Tertarik Membuka Usaha Oleh Oleh di Makassar? Perhatikan hal Berikut

Prosepek Usaha Oleh Oleh di Kota Makassar

Setiap daerah di Indonesia memiliki keunikan masing masing, termasuk pada souvnir atau oleh oleh di daerah tersebut, termasuk untuk kota terbesar di wilayah Indonesia bagian timur, Makassar.

Kota Makassar merupakan kota besar sekaligus kota tujuan wisata yang sudah terkenala sejak dulu. Memiliki banyak potensi pariwisata untuk dikembangkan, menjadikan kota ini memiliki potensi pengembangan bisnis yang baik, terlebih usaha yang berhubungan dengan pariwisata seperti usaha travel atau oleh oleh khas Makassar.

Namun sama seperti kebanyakan bisnis, Untuk membangun bisnis oleh oleh di kota Makassar Anda membutuhkan perencanaan yang matang supaya bisnis Anda bertahan dan menghasilkan keuntungan.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda adopsi sebelum memulai bisnis oleh oleh yang sukses di kota Makassar:

1. Pilih Lokasi yang Tepat

Tidak memiliki lokasi yang cukup baik adalah masalah No.1 bagi pemilik toko oleh oleh di kota Makassar dan masalah untuk melakukan penjualan produk yang lebih besar. Meskipun ini bukan sesuatu yang mudah diubah ketika Anda sudah melakukan sewa untuk tempat berjualan, penting untuk memikirkan dan merencanakan masa depan usaha Anda.

Lokasi yang baik dapat meningkatkan lalu lintas pejalan kaki, dan lokasi yang sulit dijangkau dapat secara drastis mengurangi pendapatan bisnis Anda.

Banyak wisatawan dan mungkin banyak orang menyukai toko Anda karena toko Anda memiliki akses yang mudah. Jika Anda mempertimbangkan untuk pindah atau membuka lokasi kedua, pilih tempat di dekat pusat keramaian seperti pusat kota, tempat wisata, atau gerbang utama wisatawan datang dan pergi seperti bandara atau terminal.

Mungkin tokoAnda akan berada di dekat pesaing  dan Anda mungkin akhirnya membayar lebih banyak dalam sewa, tetapi Anda masih akan memiliki peluang sukses yang lebih besar dan meningkatkan pengakuan merek Anda.

Demikian pula, pilih lokasi dengan banyak tempat parkir di dekatnya. Buat semudah mungkin bagi pelanggan Anda untuk sampai ke Anda. Beberapa toko ritel memilih untuk berbagi tempat parkir dengan bisnis tetangga untuk mengurangi biaya. Pantau berapa banyak tempat parkir yang digunakan oleh pelanggan Anda pada satu waktu, dan gunakan informasi itu sebagai panduan untuk berapa banyak tempat parkir yang Anda butuhkan.

Baca juga : Sedang Mencari Tempat Usaha Strategis di Makassar? Berikut Daftarnya

2. Miliki Produk yang Unik

Pelanggan akan kembali ke toko Anda berulang kali jika mereka tahu mereka bisa mendapatkan apa yang tidak akan mereka temukan di tempat lain. Kembangkan identitas untuk produk Anda. Misalnya, jika toko Anda adalah satu-satunya di kota yang menjual oleh oleh sabun dan lotion yang dibuat secara lokal secara eksklusif, maka pelanggan akan mulai berlangganan pada toko Anda ketika mereka kembali ke kota Makassar untuk mencari oleh oleh berupa produk perawatan kulit untuk teman luar kota atau saudara.

Sangat mudah untuk berpikir bahwa jika Anda dapat menghasilkan uang dengan menjual produk khusus, Anda dapat menghasilkan lebih banyak uang dengan menjual berbagai produk yang lebih luas, tetapi hal ini sering tidak terjadi.

Mengambil contoh kami tentang sabun dan lotion buatan lokal, seorang pemilik toko mungkin mempertimbangkan untuk menjual sabun dan lotion secara umum, dan memiliki satu bagian dari toko yang didedikasikan untuk produk-produk buatan lokal.

Baca juga : 6 Strategi Terbaik Sebelum Membangun Toko Plastik di Kota Makassar

3. Sediakan Berbagai Produk dan Ukuran

Meskipun memiliki identitas dan segmentasi itu penting, terlalu sempit dalam apa yang Anda jual adalah kerugian bagi penjualan Anda.

