Rahasia Sukses Membangun Bisnis Jual Beli Mobil Bekas di Semarang

Kebutuhan memiliki kendaraan di kota besar seperti Kota Semarang semakin tinggi setiap tahunnya. Tidak hanya kendaraan baru, permintaan yang tinggi juga terjadi untuk kepemilikan kendaraan bekas sebagai alternatif bagi mereka yang belum memiliki dana yang mencukupi untuk membeli mobil baru. Hal ini tentu menjadi peluang yang baik bagi Anda yang ingin membangun bisnis jual beli mobil bekas di Kota Semarang.

Selain menjual mobil, Anda juga bisa menjadi pemburu mobil bekas di Kota Semarang yang memiliki kondisi dan harga terbaik, yang nantinya bisa Anda jual kembali atau sebagai stok dagangan Anda.

Dalam menjalani bisnis ini, tentu Anda diharuskan memiilik pengetahuan tentang mobil, pemasaran, dan integritas tinggi agar Anda bisa memasarkan produk terbaik dan memuaskan pelanggan. Berikut kami akan berikan beberapa rahasia untuk membuat bisnis jual beli mobil bekas di Kota Semarang menjadi sukses :

Pilih Merek Mobil yang Tepat untuk Dibeli atau Jual

Kecuali jika Anda memiliki segmentasi pasar tertentu seperti mobil mewah, mobil klasik atau yang lainnya, Anda mungkin ingin mempertimbangkan merek yang dipercaya dan memiliki pemintaan yang tinggi di Indonesia. Merek seperti Toyota, Honda, atau merek mobil Jepang lain yang terbukti lebih dicari karena durabilitasnya.

Perhatikan juga dengan jenis mobil yang Anda jual, pertimbangkan untuk memperbanyak mobil MPV atau mobil keluarga yang memiliki jumlah bangku yang banyak. Hal ini dikarenakan permintaan mobil keluarga lebih tinggi dari mobil jenis lainnya seperti sedan atau SUV.

Jika Anda berencana masuk ke gaya mobil tertentu, Anda harus memberi harga sesuai dengan itu. Misalnya,  mobil klasik yang direstorasi cenderung memiliki nilai jual kembali yang lebih tinggi daripada mobil yang lebih modern.

Sekali lagi, Perhatikan siapa basis pelanggan Anda yang kemungkinan besar akan tertarik untuk mengambil dan memilih mobil bekas yang akan dibeli. Ketika Anda melakukan riset pasar, Anda akan tahu apa yang diinginkan pelanggan Anda.

Baca juga : 10 Tips Terbaik Sebelum Membuka Toko Batik di Kota Semarang

Dapatkan Harga yang Tepat

Ketika menjual mobil bekas di Kota Semarang,  menentukan harga yang tepat adalah hal yang penting. Pertimbangkan untuk memberi harga sesuai pasaran dan perhatikan kondisi mobil yang Anda jual.

Saat Anda berada pada segmentasi pasar khusus, Anda mungkin perlu memberi harga kendaraan berbeda, misalnya mobil SUV 4 x 4. Teliti harga beberapa pesaing terdekat Anda, serta kebijakan dan model bisnis mereka. Anda mungkin perlu mengadaptasi apa yang mereka lakukan atau menyesuaikannya agar lebih sesuai dengan kebutuhan konsumen pada target Anda.

Kerjasama juga dengan beberapa bengkel resmi yang memungkinkan Anda untuk membeli mobil dengan harga murah, atau mungkin ada kalanya Anda membeli dari pihak yang menjual mobil di internet.

Dalam hal ini, jangan takut untuk bernegosiasi untuk harga terendah, hal terburuk yang mungkin terjadi adalah kesepakatan itu gagal, dan tidak masalah dengan itu. Ingatlah masih banyak pilihan lain. Jangan malu untuk tawar-menawar karena sangat mungkin bahwa calon pembeli Anda akan ingin menegosiasikan harga yang mereka bayar juga. Jadi, tetapkan jumlah harga minimum untuk setiap kendaraan berdasrkan kondisinya.

Baca juga : Mau Buka Toko Oleh Oleh di Semarang? Baca dulu Tips Berikut ini

Miliki Mekanik Tepercaya

Pastikan Anda adalah seorang mekanik yang mempunyai kemampuan mumpuni, atau paling tidak pekerjakankah mekanik andal dan memiliki pengetahuan yang baik tentang permesinan, karena hal ini penting.

Anda akan membutuhkan satu mekanik atau lebih yang akan membantu untuk mengurus setiap perbaikan besar dan melakukan inspeksi kendaraan yang diperlukan.  Alasan bagus lainnya untuk mempekerjakan mekanik berpenagalaman dan memiliki pengetahuan luas: ia dapat membantu Anda memutuskan apakah mobil tertentu merupakan pilihan yang baik atau tidak.

Ketika Anda memiliki hubungan yang baik dengan mekanik Anda, Anda akan memiliki hubungan yang lebih baik dengan mobil Anda. Tidak hanya mereka dapat membantu Anda memutuskan apakah akan membeli mobil atau tidak, tetapi mereka juga dapat bekerja pada kendaraan Anda, memberi Anda pendapat ahli tentang perbaikan apa yang benar-benar diperlukan dan akan menguntungkan bisnis Anda.

Baca juga : Bagaimana Memulai Bisnis Toko Alat Kesehatan di Semarang?

Memiliki Daftar Periksa

Daftar periksa itu penting untuk sebuah bisnis jual beli mobil bekas di Kota Semarang. Daftar ini akan membantu Anda melacak apa yang perlu dilakukan dan apa yang sudah dilakukan. Anda bahkan harus memiliki beberapa daftar periksa.

