Ingin Lebih Mudah Dalam Mengolah Data? Ini 6 Rekomendasi Business Intelligence Platform Untuk Anda!

oleh | Feb 6, 2023

source envato.

Ingin Lebih Mudah Dalam Mengolah Data? Ini 6 Rekomendasi Business Intelligence Platform Untuk Anda!

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa business intelligence bukanlah suatu profesi yang mudah untuk dilakukan. Namun jangan khawatir, karena ada banyak business intelligence platform yang bisa membuat pekerjaan mengolah data menjadi lebih ringan.

Nah, jika Anda memerlukan platform tersebut dengan baik, maka Anda bisa memperoleh data dengan cepat dan tepat. Karena, berbagai rekomendasi di bawah ini adalah rekomendasi platform yang banyak digunakan oleh perusahaan.

Berdasarkan laman CIO dan Guru99, platform ini adalah pilihan yang terbaik untuk saat ini.

Lantas, apa saja platformnya? Baca terus artikel di bawah ini hingga selesai.

6 Rekomendasi Business Intelligence Platform Untuk Mengolah Data

1. Microsoft Power BI

Power BI adalah business intelligence platform yang mempunyai banyak sekali fungsi. Platform ini dirilis oleh Microsoft untuk sistem operasi berbasis Windows. Dengan menggunakan Power BI, maka Anda bisa mengolah data dari beragam sumber.

Dilansir dari laman Microsoft, penggunaan Power BI nantinya bisa berbeda-beda, tergantung dari peran Anda di suatu perusahaan atau tim. Platform ini bisa saja Anda gunakan untuk membuat ataupun memantau perkembangan penjualan.

Selain itu, tentunya masih banyak lagi cara menggunakannya yang sangat bermanfaat bagi Anda.

Baca juga: Bagaimana Cara Mencegah Orang Lain Mencuri Ide Bisnis Anda?

2. Tableau

Di dalam business intelligence, Tableau adalah salah satu data visualization platform yang paling sering digunakan. Setiap business intelligence tentunya harus bisa membuat data visualization yang baik. Karena, berbagai data mentah sering kali sulit dipahami oleh mereka yang bukan seorang ahli dalam bidangnya.

Namun dengan adanya data visualization, maka semuanya akan bisa memahami data dengan visualisasi yang lebih menarik.

Nah, beberapa fitur utama dari Tableau adalah data blending, real time analysis, dan juga data collaboration.

Jika Anda masih seorang pemula, maka platform ini sangat cocok untuk Anda, karena tidak membutuhkan skill programming dalam menjalankannya.

3. SAP BusinessObjects Business Intelligence

SAP BusinessObjects Business Intelligence adalah platform untuk data visualization, data reporting, dan berbagai data yang lebih mudah. Sehingga, Anda bisa mengubah data menjadi insight yang lebih mudah untuk dimengerti dan bisa berguna kapanpun Anda butuhkan.

Platform ini telah banyak digunakan oleh berbagai perusahaan besar untuk open client ataupun server system. Kelebihan utama dari SAP adalah transparansi dan fleksibilitasnya dalam hal mengolah data. Selain itu, platform ini juga bisa terintegrasi dengan sistem lain.

4. QlikView

Dalam menjalankan platform ini, Anda hanya perlu drag and drop saja, sehingga akan sangat mudah digunakan oleh siapa saja. Anda juga bisa menggunakan sumber data yang bermacam-macam untuk tool ini, termasuk dalam jenis dokumennya.

QlikView juga telah bisa menggunakan teknologi natural language processing, sehingga kegiatan pencarian data bisa lebih mudah dan juga akurat.

5. Dundas

Sama seperti business intelligence platform lain, Dundas BI pun bisa digunakan dalam membuat laporan data perusahaan, membuat scorecard, dashboard, dan lain sebagainya. Dundas BI adalah platform yang sangat unik karena bisa Anda akses menggunakan website browser.

Dengan menggunakan Dundas, Anda bisa mengakses banyak sumber data dan langsung diintegrasikan melalui satu platform. Fitur data analytics-nya pun dinilai lebih unggul dan bisa memprediksi secara baik untuk keperluan perencanaan bisnis.

6. Domo

Domo adalah business intelligence platform yang kerap kali dibandingkan dengan Tableau. Bahkan, tools ini dianggap lebih unggul dari Tableau melalui berbagai fitur di dalamnya yang lebih modern.

Fokus yang utama dari Domo adalah menyediakan layanan data analytics dan data visualization.

Tampilan dashboard di dalamnya pun cukup interaktif dan mampu memvisualisasi berbagai data. Selain itu, Domo juga bisa digunakan untuk melacak kampanye email, mengevaluasi proses pemasaran, dan melihat angka penjualan perusahaan.

Baca juga: Bagaimana Cara Efektif untuk Bernegosiasi dengan Pemasok?

Penutup

Demikianlah rekomendasi business intelligence platform yang bisa Anda gunakan untuk mengolah data secara lebih baik. Lantas, business intelligence platform mana yang sekiranya tertarik untuk Anda gunakan atau ingin Anda kuasai?

Sebagai pebisnis, Anda juga harus bisa menyajikan platform yang dibutuhkan oleh business intelligence dalam melakukan pekerjaan mereka.

Selain itu, Anda juga harus menyajikan tools lain yang mampu meningkatkan performa bisnis Anda secara lebih menyeluruh. Nah, salah satu tools tersebut adalah Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi dan bisnis yang terbukti #lebihbaik, karena telah dipercaya oleh ratusan pebisnis di Indonesia dan telah berhasil meraih penghargaan TOP Brand Award dalam kategori software akuntansi dari tahun 2016 hingga tahun ini.

Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan teknologi cloud computing dan telah dibekali dengan sistem keamanan yang sangat ketat. Sehingga, Anda bisa mengakses seluruh data dan laporan dimana saja dan kapan saja secara aman.

Lebih dari itu, tampilan dashboard di dalamnya pun didesain dengan sangat menarik dan mudah untuk dimengerti. Sehingga, siapapun akan bisa menggunakan Accurate Online secara mudah.

Dengan menggunakan Accurate Online, maka Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara instan, seperti laporan laba rugi, laporan arus kas, laporan neraca, laporan perubahan modal, dan laporan lainnya.

Selain itu, fitur bisnis luar biasa di dalamnya pun saling terintegrasi, sehingga akan sangat memudahkan Anda dalam melakukan penjualan dan pembelian, mengelola persedian barang di gudang, menyelesaikan urusan perpajakan, dan masih banyak lagi.

Lebih menariknya lagi, seluruh keunggulan dan fitur luar biasa dari Accurate Online bisa Anda nikmati dengan mengeluarkan biaya investasi yang sangat terjangkau, yakni sebesar 200 ribuan saja perbulannya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo kembangkan bisnis Anda secara lebih mudah dengan Accurate Online dan silahkan coba dahulu selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

8 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Natalia

Artikel Terkait