Jenis-jenis UKM yang Bisa Dilakukan di Pedesaan

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa kebanyakan masyarakat Indonesia yang tinggal di pedesaan cenderung lebih memilih kota besar untuk mencari rezeki. Melakukan bisnis di perkotaan dianggap memiliki pesona sendiri, sehingga masyarakat pedesaan banyak yang meninggalkan tempat tinggalnya untuk mendapatkan kesuksesan.

Pemikiran seperti itu memang tidak ada salahnya, karena kita tahu banyak pengusaha sukses yang berasal dari pedesaan dan mampu membuktikan bahwa orang kampung pun mampu menaklukan kejamnya kota besar. Namun, hal ini membuat tingkat urbanisasi menjadi meningkat, sehingga desa menjadi tidak terurus dan roda perekonomiannya menjadi tidak seimbang.

Padahal jika kita cermati lebih jauh, ada banyak sekali peluang bisnis ukm yang bisa dilakukan di pedesaan. Bahkan hal ini sudah banyak diangkat oleh berbagai media dengan menampilkan kisah sukses para pebisnis dari desa yang diharapkan mampu menginspirasi masyarakat pedesaan.

Mereka yang sukses dari bidang usaha tersebut rata-rata adalah seorang pelaku UKM atau Usaha Kecil Menengah. Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah menjelaskan bahwa UKM sebagai salah satu tulang punggung roda perekonomian di Indonesia karena mampu memberikan pada PDB sekitar 60% banyaknya.

Oleh karena itu, khusus untuk Anda yang mempunyai kapasitas memadai dalam berbisnis, maka Anda bisa membagikannya pada masyarakat pedesaan agar mereka mempunyai kapasitas yang memadai pula dalam memulai bisnisnya.

Jika Anda masih bingung bentuk usaha apa yang harus dilakukan untuk bisa membantu perekonomian masyarakat pedesaan dengan UKM, berikut ini kami jabarkan ulasannya.

Jenis UKM yang Bisa Dilakukan di Pedesaan

1. Jenis Usaha Kecil Menengah Pedesaan dengan Bercocok Tanam atau Berkebun

Kita semua tentu paham bahwa lahan di desa masih cukup puas dan masih tergolong subur. Untuk itu, lahan tersebut bisa Anda manfaatkan untuk bercocok tanam. Terlebih lagi, Indonesia sangat terkenal dengan kekayaaan alamnya yang sangat banyak, karena apapun yang Anda tanam bisa dipastikan akan menghasilkan tanaman yang berkualitas dan bermanfaat.

2. Jenis Usaha Kecil Menengah Pedesaan dengan Berternak Ayam kampung

Indonesia pun memiliki banyak sekali kekayaan hewani di dalamnya. Salah satunya adalah ayam yang mampu dijadikan sebagai usaha ternak yang sangat menguntungkan. Selain itu, di Indonesia pun terdapat banyak sekali jenis ayam, salah satunya adalah ayam kampung. Seperti yang sudah banyak dilansir dari beragam sumber, saat ini permintaan akan ayam terus meningkat, terutama menjelang hari raya atau hari besar lainnya.

Peluang ini jelas merupakan suatu peluang yang sangat menjanjikan, khususnya di daerah pedesaan yang di dalamnya masih banyak sekali lahan yang luas.

Jika Anda tertarik untuk membangun ide usaha ini, maka terdapat beberap hal yang harus Anda perhatikan sebelum mengelola bisnis ternak ayam. Para pakar ternak ayam kampung sudah membagikan ilmunya pada berbagai orang yang ingin berternak dengan cara ini:

3. Cara Intensif

Cara intensif merupakan suatu cara yang mana ayam kampung akan ditempatkan di dalam kandang setiap hari. Sehingga mereka tidak akan dilepas keluar dan Anda tidak akan dibuat kerepotan. Namun, cara ini hanya bisa diterapkan jika  Anda sudah mempunyai modal yang lumayan besar untuk membuat kandang ayam yang memadai serta memperhitungkan seluruh biaya pakannya.

4. Cara Semi Intensif

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah cara semi intensif. Cara ini dilakukan dengan membuat kandang yang sangat luas agar ayam tidak bisa lepas. Kandang ini dibuat dari jaring ikan atau bahan lainnya yang dirasa cukup memadai.

Jika cara ini Anda lakukan, maka akan memudahkan Anda dalam mengontrol kesehatan, pertumbuhan dan pakan ayam ternak Anda. Ketika ayam sudah tumbuh secara sehat dan baik, maka selanjutnya Anda bisa mencari target pasar yang luas untuk menyalurkan ayam kampung Anda.

Baca juga: 9 Ide Bisnis Hobi yang Menguntungkan

5. Budidaya Ikan

Selain dengan berternak ayam dan bercocok tanam, Jenis UKM lain yang mampu membantu perekonomian masyarakat pedesaan adalah dengan cara budidaya ikan. Jenis UKM ini sangat potensial jika ditambah dengan masih minimnya kebutuhan pasokan ikan segar di pasar desa tersebut.

Namun, sebelum Anda melakukan budidaya ikan, terdapat langkah lain yang harus Anda lakukan terlebih dahulu, yaitu melakukan survey terkait harga ikan di pasar. Jika sudah menentukan harga ikan yang sesuai, maka Anda bisa mulai menjalankan budidaya ikan.

Terdapat dua jenis budidaya ikan yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  • Ikan hias:  Ikan arwana, cupang, Louhan, koi, oscar, rainbow fish, man fish, sapu, dan lain sebagainya.
  • Ikan untuk dikonsumsi: Ikan lele, belut, nila, betutu, gurame, kepiting, mas, salmon, dan lain sebagainya.

