Ingin Menjadi Distributor Sembako di Kota Semarang? Perhatikan Hal ini

Menjadi distributor sembako di kota besar bisa memiliki potensi yang sangat menguntungkan dan bisa menjadi pilihan usaha yang bisa Anda lakukan, tidak terkecuali di kota Semarang.

Dengan tingginya jumlah penduduk di kota Semarang, tentu ini bisa menjadi potensi yang sangat menguntungkan jika Anda membuka toko distributor sembako dan memenuhi keperluan hidup banyak orang di Semarang.

Namun, sebelum Anda merealisasikan impian Anda menjadi distributor sembako yang sukses di kota Semarang, Anda perlu memperhatikan beberapa hal agar bisnis Anda bisa berjalan sesuai rencana.

1. Analisa Produk yang Tepat

Bisnis Anda apalah yang Anda jual, entah itu Anda menjual barang atau jasa. Dalam membangun bisnis distributor yang sukses, hal yang pertama Anda lakukan adalah menemukan berbagai produk yang tepat.

Pikirkan, produk apa saja yang nantinya akan Anda jual pada bisnis Anda. Misalnya, jika Anda berencana menjual minyak goreng, minyak goreng dengan kualitas apa yang saja yang Anda sediakan pada toko Anda. Apakah Anda hanya menjual minyak goreng dengan mutu terbaik, minyak goreng curah, atau keduanya?

Hal ini sangat penting untuk menentukan ketersediaan produk berdasarkan mutu dan kualitas yang akan berdampak pasar Anda nantinya.

Baca juga : 9 Tips untuk Memulai Toko Perbaikan Komputer di Kota Semarang

2. Tentukan Pasar

Seperti yang kami bahas diatas, nantinya produk yang Anda pasarkan berkorelasi dengan pelanggan yang akan Anda dapatkan. Pikirkanlah konsumen seperti apa yang akan Anda targetkan?

Apakah konsumen rumah tangga, industri rumahan, atau usaha besar seperti restoran  yang memilih Anda sebagai suplier untuk memenuhi kebutuhan bahan bakunya. Dengan konsumen yang terencana, nantinya Anda bisa dengan mudah menentukan produk yang Akan pasarkan di toko Anda.

Anda juga bisa menggunakan target konsumen pada daerah tempat toko distributor sembako And di kota Semarang. Perhatikanlah lingkungan sekitar. Siapa mayoritas yang akan membutuhkan produk yang Anda jual nantinya? Analisa yang tepat mampu menghasilkan tindakan yang terukur dalam bisnis apapun.

Baca juga : Rahasia Sukses Membangun Bisnis Jual Beli Mobil Bekas di Semarang

3. Temukan Produsen Terpercaya

Setelah Anda berhasil menentukan produk dan pasar yang akan Anda garap, hal selanjutnya yang Anda lakukan untuk menenukan produsen terpercaya. Akan lebih baik jika Anda langsung menawarkan penawaran kerjasamanya dengan pemegang merk pusat.

Risikonya adalah, Anda harus akan diberikan beberapa persyaratan minimum seperti minimal luas tempat penyimpanan, minimal pemesanan produk, atau hal lain yang sesuai standar minimal mereka, yang mana mungkin tidak bisa Anda penuhi jika Anda memulai usaha dengan modal terbatas

Jika tidak bisa, pertimbangkan untuk bekerjasama dengan perwakilannya di daerah Semarang. Sebelum mengajukan penawaran kerjasama, pastikan juga Anda mengetahui persyaratan kerjasama, reputasi, dan juga merk lain yang memiliki kualitas sama untuk melakukan perbandingan.

Baca juga : 10 Tips Terbaik Sebelum Membuka Toko Batik di Kota Semarang

4. Kelola Stok dan Pembukuan dengan Baik

Anda sudah sampai pada tahap kerjasama dan mengisi gudang atau toko dengan barang yang siap Anda jual. Langkah selanjutanya adalah melakukan pengelolaan stok dan proses pembukuan yang tepat. Kedua hal ini sangat penting untuk keberlangsungan bisnis distributor.

Dengan pengelolaan stok yang benar, ini akan memberikan Anda informasi yang berguna untuk evaluasi usaha Anda kedepannya. Sebagai contoh : Anda bisa mengetahui barang mana yang memiliki banyak permintaan mana yang tidak. Dengan begitu Anda bisa mengambil tindakan untuk menyimpan lebih banyak stok produk yang memiliki permintaan yang tinggi.

