dari bisnis lain dan apa yang akan membuat Anda berbeda. Pelajari tentang basis pelanggan Anda. Siapa mereka? Apa kebutuhan mereka? Jam berapa menjadi jam yang akan paling sibuk? Mengenal pelanggan Anda dengan baik akan membantu dalam perencanaan, membuat menu, poin harga, dan segalanya.

Baca juga : Tips Terbaik bagi Anda yang ingin Membangun Bisnis Kuliner di Semarang

2. Definisikan Visi Bisnis Anda

Tidak diragukan lagi Anda memiliki rencana besar tentang kafe Anda. Tuliskan apa yang ingin Anda capai dengan kafe Anda dan suasana seperti apa yang ingin Anda ciptakan. Mulailah mengumpulkan foto, menu, dan ide-ide desain untuk memberikan inspirasi bagaimana penampilan kafe Anda, makanan apa yang akan Anda sajikan, dan bagaimana Anda akan membuat pelanggan Anda merasa ketika mereka berjalan di pintu.

Memiliki visi yang jelas akan membantu Anda konsisten dalam memilih nama, menentukan dekorasi, merencanakan makanan, memilih kopi, memilih cangkir, dan menentukan cara Anda akan berinteraksi dengan pelanggan. Ingat: Anda tidak bisa menyenangkan semua orang – jadi pastikan Anda tahu persis untuk siapa Anda merancang ini.

Baca juga : Tips Terbaik Sebelum Membuka Toko Elektronik di Semarang

cafe semarang 1

3. Buat Rencana Bisnis yang Rinci

Mungkin Anda akan melewati rencana bisnis dan berkata “Terlalu banyak bekerja, lebih baik dari sekedat membuat rencana” … “Siapa yang akan membacanya” … adalah pikiran yang terlintas dalam pikiran.

Pada kenyataannya, manfaat nyata dalam menyusun rencana bisnis sangat penting lalu melakukan rencana tersebut dalam prosesnya. Proses penulisan rencana membantu Anda untuk benar-benar memahami pasar lokal Anda dan memahami angka-angka yang Anda butuhkan untuk membuat bisnis ini sukses.

Rencana bisnis akan memandu Anda melalui setiap tahap pengembangan dan pengelolaan cafe Anda dan akan menjadi peta untuk bagaimana menyusun, menjalankan, dan mengembangkan bisnis baru Anda.

Rencana bisnis Anda harus mencakup:

  • Ringkasan: Untuk apa bisnis ini berdiri, dan bagaimana bisnis itu akan menonjol.
  • Analisis pasar lokal: Siapa pelanggan reguler Anda? Siapa saja pesaing Anda?
  • Tim Anda: Apa yang akan Anda lakukan sendiri, yang Anda rekrut untuk melakukan sisanya.
  • Rencana pemasaran: Apa perbedaan Anda? Bagaimana Anda akan mengomunikasikan hal ini?
  • Berapa banyak uang tunai yang Anda butuhkan untuk memulai dan dari mana asalnya.
  • Proyeksi keuangan: Proyeksi Untung & Rugi, Arus Kas
  • Strategi lokasi dan sewa.

Ada banyak hal yang harus dipikirkan, tetapi meluangkan waktu untuk merencanakan masing-masing aspek bisnis Anda ini akan membantu mengatur Anda untuk sukses.

Baca juga : Ingin Membangun Bisnis Ayam Goreng Sukses di Semarang? Berikut Tipsnya

4. Pemilihan Lokasi

Lokasi sangat penting untuk kesuksesan bisnis Anda secara keseluruhan. Sebelum Anda membuat keputusan, luangkan waktu di area yang Anda pertimbangkan.

Perhatikan dengan cermat berapa banyak orang yang berjalan kaki, dan berapa banyak parkir yang tersedia. Apakah lokasinya cukup terlihat? Apakah ada cukup lalu lintas pejalan kaki di sekitar yang akan melihat kafe Anda? Apa arti lokasi dalam hal demografi? Hal-hal apa yang disukai masyarakat setempat? Apakah Anda dekat dengan banyak kafe lain atau hanya Anda sendiri?

Ingat Anda akan menghabiskan banyak waktu di kafe Anda, jadi pilihlah pinggiran kota tempat Anda menikmati waktu! Pastikan Anda memahami detail sewa ritel. Anda mungkin bisa menyewa tempat yang strategis di Kota Semarang seperti dekat bandara atau stasiun.

Baca juga : Mau Membangun Bisnis Rental Mobil di Semarang? Berikut Strateginya

5. Temukan Pemasok yang Baik

Menemukan pemasok yang baik dan dapat diandalkan adalah komponen kunci dari setiap kesuksesan bisnis. Tergantung pada jenis kafe, pemasok utama biasanya kopi, susu, roti, produk segar dan bahan makanan. Anda juga akan membutuhkan cangkir (kertas dan porselen), serbet, pengaduk kopi, teko, sirup … dan daftarnya akan terus berlanjut.

Mulailah dengan membuat daftar semua persediaan yang Anda butuhkan, sedetail mungkin. Daftarnya mungkin kelihatan luar biasa, pastikan Anda memasukan detail kecil dan menambahkan item seperti tusuk gigi dan tempat serbet akan memastikan Anda siap untuk apa pun. Dari sana, Anda dapat mulai meneliti pemasok hingga Anda menemukan pemasok yang Anda sukai dan yang sesuai dengan filosofi bisnis Anda.