Daftar periksa untuk pembelian dapat mencakup hal-hal seperti jarak tempuh, ban, test drive, interior / eksterior mobil, dll. Untuk memastikan bahwa Anda tidak membeli barang yang buruk. Daftar periksa lain mungkin diarahkan untuk penampilan keseluruhan mobil dan kebersihan yang terlihat.

Daftar ini nantinya juga bisa Anda berikan pada pelanggan yang akan membeli mobil untuk menambah rasa kepercayaan mereka sebelum memutuskan pilihan yang tepat.

Baca juga : 5 Tips Terbaik Menjadi Distributor Minyak Goreng Sukses di Semarang

Pastikan Ruang Anda Cukup

Di mana pun Anda memilih untuk mengoperasikan bisnis, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki parkir yang memadai untuk inventaris atau stok Anda. Periksa undang-undang daerah kota Semarang yang tidak memperbolehkan untuk memarkir kendaraan dan kepemilikan garasi atau tentang menyimpan mobil tanpa plat nomor.

Anda tidak ingin dikenakan denda dan biaya lainnya bukan? Ketika Anda memiliki lokasi fisik, pastikan bahwa luas lahan tersebut cukup untuk seluruh inventaris Anda.

Baca juga : Ingin Membuka Salon di Kota Semarang? Perhatikan 10 Hal Berikut

Pertimbangkan Menawarkan Garansi

Garansi mungkin saja menjadi satu hal yang membuat calon pembeli memilih untuk membeli mobil dari bisnis Anda daripada salah satu pesaing Anda. Karena banyak bisnis mobil bekas menjual kendaraannya apa adanya.

Menawarkan garansi terbatas 60 hari dapat memberi pembeli lebih banyak kepercayaan pada produk Anda. Ini juga meningkatkan integritas yang Anda rasakan. Pelanggan mungkin merasa seolah-olah mereka lebih dari sekadar pelanggan bagi Anda.

Baca juga : 10 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuka Restoran di Semarang

Lakukan Pemasaran Online

Jangan hanya memasarkan dan mencari mobil yang Anda jual secara konvensional, jadikanlah internet sebagai teman Anda.

Anda dapat membuat halaman Facebook atau akun Instagram untuk memamerkan semua mobil yang Anda jual. Jadilah kreatif seperti yang Anda suka dengan posting gambar dan teks Anda. Anda juga dapat memposting iklan baris untuk mobil secara gratis di situs-situs seperti OLX, carmudi, dan lainnya.

Jika Anda berencana menggunakan internet untuk mendapatkan perhatian dan meningkatkan lalu lintas atau visibilitas bisnis Anda, sebaiknya memiliki gambar terbaik dari semua mobil Anda. Bahkan jika Anda tidak menggunakan internet, Anda dapat menggunakannya dalam iklan visual di koran atau di poster.

Saat mengambil gambar, pikirkan tentang bagaimana gambar itu akan digunakan. Jika Anda menempatkan iklan di surat kabar, bidikan eksterior tidak masalah. Pastikan Anda memiliki pencahayaan yang benar dan tidak ada bayangan.

Waspadalah terhadap backlight dan usahakan untuk menjauhkan kendaraan lain dari foto Anda. Jika Anda mengambil gambar untuk diposting di situs jual beli, Anda mungkin ingin juga mengambil foto interior mobil, odometer, mesin dan fitur menonjol lainnya.

Baca juga : Rahasia Sukses Membangun Bisnis Travel di Kota Semarang

Gunakanlah Pembukuan

Tidak seperti bisnis lain, usaha jual beli mobil bekas adalah jenis usaha yang memiliki perputaran barang yang lambat. Belum tentu dalam satu hari Anda menjual atau mendapatkan mobil bekas bukan? Maka dari itu pencatatan pengeluaran dan pemasukan penting dalam usaha jual beli mobil bekas di kota Semarang.

Bayangkan jika pengeluaran Anda selama seminggu lebih besar dari keuntungan menjual 1 mobil yang terjual dalam jangka waktu 1 bulan, namun Anda tidak sadar dengan hal ini.

Itulah gunanya pembukuan pada bisnis, melacak dan mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan pada usaha. Tidak hanya itu, pembukuan juga berguna menghasilkan informasi finansial usaha yang bisa Anda jadikan pertimbangan dan bahan evaluasi dalam pengembangan usaha jual beli mobil bekas Anda nantinya.

Jangan khawatir jika Anda tidak mengerti ilmu akuntansi secara mendalam, karena saat ini sudah banyak software akuntansi yang mudah digunakan sekalipun Anda tidak memiliki pemahaman mendalam tentang ilmu akuntansi, salah satunya adalah Accurate Online.

Accurate Online adalah software pembukuan yang sudah terbukti dan teruji selama 20 tahun dan digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis, mulai dari UMKM sampai perusahaan manufaktur besar. Tertarik menggunakan Accurate Online? Anda bisa mencobanya secara gratis selama 30 hari melalui tautan ini.

Kesimpulan

Jadi, apakah Anda sudah siap menjadi pengusaha jual beli mobil mobil bekas sukses di Kota Semarang? Tips ditas dapat membantu Anda menavigasi bisnis jual beli mobil bekas dengan lebih baik. Dapatkan juga saran dan masukan dari beberapa penjual mobil bekas yang lebih berpengalaman tentang bisnis ini.

Jangan lupa untuk melakukan pembukuan untuk membuat arus finansial Anda tetap dalam rencana dan kendalikan pos pengeluaran agar tidak terjadi pemborosan yang berujung pada kerugian bisnis.

Coba Accurate Online sekarang secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini :

accurate 200 ribu perbulan