Business Analytics: Pengertian dan Bedanya dengan Business Intelligence

Pada dasarnya, business analytics dan business intelligence mempunyai perbedaan, yang mana keduanya adalah salah satu kunci sukses dari perusahaan.

Keduanya juga memiliki peran yang sangat penting dalam mengartikan atau menerjemahkan informasi serta memberikan solusi yang efektif untuk perusahaan.

Lalu, apa itu business analytics? Apa bedanya dengan business intelligence? Ayo temukan perbedaannya dengan membaca artikel tentang business analytics di bawah ini hingga selesai.

Business Intelligence

Seorang business intelligence memiliki tugas dalam menyimpan, mengumpulkan dan juga menganalisa data dari beragam kegiatan bisnis. Business intelligence akan menyediakan matriks bisnis yang lebih komprehensif, dalam waktu yang lebih terbaru, agar bisa menentukan suatu keputusan

Business intelligence juga akan membantu pebisnis dalam membuat indikator performa, mengetahui tren pasar, meningkatkan kedisiplinan perusahaan, dan juga meningkatkan hampir semua aspek bisnis yang Anda miliki.

Business intelligence juga mempunyai tanggung jawab dalam mengakses dan juga menjelajah data milik perusahaan. Tujuannya adalah agar bisa lebih memahami bagaimana suatu bisnis bisa berjalan dengan baik.

Selanjutnya, business intelligence akan membuat keputusan yang bijak agar bisa meningkatkan performa dan juga menciptakan peluang strategis baru guna meningkatkan perkembangan bisnis di masa depan.

Itu artinya, business intelligence akan berkaitan dengan bagaimana dan apa, daripada kenapa. Business intelligence akan membantu Anda dalam menerapkan matriks yang terpilih untuk bisa mengumpulkan data potensial, satuan data yang memang belum terstruktur, mengambil data, OLAP atau online analytical processing, serta proses laporan dan juga pemantauan analisa performa perusahaan.

Hal ini dibutuhkan agar bisa membuat keputusan bisnis yang lebih baik dan lebih tepat sesuai dengan kondisi terbaru. Selain itu, business intelligence juga nantinya bisa disesuaikan dengan perusahaan. Umumnya, business intelligence bisa diterapkan untuk melakukan analisa riset, analisa keuangan, dan analis sistem komputer.

Seorang business intelligence dan analis nantinya akan mengerahkan hal apa saja yang terjadi di lapangan agar selanjutnya bisa memberikan perusahaan kemampuan dalam menghimpun dan juga menginterpretasi data agar nantinya bisa membuat keputusan yang cepat dan juga memantau data secara real time.

Baca juga: Gambaran Bisnis Pada Pasar dan Perannya dalam Perkembangan Bisnis

Business Analytics

Business Analytics atau BA adalah pelengkap dari adanya BI atau business intelligence. Business analytics digunakan secara maksimal dengan interpretasi data agar bisa melakukan perkiraan apa saja yang akan terjadi pada waktu yang akan datang dengan berdasarkan data.

Business analytics adalah suatu langkah yang baik untuk perusahaan bila ingin melakukan perubahan atau mengubah cara dan juga membuat keputusan yang lebih baik untuk waktu yang akan datang.

Business analytics mampu membuat strategi, meningkatkan hubungan dengan para pelanggan, mengenal berbagai peluang di pasar, menunjukkan potensi resiko, dan juga mengurangi ancaman dengan berdasarkan evaluasi dan juga analisa di masa lampau.

Berdasarkan laman Michigan State University, berkaitan dengan semakin pentingnya kehadiran big data, maka terdapat beragam jalur karir lintas bidang yang bisa memanfaatkan business analytics, yakni:

  • Database Developer: Meningkatkan database agar bisa menangani data yang belum diolah dan belum terorganisir dengan baik.
  • Database administrator: Mengelola, mempersiapkan, dan juga mengamankan database agar bisa menyimpan informasi secara efektif pada pihak perusahaan.
  • Data Analysis Manager: Menerjemahkan dan juga mengkomunikasikan data secara lebih efektif pada tim agar bisa membantu membuat rencana strategi yang matang.

Jadi, business analytics adalah suatu pendekatan yang bisa Anda gunakan untuk mengakses dan mengeksplorasi data milik perusahaan. Tujuannya adalah agar bisa menggali pemahaman baru yang bisa meningkatkan rencana bisnis dan performa perusahaan di waktu yang akan datang.

Hal tersebut biasanya akan melibatkan penggunaan analisis statistik agar bisa mengetahui alasan dibalik suatu kejadian dan juga memprediksi dan mengantisipasi berbagai hal yang akan terjadi di masa depan.

Baca juga: Days Sales Outstanding Adalah: Pengertian dan Cara Mengoptimalkannya

Perbedaan Business Intelligence dan Business Analytics

Perbedaan mendasar antar keduanya adalah bahwa BI mampu membantu Anda dalam mengetahui apa yang sudah terjadi dan apa yang sedang terjadi di dalam perusahaan.

Disisi lain, BA akan melakukan perkiraan apa yang nantinya akan terjadi dengan berdasarkan kondisi di masa lalu dan masa sekarang.

Selain itu, perbedaan business analytics dan business intelligence adalah sebagai berikut:

  • BI akan menggunakan data yang ada di masa lalu dan masa sekarang untuk menjalankan bisnis pada saat itu. Sedangkan BA akan menggunakan data di masa lalu untuk kondisi di masa sekarang dan juga mengubah strategi bisnis di masa depan bila memang dibutuhkan.
  • Biasanya, BI akan memanfaatkan user interface dashboard agar bisa melakukan analisa, sedangkan BA akan lebih banyak menggunakan alat atau aplikasi dalam menyelesaikan pekerjaannya.
  • Business intelligence akan memberikan insight dan juga informasi data tersebut dibandingkan membuat informasi tambahan atas data tersebut. Di lain hal, BA akan lebih memecahkan masalah dengan memanfaatkan data dengan cara mengubah bentuk data menjadi suatu solusi yang lebih berarti.

Baca juga: Contoh Laporan Proyek Sederhana dan Mudah Untuk Dibuat

Penutup

Business analytics dan business intelligence memiliki peran yang penting untuk perusahaan. Untuk itu, sangat penting sekali untuk mengetahui hal apa saja yang paling Anda butuhkan dalam menjalankan bisnis.

Keduanya pun memerlukan data yang akurat, termasuk data laporan keuangan. Nah, untuk membantu pekerjaan mereka, Anda bisa menyediakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Kenapa? Karena Accurate Online akan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat. Berbagai fitur dan modul di dalamnya juga akan membantu Anda dalam meningkatkan efisiensi bisnis. Sehingga, Anda bisa mengalokasikan lebih banyak waktu dan tenaga untuk mengembangkan bisnis.

Penasaran dengan Accurate Online? Ayo coba gratis sekarang juga dengan klik banner di bawah ini.

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.