Bagaimana Caranya Membuka Toko Bangunan Sukses di Semarang?

Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, pembangunan di kota Semarang sangat pesat. Tidak hanya sarana umum dan perkantoran, pembangunan perumahan yang ada di sekitar kota Semarang saat ini juga sangat gencar dilakukan oleh para develepor perumahan. Hal ini tentu menjadi peluang yang bagus bagi Anda yang sedang berencana membuka toko bangunan di kota Semarang.

Anda telah menemukan ide bisnis yang sempurna, dan sekarang Anda siap untuk mengambil langkah berikutnya. Dan sama seperti bisnis apapun, untuk membuka toko bangunan di kota Semarang, hal yang paling penting dalam membangun bisnis adalah sebuah perencanaan.

Kami telah menyusun panduan sederhana ini untuk memulai toko bangunan yang sukses di kota Semarang. Langkah-langkah ini akan memastikan bahwa bisnis Anda direncanakan dengan baik dan juga menguntungkan :

Langkah Pertama: Temukan Rencana yang Jelas untuk Toko Bangunan Anda

Rencana yang jelas sangat penting untuk kesuksesan sebagai pengusaha. Ini akan membantu Anda memetakan spesifik bisnis Anda dan menemukan beberapa yang tidak diketahui. Beberapa hal penting untuk dipertimbangkan adalah:

  1. Berapa biaya awal dan biaya yang berkelanjutan?
  2. Siapa target pasar Anda?
  3. Berapa lama Anda akan mencapai titik impas atau BEP?
  4. Apa nama bisnis Anda?

Untungnya kami telah melakukan banyak penelitian untuk Anda.

1. Berapa biaya yang diperlukan untuk membuka toko bangunan di kota Semarang?

Toko bangunan kecil dapat dimulai dengan kurang dari 300 juta rupiah. Biaya termasuk sewa untuk toko, persediaan awal, pengaturan tampilan, dan cadangan kas untuk biaya staf dan tenaga kerja.

Persediaan awal mungkin akan berkisar antara 120 juta dan 150 juta. Sewa, dan biaya terkait lainnya akan bervariasi tergantung pada lokasi Anda.

Secara umum, Anda tidak boleh menghabiskan lebih dari 20% hingga 30% dari total pendapatan Anda untuk sewa.

2. Berapa pengeluaran  rutin yang akan Anda keluarkan?

Pengeluaran yang rutin untuk toko bangunan adalah  termasuk persediaan, sewa, utilitas, listrik, dan gaji. Semua biaya ini akan sangat bervariasi tergantung pada berapa banyak karyawan yang dipekerjakan, lokasi, dan daya listrik di toko Anda.

Baca juga : Beberapa Kawasan Strategis di Semarang yang Cocok untuk Bisnis

3. Siapa target pasarnya?

Bisnis menghasilkan uang dengan menagih pelanggan untuk alat dan persediaan. Biasanya harga yang ditawarkan adalah harga tetap untuk barang tersebut. Dalam hal barang-barang seperti tali atau rantai, toko dapat menjual barang dengan ukuran tertentu seperti satuan meter misalnya.

Sebagian besar pelanggan membayar secara kredit atau tunai. Sangat penting untuk menawarkan pelanggan berbagai cara untuk membayar Anda karena beberapa volume pelanggan mungkin memerlukan persyaratan kredit untuk melakukan bisnis dengan Anda.

Volume pesanan / klien juga memungkinkan Anda untuk memasukkan biaya keuangan atau ketentuan dalam harga pembelian Anda. Tidak jarang bagi toko perangkat keras untuk menawarkan jangka waktu 30 hari hingga 60 hari untuk klien yang sudah besar seperti developer perumahan di kota Semarang.

Pastikan juga lokasi Anda, apakah di dekat toko Anda sedang ada proyek pembangunan yang potensial? Jika iya, Anda bisa menawarkan kerjasama untuk menjadi supplier bahan bangunanan dan memberikan harga yang spesial.