Beberapa kebutuhan yang harus Anda siapkan untuk menunjang budidaya ikan hias ini adalah mempersiapkan kolam yang cukup memadai, bibit ikan yang baik, pakan yang berkualitas, dan Anda harus mengurus dan memantau ikan secara berkala.

Jika budidaya ikan yang Anda lakukan mempunyai kualitas yang baik, maka semua orang akan berebut untuk membeli ikan Anda.

6. Usaha Pertamini

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa saat ini masyarakat indonesia sudah banyak yang mempunyai kendaraan roda dua maupun roda empat. Terlebih lagi, saat ini ada beberapa desa yang memiliki objek wisata iconic, sehingga banyak orang kota yang pulang pergi ke desa tersebut.

Namun, yang jadi masalah adalah tentang adanya pengguna kendaraan di desa adalah masih sulit ditemukannya ketersediaan bahan bakar mobil dan motor. Kalaupun ada, mereka harus menempuh jarak hingga ratusan kilometer dan itupun harus mengantri panjang.

Kondisi ini bisa Anda jadikan peluang besar untuk meningkatkan pendapatan masyarakat yang tinggal pada desa tersebut. Anda bisa coba memulai usaha pertamini dimana di stasiun tersebut hanya ada satu pengisian seperti halnya di pom bensin.

Anggaran modal yang dibutuhkan dari membuka bisnis ini umumnya disesuaikan dengan lokasi serta peralatan karena tidak ada patokan khusus dalam memilihnya. Agar Anda bisa mendapatkan kerjasama dengan pertamini tersebut, Anda bisa coba menghubungi pihak pertamini terdekat untuk mendapatkan kerjasama atau Anda bisa juga mencarinya pada berbagai toko online yang sudah terpercaya.

Selain mampu membantu pendapatan masyarakat pedesaan, peluang usaha ini juga mampu menjadi jembatan atas perpuraran roda ekonomi masyarakat pedesaan karena mampu membantu melancarkan distribusi hasil alam masyarakat desa ke pasar yang ada di wilayah perkotaan.

Baca juga: 9 Tips Ampuh Memulai Bisnis Kos-kosan

7. Usaha Kerajinan Tangan

Seperti yang dikutip dari acara inacraft pada tahun 2017 lalu, dijelaskan bahwa eskpor kerajinan tangan asal Indonesia meningkat sampai 1,35%. Hal tersebut menandakan bahwa usaha kerajinan tangan memiliki peluang yang sangat menjanjikan karena dinanti-nanti oleh semua masyarakat, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Bila diperhatikan secara seksama, seluruh wilayah di Indonesia hampir sebagian besar mempunyai kerajinan tangan sendiri yang manjadi ciri khas daerah tersebut.

Kerajinan tangan ini bisa diproduksi dengan berbagai bahan dasar sumber alam ataupun bahan bekas yang mampu didaur ulang, sehingga mampu menghasilkan suatu karya kerajinan tangan terbaik.

Oleh karena itu, jika Anda memperhatikan ada suatu daerah yang memiliki potensi kerajinan tangan yang sangat tinggi, maka Anda bisa memberdayakan dan menjadikannya sebagai sumber pendapatan yang menguntungkan bagi masyarakat desa tersebut.

Hasil dari kerajinan tangan tersebut biasanya akan digunakan untuk menghiasi rumah ataupun kantor, seperti halnya anyaman karpet, tempat duduk, cermin hias, dll.

Tips Mencari Jenis UKM Pedesaan yang Tepat

Ke lima jenis contoh UKM di atas merupak contoh nyata yang bisa Anda kembangkan di pedesaan. Namun, Anda juga masih bisa berinovasi dengan menciptakan ide bisnis lain yang Anda rasa cukup potensial bagi perekonomian masyarakat pedesaan.

Untuk itu, sebelum Anda menentukan ide bisnis apa yang tepat, maka ada baiknya Anda memahami penjelasan berikut ini:

  • Melakukan Survey Peluang Usaha yang ada di Desa Terlebih Dahulu

Ketika melakukan survey, jangan lupa juga untuk mampu memenuhi berbagai kebutuhan yang Anda perlukan untuk menunjang bisnis Anda, peluang usaha apa yang bisa laku keras di tempat tersebut, dan cobalah untuk melakukan survey pada masyarakat setempat terkait lingkungan yang ada di sekitarnya.

  • Amati, Tiru, dan Modifikasi

Cobalah Anda belajar dari orang sukses, khususnya mereka yang sudah menekuni bisnis tersebut. Cara terbaiknya adalah dengan mengamati, meniru, dan memodifikasinya. Sehingga, Anda akan mendapatkan gambaran yang tepat dalam menjalankan usaha yang akan Anda lakukan.

Baca juga: 7 Ide Bisnis Minuman Kemasan yang Mudah Dibuat

Kesimpulan

Selain mampu membantu masyarakat pedesaan dalam membangun perekonomian, niatkan juga usaha Anda untuk beribadah agar Anda bisa mendapatkan seluruh manfaatnya. Terlebih lagi, saat ini pemerintah sudah fokus dalam mengembangkan kegiatan usaha di pedesaan serta berbagai jenis ukm di pedesaan melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah.

Namun, jangan lupakan juga untuk mencatat seluruh pembukuan keuangan bisnis UKM Anda dengan rinci dan tepat agar bisnis bisa berjalan sukses sesuai target yang sudah ditentukan. Nah, untuk memudahkan Anda dalam menulis pembukuan keuangan dan hal lainnya terkait akuntansi bisnis, Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda akan lebih mudah dalam membuat dan mengecek laporan keuangan bisnis Anda dimanapun dan kapanpun. Selain itu, data laporan juga akan tersimpan dengan aman dan Anda bisa lebih mudah dalam menggunakannya.

Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:accurate1