Bagaimana Caranya Menemukan Partner Bisnis yang Tepat?

Partner bisnis adalah aset berharga ketika Anda memulai perusahaan baru. Sementara beberapa mitra membentuk ide bisnis bersama sejak awal, yang lain menemukan satu sama lain dalam proses peluncuran startup.  Jika Anda sedang mencoba mencari partner bisnis, ada beberapa pendekatan yang bisa Anda lakukan.

Dalam artikel ini, kami mengeksplorasi berbagai cara untuk menemukan partner bisnis dan mendiskusikan cara memastikan bahwa Anda memiliki orang yang tepat untuk pekerjaan itu.

Apa itu Partner Bisnis

Partner atau mitra bisnis adalah seseorang yang Anda bagikan kepemilikan bersama perusahaan Anda. Ini adalah hubungan hukum dan harus diuraikan dengan hati-hati untuk memastikan bahwa kedua belah pihak memahami kewajiban keuangan dan profesional mereka.

Mereka yang terlibat dalam kemitraan bisnis dapat setuju untuk berbagi sumber daya keuangan, keterampilan, dan keahlian mereka. Kedua mitra juga berbagi untung atau rugi.

Bergantung pada ruang lingkup kemitraan, pemilik bersama Anda dapat berinvestasi tanpa berpartisipasi dalam aktivitas manajemen, atau mereka mungkin meminta keterlibatan besar dalam pengambilan keputusan dan operasi sehari-hari.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan pendekatan kemitraan bisnis. Terlepas dari bagaimana Anda membagi tugas, dana, dan kewajiban, penting bagi Anda untuk memilih mitra yang tepat untuk kebutuhan Anda.

Baca juga: 4 Alasan Penting Kenapa Anda Harus Memantau Bisnis Secara Langsung

Manfaat Partner Bisnis

Meskipun masih banyak pemilik bisnis yang mempertahankan kepemilikan tunggal daripada bekerja dengan pasangan, ada banyak manfaat utama untuk bekerja dengan orang yang tepat. Keuntungan tersebut di antaranya:

  • Keahlian baru: Mitra bisnis yang tepat membawa ide dan keahlian baru ke perusahaan.
  • Dukungan finansial, moral, dan profesional: Memulai perusahaan itu sulit, tetapi memiliki pasangan berpotensi mengurangi separuh beban kerja dan kewajiban finansial untuk Anda.
  • Peningkatan peluang bisnis: Mengambil mitra yang tepat dapat meningkatkan kredibilitas Anda, memberi Anda akses ke jaringan profesional yang lebih luas dan membuka lebih banyak peluang untuk pertumbuhan dan ekspansi.
  • Tunjangan pajak: Jika Anda membentuk kemitraan umum, Anda tidak akan membayar pajak penghasilan, tetapi keuntungan dan kerugian akan menjadi milik kedua mitra.
  • Perspektif baru: Bekerja dengan pasangan akan memberi Anda sudut pandang berbeda untuk bekerja. Pasangan Anda mungkin menemukan solusi dan saran yang belum Anda pertimbangkan.

Bagaimana Cara Menemukan Partner Bisnis yang Tepat?

Ada beberapa pendekatan yang bisa Anda lakukan untuk mencari mitra bisnis. Langkah-langkah ini akan membantu Anda menjelajahi beberapa kemungkinan jalan untuk menemukan co-founder untuk bisnis Anda:

1. Evaluasi kolega masa lalu dan sekarang

Mantan dan kolega Anda saat ini bisa menjadi kandidat ideal untuk kemitraan bisnis. Karena Anda memiliki sejarah bekerja sama, Anda sudah tahu seperti apa orang ini di lingkungan profesional. Pertimbangkan rekan kerja yang paling berdedikasi, inovatif, efisien, dan Anda memiliki riwayat bekerja dengan baik. Penting juga untuk menemukan mitra bisnis dengan filosofi bisnis yang serupa.

2. Berkolaborasi dengan teman

Teman dapat menjadi mitra bisnis yang sangat baik ketika keterampilan, pendidikan, dan pengalaman Anda saling melengkapi. Daripada memilih teman dekat dengan keahlian yang sama seperti Anda, carilah teman atau kenalan yang unggul di bidang yang kurang Anda kenal. Siapa pun di lingkaran sosial Anda bisa menjadi calon mitra bisnis.

Baca juga: Cara Memilih Nama yang Sempurna untuk Bisnis Anda

3. Menghadiri acara industri

Acara industri dapat menghadirkan peluang bagus untuk terhubung dengan mitra bisnis. Konferensi, kuliah, dan pameran dagang menyatukan individu-individu yang berpikiran sama dengan minat yang sama.

Jika Anda memulai bisnis yang akan menawarkan produk dan layanan ramah lingkungan, hadiri konferensi keberlanjutan. Jika Anda mencari mitra untuk memulai bisnis di industri anjing, mulailah berjejaring di pameran hewan peliharaan.

Anda juga dapat menghadiri acara yang berfokus pada para profesional dalam spesialisasi yang paling Anda butuhkan. Jika Anda mencari mitra bisnis dengan keterampilan keuangan yang kuat untuk melengkapi keahlian penjualan dan pemasaran Anda, pergilah ke konferensi yang berfokus pada keuangan.

