Mencari Cara Terbaik Berbisnis Untuk Pemula? Berikut 10 Caranya

Banyak orang awam yang mencari cara berbisnis untuk pemula agar bisa menjadi bos untuk diri sendiri dan bekerja secara mandiri. Bermimpilah, dan biarkan hal itu meresap sebentar dan kemudian bayangkan Anda memiliki sebuah bisnis yang Anda kelola.

Jika Anda adalah seorang wirausahawan, Anda bisa mengatur jam kerja Anda sendiri. Anda tidak terpaku pada atasan. Anda memutuskan kode berpakaian Anda sendiri. Dan yang terpenting, Anda mengikuti impian Anda.

Baik Anda ingin mulai bekerja sebagai pekerja lepas di luar rumah atau membuat toko fisik, memulai bisnis Anda sendiri bisa sangat bermanfaat. Ini juga merupakan kerja keras yang sarat dengan jebakan jika Anda tidak berhati-hati makan akan berujung pada kerugian, waktu maupun materi.

Berikut adalah cara terbaik dalam berbisnis untuk pemula yang bisa Anda coba jika Anda sudah mantap dengan pilihan menjadi wirausahawan yang sukses:

1. Ikuti passion Anda

Jika Anda akan mengambil lompatan dan memulai bisnis Anda sendiri, ini akan menghabiskan banyak energi, waktu, dan uang. Cara terbaik berbisnis untuk pemula adalah untuk membuat diri Anda tetap termotivasi melalui suka dan duka dalam melakukan apa yang benar-benar penting bagi Anda.

Membangun bisnis pertama hanya karena Anda ingin menjadi pengusaha adalah suatu bencana. Jika Anda sangat bersukacita dalam membangun sangkar burung atau menjual kue, lakukanlah riset sebelum Anda memulai bisnis.

Tidak ada jaminan bahwa semua ini akan berhasil, tetapi ketika Anda mengikuti passion, Anda tahu bahwa Anda senang melakukan hal itu.

2. Lakukan penelitian

Oke, sekarang setelah Anda memutuskan apa passion Anda dan bagaimana Anda ingin mengejarnya, Anda perlu melakukan riset tentang bagaimana memulai bisnis Anda sendiri.

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan: Siapa pelanggan Anda nantinya? Bagaimana Anda akan mendapatkan modal? Apakah jenis bisnis ini menghasilkan keuntungan di wilayah Anda atau apakah Anda harus menghadirkan bisnis secara online?

Sebelum Anda memasukkan semua yang Anda miliki ke dalam bisnis baru Anda, Anda perlu melihat secara jujur ​​ apakah itu ide yang layak. Ini sangat penting jika Anda mencoba sesuatu yang baru.

Catat semua dan bicaralah dengan seseorang yang telah memulai bisnis serupa dengan apa yang ingin Anda lakukan.

Apa masalah terbesar mereka dalam bisnis? Seringkali, hal-hal yang tidak pernah Anda pikirkan itulah yang dapat menahan kesuksesan usaha Anda. Tanyakan seseorang yang tahu dan dapat membantu Anda memulai bisnis dengan baik.

Baca juga: Konsinyasi: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Tips dalam Mengembangkannya

3. Kembangkan rencana bisnis

Setelah Anda menghitung dan Anda yakin itu ide yang bagus, mengembangkan rencana bisnis adalah langkah selanjutnya. Rencana bisnis adalah blue print Anda untuk membuat bisnis Anda sukses. Ini menjabarkan konsep bisnis Anda, bagaimana Anda menyesuaikan diri dengan pasar, dan detail bagaimana keuangan Anda akan bekerja.

Rencana bisnis Anda sangat penting jika Anda akan membutuhkan investor atau pinjaman bank karena mereka ingin melihat bahwa Anda telah memikirkan semuanya. Bahkan jika Anda tidak membutuhkan pembiayaan, rencana bisnis adalah cara yang bagus untuk memahami bagaimana usaha  akan berhasil dan masalah apa yang mungkin Anda hadapi kedepannya.

Baca juga: Business Plan Adalah : Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

4. Miliki rencana satu tahun

Untuk sebagian besar bisnis, tahun pertama dihabiskan untuk menyiapkan dan menjalankan berbagai hal, mulai dari mendapatkan dokumentasi dan lisensi yang tepat dari pemerintah hingga menemukan lokasi Anda (jika perlu).

