Bagaimana Cara Memasarkan Bisnis Secara Efektif?

Mempromosikan produk Anda dan membangun kesadaran akan perusahaan Anda adalah cara yang efektif untuk menemukan pelanggan baru. Anda dapat melakukan ini dengan menerapkan strategi pemasaran yang sukses untuk memasarkan bisnis Anda.

Setelah Anda membangun basis pelanggan yang kuat menggunakan rencana pemasaran ini, Anda dapat mulai mengembangkan hubungan untuk mempertahankan pelanggan tersebut. Dalam artikel ini, kami membahas cara memasarkan bisnis Anda serta pentingnya memasarkan perusahaan dan produk Anda untuk mendapatkan keuntungan bisnis yang stabil.

Mengapa Penting Untuk Memasarkan Bisnis Anda?

Memasarkan bisnis Anda adalah salah satu elemen kunci untuk mempromosikan dan membangun kesadaran akan produk Anda. Mengikuti taktik pemasaran yang diperlukan dapat membantu pelanggan mempelajari siapa perusahaan Anda, produk yang Anda jual, dan bagaimana hal itu dapat menguntungkan mereka.

Setelah Anda mengembangkan strategi pemasaran, Anda dapat mulai menyebarkan pesan perusahaan Anda untuk meningkatkan pendapatan dan membangun basis pelanggan yang kuat.

Untuk perusahaan baru dengan anggaran terbatas, Anda dapat menerapkan strategi pemasaran yang efektif dan hemat biaya. Strategi pemasaran yang sukses dapat mempromosikan bisnis Anda menggunakan taktik seperti dari mulut ke mulut, kolaborasi dengan bisnis lain, dan konten informasi.

Bagaimana Cara Memasarkan Bisnis yang Efektif?

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memasarkan bisnis Anda secara efektif:

1. Lakukan brainstorming tujuan bisnis dan merek Anda

Sebelum menerapkan strategi pemasaran, Anda harus menentukan tujuan bisnis dan identitas merek Anda. Anda dapat memulai dengan membuat audiens target perusahaan Anda. Udiens target adalah siapa yang Anda ingin targetkan pesan Anda. Ini sering ditentukan berdasarkan siapa yang menurut Anda paling diuntungkan dari produk Anda. Ini sering kali dapat berupa kelompok usia, profesi, atau orang-orang dalam industri tertentu.

Misalnya, jika produk Anda adalah sistem kesehatan gigi, salah satu industri Anda bisa jadi adalah industri gigi. Ini berarti bahwa audiens target Anda adalah dokter gigi dan karyawan kantor gigi.

Dari sana, Anda dapat terus mendefinisikan merek Anda. Karena Anda menargetkan mereka yang ada di industri kedokteran gigi, tujuan bisnis Anda dan upaya pemasarannya adalah untuk meningkatkan efisiensi kantor gigi. Anda dapat terus mengembangkan tujuan bisnis Anda dan mulai menerapkannya pada pesan merek yang ingin Anda komunikasikan.

Baca juga: Apa itu PPC dan Bagaimana Cara Menggunakannya untuk Pemasaran Bisnis Anda?

2. Buat rencana dan strategi pemasaran Anda secara keseluruhan

Setelah Anda mengembangkan tujuan dan audiens Anda, Anda sekarang dapat membentuk rencana pemasaran dengan strategi. Pikirkan tentang audiens target Anda dan bangun persona untuk mereka. Tentukan apa yang dapat dinikmati pelanggan target Anda dan di mana mereka dapat menemukan bisnis Anda.

Misalnya, audiens target Anda bisa menjadi asisten dokter gigi yang sering menggunakan komputer mereka sepanjang hari. Mereka sering mengecek email atau menggunakan media sosial. Dengan pemikiran ini, Anda dapat menjadikan email dan pemasaran media sosial sebagai bagian penting dari strategi pemasaran Anda.

Setelah Anda mengembangkan beberapa persona, Anda dapat memutuskan saluran mana yang menjadi sasaran pesan Anda dan seberapa sering memasarkan produk Anda di setiap saluran.