Anda tidak hanya akan meningkatkan keterampilan Anda sendiri, tetapi Anda juga akan memiliki peluang bagus untuk bertemu orang-orang yang memiliki latar belakang dan pendidikan yang paling Anda butuhkan.

4. Jelajahi jaringan online

Ada beberapa situs web dan jaringan online yang dirancang khusus untuk orang-orang yang mencari mitra bisnis. Komunitas virtual ini biasanya bekerja dengan memungkinkan Anda membuat profil Anda sendiri dan menelusuri profil orang lain.

Anda dapat membandingkan keahlian, minat, dan proyek untuk menemukan mitra potensial yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa situs memasukkan prosedur penyaringan sementara yang lain membiarkan anggotanya menyaring pelamar sendiri.

Anda bahkan dapat menemukan situs yang berfungsi ganda sebagai platform untuk meluncurkan bisnis Anda dan mencari pendanaan.

5. Tingkatkan pendidikan Anda

Kembali ke sekolah dapat membantu Anda memperluas jaringan dan menemukan mitra bisnis potensial. Mengambil kelas tentang kewirausahaan, teknik startup, atau strategi kompetitif kemungkinan akan menempatkan Anda bersama dengan individu lain yang tertarik untuk menemukan peluang profesional baru.

Anda mungkin menemukan partner bisnis Anda saat mengerjakan proyek bersama atau selama diskusi kursus online.

Baca juga: Bagaimana Cara Memasarkan Bisnis Secara Efektif?

Tips Memilih Partner Bisnis yang Tepat

Menemukan calon pendiri bersama adalah langkah pertama untuk membentuk kemitraan yang menguntungkan, tetapi Anda perlu mempertimbangkan pilihan Anda secara lebih mendalam sebelum Anda berkomitmen untuk bekerja dengan seseorang.

Pertimbangkan tips dibawah ini dengan cermat saat Anda mengevaluasi calon mitra:

  • Tentukan keahlian Anda. Anda harus memilih mitra bisnis yang keterampilan dan pengalamannya berbeda dari Anda sendiri untuk memperluas sumber daya Anda.
  • Diskusikan nilai dan keyakinan Anda. Meskipun Anda dapat memiliki karyawan atau rekan kerja yang nilainya berbeda dari nilai Anda sendiri, umumnya yang terbaik adalah memilih salah satu pendiri yang setuju dengan Anda tentang keyakinan inti dan filosofi bisnis.
  • Temukan partner yang semangatnya sama seperti Anda. Anda akan menghadapi banyak tantangan di hari-hari awal startup Anda. Ini jauh lebih mudah untuk ditangani ketika pasangan Anda sama bersemangat dan antusiasnya dengan usaha seperti Anda.
  • Diskusikan pandangan jangka panjang Anda. Temukan mitra bisnis yang memiliki tujuan lima dan 10 tahun yang sama sehingga Anda siap untuk mengikuti jalan yang sama menuju kesuksesan. Jika Anda melihat titik akhir yang berbeda dalam jangka panjang, Anda mungkin ingin mempertimbangkan kembali kemitraan dengan mereka.
  • Melakukan due diligence. Gunakan sumber daya independen untuk meneliti calon pasangan Anda. Pertimbangkan reputasi profesional, riwayat pekerjaan, latar belakang keuangan, dan pendidikan mereka. Elemen-elemen ini dapat mempengaruhi cara mereka bekerja dan persepsi publik tentang mereka. Seseorang dengan catatan pekerjaan dan pendidikan yang sangat baik dapat membuat bisnis Anda lebih bereputasi baik.

Baca juga: 50 Quote Bisnis yang Inspirasional dan Menambah Semangat Berbisnis

Kesimpulan

Itulah tips yang bisa Anda gunakan dalam menemukan dan menentukan partner bisnis yang cocok untuk Anda. Terkadang dalam membangun sebuah bisnis, melakukan kerjasama adalah hal penting untuk meningkatkan keuntungan atau valuasi bisnis. Hal lain yang menjadi pertimbangan adalah mencari cara agar bisnis lebih sempurna dengan cara saling melengkapi bersama mitra Anda.

Namun Anda juga harus memastikan secara detail setiap keputusan yang Anda ambil sebelum melakukan kemitraan. Karena ada risiko yang besar jika Anda salah memilih mitra bisnis Anda.

Jika Anda berencana melakukan kemitraan dengan bisnis lainnya, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan memeriksa laporan keuangannya. Dengan memeriksa secara detail laporan keuangan, Anda bisa menilai kesehatan bisnis tersebut, hal ini pun juga berlaku pada bisnis Anda.

Laporan keuangan adalah indikator utama kesehatan bisnis, jika laporan keuangan buruk, bisa dipastikan bisnis sedang tidak baik baik saja. Risiko lain terjadi jika Anda masih menggunakan cara manual dalam pembuatan laporan keuangan. Kemungkinan salah dalam menginput data lebih besar terjadi jika Anda menggunakan pembukuan manual.

Sebagai solusi, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dan digunakan oleh lebih dari 350 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis.

Anda bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 3 banner bawah