10 Tips dan Cara untuk Memenangkan Persaingan Usaha

Persaingan itu baik untuk usaha – ini akan memaksa Anda untuk berinovasi dan tetap berada di depan kurva. Namun persaingan itu juga bisa mengintimidasi.

Anda tidak ingin mundur, tetapi Anda tidak yakin bagaimana cara melawan persaingan. Setiap perusahaan menangani masalah ini, dan kesuksesan yang didapat di sini adalah mengembangkan rencana yang membantu Anda melayani pelanggan dengan lebih baik, pencitraan merek yang akurat, dan mendukung tim Anda.

Anda tahu bahwa Anda akan menghadapi persaingan dalam usaha. Jadi bagaimana Anda mengembangkan strategi untuk bersaing dengan pesaing?

Baca terus untuk mengetahui 10 ide strategi  yang dapat Anda gunakan untuk mempelajari cara mengalahkan pesaing Anda dalam bisnis

1. Kenali Pelanggan Anda

Tahukah Anda bahwa 80% perusahaan tidak memiliki cukup data pelanggan untuk membuat kampanye pemasaran yang efektif?

Sebagian besar pemasar mengetahui pola pembelian pelanggan mereka, yang tentunya sangat membantu untuk dilacak. Tetapi ada lebih banyak informasi yang dapat Anda gunakan untuk terus menyempurnakan rencana pemasaran Anda.

Dengan mengenal pelanggan, Anda dapat membangun hubungan antara mereka dan perusahaan Anda, memperpanjang siklus hidup pelanggan lebih dari sekedar beberapa pembelian.

Menurut presiden YesMail Interactive, menggunakan data yang tepat  adalah sesuatu yang diabaikan oleh banyak pemasar.

Secara khusus, data terkait aktivitas sosial pelanggan memberikan wawasan penting kepada pemasar tentang waktu pembelian dan penelusuran terkait.

Dengan menggunakan alat online ini, seperti analitik Facebook, perusahaan Anda akan dapat lebih memahami apa yang pada akhirnya memicu pelanggan Anda untuk melakukan pembelian.

2. Pahami Kompetisi

Untuk memahami persaingan Anda, yang paling penting adalah memulai dengan memeriksa pasar.

Pertama, perhatikan baik-baik hal-hal yang dilakukan pesaing Anda. Apakah perusahaan itu melakukan percakapan yang akrab dengan pelanggan yang menghasilkan konversi? Apakah mereka memiliki sudut pandang yang unik untuk menceritakan kisah mereka?

Kedua, perhatikan apa yang tidak dilakukan pesaing Anda, lalu cobalah untuk mengisi bagian pasar tersebut.

Pada 1980-an, Canon dan Xerox bersaing di pasar mesin fotokopi. Xerox mengira harga Canon sangat rendah, berdasarkan asumsi mereka tentang biaya untuk membuat mesin fotokopi.

Melalui pemeriksaan pasar, mereka menemukan bahwa ada cara yang lebih murah untuk membuat mesin fotokopi. Melalui riset pasar Xerox, mereka menemukan bahwa Canon berhasil memasuki pasar dengan inovasi baru, yang mengarah ke pasar yang lebih baik bagi konsumen.

Baca juga: Ide Jualan Makanan Online Dijamin Cuan dan Tahan Lama

3. Soroti Perbedaan pada Bisnis Anda

Anda dapat menggunakan perbedaan Anda untuk mempelajari cara menangani persaingan dalam bisnis.

Setelah menyelesaikan riset pasar, pahami apa yang membuat Anda berbeda dari pesaing. Apakah Anda memiliki sumber yang lebih baik untuk produk?

Atau mungkin harga Anda lebih murah. Mungkin Anda memiliki sudut pandang terhadap kisah perusahaan Anda yang dapat mendorong Anda melampaui persaingan.

Dalam kasus katalog IKEA 2011, IKEA tahu bahwa mereka memiliki sumber daya untuk melakukan sesuatu yang istimewa dengan publikasi mereka.

Pada tahun 2011, katalog cetak IKEA memiliki lebih banyak persaingan, tetapi perusahaan memutuskan pindah ke platform digital saja tidak cukup.

Jadi, mereka menggunakan sumber daya pemasaran untuk membuat versi augmented reality. Perombakan desain IKEA menggandakan jumlah waktu yang dihabiskan pelanggan untuk menjelajahi katalog, hanya dengan mengetahui apa yang dapat mereka lakukan secara berbeda dari yang lain.