3. Komunikasikan bisnis Anda dan tujuannya melalui networking

Dengan merek dan pesan yang baik, Anda dapat mulai mengomunikasikan hal ini secara verbal kepada orang lain. Anda dapat mulai menghadiri berbagai acara networking untuk bertemu dengan influencer atau pemimpin pemikiran lainnya. Tidak hanya itu akan menjadi kesempatan bagi Anda untuk memberi tahu mereka tentang bisnis Anda, tetapi Anda juga dapat memperoleh saran dan keahlian dari profesional bisnis lainnya.

Anda dapat menemukan peluang jaringan ini secara online dengan mencari acara jaringan di industri atau bidang tertentu. Sesampai di sana, mulailah dengan memberi tahu orang-orang tentang bisnis Anda dan berikan mereka promosi yang menjelaskan secara singkat pesan bisnis Anda dan tujuannya. Elevator pitch adalah pidato singkat yang berlangsung sekitar 30 detik menjelaskan apa bisnis Anda, tujuan yang ingin Anda capai dan mengapa itu penting.

Baca juga: Aspek Pemasaran, Faktor Penting Keberhasilan Perusahaan

4. Bangun atau rancang ulang situs web Anda

Untuk mengomunikasikan merek Anda dengan baik, Anda memerlukan situs web yang berfungsi dan dioptimalkan. Pelanggan akan menggunakan situs web Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang Anda dan bisnis Anda. Mungkin juga platform yang akan digunakan pelanggan untuk membeli produk Anda. Anda ingin memastikan situs web Anda menyertakan elemen-elemen berikut:

  • Halaman “tentang” yang menjelaskan lebih banyak informasi tentang produk atau bisnis Anda
  • Versi mobile-friendly sehingga pelanggan dapat dengan mudah berbelanja atau melihat produk dan bisnis Anda di perangkat seluler mereka
  • Desain yang clean dan ramping yang menarik secara visual dan mudah dinavigasi
  • Halaman kontak untuk menghubungi Anda dengan mudah untuk mempelajari lebih lanjut tentang layanan Anda

Anda dapat meneliti sistem manajemen konten yang berbeda untuk menemukannya dengan template dan alat lain untuk membantu membangun situs web yang menarik bagi pelanggan Anda. Beberapa pekerja lepas berspesialisasi dalam pembuatan situs web atau desain grafis yang dapat membantu Anda dalam membangun situs web Anda.

5. Berkolaborasi dan bermitra dengan bisnis lain

Saat Anda bekerja untuk membangun bisnis Anda dan anggarannya, Anda dapat berkolaborasi dengan bisnis kecil lainnya untuk bertukar taktik dan mempromosikan produk satu sama lain. Anda juga dapat bermitra dengan perusahaan yang tertarik untuk menjadi pemasok atau vendor untuk bisnis Anda.

Baca juga: Pemasaran Holistik: Pengertian, keunggulan, dan cara menerapkannya

6. Buktikan pengetahuan industri Anda

Untuk menarik perhatian sebagian besar pelanggan, Anda perlu menunjukkan pengetahuan industri Anda untuk membuktikan diri Anda sebagai pemimpin pemikiran. Calon pelanggan dapat mencari secara online untuk menemukan jawaban atas pertanyaan di industri tertentu.

Anda dapat membantu memberikan jawaban kepada mereka melalui posting blog, email, webinar, video, atau podcast. Begitu mereka menemukan jawaban atas pertanyaan mereka, mereka mungkin mencari melalui saluran pemasaran Anda yang lain untuk mempelajari lebih lanjut.

Saat Anda terus memperbarui saluran dengan pengetahuan dan konten informatif Anda, lebih banyak pelanggan akan menemukan bisnis Anda dan mungkin terkesan dengan jumlah pengetahuan yang Anda miliki. Membuktikan pengetahuan industri yang luas dapat menyebabkan pelanggan membangun lebih banyak kepercayaan pada produk Anda.