Jika Anda menjual gaun wanita dari sutra sengkang khas Makassar untuk acara-acara resmi, misalnya. Anda hanya akan menarik pelanggan dengan kebutuhan khusus – Anda seharusnya bisa menjual lebih dari satu gaya pakaian.

Jika memungkinkan, berikan pilihan warna atau pola, dan pastikan Anda membawa berbagai ukuran yang sesuai dengan basis pelanggan Anda. Pastikan warna, gaya, dan ukuran mana yang memiliki permintaan yang tinggi.

Jika seorang pelanggan datang untuk satu produk, tawarkan mereka produk lain yang mereka mungkin juga tertarik. Perempuan mencari gaun untuk acara-acara resmi mungkin akan mempertimbangkan pembelian ketika Anda menjual sepatu atau dompet dengan bahan yang cocok.

Atau jika toko oleh oleh Anda menjual makanan khas Makassar, dapat juga diuntungkan dengan menawarkan minuman khas Makassar seperti sirup markisa atau sirup DHT khas kota Makassar.

Baca juga : Tips Sukses Bagi Anda yang Ingin Menjual Kue Khas Makassar

4. Harga Kompetitif

Anda mungkin tidak dapat menentukan harga serendah beberapa toko oleh oleh besar di kota Makassar, tetapi jika Anda terlalu banyak mengambil keuntungan dari barang yang Anda jual, pelanggan akan segera mengetahui bahwa mereka akan lebih baik pergi ke tempat lain.

Penentuan harga pada bisnis adalah hal yang rumit, karena Anda ingin menjual seluruh produk Anda dan tidak ingin kehilangan uang, tetapi Anda juga tidak ingin harga terlalu tinggi dan kehilangan pelanggan.

Sebaiknya pertimbangkan menawarkan diskon untuk membeli beberapa item. Kesepakatan “beli tiga, dapatkan satu gratis”. Ini akan membuat pelanggan Anda memiliki  perasaan bahwa mereka mendapat keuntungan besar berbelanja di toko Anda, sekaligus Anda menjual jumlah barang yang lebih besar secara keseluruhan.

Baca juga : Rahasia Sukses Membuka Toko Komputer di Kota Makassar

5. Berikan Penawaran Ekstra atau Gratis

Banyak pemilik toko oleh oleh dalam survei kami merekomendasikan bahwa loyalitas pelanggan berasal dari memberi pelanggan Anda lebih dari yang mereka harapkan. Semua orang menyukai barang gratis, jadi jika Anda bisa memberikan sesuatu yang tidak terlalu mahal, Anda akan mendapatkan pelanggan seumur hidup. Beberapa contoh yang disebutkan meliputi:

Bungkus barang gratis: Untuk pembeli yang mencari hadiah, bungkus hadiah gratis adalah nilai tambah yang besar. Ini menghemat waktu dan uang mereka. Dan kenyamanan mendapatkan barang yang dibungkus sering kali berarti perbedaan antara melakukan pembelian di satu toko atau toko lain yang serupa.

Pengiriman gratis: Seperti bungkus barang gratis, pengiriman gratis adalah tambahan yang dapat membuat perbedaan yang dibeli oleh pelanggan toko. Jika Anda tidak memiliki produk dalam stok atau pelanggan yang sedang berlibur sedang mempertimbangkan untuk membeli produk untuk dikirim pulang, pengiriman gratis dapat memberi nilai lebih bagi pembeli

Diskon untuk pelanggan tetap: Semua orang suka dihargai, dan pelanggan tetap adalah sumber terbesar dari sebagian besar bisnis ritel. Tunjukkan kepada pelanggan setia Anda bahwa Anda menghargai mereka dengan memberikan mereka diskon sesekali atau memberikan sedikit hadiah secara gratis – sesuatu yang tidak akan mereka dapatkan dari toko lain.

Baca juga : Tips Ampuh Agar Sukses Menjadi Distributor Sembako di Kota Makassar

6. Dengarkan dan Tanggapi Kebutuhan Pelanggan

Apakah pelanggan Anda berulang kali bertanya apakah Anda memiliki produk yang tidak Anda miliki? Mungkin sudah waktunya untuk mulai menjualnya. Umpan balik pelanggan sering kali menjadi sumber informasi terbaik Anda ketika Anda ingin meningkatkan penjualan.

