7 Bisnis UKM di Indonesia yang Menjanjikan

Salah satu bisnis yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia adalah bidang usaha UKM. Bisnis ini juga selalu menjadi perhatian pemerintah Indonesia karena UKM diklaim mampu memberikan efek positif untuk perekonomian dalam negeri.

Selain itu, bidang usaha ini juga cenderung tidak memerlukan modal yang banyak, dan risiko kerugian yang dialami pun tergolong minim. UKM diklaim mampu memperbanyak lapangan kerja baru di sekitar masyarkat. Maka tidak heran jika bisnis ini bisa berkembang dan banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

Meskipun demikian, beberapa masyarakat di Indonesia masih ada yang kebingungan dalam memilih bidang usaha UKM yang tepat. Mereka khawatir usaha yang mereka jalani tidak mampu memberikan prospek yang menjanjikan. Sebagian lainnya mengaku ada yang belum pernah berbisnis, sehingga masih terbilang awam dalam melakukan pemasaran dan beragam alasan lainnya .

Perlu diketahui bahwa setiap bisnis pasti akan selalu ada masalah, baik itu bisnis kecil maupun bisnis besar. Untuk itu, bila Anda termasuk orang yang masih ragu dan belum percaya diri dalam menekuni bidang bisnis UKM, maka ada baiknya Anda membangun rasa percaya diri Anda terlebih dahulu.

Namun, jika Anda sudah memiliki jiwa pebisnis yang kuat, maka ke tujuh bisnis UKM di Indonesia yang memiliki prospek menjanjikan ini bisa Anda coba lakukan. Dengan begitu, Anda hanya harus mengamati, meniru, dan memodifikasinya saja.

Macam-Macam Bidang Usaha UKM

1. Bisnis UKM Bidang Pengantaran atau Kurir

Pada awalnya, bisnis kurir atau pengantaran ini selalu dipandang sebelah mata karena belum terlalu dibutuhkan seperti sekarang. Namun, semenjak bisnis online sudah semakin banyak, maka bisnis inipun sudah semakin berkembang baik.

Terdapat berbagai jenis bisnis kurir, yaitu bisnis kurir antar pulau dan luar negeri, serta kurir khusus dalam kota yang melayani pengantaran barang, dokumen, atau makanan dari satu kecamatan ke kecamatan lainnya.

Bisnis kurir sepertu ini bisa Anda lakukan seperti gojek yang sebelumnya sudah memberikan fasilitas kurir dalam kota. Dengan adanya bisnis ini, maka para pelaku bisnis online pasti akan menyambutnya dengan baik, karena seringkali mereka juga membutuhkan pelayanan yang cepat agar mampu memenuhi kebutuhan pelanggan yang ingin serba cepat.

Bisnis kurir dalam kota ini bisa Anda jadikan pilihan saat Anda belum memiliki modal yang cukup besar untuk mengirim pengantaran antar pulau. Anda hanya memerlukan modal yang kurang lebih hanya Rp25 juta guna membeli 3-5 unit motor bekas yang diperlukan untuk membantu bisnis kurir Anda.

Modal tersebut hanyalah estimasi saja, jika Anda mempunyai ide lain yang lebih menarik tentang bisnis kurir ini, maka tentu akan lebih baik lagi.

2. Bidang Otomotif

Bisnis di bindang UKM lainnya yang perlu Anda pertimbangkan adalah bisnis otomotif. Kenapa? Karena semakin hari dunia otomotif di negeri ini sudah semakin berkembang.  Hal ini ditandai dengan adanya pembelian mobil dan motor yang semakin meningkat pertahunnya, dan juga kemacetan di kota besar yang begitu panjang.

Oleh karena itu, Anda bisa mengambil peluang dari sana. Jika ditekuni secara mendalam, tentunya akan mendatangkan beragam prospek yang sangat menjanjikan.