7. Mengalihdayakan tugas-tugas tertentu

Saat Anda terus membangun bisnis Anda, lebih banyak tugas mungkin muncul di daftar tugas Anda. Beberapa mungkin memakan waktu atau sulit untuk Anda selesaikan. Anda dapat mengajari diri Anda sendiri bagaimana membangun keahlian untuk menyelesaikan tugas-tugas ini, atau Anda menyewa bantuan freelance dari luar.

Anda dapat mempekerjakan orang-orang berikut untuk membantu Anda menyelesaikan proyek pemasaran penting:

  • Asisten virtual
  • Perancang grafis
  • Penulis konten
  • Konsultan pemasaran

Baca juga: Pengertian Pemasaran Digital dan Bermacam Strateginya

8. Luncurkan kampanye pemasaran media sosial

Pelanggan Anda mungkin menghabiskan waktu di media sosial yang menjadikannya sumber yang bagus untuk pemasaran kepada mereka. Mulailah membangun saluran media sosial Anda dan buat posting media sosial. Anda dapat membuat grafik dan konten yang paling mempromosikan bisnis Anda dan mengomunikasikan merek Anda.

Strategi media sosial yang efektif dapat digunakan untuk menyelenggarakan kontes, mengumumkan produk yang baru dirilis dan mempromosikan konten blog atau video Anda. Anda dapat membayar iklan untuk meningkatkan posting Anda untuk menjangkau audiens yang lebih besar atau Anda dapat terus membagikan posting perusahaan Anda secara gratis.

9. Kembangkan hubungan klien dan pelanggan yang kuat

Retensi pelanggan adalah elemen strategis utama dalam menjaga kesuksesan bisnis Anda. Anda dapat mencapai ini dengan membangun dan memelihara hubungan dengan pelanggan dan klien Anda. Setelah pelanggan mengetahui bahwa perusahaan Anda dapat diandalkan dan dapat dipercaya, Anda harus dapat mempertahankan mereka dalam jangka panjang.

Berikut adalah beberapa cara Anda dapat memupuk hubungan yang kuat dengan pelanggan:

  • Kirim hadiah  ke pelanggan tetap
  • Minta survei untuk mempelajari apa yang dapat Anda tingkatkan
  • Mensponsori acara atau tim olahraga
  • Daftarkan bisnis Anda di asosiasi atau organisasi profesional
  • Relawan di acara lokal atau penggalangan dana

10. Selenggarakan kontes dan peluang giveaway

Untuk membangun lebih banyak kesadaran tentang bisnis Anda dan mendorong calon pelanggan untuk mencoba produk Anda, Anda dapat mengadakan kontes. Ini memungkinkan orang untuk mempelajari lebih lanjut tentang produk Anda dan mungkin mengujinya.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan:

  • Tawarkan uji coba gratis
  • Berikan kupon atau diskon waktu terbatas
  • Siapkan stan di berbagai acara yang menyediakan sampel gratis
  • Selenggarakan kontes dengan hadiah berupa produk Anda atau sesuatu yang terkait dengan produk Anda

Baca juga: Brand Personality: Jenis, Fungsi, Jenis, Manfaat, dan Tips Membangunnya

Kesimpulan

Itulah strategi memasarkan bisnis yang wajib Anda coba karena terbukti ampuh untuk mendatangkan pelanggan baru dan meningkatkan awareness terhadap produk dan jasa yang dijual. Jangan lupa juga untuk melakukan evaluasi setiap melakukan promosi.

Pastikan juga Anda memiliki perencanaan yang matang untuk penganggaran biaya pemasaran untuk mendapatkan hasil yang optimal. Kesulitan dalam meproyeksikan dan melakukan penganggaran pada biaya pemasaran? Anda bisa menggunakan software akuntansi yang mudah digunakan dan memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, salah satunya adalah Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah dikembangkan sejak 20 tahun lalu dan digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa melakukan proses penganggaran, pembukuan, penghitungan perpajakan, pengelolaan inventori, otomasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan masih banyak lagi.

Tertarik menggunakan Accurate Online? Anda bisa mencoba menggunakannya secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar dibawah ini:

accurate 3 banner bawah