Cara Membuat Toko Online Menguntungkan yang Bisa Anda Coba

Menjalankan dan membuat toko online telah menjadi jauh lebih kompleks dan berorientasi pada profesional. Anda perlu mempekerjakan berbagai jenis orang dan membeli perangkat lunak untuk membuat dan meluncurkan toko online eCommerce Anda secara efektif. Anda juga perlu menangani berbagai proses bisnis yang berhubungan dengan aspek komersial dan teknis dari bisnis online Anda.

Pembuatan situs toko online kelas profesional membutuhkan pengembang perangkat lunak, penguji, dan administrator web yang sangat terampil. Anda dapat mempekerjakan talenta teknologi tersebut secara langsung untuk perusahaan Anda, atau Anda dapat melakukan outsourcing pekerjaan Anda ke tim profesional.

Menurut ramalan eMarketer, penjualan online diharapkan tumbuh lebih dari 15,1% di duni pada tahun 2019 kemarin. Penggerak utama dari pertumbuhan besar ini termasuk pemasaran media sosial, strategi aplikasi seluler yang efektif, dan penggunaan strategi dan personalisasi berbasis data di pemasaran digital.

Sebagian besar lalu lintas eCommerce (62%) berasal dari perangkat seluler pada tahun 2018; tren ini diperkirakan terus meningkat pada tahun kedepan.

Pentingnya Membuat Toko Online

Menurut perkiraan Statista, volume penjualan ritel diperkirakan akan melampaui angka $ 4,9 triliun pada tahun 2021. Selain itu, pangsa eCommerce ritel meningkat sekitar 13,7% dari semua penjualan ritel pada tahun 2019 kemarin dan akan mencapai 17,5% pada tahun 2021.

Pasar global ukuran bisnis ke bisnis (B2B) eCommerce secara signifikan lebih besar jika dibandingkan dengan penjualan bisnis ke pelanggan (B2C), seperti yang disebutkan di atas. Total ukuran pasar B2B eCommerce pada tahun 2015 lebih dari $ 22 triliun.

Dampak dari pangsa pasar gabungan ini  membuka lanskap peluang yang luas bagi pemilik bisnis online dan calon wirausaha. Peran strategi pemasaran digital untuk portal belanja online sangat penting; pemasaran digital sendiri sedang bertransisi ke pasar multi-miliar dolar. Banyak konsep baru otomatisasi proses bisnis yang bermunculan, yang mengubah lanskap bisnis online di pasar.

Pangsa penjualan tradisional terus menurun selama beberapa tahun terakhir, sementara pangsa pasar eCommerce semakin meningkat. Tren ini merupakan indikator yang jelas dari peningkatan popularitas dan tingkat eksponensial dari penggunaan eCommerce di kalangan pengguna internet. Munculnya eCommerce seluler juga berkontribusi besar pada pertumbuhan bisnis eCommerce di seluruh dunia.

Sangat penting untuk dicatat bahwa tidak ada bisnis retail yang bisa sukses tanpa kehadiran online. Kehadiran bisnis online memudahkan perdagangan antar negara sehingga mendapatkan keuntungan dari pasar global. Bisnis online juga bisa mendapatkan keuntungan dari teknologi terbaru yang dapat membantu mengurangi biaya operasional dan meningkatkan margin keuntungan secara substansial.

Banyak pilihan yang lebih murah untuk mengiklankan toko online Anda tersedia di bidang pemasaran digital, menawarkan keuntungan besar untuk membuat bisnis online Anda berkelanjutan dan menguntungkan. Harga iklan online dan pilihan pemasaran lainnya jauh lebih murah daripada cara beriklan tradisional. Jadi, kehadiran toko online sangat penting untuk bisnis apa pun di dunia saat ini.

Baca juga: Tertarik Membangun Bisnis Parfum yang Sukses? Baca Dulu Artikel Ini

Tips Membuat dan Meluncurkan Toko Online yang Menguntungkan

Jika Anda menemukan rencana bisnis yang tepat, maka Anda bisa menciptakan bisnis yang menguntungkan yang bisa bertahan lama. Saat ini, orang dapat meluncurkan perusahaan secara online, tetapi itu masih sama menantangnya dengan membuat bisnis fisik.

Jika Anda ingin mengembangkan dan meluncurkan toko online yang menguntungkan, baca terus tips di bawah ini untuk mengetahui bagaimana tepatnya Anda dapat membuatnya sendiri.

1. Putuskan apa yang akan dijual

Banyak orang menganggap ide memiliki toko online yang menguntungkan itu menarik, tetapi mereka tidak tahu apa yang ingin mereka jual. Jadi, langkah pertama Anda untuk membuat dan meluncurkan toko online yang menguntungkan adalah memutuskan apa yang ingin Anda jual. Ada banyak produk atau layanan yang bisa Anda sediakan secara online.

Walaupun Anda dapat menemukan banyak bisnis yang menjual produk yang umum, namun memasarkannya bisa jadi sulit karena ada banyak persaingan yang Anda lawan.

Di sisi lain, produk yang lebih unik mungkin sulit ditemukan pembeli, tetapi Anda akan menemukan lebih banyak calon konsumen yang berdedikasi.

2. Pastikan Anda bisa menjualnya

Sekali lagi, gagasan memiliki bisnis online yang dapat Anda kelola di rumah pada awalnya menarik, tetapi tidak banyak orang yang memiliki keterampilan untuk membuatnya menguntungkan. Jika Anda berpikir bahwa memulai bisnis online itu mudah, maka bersiaplah Anda menerima kekecewaan dengan fakta yang akan Anda dapatkan.

