Branding Kopi dan Strategi Jitu Membangunnya

Dalam menjalankan bisnis kopi, salah satu hal yang harus diperhatikan dengan baik adalah ciri khas. Ciri khas ini akan menjadi faktor pembeda yang akan memudahkan pelanggan dalam mengenal bisnis Anda. Ciri khas ini mempunyai hubungan yang erat dengan branding kopi Anda.

Untuk itu, saat ingin mengembangkan bisnis, hal yang penting dan harus dilakukan adalah memikirkan branding kopi yang tepat.

Selain merk, branding juga akan berkaitan erat dengan urusan desain logo, konsep tempat, gaya tulisan yang ingin digunakan, dan urusan lainnya. Branding ini nantinya akan membuat pelanggan untuk selalu mengingat dan akan menjadi ciri khas dari bisnis kopi Anda.

Lalu, bagaimana cara melakukan branding kopi yang tepat? Bagaimana cara membangunnya? Tenang, karena kami sudah menyiapkan jawaban lengkapnya pada artikel tentang branding kopi di bawah ini.

Cara Menentukan Strategi Branding Kopi

Dalam mengembangkan bisnis, hal yang penting untuk dilakukan adalah memperkuat brand. Kenapa? Karena brand yang semakin kuat akan semakin memperbesar skala bisnis. Untuk memperkuat branding, terlebih lagi branding kopi, diperlukan beberapa hal yang spesifik.

Ada banyak sekali strategi dan metode yang bisa Anda lakukan untuk memperkuat branding kopi Anda, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menentukan Target Bisnis

Dalam mengembangkan bisnis, tentu akan ada target baru yang ingin diraih. Caranya bisa dengan bisa lebih memperlebar jangkauan bisnis, mengubah segmentasi pasar, memperbanyak pelanggan, dan lain sebagainya.

Nah, strategi untuk memperkuat branding kopi bisa Anda mulai dari sini.

Contohnya, bila tujuan Anda adalah memperkenalkan bisnis yang sebelumnya sudah ada di tempat baru, maka strategi branding yang bisa Anda lakukan adalah menjalankan event di tempat tersebut.

Atau bila memang target pengembangan bisnis Anda adalah untuk menyediakan lebih banyak varian rasa kopi, maka branding yang bisa Anda jadikan pilihan adalah menyediakan media promo.

2. Menentukan Karakteristik dari Branding Bisnis Kopi

Hal lainnya yang harus Anda lakukan pikirkan adalah tentang karakteristik dari brand Anda sendiri. Umumnya, penentuan karakter ini akan berdampak bila target pengembangannya adalah pelanggan langsung.

Beberapa dari Anda mungkin sudah sangat akrab dengan brand yang sudah sangat identik dengan kota atau tokoh tertentu. Nah, hal tersebut adalah salah satu contoh dari pembentukan karakter brand.

Contohnya, bila bisnis kopi yang saat ini Anda jalankan ingin menyasar anak muda secara lebih banyak. Maka cobalah untuk memperkuat brand dengan sesuatu yang sedang diminati oleh anak muda pada saat itu.

Hal lainnya yang harus Anda perhatikan adalah bahwa penguatan karakter ini akan membuat pelanggan Anda semakin suka. Pada saat yang bersamaan, mereka yang sebelumnya tidak suka pun akan muncul. Hal tersebut adalah hal yang biasa dalam memperkuat suatu karakter.

3. Menentukan Konten Branding Bisnis Kopi

Urusan brand akan selalu erat kaitannya dengan logo, nama brand, gaya tulisan, simbol dan hal lain sebagainya. Berbagai hal ini sangat penting karena hal tersebutlah yang akan pertama kali dirasakan oleh pelanggan.

Contohnya untuk pemilihan logo atau gaya tulisan, Anda harus memilih hal tersebut dengan baik agar bisa memberikan kesan yang mendalam pada konsumen. Jika Anda asal dalam memilih gaya tulisan, maka kemungkinan besar tulisan Anda akan sulit dibaca para pelanggan.

Hal ini merupakan hal yang buruk untuk branding kopi Anda dan dalam pengembagan bisnis Anda. Pemilihan konten branding juga umumnya akan berhubungan dengan karakter dari brand Anda. Akhir-akhir ini, sudah banyak sekali branding kopi yang dilakukan oleh pebisnis dengan menggunakan paduan bahasa Indonesia yang sangat unik.

Hal tersebut tentunya tidak lepas dari target pasar mereka. Untuk membuat konten brand yang baik juga umumnya dibutuhkan riset yang baik. Riset ini akan menghasilkan konten seperti apa yang baik dan banyak diminati pelanggan.

Baca juga: Daerah Penghasil Biji Kopi Terbaik untuk Coffee Shop Anda

Membangun Brand Awareness

Bila sudah menentukan strategi branding kopi yang ingin digunakan, maka hal lainnya yang tidak kalah penting adalah membuat brand tersebut agar bisa melekat di pikiran para pelanggan.

Tahap penting lainnya dalam masalah pengembangan bisnis adalah brand awareness. Dengan adanya brand awareness yang baik, maka akan semakin banyak orang yang akan mengenal bisnis Anda.