Baca juga : 10 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Mencari Mitra Usaha

4. Bagaimana toko bangunan Anda menghasilkan uang?

Pelanggan ideal biasanya adalah pelanggan rumah tangga atau para pekerja banguanan. Namun, toko bangunan Anda dapat mengatur kerjasama dengan pedagang lokal atau para pengembang properti untuk mendapatkan bisnis yang konsisten.

Misalnya, toko Anda mungkin membuat kontrak dengan tukang kayu atau mebel untuk menawarkan pasokan paku atau alat pertukangan untuk bisnisnya secara berkelanjutan.

5. Berapa banyak keuntungan yang bisa dihasilkan oleh toko perangkat keras?

Laba operasi tipikal adalah antara 1,6% dan 6%, dengan laba bersih sebelum pajak antara 3% dan 7%.

6. Bagaimana Anda bisa membuat bisnis Anda lebih menguntungkan?

Membuat bisnis lebih menguntungkan akan melibatkan menambah sumber pendapatan utama Anda dengan layanan terkait lainnya. Misalnya, jika Anda menjual pemanas air atau alat dan perlengkapan untuk pemasangan pemanas air.

Anda dapat bermitra dengan tukang listrik setempat dan menawarkan layanan pemasangan. Anda dapat melakukan hal yang sama untuk jendela, pintu, atap, atau proyek besar lainnya.

Cara lain untuk membuat bisnis lebih menguntungkan adalah dengan menawarkan produk-produk terkait seperti penanaman atau perancangan taman, yang dapat menjadi sumber pendapatan tambahan untuk lini produk utama Anda.

Baca juga : Ingin Menjadi Distributor Sembako di Kota Semarang? Perhatikan Hal ini

7. Apa nama bisnis Anda?

Memilih nama yang tepat sangat penting untuk bisnis. Nantinya ini akan menjadi identitas toko bangunan Anda dan memudahkan pelanggan Anda untuk mengingat toko dan layanan yang Anda berikan nantinya.

Kedua: Temukan pemasok yang Tepat

Mencari pemasok yang tepat untuk barang yang Anda jual nantinya adalah hal yang sangat penting dalam membangun bisnis perdagangan, termasuk toko bangunan.

Pastikan Anda melakukan riset sebelum melakukan kerjasama dengan pemasok yang Anda pilih, seperti kualitas barangnya di mata pelanggan, reputasi, harga yang ditawarkan, dan kelebihan sekaligus kekurangan merk yang mereka tawarkan.

Jangan hanya bergantung pada satu pemasok saja. Misalnya Anda bisa memberikan banyak pilihan merk cat pada pelanggan jika Anda bekerjasama dengan banyak pemasok dari berbagai merk yang berbeda dan biarkan konsumen Anda memilih cat yang sesuai dengan kebutuhan mereka, namun Anda tetap memberikan informasi terperinci dari setiap merk cat yang mereka pilih.

Misalnya, Anda bisa memberikan penjelasan kenapa merk cat A lebih mahal dari cat B atau kenapa merk cat B lebih baik digunakan untuk mengecat bagian dalam rumah bukan luar rumah. Ingatlah, penguasaan produk sangat penting, jadi pastikan Anda mendapatkan informasi yang jelas dari pemasok Anda.

Baca juga : 9 Tips untuk Memulai Toko Perbaikan Komputer di Kota Semarang

Ketiga: Dapatkan izin dan lisensi yang diperlukan

Kegagalan untuk mendapatkan izin dan lisensi yang diperlukan dapat mengakibatkan denda yang cukup besar, atau bahkan menyebabkan bisnis Anda ditutup.

Pastikan Anda mendapatkan izin usaha untuk membuka toko bangunan di lingkungan Anda dan Anda tidak menjual bahan material yang tidak merusak lingkunagan. Akan lebih baik jika Anda mengkonsultasikan dengan bagian terkait perizinan usaha di kota Semarang

Keempat: Menyiapkan akuntansi bisnis

Mencatat berbagai pengeluaran dan sumber pendapatan Anda sangat penting untuk memahami kinerja keuangan bisnis Anda. Menjaga data finansial yang akurat dan terperinci juga sangat membantu saat penghitungan dan pelaporan pajak tahunan Anda.