Berangkat dari meningkatknya pembelian kendaraan dan adanya kemacetan panjang, maka bisa Anda jadikan modal yang baik dalam membuaka usaha UKM ini. Contoh nyatanya adalah membuka jasa cuci kendaraan, jual spare part, buka bengkel mobil atau motor, atau membuka jasa rental mobil.

Bisnis ini tentu harus dilakukan sesuai kemampuan dan keahlian Anda agar bisa dikembangkan. Jika Anda bisa menekuninya secara mendalam, maka perlahan tapi pasti bisnis Anda akan menjadi bisnis dengan keuntungan yang sangat menjanjikan.

Selain harus memiliki modal dan keahlian yang tepat, Anda juga harus melakukan survey terkait kebutuhan masyarakat sekitar yang ada hubunggannya seputar dunia otomotif.

Baca juga: 7 Masalah yang Terjadi pada UKM dan Tips Mengatasinya

3. Bisnis UKM Bidang Fashion

Sejak dahulu, bisnis fashion selalu menjadi salah satu bisnis yang selalu bisa berkembang dengan baik. Kenapa? Karena fashion adalah salah satu kebutuhan yang tidak pernah terikat oleh waktu. Oleh karena itu, bisnis ini memiliki prospek bisnis yang cukup menjanjikan.

Jika Anda tidak bisa tepat dalam memasarkannya pun, Anda masih bisa memasarkannya secara online, seperti lewat media sosial atau beberapa marketplace yang sudah besar. Jika Anda gencar dalam mempromosikannya, maka Anda akan bisa mendapatkan keuntungan yang sangat berlimpah.

Anda juga harus tetap memerhatikan trend fashion terbaru, kenapa? Karena fashion merupakan suatu trend yang selalu berkembang dari waktu ke waktu.

Selain itu, perhatikan pula target pasar yang akan Anda tuju. Apakah itu untuk anak-anak, bayi, remaja, wanita atau pria. Sehingga, Anda bisa lebih fokus lagi dalam menjualnya.

4. Bidang Kuliner

Sama seperti bisnis UKM di bidang fashion, bisnis ukm yang ada pada bidang kuliner pun selalu dibutuhkan oleh semua orang dan tentunya tidak akan pernah sepi. Kuliner adalah kebutuhan primer bagi setiap manusia dan pasti selalu dicari dan dinantikan.

Meskipun begitu, Anda harus tetap memerhatikan rasa, pelayanan, kemasan dan juga promosi makanan yang Anda produksi agar bisnis Anda mampu mendatangkan keuntungan yang banyak. Semakin unik rasa yang Anda ciptakan, maka nama dan juga penyajian dari produk Anda akan semakin banyak dicari.

Beberapa kuliner legendaris pun bahkan masih bisa bertahan hingga saat ini karena mereka mempunyai cita rasa yang kuat dan berpeluang mendapatkan pelanggan.

Adanya kehadiran sosial media yang sangat pesat seperti saat ini pun pastinya akan membuat pengusaha kuliner terbantu karena mereka bisa mempromosikan bisnisnya secara mudah tanpa harus membayar.

Untuk memulainya, Anda bisa mencoba membeli usaha franchise kuliner terlebih dahulu. Karena seluruh bahan baku dan persiapannya sudah jelas dan terencana dengan sempurna. Pada umumnya, yang perlu Anda persiapkan hanyalah tempat strategis untuk menjualnya saja.

Baca juga: Mengenal Perbedaan UKM dan UMKM Secara Lengkap

5. Bisnis UKM Bidang Kecantikan

Saat ini, populasi penduduk wanita berkelamin wanita tergolong lebih mendominasi. Seperti yang sudah kita pahami bersama bahwa wanita pasti akan selalu mempunyai kebutuhan yang lebih besar dari para pria, mulai dari ujung rambut, hingga ujung kakinya. Oleh sebab itu, Anda bisa menjadikan kebutuhan wanita tersebut sebagai peluang usaha yang tepat.