Baca juga : Bisnis Tanpa Modal yang Bisa Anda Jalani untuk Usaha Sampingan

6. Desain Cafe Anda dan Berilah Karakter

Desain kafe Anda sangat penting untuk menarik pelanggan dan memikat mereka untuk kembali. Konsep ini akan sangat tergantung pada audiens target Anda. Akankah itu menjadi modern? Retro? Canggih? Ramah keluarga? Berfokus pada kesehatan? Pahami selera basis pelanggan Anda dan rancang kafe Anda dengan mempertimbangkannya.

Sekali lagi, jangan mencoba untuk menyenangkan semua orang; memilih satu tema dan berpegang teguh pada itu. dan ini akan membuat identitas yang jauh lebih kuat. Pertimbangkan desain etalase, papan nama, furnitur, dan pencahayaan. Mengevaluasi efisiensi tata letak dari perspektif karyawan dan pelanggan.

Bisakah barista bekerja secara metodis di ruang yang ditentukan? Bisakah staf Anda menyeberang ruangan dengan cepat? Apakah pelanggan akan memahami proses pemesanan saat memasuki kedai kopi Anda? Mungkin ini akan sedikit sulit dan mahal, tetapi mempekerjakan seorang desainer interior profesional benar-benar membuat semua ini lebih baik. Suasana yang hebat dan alur kerja yang efisien sangat penting – pengalaman mereka dapat membuat semua perbedaan.

Baca juga : Ingin Membangun Coffe Shop di Semarang? Baca dulu Tips Berikut ini

cafe semarang 2

7. Rekrut Orang yang Tepat

Tanyakanlah kepada pemilik kafe berpengalaman apa masalah utama dalam bisnis mereka? jawabannya adalah : menemukan dan mempertahankan staf yang hebat. Kebanyakan orang mulai dengan mencari staf berpengalaman, yang bisa dimengerti. Tetapi pada kenyataannya, ada satu hal yang mengalahkan pengalaman, yaitu sikap!

Keterampilan dapat dipelajari, namun sikap? tidak terlalu banyak. Ya, Anda akan membutuhkan beberapa pengalaman, terutama pada tahap awal. Namun, mengembangkan budaya tim yang hebat hanya terjadi dengan merekrut orang yang tepat, jadi pastikan Anda bekerja untuk menemukan orang yang paling cocok untuk bisnis Anda.

8. Buatlah Pemasaran yang Efektif

Bulan dan minggu menjelang pembukaan kafe Anda adalah kesempatan untuk mulai membangun jaringan Anda. Media sosial akan menjadi senjata Anda, jadi gunakan itu untuk membangun reputasi yang baik.

Bukan rahasia lagi kalau banyak kafe terkenal melalui Instagram. Ini telah menjadi platform utama untuk membuat bisnis Anda terkenal, tetapi tidak berhenti di situ. Pastikan Anda mengklaim daftar Google Maps Anda sehingga Anda muncul di pencarian lokal di Kota Semarang, dan pertimbangkan mengklaim halaman Anda di situs ulasan lain seperti Tripadvisor sehingga Anda dapat merespon dengan cepat terhadap umpan balik.

Pastikan untuk membuat promosi online menjadi pribadi, interaktif dan menarik. Gunakan gambar dan video untuk mendorong berbagi dan keterlibatan. Ketika pelanggan Anda masuk, minta mereka untuk mengikuti halaman Anda untuk menerima pembaruan, gratis dan penawaran spesial lainnya.

Baca juga : 5 Mitos dalam Pengembangan Bisnis yang Harus Anda Ketahui

9. Gunakan Pembukuan

Pencatatan setiap transaksi secara detail adalah keharusan jika Anda ingin membuat cafe yang menguntungkan. Tanpa pencatatan yang baik, bisnis Anda akan jalan di tempat dan akan akan kesulitan untuk mendapatkan profit yang maksimal.

Jadi, mulailah mencatat semua pengeluaran saat Anda membeli apapun saat Anda membangun cafe Anda, dan jika sudah berjalan catat pemasukan sekaligus pengeluaran secara terperinci pada sistem pembukuan Anda.

Jika Anda kesulitan dengan proses pembukuan manual, Anda bisa mencoba dengan menggunakan software akuntansi berbasis cloud yang bisa digunakan kapan saja, dimana saja, dan yang pasti sesaui dengan kebutuhan bisnis Anda. Contohnya adalah seperti Accurate Online.


Membuka kafe Anda di Kota Semarang adalah pencapaian luar biasa dan akan menandai awal dari petualangan baru yang menarik. Setelah berbulan-bulan (atau bertahun-tahun) merencanakan, mempersiapkan, dan merekrut staf terbaik, ‘grand opening’ Anda adalah kesempatan untuk memamerkan kerja keras Anda.

Ini juga merupakan peluang besar untuk mulai membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan Anda. Untuk mengadakan grand opening yang sukses, mulailah merencanakan lebih awal. Pastikan Anda memiliki staf yang cukup untuk acara tersebut dan periksa acara lokal di Kota Semarang lainnya agar tidak berbenturan dengan acara Anda.

Kini, Anda dapat menikmati kesempatan untuk menjadi bos sendiri, memperoleh keuntungan untuk Anda, dan membuat hubungan baru di antar pelanggan. Untuk menjaga bisnis Anda tetap berjalan dengan keuntungan yang dapat diproyeksikan, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online yang bisa Anda coba secara gratis selama 30 hari melalui tautan di bawah ini :

accurate 200 ribu perbulan