Bahkan setelah Anda membuka bisnis sendiri, jarang ada bisnis yang mulai berjalan sempurna. Dan itu tidak masalah.

Kembangkan rencana untuk tujuan yang ingin Anda capai di tahun pertama bisnis Anda. Jaga agar pandangan Anda tetap optimis, tetapi realistis. Tahun pertama Anda bisa menjadi berbahaya jika Anda membuat kesalahan.

Ketika akhir dari rencana tiba, Anda dapat menilai rencana bisnis Anda dan melihat apakah Anda berada di jalur yang benar.

5. Miliki rencana lima tahun dan rencana 10 tahun

Meskipun bertahan hidup mungkin menjadi tujuan yang cukup untuk tahun pertama, situasinya tidak akan bertahan lama. Anda perlu memikirkan di mana Anda ingin bisnis Anda dalam lima tahun dan seterusnya. Apakah Anda membutuhkan ruangan yang lebih besar? Apakah Anda ingin lokasi yang lebih baik? Apakah Anda perlu mempekerjakan karyawan?

Cari tahu mana tujuan bisnis Anda dan tentukan rute Anda untuk sampai ke sana, selangkah demi selangkah. Menetapkan tujuan setiap lima tahun membantu Anda mengukur kesuksesan Anda sebagai pengusaha dan sebagai pebisnis.

Baca juga: Ide dan Peluang Usaha: Perbedaan dan Contohnya

cara terbaik berbisnis untuk pemula 2

6. Pertimbangkan manajemen waktu Anda

Menghormati waktu adalah cara terbaik berbisnis untuk pemula. Mari kita berhenti sejenak dan mengingat “diri” dalam wiraswasta. Ketika Anda bekerja untuk sebuah perusahaan, Anda mungkin mematuhi jam masuk dan keluar – itu jelas dan sederhana karena perusahaan memiliki jam kerja Anda.

Tidak demikian halnya bila Anda seorang pengusaha. Saat Anda mencoba membangun hasrat Anda menjadi pebisnis yang sukses, Anda bisa dengan mudah kehilangan manajemen waktu dan terjebak dalam bisnis Anda 24 jam dalam 7 hari .

Pikirkan tentang keluargamu. Pertimbangkan teman Anda. Kewajiban apa lagi yang Anda miliki dalam hidup Anda? Putuskan berapa banyak waktu yang dapat Anda habiskan untuk mengerjakan bisnis Anda dan mempekerjakan seseorang jika perlu.

7. Pekerjakan karyawan dengan hati-hati

Beberapa hal dapat menenggelamkan bisnis lebih cepat adalah karyawan berkualitas buruk. Perhatikan kredensial pelamar dengan hati-hati, periksa secara online untuk melihat apakah ada tanda bahaya, dan pastikan mereka dapat melakukan jobdesk yang Anda berikan untuk bisnis Anda. Ingat, mereka bisa menjadi wajah bisnis Anda saat Anda tidak ada disana, bahkan untuk sehari.

Mempekerjakan teman dan keluarga? Tidak apa-apa selama mereka tahu apa yang diharapkan dari mereka dan bagaimana mereka akan diberi kompensasi.

Tapi sekali lagi, bawa mereka hanya jika mereka bisa menguntungkan bisnis Anda. Jangan pernah mempekerjakan seseorang hanya karena Anda terhubung oleh darah atau persahabatan.

Selain itu, Anda harus mengetahui kewajiban hukum Anda sebagai pemberi kerja sebelum Anda mempekerjakan seseorang. Ini dapat memengaruhi bisnis Anda dalam banyak hal.

Baca juga: Peluang Bisnis yang Menjanjikan Paska Pandemi

8. Pahami cara kerja pajak

Sangat mudah untuk terjebak dalam kegembiraan saat mulai bekerja untuk diri sendiri. Kebebasan, pemenuhan, dan perasaan membangun sesuatu bisa memabukkan. Tapi, suka atau tidak, pajak akan memainkan peran besar dalam bisnis Anda.

Pelajari selengkap mungkin dan kembangkan rencana untuk selalu taat terhadap pajak untuk bisnis Anda. Jika lebih rumit daripada yang ingin Anda tangani, pekerjakan seorang profesional untuk membantu Anda atau gunakan software akuntansi yang memiliki fitur perpajakan seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi yang memiliki fitur terlengkap dan menghadirkan solusi menyeluruh untuk bisnis Anda seperti proses pembukuan yang mudah, perpajakan, manajemen aset, manajemen stok, kostumisasi faktur, rekonsilisasi transaksi otomatis, payroll, otomasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan masih banyak lagi.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan ini.

Baca juga: Cara dan Strategi untuk Berbisnis Online yang Sukses

9 Promosikan Bisnis Anda

Bagian terpenting dalam memulai bisnis adalah tahap promosi. Menampilkan bisnis Anda di hadapan orang-orang akan membantu Anda menghasilkan penjualan sehingga ide Anda berubah menjadi bisnis. Berikut beberapa cara untuk mempromosikan ide bisnis Anda:

  • Facebook: Anda dapat menjalankan Iklan Facebook dengan mengejar minat “luas” dan menyertakan merek yang relevan sebagai minat untuk menarik audiens mereka. Anda juga dapat memposting di grup Facebook sebagai halaman penggemar Anda yang bagus untuk bisnis dengan audiens khusus.
  • Instagram: Kembangkan pengikut Instagram Anda sehingga Anda dapat melakukan penjualan dengan setiap kiriman Instagram. Anda juga dapat menambahkan tautan langsung di Instagram Stories untuk mendapatkan lebih banyak penjualan.
  • Pinterest: Board Pinterest adalah cara yang bagus untuk mendapatkan visibilitas pada postingan Anda saat Anda memulai. Anda juga dapat membuat papan Anda sendiri untuk mempromosikan konten Anda. Pastikan untuk tidak mempromosikan konten merek lain untuk menghindari pemicuan akun Anda sebagai spam.
  • LinkedIn: Bangun merek pribadi Anda dengan membuat posting dan berbagi pemikiran tentang artikel di LinkedIn. Undang pengguna yang relevan untuk mengikuti Anda untuk meningkatkan jangkauan Anda.
  • SEO: Dengan mengoptimalkan situs web Anda untuk pencarian dan membuat konten blog, Anda dapat menghasilkan lebih banyak trafic ke situs web Anda.
  • Quora: Jawab pertanyaan khusus tentang Quora untuk mempromosikan situs web Anda. Anda dapat menggunakan alat SEO untuk menemukan kata kunci Quora berperingkat tinggi untuk membantu meningkatkan visibilitas Anda di platform tersebut.

10. Miliki exit strategy

Sejauh ini sepertinya memulai bekerja untuk diri sendiri adalah pekerjaan yang membosankan. Bisa jadi. Tapi, inilah bagian yang menyenangkan. Pikirkan tentang rencana lima dan 10 tahun Anda. Sekarang bayangkan semuanya berjalan dengan sangat baik. Bisnis Anda melonjak dan sukses di luar imajinasi Anda. Dan selamat Anda menjadi entrepreneur yang sukses!

Sekarang apa? Apakah Anda ingin melanjutkan bisnis hingga pensiun dan mewariskannya kepada anak-anak Anda? Apakah Anda berharap menemukan seseorang yang cocok untuk mengambil alih dan mempertahankannya dengan visi Anda?

Bagaimana dengan pembelian? Tidak ada yang salah dengan menetapkan harga Anda dan memutuskan bahwa ketika saatnya tiba dan seseorang membuat penawaran, Anda akan menerimanya. Anda dapat mengambil uang itu dan memulai sesuatu yang baru atau bersantai dan pensiun lebih awal.

Ingatlah bagaimana Anda ingin “meninggalkan” bisnis Anda dan, jika perlu, mulailah bekerja untuk mencapai tujuan itu sedini mungkin dalam rencana bisnis Anda.

Baca juga: Bagaimana Cara Membangun Jasa Konsultan Bisnis yang Sukses?

Kesimpulan

Jika Anda bermimpi bekerja untuk diri sendiri, berhentilah bermimpi dan mulailah melakukan sesuatu. Jutaan orang telah menjadi pengusaha sebelum Anda dan banyak yang berhasil. Mengapa Anda tidak bisa menjadi yang berikutnya? Ikuti tip sederhana diatas dan Anda berada di jalur yang benar untuk melepaskan label karyawan itu dan menyebut diri Anda bos.

accurate 1