Kunci terpenting dari melakukan brand awareness adalah menemukan pembeda. Dalam hal ini tentunya Anda harus membuat bisnis Anda berbeda dengan bisnis lainnya yang sejenis. Anda harus bisa menemukan perbedaan tersebut dengan baik. Bila perbedaan tersebut positif, maka branding kopi Anda akan jauh lebih mudah untuk diingat pelanggan.

Beberapa cara lain yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan brand awareness adalah sebagai berikut:

1. Menentukan Konsep yang Unik

Menentukan konsep yang unik bisa Anda lakukan dari sisi penataan dekorasi, pemilihan tempat, tampilan visual, dan lain sebagainya. Semakin tidak biasa maka bisa saja akan semakin baik.

Beberapa tempat di luar sana ada yang menyediakan kedai kopi dengan nuansa tempo dulu atau bahkan nuansa ala eropa. Beberapa kedai kopi lainnya ada yang menawarkan pemandangan yang unik, seperti pemandangan langsung ke gunung.

Konsep yang unik ini akan membuat bisnis Anda berbeda dari yang lainnya. Agar bisa menciptakan hal yang unik ini pun tidak melulu harus memikirkan tampilan visual. Anda bisa menciptakan hal yang unik dari sisi yang lainnya. Contohnya seperti dari sisi pelayanan atau bahkan dari resep kopi yang Anda tawarkan pada pelanggan.

2. Partnering

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis adalah dengan membuka kerja sama. Terlebih lagi, saat ini banyak kerjasama antar dua bisnis.

Kegiatan ini mampu memperbesar bisnis dan membangun kesadaran pelanggan. Selain itu, cara ini juga menjadi salah satu cara untuk memperkuat branding kopi Anda.

Saat ini, konsep partnering lebih akrab dikenal dengan sebutan kolaborasi. Bentuknya pun sudah semakin beragam. Anda bisa menjalin kerja sama dengan mereka yang memiliki bisnis makanan ringan atau menjalin kolaborasi dengan penjual merchandise.

3. Konten di Sosial Media

Harus kita akui bahwa saat ini media sosial memiliki peran yang sangat penting. Banyak anak muda dan kalangan lainnya yang mengetahui tempat kedai kopi baru di media sosial. Untuk itu, hal ini harus bisa Anda manfaatkan dengan baik.

Dengan menciptakan konten yang menarik di media sosial, maka Anda akan terbantu dalam memperkuat branding kopi Anda. Anda bisa memulainya dengan tips membuat kopi, menceritakan tentang kopi, atau jenis konten lainnya.

Membuat konten yang menarik di media sosial juga akan mampu meningkatkan engagement antara pelanggan dengan bisnis Anda secara langsung. Memanfaatkan media sosial juga bisa menjadi senjata yang ampuh dalam menyebarkan berbagai hal terkait bisnis Anda.

Media sosial pun mempunyai daya jangkauan yang sangat luas, sehingga bisnis Anda bisa menjadi lebih besar dengan menggunakan media sosial secara baik.

Baca juga: Bisnis Gerobak Kopi yang Menarik dan Unik

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang branding kopi. Branding memiliki peran yang sangat penting agar pelanggan tidak salah mengira tentang bisnis Anda dan membuat mereka lebih mudah mengenal bisnis Anda.

Dalam melakukan pengembangan bisnis, branding pun sangat penting untuk mengatakan banyak hal baru. Contohnya, bila target pengembangan bisnis Anda adalah meningkatkan jumlah pelanggan, maka Anda tidak perlu lagi menjelaskan produk apa yang Anda jual bila branding Anda sudah bagus.

Selain itu, kekuatan branding pun menjadi faktor penentu pilihan para pelanggan. Kebanyakan pelanggan akan lebih memilih dengan berdasarkan apa yang paling mereka ingat. Jika branding Anda sudah menempel di pikiran pelanggan, maka kemungkinan besar bisnis Anda akan menjadi top of mind di benak banyak orang.

Bila sudah demikian, maka Anda harus siap menerima banyak pesanan dari pelanggan dan mencatat setiap transaksinya dengan tepat. Dalam hal ini, Anda akan lebih terbantu bila menggunakan Accurate Online.

Accurate Online adalah aplikasi bisnis dan akuntansi yang mampu mencatat setiap kegiatan transaksi bisnis dan menyajikan laporan keuangan bisnis Anda secara instan.

Selain itu, bisnis kopi Anda pun akan berjalan lebih efisien karena Accurate Online akan membantu Anda dalam mengelola persediaan bahan baku, mengelola pelanggan dan karyawan, hingga mengelola perpajakan bisnis Anda.

Saat ini, Accurate Online bahkan sudah dipercaya oleh lebih dari 377 ribu perusahaan di Indonesia, mulai dari perusahaan kecil dan menengah hingga perusahaan besar.

Bisnis Anda bisa menjadi salah satu diantar perusahaan tersebut dengan mencobanya terlebih dahulu selama 30 hari gratis lewat banner menarik di bawah ini.