Saat awal membuka toko bangunan di kota Semarang, mungkin Anda bisa menggunakan pembukuan manual dengan mencatat di buku log atau menggunakan excel.

Namun saat transaksi meningkat, banyak barang yang harus dicek, dan semakin banyaknya pelanggan juga pemasok Anda, ada baiknya Anda menggunakan software akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda contohnya Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis termasuk toko bangunan.

Dengan Accurate Onlina Anda bisa merasakan fitur pembuatan faktur otomatis, pencatatan pembelian dan penjualan, pemantauan inventori, stok opname, pencatatan penjual dan pemasok, penghitungan dan pelaporan pajak otomatis, sampai otomatisasi lebih dari 100 jenis laporan keuangan.

Jika Anda tertarik Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan ini.

Baca juga : Rahasia Sukses Membangun Bisnis Jual Beli Mobil Bekas di Semarang

Kelima: Tentukan merek Anda

Merek Anda adalah apa yang diperjuangkan perusahaan Anda, serta bagaimana bisnis Anda dipersepsikan oleh publik. Merek yang kuat akan membantu bisnis Anda lebih baik dari pesaing.

1. Cara mempromosikan & memasarkan toko bangunan Anda

Mendapatkan pelanggan baru biasanya melibatkan jaringan dengan kontak yang ada dan menyebarkan berita melalui iklan lokal.

Toko bagunan Anda sangat tergantung pada bisnis lokal dari komunitas. Jadi, bermitra dengan bisnis lain dan mengiklankan toko bangunan Anda mungkin membantu menyebarkan berita lebih cepat. Misalnya, tanyakan restoran lokal di kota Semarang, dan toko ritel lainnya, apakah Anda dapat beriklan di toko mereka dengan imbalan diskon produk di toko Anda.

Tidak hanya untuk membangun relaso di komunitas lokal di kota Semarang, iklan lokal dapat diposisikan lebih baik sebagai rujukan dari bisnis lokal yang ada daripada iklan berbayar dalam media nasional, seperti radio atau televisi.

Baca juga : 10 Tips Terbaik Sebelum Membuka Toko Batik di Kota Semarang

2. Bagaimana cara agar pelanggan kembali

Spesialisasi dan budaya perusahaan adalah cara terbaik untuk membedakan diri dari pesaing. Cara lain untuk tampil lebih baik di kerumunan adalah dengan membuat situs web, menangkap nama dan alamat email pelanggan Anda, dan mengirimi mereka informasi harian.

Informasi yang berasal dari pengalaman pribadi Anda dan tips terbaik seputar ilmu konstruksi atau hal yang mereka anggap menarik. Mereka tidak harus berupa email yang panjang, tetapi sesuatu yang membuat Anda berada di garis depan pikiran pelanggan Anda. Sehingga ketika mereka membutuhkan sesuatu yang Anda jual, mereka memikirkan Anda terlebih dahulu.

Baca juga : 5 Tips Terbaik Menjadi Distributor Minyak Goreng Sukses di Semarang

Kesimpulan

Itulah perencanaan untuk membuka toko bangunan sukses di kota Semarang, perhatikan setiap detail yang telah kami jelaskan agar Anda tidak salah mengambil langkah untuk membangun toko bangunan yang sukses dan menguntungkan.

Ingatlah, catatalah semua pengeluaran dan pemasukan Anda pada sistem yang memudahkan dalam memantau laporan finansial, stok barang, dan pajak secara keseluruhan melalui software akuntansi yang mudah digunakan dan memiliki fitur yang sesuai toko bangunan Anda.

Gunakanlah Accurate Online untuk proses pembukuan yang lebih mudah dan lebih baik. Anda bisa mencobanya secara gratis selama 30 hari melaluit tautan pada gambar di bawah ini :

accurate 200 ribu perbulan