Pengelolaan pembukuan yang baik berguna untuk mengelola segala informasi finansial yan berguna untuk menilai kesehatan bisnis Anda. Hal ini juga penting bagi Anda untuk melakukan evaluasi dan pengembangan bisnis yang lebih baik. dan yang terpenting dengan menerapkan kedua hal ini pada bisnis, Anda bisa meminimalisir tindakan kecurarangan yang terjadi dalam bisnis Anda.

Untuk memudahkan dalam pengelolaan stok dan pembukuan, Anda bisa menggunakan software akuntansi yang memilikn fitur keuangan dan inventori terlengkap seperti Accurate Online.

Hanya 200 ribu perbulan, Anda bisa mendapatkan fitur terbaik yang berguna bagi bisnis distributor sembako Anda seperti : Pemantauan stok, multi gudang, pencatatan pengeluaran dan pengeluaran, penyesuaian stok, dan masih banyak lagi.

Masih ragu? Accurate Online suah dipakai oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis usaha dan Anda juga bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan ini.

Baca juga : Mau Buka Toko Oleh Oleh di Semarang? Baca dulu Tips Berikut ini

5. Analisa Pesaing

Memperhatikan pesaing di sekitar Anda juga termasuk dalam poin perencanaan yang penting. Akan selalu ada usaha yang seupa di sekitar Anda, dan ini bisa menjadi tantangan untuk bisnis Anda berkembang.

Perhatikan kelebihan dan kekurangan pesaing dalam bisnis Anda. Untuk mempermudah proses tersebut Anda bisa menggunaka metode analisa SWOT untuk menghasilkan kesimpulan yang terbaik.

Perahatikan juga hal yang berhasil dan gagal dilakukan kompetitor Anda. Jika hal yang dilakukan kompetitor Anda terbukti sukses dan bisa di adaptasi oleh bisnis Anda, maka tidak ada salahya Anda menggunakan hal tersebut dengan sedikit improvisasi untuk membuat hasil yang lebih baik.

Baca juga : Bagaimana Memulai Bisnis Toko Alat Kesehatan di Semarang?

6. Lakukan Pemasaran yang Efektif

Pemasaran adalah jantung dalam bisnis, termasuk untuk usaha distributor sembako di kota Semarang. Sekalipun Anda telah memiliki banyak pelanggan tetap, Anda tetap harus membuat langkah pemasaran efektif untuk menarik pelanggan yang potensial dan menjangkau lebih banyak calon konsumen.

Pemasaran dari mulut ke mulut masih menjadi jenis pemasaran terbaik dalam jenis bisnis ini.  Namun, metode ini memakan waktu dan memerlukan waktu yang sangat lama. Sangat direkomendasikan untuk distributor yang baru memulai dengan modal kecil dan memberikan pelayanan yang baik, karena layanan yang baik akan membuat semua perbedaan dalam bisnis.

Anda juga bisa menggunakan pemasaran online dengan membuat website atau pemasaran di media sosial. Jenis pemasaran ini mengharuskan Anda untuk selaras dengan platform media sosial saat ini seperti Facebook, Snapchat, Twitter, Instagram dan situs populer lainnya.

Baca juga : Mau Buka Toko Alat Musik di Kota Semarang? Baca dulu 6 Tips ini


Sama seperti jenis bisnis lainnya di kota besar, akan ada dua hal yang harus Anda perhatikan sebelum membangun usaha distributor sembako di kota Semarang yaitu perencanaan dan tantangan.

Kedua hal ini berkorelasi dan saling melengkapi. Akan selalu ada tantangan baru untuk setiap langkah atau keputusan yang akan ambil dalam membuat usaha distributor sembako nantinya. Namun Anda juga harus mempersiapkan rencana yang matang sebagai pemecah tantangan dalam usaha .

Salah satu perencanaan yang bisa Anda gunakan untuk menghadapi tantangan dalam usaha adalah dengan melakukan perencanaan keuangan melalui pembukuan yang baik benar.

Jika Anda kesulitan atau membutuhkan software pembukuan yang mudah digunakan dan memiliki fitur terbaik, Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 200 ribu perbulan