5 Tips Terbaik Menjadi Distributor Minyak Goreng Sukses di Semarang

Saat ini, rumah tangga mana yang tidak membutuhkan minyak goreng? Terutama di kota besar seperti Kota Semarang, tentu konsumsi minyak goreng sangat tinggi, baik untuk kebutuhan rumah tangga maupun keperluan industri. Ini bisa menjadi alasan yang baik bagi Anda yang berencana untuk menjadi distributor minyak goreng yang sukses di Kota Semarang.

Harga minyak goreng juga terus mengalami peningkatan, terutama pada saat tertentu seperti hari besar atau hari raya. Apalagi di Kota Semarang memiliki banyak bisnis kuliner dan restoran besar yang bisa menjadi target pasar yang empuk untuk bisnis Anda.

Namun sebelum Anda menjadi distributor minyak goreng di Kota Semarang, ada berapa hal yang harus Anda perhatikan dan rencanakan. Berikut adalah tips terbaik yang bisa bisa Anda aplikasikan sebagai distributor minyak goreng di Kota Semarang :

1. Cari Produsen yang Terpercaya

Indonesia adalah produsen CPO atau crude palm oil atau minyak kelapa sawit terbesar di dunia. Ini berarti ada banyak produsen potensial yang bisa Anda pilih sebagai mitra Anda.

Sama seperti bisnis distributor lainnya, Anda harus memastikan harga dan mutu terbaik dari produk yang akan Anda jual nantinya. Ini berarti Anda harus memilih produsen yang memiliki penawaran harga sesuai dengan mutu yang mereka berikan. Pertimbangkan juga untuk tidak membeli minyak curah, walaupun harganya sedikit lebih murah dari minyak kemasan namun mutunya sangat tidak terjamin.

Anda bisa membuat daftar perusahaan minyak goreng di Indonesia yang bisa Anda hubungi terkebih dahulu dan mengetahui perbandingan harganya. Pastikan Anda mendapatkan penawaran spesial atas tawaran kerjasama yang Anda ajukan.

Berikut adalah beberapa daftar perusahaan minyak goreng terkenal di Indonesia :

1. PT. Multimas Nabati Asahan
2. PT. Sinar Alam Permai
3. PT. Wilmar Nabati Indonesia
4. PT. Multi Nabati
5. PT. Agrindo Indah Persada
6. PT. Musim Mas
7. PT. Inti Benua Perkasa Tama
8. PT. Mega Surya Mas
9. PT. Agro Makmur Raya
10. PT. Mikie Oleo Nabati Industri
11. PT. Indokarya Internusa
12. PT. Permata Hijau Sawit
13. PT. Nagamas Palm Oil Lestari
14. PT. Nubika Jaya
15. PT. Smart tbk (Sinarmas)
16. PT. Salim Ivomas Pratama
17. PT. Bina Karya Prima
18. PT. Tunas Baru Lampung
19. PT. Berlian Eka Sakti Tangguh
20. PT. Pasifik Palm Oil Industry
21. PT. Asian Agro Agung Jaya

Perusahaan di atas juga memproduksi minyak goreng kemasan dengan berbagai merek. Seperti: Sania, Fortune, Filma, Kunci Mas, Tropical, Hemart, Fraiswell, Forvita, Rosebrand, Camar dan Harumas.

Baca juga : Ingin Membuka Salon di Kota Semarang? Perhatikan 10 Hal Berikut

2. Memiliki Badan Usaha dan Izin Dagang

Sangat penting jika usaha distributor Anda memiliki badan usaha dan izin dagang untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, contohnya adalah Anda dianggap sebagai penimbun dan dikenakan pidana atas perbuatan Anda. Saat memiliki badan usaha dan izin dagang juga akan memudahkan Anda jika Anda ingin mengajukan kerjasama dengan toko atau restoran besar sebagai supplier untuk minyak goreng mereka.

Surat izin dagang atau SIUP juga akan membuat usaha Anda legal di mata hukum. Surat ini juga sangat diperlukan sebagai bukti pendukung kuat saat suatu usaha akan bekerjasama dengan perusahaan yang lebih besar, seperti produsen minyak goreng yang telah kita bahas diatas.

Baca juga : 10 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuka Restoran di Semarang

3. Perhatikan Lokasi Usaha

Memabangun bisnis distributor minyak goreng di Semarang mengharuskan Anda untuk memperhatikan lokasi usaha yang tepat. Anda tidak bisa membuka usaha distributor minyak goreng di lingkungan yang memiliki jalan yang sempit dan terlalu padat.

Pastikan Anda memiliki lokasi yang luas. Hal ini sangat penting jika nantinya ada kendaraan besar yang melakukan bongkar muat di toko Anda. bisa dibayangkan jika akses ke toko Anda memiliki jalan yang sempit? Tentu akan sangat menyulitkan.

Perhatikan juga bahwa Anda menjual minyak, ini berarti Anda tidak bisa membuang limbah atau sisa dari minyak yang Anda jual ke sembarang tempat. Ini akan membuat pencemaran lingkungan yang akan memperburuk hubungan Anda dengan warga sekitar. Jadi, perhatikan selalu lokasi dan jangan cemari lingkungan sekitar Anda.

Baca juga : Rahasia Sukses Membangun Bisnis Travel di Kota Semarang

4. Cari Reseller dan Pasar yang Tepat

Untuk menjadi distributor minyak goreng yang sukses di Kota Semarang, hal terpenting yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah mencari reseller atau pasar yang tepat.

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menawarkan kerjasama pada restoran-restoran besar di Kota Semarang, warung makan, atau usaha lainnya yang memerlukan minyak goreng dalam jumlah banyak. Hal lain yang efektif adalah dengan menawarkan minyak Anda ke pada warung kelontong atau pasar tradisional. Tetapkan diskon untuk pembelian minimal untuk menarik pelanggan.

Jika Anda sudah memiliki hubungan baik dengan para reseller Anda, jagalah hubungan tersebut bersamaan dengan mencari peluang pasar baru di kota lain sekitar Kota Semarang yang memiliki potensi menguntungkan.

Baca juga : 7 Peluang Usaha Semarang yang Mudah untuk Dikembangkan

5. Lakukan Pencatatan Stok dan Pembukuan Benar

Bisnis perdagangan membutuhkan ketelitian dalam pengelolaan stok dan juga pencatatan transaksi, termasuk usaha distributor minyak goreng ini. Anda harus mencatat selalu barang masuk dan keluar dengan benar dan melakukan pengecekan terhadap stok sebenarnya dalam interval eaktu tertentu untuk meminimalisir tindak kecurangan usaha atau fraud pada bisnis Anda.

Jika Anda kesulitan untuk melakukan pencatatan stok dan melakukan pembukuan yang benar, Anda bisa mencoba menggunakan software pembukuan yang memiliki fitur pembukuan dan inventori terlengkap seperti Accurate Online.

Baca juga : Strategi Terbaik Sebelum Membangun Usaha Cafe di Kota Semarang

Accurate Online adalah software akuntansi buatan Indonesia yang cocok untuk semua jenis bisnis. Terbukti telah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indoenesia.

Dengan menggunakan Accurate Online Anda bisa mendapatkan fitur terbaik seperti multi gudang, multi cabang, stok opname, pencatatan pengeluaran dan pemasukan, rekonsiliasi bank otomatis, otomatisasi lebih dari 100 jenis laporan keuangan, dan masih banyak lagi.

Tertarik menggunakan Accurate Online? Coba gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini :

accurate 200 ribu perbulan