Demikian pula, anggap keluhan pelanggan sebagai peluang untuk meningkatkan bisnis. Kemungkinan, jika satu orang mengeluh, orang lain telah memikirkan hal yang sama tetapi tidak ingin mengemukakannya.

Jika Anda menganggap keluhan pelanggan bukan sebagai serangan pribadi tetapi sebagai informasi yang berguna untuk meningkatkan pengalaman pelanggan Anda, tidak akan terlalu sulit untuk mendengar umpan balik negatif.

Penelitian menunjukan alasan lain yang baik untuk mendengarkan umpan balik negatif, bahwa pelanggan yang memiliki pengalaman negatif di toko Anda akan memberi tahu lebih banyak orang tentang pengalaman tersebut daripada pelanggan yang memiliki pengalaman positif.

Tidak ada yang suka merasa diremehkan atau tidak dihargai, jadi penting untuk membuat pelanggan yang tidak puas menjadi puas sebelum mereka meninggalkan pintu Anda.

Baca juga : Tips Terbaik bagi Anda yang ingin Membuka Toko Kain di Kota Makassar

7. Lakukanlah Pembukuan

Mencatat semua transaksi baik itu pengeluaran dan pemasukan adalah keharusan jika usaha oleh oleh Anda mau sukses.

Dengan melakukan pencatatan dalam pengeluaran dan pemasukan bisnis oleh oleh Anda, Anda bisa menentukan rencana bisnis apa yang akan Anda ambil selanjutnya. Pembukuan yang baik juga berguna untuk memastikan bahwa bisnis Anda mengalami keuntungan bukan kerugian, Anda dapat melakukan evaluasi pada pos pos pengeluaran yang Anda anggap terlalu besar pada laporan keungan nantinya.

Jika Anda kesulitan melakukan proses pembukuan manual, Anda bisa menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur yang sesuai dengan toko oleh oleh Anda butuhkan seperti pencatatan stok, pembuatan faktur, otomatisasi pembuatan banyak laporan keuangan dengan mudah seperti Accurate Online.

Dengan Accurate Online, Anda bisa dengan mudah mengelola pembukuan dan pencatatan keuangan juga stok untuk toko oleh oleh khas Makassar Anda.

Telah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis dan meraih Top Brand Award sejak tahun 2016 sampai saat ini menjadikan bukti bahwa Accurate Online memiliki keandalan dan kualitas terbaik  sebagai software akuntansi buatan Indonesia.

Jika tertarik Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan ini.

Baca juga : 10 Rahasia Sukses Mendirikan Usaha Toko Bangunan di Kota Makassar

8. Produk Berkualitas

Terakhir, kunci kesuksesan sebagai pemilik toko suvenir adalah menjual produk berkualitas. Anda mungkin bisa menjual produk murah dengan markup harga yang besar, tetapi pelanggan tidak akan kembali atau menyebarkan informasi baik kepada teman-teman mereka tentang betapa hebatnya toko Anda.

Jika Anda benar-benar ingin menjadikan diri Anda sebagai toko oleh oleh  utama di wilayah Makassar, fokus pada kualitas akan membuat Anda menjadi lebih baik.

Baca juga : 7 Jenis Usaha Rumahan di Kota Makassar yang Wajib Anda Coba

Kesimpulan

Branding tidaklah mudah: Dibutuhkan waktu untuk membangun reputasi sebagai toko oleh oleh lokal terbaik di kota Makassar. Tetapi mengawasi bagaimana pelanggan menilai toko Anda dapat membuat kemajuan berdasarkan saran dan kritik yang pelanggan berikan.

Tidak hanya pengembangan eksternal bisnis, pengembangan internal bisnis juga perlu dilakukan oleh toko oleh oleh Anda. Perbaikan internal bisnis seperti melakukan pembukuan dan menyediakan produk berkualitas.

Ikuti saran diatas dan ambil langkah untuk memberi identitas toko oleh oleh Anda dengan benar hari ini, dan Anda akan mendapat manfaatnya besok.

accurate 200 ribu perbulan