Gambaran Bisnis Pada Pasar dan Perannya dalam Perkembangan Bisnis

Bila Anda belum memperoleh gambaran bisnis pada pasar, maka Anda harus memperoleh pengetahuan terlebih dulu terkait gambaran pasar. Gambaran bisnis di dalam pasar memiliki peran yang sangat penting dalam memahami peta keseimbangan di dalam pasar dan metode pemasaran langsung yang digunakan perusahaan.

Sebagai contoh, gambaran bisnis pasar yang ada di daerah, di sana lebih sesuai dengan menggunakan pemasaran langsung menggunakan sales promotion girl yang mengunjungi setiap pasar tradisional. Sedangkan untuk masyarakat urban, perusahaan bisa menggunakan metode pemasaran tidak langsung, seperti dengan menggunakan iklan banner ataupun melalui media sosial.

Pengertian Gambaran Bisnis Pasar

Pada dasarnya, gambaran bisnis pasar adalah informasi yang dihimpun agar bisa memahami kondisi suatu pasar. Dari adanya gambaran informasi tersebut nantinya akan didapat analisis pasar dan siapa saja yang bisa menjadi target pasar potensial.

Gambaran informasi pasar ini memiliki manfaat dalam pemasaran produk barang dan jasa yang lebih mendambakan target pasar ideal. Karena, target pasar potensial akan berubah menjadi pembeli atau bahkan menjadi pelanggan setia dari perusahaan Anda.

Dengan memahami gambaran bisnis, Anda juga akan bisa melakukan identifikasi terkait siapa saja kompetitor Anda yang ada di Pasar. Setelah berhasil membuat analisa pasar, Anda bisa lanjut membuat inovasi produk atau jasa terbaru yang mampu memenuhi kebutuhan pelanggan.

Baca juga: Days Sales Outstanding Adalah: Pengertian dan Cara Mengoptimalkannya

Contoh Gambaran Bisnis Pasar

Contoh sederhana dari gambaran bisnis pasar adalah bisnis souvenir yang berada di Yogyakarta. Para pengrajin berpendapat bahwa kerajinan kayu ataupun perhiasan masih tergolong sedikit yang membuatnya. Sehingga, peluang bisnisnya pun sangat besar untuk bisa menembus pasar global.

Agar bisa lebih mudah menjangkau konsumen yang berada di luar negeri, pengerajin bisa menggunakan sistem pemasaran melalui media sosial, pameran ataupun expo dan menitipkan barangnya di mall, toko ataupun beberapa outlet oleh-oleh.

Baca juga: Contoh Laporan Proyek Sederhana dan Mudah Untuk Dibuat

Peran Penting Gambaran Pasar untuk Perkembangan Bisnis

Dengan memiliki gambaran bisnis pasar, maka Anda nantinya akan lebih mudah untuk mengetahui kondisi pasar saat ini dan strategi pemasaran yang paling efektif untuk bisa menjangkau konsumen. Berikut ini adalah beberapa peran penting gambaran pasar untuk bisnis.

1. Membantu Mengidentifikasi Target Pasar

Salah satu cara untuk mengetahui target potensial bisnis dan cara mengatasinya adalah dengan membuat gambaran informasi pasar.

Dengan membuatnya, Anda akan lebih mudah dalam melakukan analisis pasar agar bisa menentukan siapa saja yang ideal untuk dijadikan sebagai target pasar. Informasi terkait target pasar ini mencakup perilaku konsumen, rata-rata penghasilan, jenis kelamin, tempat tinggal, usia, dan lain sebagainya. Sehingga, Anda akan lebih mudah dalam membuat strategi pemasaran yang lebih efektif.

2. Mengenali Pesaing Bisnis

Tidak semua kompetitor bisnis harus Anda taklukan. Saat ini, banyak para pebisnis yang melakukan kolaborasi demi memikat pembelinya.

Contoh sederhananya dari gambaran bisnis pasar yang memberikan dampak besar pada pemasaran adalah dua artis atau selebriti yang merilis produk sepatu. Mereka bekerjasama untuk merilis produk dengan karakter bertemakan dua sosok ini.

Sehingga, bukan melakukan persaingan, namun penggemar dari kedua artis ini akan berupaya untuk membeli produk sepatu tersebut.

3. Memahami Kondisi Pasar Sebelum Produk Dijual

Gambaran bisnis bisa Anda jadikan sebagai gambaran informasi pasar sebagai alat tes sebelum produk dirilis ke pasar. Nantinya, Anda bisa mengetahui apakah produk Anda memang sudah memenuhi kebutuhan dan ekspektasi pasar atau belum.

Bila sudah membuat analisa pasar dan memahami gambaran informasi pasar, maka Anda bisa mulai menerapkan strategi pemasaran yang terbaik.

Baca juga: Contoh Laporan HPP atau Harga Pokok Penjualan Dan Cara Menghitungnya

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang gambaran bisnis pasar. Penjelasan di atas merupakan informasi tambahan yang sangat berguna untuk Anda yang baru memulai bisnis atau baru ingin merilis produk Anda ke pasar secara sukses.

Selain memahami gambaran bisnis pasar, agar bisa lebih sukses dan berkembang secara pesat, jangan lupa juga untuk memerhatikan sistem pembukuan Anda. Bila selama ini Anda masih menggunakan sistem pembukuan yang manual, maka segeralah untuk meninggalkannya.

Kenapa? Karena sistem pembukuan yang dilakukan secara manual akan sangat memakan banyak waktu dalam proses pengerjaannya. Selain itu, banyak sekali risiko yang harus Anda hadapi, seperti salah tulis, salah cetak, hingga risiko kecurangan.

Untuk itu, beralihlah dari cara yang manual dengan menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Accurate Online adalah aplikasi bisnis yang dikembangkan dengan menggunakan teknologi cloud computing berbasis website. Sehingga, Anda bisa mengaksesnya di mana saja dan kapan saja Anda butuhkan. Tampilan dashboard di dalamnya juga sangat sederhana. Jadi, bisa digunakan secara mudah oleh orang awam sekalipun.

Accurate pun sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dalam menyediakan aplikasi akuntansi. Bahkan, saat ini sudah dipercaya oleh lebih dari 377 ribu pebisnis di seluruh Indonesia, mulai dari pebisnis UMKM hingga pebisnis besar. Untuk itu, jangan heran bila Accurate Online sudah berhasil meraih penghargaan TOP Brand Award dari tahun 2016 hingga tahun 2022 dalam kategori software akuntansi.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa mendapatkan laporan arus kas, laporan neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, hingga lebih dari 200 jenis laporan keuangan lainnya secara otomatis, cepat dan akurat.

Terlebih lagi, di dalamnya juga sudah dilengkapi berbagai fitur dan modul yang mampu meningkatkan efisiensi bisnis Anda. Sehingga, Anda bisa lebih fokus dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis Anda.

Tertarik dengan Accurate Online? Tenang, Anda bisa langsung menggunakan dan mencobanya selama 30 hari gratis melalui banner di bawah ini.

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.