Cara Memulai Bisnis Cake and Bakery untuk Anda Para Pemula

Cake and bakery menjadi salah satu bisnis kuliner yang banyak peminatnya, terutama di Indonesia. Bisnis ini juga menjadi salah satu bisnis yang banyak diminati para pengusaha ataupun calon pengusaha. Pasalnya, bisnis cake and bakery adalah salah satu bisnis yang menjanjikan, mudah dipasarkan dan sangat mudah untuk dijual.

Bila Anda tertarik untuk menjalankan bisnis cake and bakery dan ingin segera memulainya, maka Anda bisa mengikuti langkah di bawah ini.

Cara Memulai Bisnis Cake and Bakery Bagi Pemula

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis cake and bakery adalah sebagai berikut:

1. Lihat Dapur yang Anda Miliki

Saat baru mulai menjalankan bisnis cake and bakery, Anda tidak perlu menyewa lokasi produksi atau pembuatannya. Cobalah untuk menggunakan dapur rumah sendiri, sehingga Anda bisa lebih menghemat biaya transportasi serta biaya sewa tempat.

Tapi, kebersihan dapur pun tetap harus Anda perhatikan. Pasalnya, kebersihan dapur adalah salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan ketika menjalankan bisnis kuliner.

2. Realisasikan Segera Bisnis Cake and Bakery

Bila Anda sudah menemukan ide bisnis cake and bakery, cobalah untuk sesegera mungkin merealisasikannya. Sebagian besar orang yang gagal merealisasikan bisnis terjadi karena mereka takut akan kegagalan. Hal ini tentu wajar, khususnya untuk pemula.

Tapi, jangan jadikan hal tersebut menjadi alasan untuk tidak memulai bisnis, karena tidak ada yang tahu dengan apa yang akan terjadi di masa depan.

Bila Anda sudah mundur sebelum memulainya, itu sama saja dengan menyerah dan menghalangi kesuksesan Anda sendiri. Untuk itu, segeralah dalam merealisasikan ide Anda dan kembangkanlah secara kreatif dalam membuat inovasi bisnis.

Baca juga: Ingin Jualan Bunga? Ini Tips Memaksimalkan Manajemennya agar Untung Berlipat

3. Buat Daftar Perlengkapan

Selanjutnya, Anda harus membuat daftar bahan dan alat yang akan Anda gunakan untuk membuat suatu produk cake and bakery. Beberapa diantaranya adalah telur, tepung terigu, baking powder, margarine, gula, dan ragi. Berbagai bahan tersebut sangat umum digunakan dan tidak memerlukan izin tertentu.

4. Buat Konsep Bisnis Cake and Bakery

Konsep bisnis adalah suatu hal yang sangat penting dan harus Anda pikirkan sebelum memulai bisnis. Dalam hal ini, maka Anda harus bisa menentukan metode penjualan produk, pre-order atau memasang produk cake and bakery di display. Hal tersebut juga nantinya akan menentukan penyewaan tempat atau cukup membuatnya di rumah sendiri.

5. Berikan Sampel

Sebelum Anda memasarkannya ke target pelanggan yang lebih luas, Anda bisa mencoba memberikan tester cake and bakery pada orang terdekat, seperti teman, keluarga, atau tetangga sekitar rumah Anda. Sehingga, nantinya Anda bisa memperoleh pemasaran dari mulut ke mulut secara gratis.

Namun, Anda harus membuat produk cake and bakery dengan kualitas terbaik dan penampilan yang menarik. Sehingga, mereka yang memperoleh produk tester akan dengan senang hati mempromosikan produk Anda pada orang yang sudah mereka kenal. Namun, jangan memberikan produk tester secara berlebihan.

6. Terus Semangat Menjalankan Bisnis Cake and Bakery

Apapun bisnis yang Anda jalankan, pasti akan ada masalah dan rintangan. Nah, semangat tinggi adalah kunci sukses dalam menjalankan bisnis. Bila Anda sedang mengalami masalah dalam berbisnis, cobalah untuk terus bersemangat dan jangan putus asa.

Berpikirlah dengan tenang agar bisa mendapatkan solusi dan jalan keluar terbaik atas masalah yang sedang Anda hadapi.

7. Kesampingkan Keuntungan

Dalam tahap awal memulai bisnis, cobalah untuk tidak terlalu mengharapkan keuntungan yang besar. Anda harus lebih fokus untuk memikirkan bisnis Anda bisa berdiri dan berjalan secara baik.

Tapi, mengesampingkan keuntungan bukan artinya harus rugi. Anda harus mengutamakan kepentingan produksi, salah satunya adalah menetapkan harga jual.

Di awal mula menjalankan bisnis, cobalah untuk tidak menawarkan harga yang tinggi, yang penting Anda bisa menutup biaya produksinya. Saat produk sudah banyak dikenal orang, Anda bisa mulai mengatur ulang harga jual Anda sesuai rencana awal.

8. Berikan Inovasi Produk

Saat menjalankan bisnis ini, produk yang memiliki cita rasa lezat bukan hal penting satu-satunya yang harus Anda perhatikan. Hal penting lainnya yang harus Anda lakukan adalah melakukan inovasi.

Dengan kehadiran inovasi, maka produk Anda bisa mempunyai nilai jual tersendiri, terlebih lagi bila Anda bisa membuat inovasi yang sebelumnya belum pernah dirasakan oleh kompetitor bisnis Anda. Nah, produk yang mempunyai daya tarik tersendiri ini bisa menarik pelanggan secara lebih mudah.

Tapi dalam membuat inovasi baru, Anda tidak boleh mengesampingkan kualitas produk. Karena, kualitas produk yang buruk bisa mengecewakan pelanggan Anda.

Baca juga: Bisnis Produk Kecantikan dan Peluang Keuntungan Besar di Dalamnya

Penutup

Demikianlah cara memulai bisnis cake and bakery yang bisa kami berikan. Namun, satu hal penting lainnya yang tidak boleh Anda lupakan dalam menjalankan bisnis ini adalah mencatat transaksi penjualan.

Sebagian pebisnis pemula menganggap bahwa mencatat transaksi bukanlah hal penting. Padahal, mencatat transaksi sama halnya dengan mencatat seluruh resep yang Anda gunakan dalam membuat sebuah resep produk.

Dengan mencatat transaksi keuangan, maka Anda bisa mengetahui kemana uang Anda pergi dan uang Anda datang. Hal tersebut juga akan mempermudah Anda dalam mengontrol keuangan.

Nah, bila Anda kesulitan atau tidak memiliki waktu untuk mencatat transaksi keuangan, Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online. Aplikasi ini akan mencatat seluruh transaksi keuangan bisnis Anda secara cepat.

Anda pun bisa mendapatkan laporan laba rugi, laporan arus kas, laporan neraca, dan lebih dari 200 jenis laporan keuangan lainnya secara akurat.

Lebih menariknya lagi, seluruh keunggulan dan fitur bisnis luar biasa di dalamnya bisa Anda nikmati dengan mengeluarkan biaya investasi yang sangat terjangkau. Bahkan, Anda bisa lebih dulu mencobanya selama 30 hari gratis dengan klik banner di bawah ini.