4. Klarifikasi Pesan Anda

Untuk menarik pelanggan, perusahaan Anda perlu memiliki pesan yang jelas. Pelanggan ingin tahu apa yang dapat Anda lakukan untuk mereka yang tidak dapat dilakukan oleh orang lain, dan begitulah cara Anda memenangkan persaingan usaha.

Tidaklah cukup hanya membuat pesabn dipenuhi omong kosong dan berharap pesan itu melekat pada seseorang. Sebaliknya, buat narasi dengan jelas untuk membawa pelanggan kepada Anda.

Perusahaan layanan persewaan mobil mengklarifikasi pesannya setiap kali berkomunikasi dengan pelanggan.

Dengan setiap komunikasi, Perusahaan mempertimbangkan audiens tertentu yang ingin dijangkau, dan kemudian mempertimbangkan nada atau pesan apa yang paling efektif untuk memperpanjang customer lifecycle.

Dengan secara sadar mempertimbangkan audiens Anda dengan setiap pesan, Anda juga akan dapat berkomunikasi lebih jelas dengan konsumen.

Baca juga: Tips Dalam Membangun Kedai Kopi yang Menguntungkan

persaingan usaha 2

5. Pastikan Branding Anda Memperkuat Pesan Anda

Branding dan perpesanan adalah dua kacang polong dalam satu wadah. Pencitraan merek Anda harus mendukung semua perpesanan, tanpa ragu perusahaan Anda ditautkan ke pesan tersebut.

Branding yang akurat berkontribusi pada pesan yang lebih jelas, yang penting untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

6. Targetkan Pasar Baru

Ketika Anda memiliki satu pasar yang sudah jenuh, silakan berekspansi ke pasar baru.

Ini penting untuk mempelajari bagaimana menangani persaingan dalam bisnis. Mungkin demografis Anda yang paling konsisten adalah wanita usia 35-50.

Uji dengan kelompok usia lain: apakah produk Anda masuk akal untuk remaja atau wanita lanjut usia?

Pasar baru dapat mengarah pada pertumbuhan yang lebih cepat dan lebih baik, tetapi pastikan perusahaan Anda siap untuk pasar baru terlebih dahulu.

Fun and Function adalah perusahaan yang menjual barang kebutuhan khusus anak. Perusahaan biasanya menjual terutama kepada individu, meskipun sebagian besar penjualan berasal dari institusi seperti sekolah atau klinik.

Mereka memutuskan untuk melakukan diversifikasi dan mencoba untuk mendapatkan lebih banyak penjualan dari institusi karena mereka telah menjual secara individual dengan nyaman di bawah kendali.

Meskipun para pendiri ragu-ragu, mereka merasa siap untuk mengambil pasar baru dan mulai mengubah pemasaran mereka untuk mencerminkan perubahan pasar.

Baca juga: Competitive Advantage Adalah Hal Penting dalam Bisnis, Berikut Penjelasan Lengkapnya

7. Jagalah Pelanggan Anda yang Ada

Pasar baru menarik untuk dimasuki, dan ketika perusahaan Anda siap, pasar baru dapat menghasilkan hasil yang besar. Namun, jangan lupakan pelanggan yang sudah setia dengan perusahaan Anda.

Ketika Anda mendiversifikasi opsi pasar Anda, pertahankan beberapa aspek pemasaran Anda saat ini agar tetap berkinerja baik dengan pelanggan Anda yang ada.

Salah satu opsi yang Anda miliki untuk terus mendukung pelanggan yang sudah ada adalah pengembangan produk. Memperkenalkan produk baru atau lebih baik ke pasar yang sudah ada.

Lanjutkan pengembangan produk Anda yang ada, seperti produk terlaris Anda, untuk memperbarui komitmen Anda kepada pelanggan saat ini dengan kemampuan terbaik Anda. Melalui pengembangan produk, Anda dapat berharap untuk mengungguli pesaing dan membuat pelanggan Anda senang.

8. Jelajahi Peluang Kemitraan

Untuk bisnis, peluang kemitraan sangat populer saat ini. Sebagian besar bisnis menjangkau orang lain dengan harapan menjangkau pasar atau demografis baru.

Hubungan simbiosis ini membantu kedua pasangan dengan menyediakan semacam kesempatan yang tidak dapat dicapai dengan cara lain. Saat mempertimbangkan kemitraan, pikirkan apa yang perusahaan Anda butuhkan untuk lebih sukses dan kemudian bertindak berdasarkan peluang itu.

Starbucks telah bermitra dengan Earthwatch sejak 2001. Salah satu tujuan kemitraan ini adalah memperkenalkan penelitian ilmiah di balik biji kopi kepada karyawan Starbucks – yang memanfaatkan tujuan Earthwatch.

Selain itu, Starbucks mampu meningkatkan keterlibatan karyawan melalui kemitraan ini. Kemitraan ini membantu Starbucks mengembangkan pendekatan etisnya terhadap kopi, sekaligus membantu Earthwatch dalam menyebarkan praktik ilmiah dan berkelanjutan.

Baca juga: Pengertian Firma, Teori, Jenis, Kelebihan, Kekurangan dan Perbedaanya dengan Perusahaan

9. Terus Berinovasi

Untuk memenangkan persaingan usaha saat ini, sangat penting untuk mengulang, mengulang, dan mengulang. Itu harus menjadi mantra tim pemasaran Anda di dunia media online yang terus berubah saat ini.

Seperti yang ditunjukkan sebelumnya, pasar baru dan lama Anda juga mendapat manfaat dari inovasi. Dengan terus berinovasi, tim Anda akan tetap fokus pada tujuan sekaligus menjaga agar pelanggan tetap tertarik dengan perusahaan Anda.

Perusahaan yang lebih tua sangat bagus untuk mencari kepemimpinan dalam inovasi. Bagaimana mereka berhasil mengikuti perkembangan zaman? Kebijakan perusahaan apa yang memungkinkan mereka untuk terus berinovasi dan berubah sambil berfungsi dengan baik untuk basis pelanggan mereka?

Pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda melihat logika inovasi, bahkan ketika tampaknya di luar jangkauan.

10. Jagalah Tim Anda

Produk Anda hanya sebagus tim Anda. Dalam mempelajari cara menangani persaingan dalam bisnis, ini mungkin bukan taktik yang paling jelas.

Namun, Anda dapat membuat tim Anda tetap produktif dengan membuat mereka bahagia juga. Dengarkan tim Anda ketika mereka memberi tahu Anda apa yang mereka butuhkan untuk menjadi bahagia, bukan tren yang mereka butuhkan.

Studi kasus dari Snack Nation dapat mengajari Anda cara mempertahankan karyawan terbaik Anda. Sebagian besar karyawan hanya benar-benar meminta kepercayaan, pengembangan profesional, kolaborasi, dan kesempatan untuk merasa memiliki pekerjaan mereka.

Berikan kesempatan ini kepada karyawan, dan Anda mungkin menemukan bahwa Anda memiliki karyawan yang lebih bahagia dan omset lebih tingi. Membantu karyawan Anda menemukan kebahagiaan dalam pekerjaan mereka akan menghasilkan dedikasi dari karyawan – dan di sinilah Anda dapat mengalahkan pesaing Anda.

Baca juga: Cara Membuat Toko Online Menguntungkan yang Bisa Anda Coba

Kesimpulan

Ada jutaan cara untuk memenangkan persaingan dalam usaha, tetapi manakah yang tepat untuk perusahaan Anda? Mengikuti 10 strategi untuk menangani persaingan dalam usaha Anda akan membantu Anda mengembangkan gagasan yang lebih baik tentang apa yang dibutuhkan pelanggan Anda.

Dengan ide-ide ini di tangan, Anda dapat yakin bahwa pelanggan Anda akan terus kembali lagi dan lagi. Ingat, ide yang tidak berhasil hanya akan gagal jika Anda berhenti mencoba.

Disisi lain, Anda juga harus terus memperhatikan pengelolaan keuangan dalam usaha Anda, karena hal ini penting bagi keberlangsungan bisnis. Hindari menggunakan proses pembukuan manual yang akan menyulitkan Anda, membuang banyak waktu, dan rentan terhadap keselahan.

Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online gratis selama 30 hari untuk solusi kemudahan pembukuan dan pengelolaan bisnis secara menyeluruh melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Kesenjangan sosial adalah: Pengertian, Faktor, Dampak, dan Solusinya