Salah satu bidang usaha yang bisa Anda kerjakan adalah salon, SPA, peralatan make up dan alat salon, menjadi penata rias, dll.

Tentunya bisnis penata rias ini akan lebih mudah berkembang, karena banyak para kaum wanita yang membutuhkan jasa rias untuk pernikahan, wisuda, dan acara formal lainnya. Sehingga, bisnis ini akan menjadi bisnis yang menjanjikan selama para wanita selalu mementingkan penampilan fisik tubuhnya.

Untuk itu, Anda tidak perlu ragu lagi dalam menjalankan bisnis ini.

6. Produk Kerajinan Tangan

Bisnis UKM selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah bisnis dalam produk kerajinan tangan. Kita semua tentu sudah paham bahwa kekayaan alam di negeri ini sangatlah banyak, dan bisa dijadikan sebagai suatu produk yang sangat bermanfaat untuk masyarakat sekitar, salah satunya adalah dijadikan sebagai produk kerajinan tangan.

Selain sangat bermafaat, produk kerajinan tersebut juga sangat ekonomis, sehingga Anda bisa mengelolanya bahan baku yang sudah ada menjadi suatu produk yang sangat kreatif dan bisa dijual dengan baik, serta memiliki potensi mendatangkan keuntungan yang besar.

Beberapa contoh kerajinan tersebut adalah tas dari anyaman bambu, boneka, sarung, kain, jepit rambut, bros, gantungan kunci, dll.

Produk-produk tersebut memang sudah lama eksis, namun para pengerajin tersebut biasanya hanya memasarkannya pada toko-toko besar yang menjual dengan harga serupa. Tapi saat ini, Anda bisa memanfaatkan toko online atau media sosial untuk memasarkannya. Dengan begitu, akan lebih banyak masyarakat yang melihat produk Anda, dan keuntungan yang akan di dapatpun akan semakin banyak.

7. Bisnis UKM Bidang Tour & travel

Bisnis UKM selanjutnya yang mungkin bisa Anda garap adalah bisnis di bidang tour & travel. Kita semua tentu paham bahwa wisata adalah salah satu kebutuhan bagi setiap orang. Seiring dengan berjalannya waktu, maka tempat wisata barupun semakin berkembang pula, dan banyak orang yang ingin mengunjunginya.

Namun, berbagai tempat tersebut belum bisa dipromosikan dengan baik. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan membuat usaha tour & travel.

Dalam membuka usaha ini, Anda bisa coba mulai memasarkannya di beberapa sekolah yang ada di sekitar Anda. Kenapa harus ke sekolah? Karena biasanya sekolah selalau mempunyai program study tour ke beberapa tempat wisata menarik di Indonesia.

Selain di sekolah, Anda juga bisa coba menawarkannya pada pihak organisasi yang ada di bawah pemerintah atau kantor swasta. Jangan lupa juga untuk selalu memberikan kenyamanan dan pelayanan yang baik pada para wisatawan agar mereka bisa kembali menggunakan jasa Anda di lain kesempatan.

Baca juga: Jenis-jenis UKM yang Bisa Dilakukan di Pedesaan

Jadi, Bisnis UKM Mana yang Akan Anda Pilih?

Itulah ke tujuh bisnis UKM di Indonesia yang menjanjikan dan bisa Anda coba pilih. Selain ke tujuh binis ukm di atas, Anda juga bisa memilih bisnis ukm lain yang Anda rasa cukup menjanjikan.

Namun, yang paling penting adalah Anda harus melakukan strategi pemasaran dan pengelolaan keuangan secara praktis, akurat, dan cepat. Untuk bisa mendukung pengelolaan keuangan secara praktis, akurat dan cepat, maka Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate Online.

Dengan Accurate Online, Anda bisa mengatur biaya produk, mengontrol stok barang, dan memantau laporan keuangan bisnis Anda secara mudah.

Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate1