Mau Bangun Bisnis Travel di Makassar? Perhatikan Hal 5 ini Terlebih Dulu

Pesatnya perkembangan media sosial telah membuat tren baru dalam melakukan kegiatan traveling atau liburan. Saat ini traveling menjadi kebutuhan terutama bagi generasi muda. Salah satunya bisnis travel Makassar.

Kota Makassar juga memiliki potensi wisata yang menarik banyak wisatawan. Bahkan menurut data, kunjungan wisatawan ke Kota Makassar dalam 3 tahun terakhir terus meningkat.

Hal ini tentu bisa menjadi peluang bisnis yang baik, terutama jika Anda berencana untuk membuat bisnis yang berhubungan dengan bidang pariwisata seperti bisnis travel di kota Makassar.

Namun sama seperti jenis bisnis lainnya, Anda juga membutuhkan perencanaan yang matang dalam membangun bisnis atau agensi travel di kota Makassar, terlebih jika Anda belum mengenal jenis bisnis secara mendalam.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membangun bisnis travel sukses di kota Makassar.

5 Hal Penting Dalam Menjalankan Bisnis Travel Makassar

1. Pilih Target Pasar yang Tepat

Bisnis Travel Makassar

Sebagian besar klien dan pelanggan adalah orang yang ingin bepergian dan berwisata kekota Makassar atau sekitarnya. Kebutuhan klien berkisar dari liburan sederhana untuk individual atau beberapa orang, hingga paket liburan untuk skala perusahaan.

Perhatikan target pasar Anda dengan benar, karena nantinya ini akan menentukan jasa apa saja yang akan disediakan oleh bisnis travel Anda.

Sebagai contoh: Jika Anda menargetkan liburan sederhana untuk individu atau beberapa orang saja, Anda bisa menawarkan paket honeymoon untuk pasangan mudah atau paket tour satu hari kota Makassar dengan berisi beberapa orang dalam 1 grup.

Namun jika Anda menargetkan paket liburan untuk perusahaan atau organisasi lebih besar, Anda harus mengeksplor lebih jauh keunikan kota Makassar dan sekitarnya, dan pastikan Anda memiliki banyak relasi untuk memberikan pelayanan terbaik ke lebih banyak orang dalam grup tur wisata Anda.

Baca juga : Tertarik Membuka Usaha Oleh Oleh di Makassar? Perhatikan hal Berikut

2. Pastikan Anda Mengetahui Daerah Wisata yang Potensial

Bisnis Travel Makassar

Nilai positif dari menjamurnya media sosial adalah Anda bisa dengan cepat dan mudah mendapatkan informasi. Tetap update pengetahuan Anda tentang daerah wisata yang sedang hype dan memiliki potensi yang bisa Anda masukan dalam daftar tujuan paket wisata yang Anda berikan.

Namun seperti yang kami telah bahas diatas, Anda harus tetap memperhatikan siapa target pasar Anda. Sangat tidak mungkin jika Anda menawarkan paket wisata panjat tebing tapi target pasar Anda adalah orang yang ingin melakukan liburan keluarga bukan?

Untuk permulaan yang baik, Anda bisa mencari informasi tentang tempat wisata yang ramah anak kecil sekaligus sedang tren.

Baca juga : Sedang Mencari Tempat Usaha Strategis di Makassar? Berikut Daftarnya

3. Berikan Layanan Terbaik

Layanan terbaik adalah suatu keharusan yang harus ada dalam usaha di bidang jasa, termasuk bisnis travel di kota Makassar. Berikut kami berikan tips pelayanan terbaik yang bisa Anda gunakan untuk menambah kepuasan pelanggan :

  1. Antar jemput di bandara atau terminal gratis. Daripada membuat pelanggan Anda mencari alamat bisnis Anda, Anda bisa menyediakan layanan antar jemput di bandara atau terminal secara gratis. Ini akan membuat pelanggan merasa lebih dihargai
  2. Hasilkan foto terbaik. Pertimbangkan untuk merekrut karyawan yang memiliki keahlian fotografi diatas rata rata untuk menghasilkan dokumentasi perjalanan wisata. Percayalah, foto tidak hanya berguna untuk sekedar dokumentasi, lebih dari itu ada cerita dan kenangan tersendiri bagi sebagian orang. Maka menghasilkan foto terbaik adalah hal penting
  3. Selalu memiliki rencana cadangan. Jika dalam paket wisata yang Anda tawarkan memiliki daftar wisata alam, pertimbangkanlah untuk memiliki tujuan cadangan. Karena seperti yang kita tahu, tidak ada yang bisa menebak alam. Daripada harus membatalkan salah satu tujuan pada daftar yang telah direncanakan, ada baiknya Anda menyediakan alternatif yang bisa peserta pilih.
  4. Gunakan kendaraan sesuai standar. Menggunakan bus yang bocor saat hujan atau AC yang tidak berfungsi bisa menjadi pengalaman buruk bagi setiap orang. Maka pastikan armada yang Anda gunakan dalam kondisi prima dan sesuai dengan yang Anda tawarkan pada saat kesepakatan.
  5. Pemandu tur yang ramah dan pintar. Sebagian orang melakukan liburan untuk menambah pengalaman dan memperkaya informasi, jadi pastikan Anda memperkarjakan pemandu tur terbaik yang memiliki banyak pengetahuan untuk daerah wisata tersebut.

Baca juga : Tips Sukses Membangun Usaha Kekinian di Kota Makassar

4. Catat Setiap Pengeluaran dan Pemasukan pada Bisnis

Tidak hanya pada bisnis travel, banyak para pemilik bisnis yang meremehkan pencatatan keuangan dalam bisnisnya. Padahal dengan melakukan pencatatan pengeluaran dan pemasukan pada pembukuan akan memudahkan bisnis untuk menentukan perencanaan atau pengembangan bisnis kedepannya.

Pembukuan yang benar juga akan menghasilkan laporan keuangan yang bisa digunakan oleh pemilik usaha menentukan apa yang harus dihemat dan apa yang harus dikembangkan untuk mendapatkan keuntungan maksimal.

Bagi Anda yang sedang merencanakan untuk membangun bisnis travel di Kota Makassar, ada baiknya jika Anda menggunakan software akuntansi yang akan memudahkan proses pembukuan pada bisnis Anda. Salah satu software akuntansi yang banyak digunakan oleh bisnis travel sukses di kota besar adalah Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis dan meraih Top Brand Award sejak tahun 2016 sampai saat ini untuk software akuntansi terbaik di Indonesia.

Accurate Online memiliki fitur terbaik dan dibutuhkan oleh banyak bisnis travel seperti pencatatan pengeluaran dan pemasukan, pembuatan faktur otomatis, penghitungan dan pelaporan pajak, pencatatan dan pemantauan inventory, penghitugan dan pencatatan aset dan masih banyak lagi.

Jika Anda tertarik, Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis eelama 30 hari melalui tautan ini.

Baca juga : Rahasia Sukses Membuka Toko Komputer di Kota Makassar

5. Gunakan Strategi Pemasaran yang Efektif

Yang terakhir dan poin paling penting adalah tentang bagaimana bisnis travel Anda bisa dikenal banyak orang melalui strategi pemasaran yang efektif dan kekinian. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk membuat bisnis Anda lebih dikenal :

  1. Manfaatkanlah media sosial. Ya benar, ini terdengar klise, namun pastikan Anda memiliki strategi yang berbeda dalam pemasaran di media sosial. Contohnya: Anda bisa mengunggah foto foto terbaik di tempat wisata bersama para pelanggan Anda ke akun instagram (pastikan Anda mendapat persetujuan dari orang yang ada dalam foto), lalu tandai mereka. Ini akan meningkatkan visibilitas bisnis Anda, terlebih jika orang yang Anda tandai memiliki banyak pengikut.
  2. Kerjasama dengan pada influencer. Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan kerjasama dengan para influencer di bidang wisata.
  3. Buatlah website. Untuk kemudahan pelanggan Anda mencari informasi tentang layanan dan harga yang Anda berikan, pertimbangkanlah untuk membuat website. Pastikan informasi dalam website Anda lengkap, jika perlu tampilkan testimoni pelanggan atau portofolio bisnis Anda.
  4. Bekerjasama dengan OTA. Saat ini banyak orang yang melakukan pembelian tiket pesawat sampai wahana liburan melalui OTA atau online travel agent. Ada beberapa OTA yang menawarkan kerjasama pada layanan tour lokal, contohnya adalah Traveloka. Pertimbangkan untuk mendaftarkan paket wisata Anda ke OTA terkait.

Baca juga : 10 Rahasia Sukses Mendirikan Usaha Toko Bangunan di Kota Makassar

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membangun bisnis travel yang sukses di Kota Makassar. Perencanaan yang matang dalam bisnis travel menjadi penentu keberhasilan bisnis, terutama pada era kemajuan teknologi seperti sekarang. Banyak operasional dalam bisnis yang telah berubah seperti kegiatan marketing dan pembukuan.

Untuk kemudahan proses pembukuan bagi bisnis travel, Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi terbaik di Indonesia secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini: