Cara Menghasilkan Uang dari PlayStore Termudah dan Legit

Tahukah Anda cara menghasilkan uang dari playstore? Bila Anda belum tahu, kali ini kami akan memberikan cara menghasilkan uang dari playstore untuk Anda.

Untuk para pengguna smartphone Android, play store adalah gudangnya berbagai macam aplikasi, mulai dari permainan, media sosial, video editor, dan berbagai aplikasi lainnya. Tapi, Anda bisa lho mendapatkan uang dari playstore.

Lantas bagaimana caranya? Temukan jawabannya dengan membaca artikel cara menghasilkan uang dari playstore di bawah ini.

10 Cara Menghasilkan Uang Dari Playstore Yang Bisa Anda Lakukan

1. Menjadi Developer Aplikasi

Cara menghasilkan uang dari playstore bisa Anda lakukan dengan menjadi seorang developer ataupun pengembang suatu aplikasi. Jika Anda mempunyai keahlian dalam bidang programming dan membuat aplikasi, maka tidak ada salahnya untuk mencoba cara ini.

Kenapa? karena jumlah pengguna aktif smartphone Android yang hampir miliaran di seluruh dunia membuat kegiatan pengunduhan aplikasi di playstore menjadi sangat menjanjikan untuk berbagai developer aplikasi. Anda bisa membuat aplikasi secara gratis ataupun berbayar.

Untuk jenis aplikasi yang gratis, Anda bisa mendapatkan uang dari adsense. Sebelum Anda merilis aplikasi yang sudah Anda buat di playstore, pasanglah iklan untuk aplikasi tersebut lebih dulu. Jadi, saat setiap pengguna sudah menginstal aplikasi buatan Anda, maka Anda bisa mendapatkan uang dari berbagai iklan yang tampil di dalamnya.

Baca juga: Tantangan Kerja Remote dan Cara Mengatasinya

Lalu, Bagaimana Cara Agar Bisa Membuat Aplikasi Android?

Kebanyakan orang pasti akan berpikir bahwa membuat aplikasi android harus mampu menguasai bahasa pemrograman android. Hal ini memang tidak salah jika Anda ingin menjadi seorang pengembang aplikasi android yang pro. Tapi saat ini, tanpa harus mengerti bahasa pemrograman Android pun sebenarnya Anda bisa membuat aplikasi android.

Kenapa? karena saat ini sudah banyak sekali tools dari pihak ketiga yang bisa Anda gunakan dalam membuat aplikasi Android tanpa harus mengerti bahasa pemrograman android. Bahkan, beberapa tool tersebut bisa Anda gunakan dengan mudah, cukup drag n drop, aplikasi Anda sudah jadi.

Bila anda tertarik untuk mencoba beberapa tool yang sesuai untuk pemula dan ingin mengembangkan aplikasi Android dengan keterbatasan pengetahuan bahasa pemrograman, Anda bisa menggunakan beberapa tools di bawah ini.

  • MIT APP Inventor

Tools pertama yang bisa Anda gunakan untuk membuat aplikasi Android adalah Mit app Inventor. Dengan menggunakan tools ini, Anda hanya perlu drag and drop saja untuk membuat aplikasi, tanpa harus memikirkan bahasa pemrograman yang ribet.

  • Phonegap

Alternatif tools kedua yang bisa Anda gunakan untuk membuat aplikasi android adalah phonegap. Tools ini merupakan framework open source yang mampu membantu Anda dalam mengembangkan aplikasi android dengan basis API.

  • Menggunakan Tool Online

Terdapat beberapa tools yang sifatnya online dan bisa membuat aplikasi Android secara instan. Anda hanya harus mengunjungi berbagai situs penyedia, lalu melakukan sedikit konfigurasi dan nantinya aplikasi Anda pun sudah jadi dan siap untuk digunakan.

2. In-App Purchase

In-app purchase adalah saat suatu aplikasi menjual produk digitalnya pada para pengguna. Misalnya, saat Anda memainkan suatu game, di dalamnya terdapat beberapa jenis equipment tertentu yang bisa Anda gunakan di dalam karakter game tersebut. Nah, inilah yang kita sebut dengan in-app purchase.

Harga yang ditawarkan pun berbeda-beda, tergantung dari fungsi ataupun tingkat kelangkaannya. Untuk para penggemar game, tentu akan ada beberapa pemain lainnya yang melakukan pembelian item di dalam aplikasi.

3. Melakukan In-App Advertising

Menerapkan in-app advertising adalah cara para pengembang dalam menghasilkan uang dari aplikasi secara gratis yang dibuatnya di dalam playstore. Dengan iklan yang terpasang di dalam aplikasi, maka Anda bisa mendapatkan sejumlah uang tambahan dari Google Adsense.

Tapi saat menampilkan iklan, Anda harus memastikan para pengguna tidak terganggu dengan adanya iklan tersebut.

4. Menyediakan Sistem Subscription di Aplikasi

Cara menghasilkan uang dari playstore yang lainnya adalah dengan menyediakan sistem yang disebut dengan subscription. Misalnya, saat Anda sedang mendownload software photo editor, lalu aplikasi tersebut memberikan pilihan Anda Anda bisa mengakses fitur premium dengan cara berlangganan bulanan ataupun membayar sejumlah biaya tertentu.

Selain akan mendapatkan akses yang lebih, para pengguna yang nantinya akan berlangganan subscription juga bisa menggunakan aplikasi tanpa harus terganggu dengan adanya iklan. Bila suatu aplikasi terasa bagus dan bermanfaat, maka para penggunanya akan rela untuk mengeluarkan uang.

5. Sponsorship

Untuk setiap developer aplikasi, Anda bisa memperoleh uang lewat skema kerja sama dengan berbagai perusahaan lain yang ingin bisnisnya dipromosikan. Umumnya, kerja sama ini akan terjalin dalam bentuk menampilkan karakter, gambar, logo, atau berbagai elemen grafis lain yang terdapat di dalam aplikasi.

Setiap developer juga nantinya bisa memperoleh bayaran yang sesuai dengan perjanjian selama proses kampanye atau kerja sama ini terjalin.

6. Menggunakan Aplikasi Penghasil Uang

JIka Anda tidak ingin menggunakan cara menghasilkan uang dari playstore diatas, tenang saja. Karena, masih ada cara lain untuk mendapatkan uang dari playstore. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan aplikasi penghasil uang yang bisa Anda download dari playstore.

Namun, Anda tidak bisa mendapatkan uang hanya dari mendownload aplikasi tersebut saja. Berbagai aplikasi tersebut mempunyai misi yang harus Anda selesaikan agar bisa mendapatkan poin. Nah, poin inilah yang nantinya bisa Anda tukarkan dengan uang jika memang sudah terkumpul.

Beberapa contoh aplikasi penghasil uang adalah Buzz Break, Helo, cashizine, dan masih banyak lagi. Namun, Anda harus mengerjakannya dengan serius, karena bila Anda hanya iseng, Anda tidak akan mendapatkan uang sedikitpun.

7. Mengisi Survey Online Lewat Aplikasi

Terdapat banyak sekali cara menghasilkan uang dari playstore. Selain menggunakan aplikasi penghasil uang, Anda juga bisa mengisi survey online lewat sebuah aplikasi yang bisa Anda download di playstore. Untuk Anda yang ingin memperoleh tambahan keuangan, maka cara ini harus Anda lakukan sambil mengisi waktu luang.

Umumnya, setiap perusahaan memerlukan opini dari masyarakat terkait produknya agar bisa melakukan inovasi. Nah, survei ini digunakan untuk menghimpun opini masyarakat luas untuk beragam keperluan

Beberapa di antaranya bahkan rela membayar sejumlah yang tertentu agar Anda mau mengisi survey. Beberapa contoh dari survey online yang bisa Anda coba adalah sebagai berikut YouGov, Google Opinion Rewards, Swagbucks, dan lainnya.

8. Menjual Stok Foto

Selanjutnya, cara menghasilkan uang dari playstore adalah dengan menjual stok foto. Bila Anda memang memiliki hobi fotografer, maka Anda harus mencoba cara ini.

Diluar sana, ada banyak sekali aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk menjual foto, seperti shutterstock contributor, getty images, dll.

Foto yang Anda buat pun tentunya harus yang mempunyai kualitas dan resolusi terbaik. Untuk itu, cobalah untuk menggunakan kamera Anda, dan edit foto agar lebih maksimal. Selain itu, gunakanlah teknik dalam fotografi, agar hasilnya nanti bisa jadi lebih berkualitas.

9. Main Game yang Menghasilkan Uang

Mendapatkan uang dengan hanya bermain game adalah impian banyak orang. Hal ini tentunya menjadi impian banyak orang. setiap gamer profesional bisa mendapatkan uang dari mengikuti ajang kompetisi bermain game yang didalamnya berhadiah jutaan.

10. Menghasilkan Uang Melalui Sosial Media

Anda juga bisa menggunakan media sosial sebagai cara menghasilkan uang dari playstore. Beberapa aplikasi media sosial seperti Instagram, TikTok, Facebook, dan sejenisnya bisa Anda jadikan ladang basah dalam menghasilkan uang.

Cara yang bisa Anda lakukan beragam, mulai dari berjualan online, menjadi selebgram, influencer, content creator, dll.

Baca juga: 6 Cara Mendapatkan Uang Dari Tiktok Untuk Pemula

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang cara menghasilkan uang dari playstore. Setidaknya ada 10 cara menghasilkan uang dari playstore yang bisa Anda ikuti. Namun, bila Anda memiliki ide atau cara lain, maka Anda bisa menambahkan atau memodifikasinya sendiri.

Hal yang sangat penting adalah mencatat pendapatan Anda dari playstore tersebut ke dalam laporan keuangan. Kenapa? karena laporan ini nantinya bisa Anda manfaatkan untuk menentukan kebijakan bisnis di masa depan

Namun, mencatat laporan keuangan secara manual tentu memerlukan waktu yang lama dan sangat rentan terjadi kesalahan. Untuk itu, cobalah gunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Dengan Accurate Online, Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara cepat, tepat, akurat dan bisa diakses dimanapun dan kapanpun Anda inginkan.

Accurate Online juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang mampu memudahkan Anda dalam mengelola bisnis, seperti fitur persediaan, perpajakan, penjualan, pembelian, manufaktur, dan berbagai fitur lainnya.

Tertarik, Anda bisa mencoba Accurate Online terlebih dahulu selama 30 hari dengan klik tautan tombol di bawah ini.