Keterampilan penting dalam memiliki toko online yang menguntungkan dapat menjual produk Anda. Ini bisa menjadi sangat sulit jika Anda tidak percaya pada produk yang Anda jual dan hanya ingin mendapatkan keuntungan. Pelajari produk Anda dan kebutuhan klien Anda untuk dapat meyakinkan orang lain untuk membeli dari Anda.

Baca juga: 10 Daftar Usaha Yang Menjanjikan di Masa Depan dan Wajib Dicoba

3. Mengenal orang lain yang menjualnya (dan sudah membelinya)

Saat Anda memasuki bidang penjualan online, informasi dan data adalah pemanfaatan penting yang dapat Anda gunakan untuk menonjol dan membuat bisnis Anda lebih menguntungkan. Dua bidang utama yang harus Anda perhatikan dan teliti adalah orang yang menjual jenis produk yang sama dengan Anda dan orang yang membeli dari produk tersebut.

Saat Anda mengetahui informasi tentang keduanya, Anda dapat mengubah rencana bisnis untuk memastikan bahwa Anda tidak melakukan hal yang sama yang dilakukan oleh pesaing Anda yang lebih mapan. Pada saat yang sama, Anda dapat memberikan sesuatu yang tidak dapat ditemukan oleh pembeli mereka dari pesaing Anda.

4. Analisis apa yang dilakukan pesaing terdekat Anda

Meskipun orang-orang umum yang menjual produk yang sama dengan Anda adalah fokus penelitian yang baik, penting bagi Anda untuk mempersempitnya ke pesaing terdekat Anda. Untuk mempersempitnya, pastikan Anda melokalkan penelitian Anda sehingga Anda tahu siapa pemimpin industri di wilayah atau geografi tertentu.

Anda juga dapat mempersempitnya berdasarkan ceruk spesifik Anda jika Anda menawarkan produk yang tidak terlalu umum. Cari tahu apa yang dilakukan pesaing terdekat Anda dengan baik dan mana yang tidak dilakukan pesaing Anda dengan baik sehingga Anda dapat menggunakan informasi ini sebagai pengaruh untuk meningkatkan bisnis Anda sendiri.

Baca juga: Cara Membangun Bisnis yang Menguntungkan di Tengah Persaingan Ketat

5. Pastikan Anda tidak melanggar hukum apa pun

Meskipun banyak orang mungkin melihat Internet sebagai tempat tanpa hukum, namun itu tidak seperti yang Anda kira. Selain memastikan bisnis Anda menghasilkan keuntungan, dan Anda harus memastikan bahwa Anda melakukan segala sesuatu se-legal mungkin sehingga Anda tidak tersandung masalah di tengah jalan.

Membuat toko online yang menguntungkan akan memakan waktu cukup lama, jadi luangkan waktu sebanyak yang Anda butuhkan karena ini adalah masalah hukum yang Anda bicarakan. Pertimbangkan untuk mendapatkan bantuan profesional hukum yang dapat membantu memandu arah bisnis Anda agar beroperasi dalam batasan hukum.

6. Identifikasi pasar Anda (dan pembeda Anda)

Setelah Anda mengetahui pesaing Anda, sekarang saatnya untuk mempersempit siapa target pasar Anda. Pasar sasaran Anda adalah sekelompok orang yang Anda inginkan sebagai pelanggan ideal.

Mereka lebih cenderung mendukung dan membeli produk Anda dan lebih terbuka untuk menciptakan hubungan dengan merek Anda serta layanan dan produk yang Anda berikan. Sebaiknya Anda juga mempersempit lokasi pelanggan ideal Anda.

Setelah Anda mengidentifikasi siapa mereka, Anda harus mulai mempersempit pesan merek Anda untuk memastikan bahwa Anda menargetkan keinginan dan kebutuhan pelanggan target ini. Alih-alih melihat hanya pada keinginan dan kebutuhan Anda, sangat penting bagi Anda untuk melihat apa yang diinginkan pasar target dari Anda.

Baca juga: Beberapa Usaha Rumahan Yang Lagi Tren dan Tips Mengembangkannya

membuat toko online 2

7. Sumber produk Anda

Setelah Anda mengetahui siapa target pasar Anda dan bagaimana Anda berencana menyusun merek untuk mengatasinya secara individual, sekarang saatnya untuk mengidentifikasi bagaimana Anda berencana untuk mendapatkan produk Anda.

Jika Anda berencana membuatnya sendiri di rumah, pastikan Anda memiliki tenaga kerja dan kapasitas untuk melayani banyak pesanan. Jika Anda memiliki pemasok, pastikan Anda menjalin hubungan kerja yang baik dengan mereka.

Anda juga harus memikirkan bagaimana Anda berencana untuk mengirimkan barang Anda ke pelanggan Anda. Apakah Anda ingin menanganinya sendiri dengan pengiriman in-house atau Anda ingin pihak ketiga mengirimkannya kepada mereka? Semua pilihan memiliki pro dan kontra, jadi pilihlah dengan bijak.

8. Pilih solusi toko online yang tepat

Anda sekarang harus mengidentifikasi di mana Anda ingin toko online Anda didirikan. WordPress adalah pilihan populer bagi banyak pemilik bisnis eCommerce, jadi Anda dapat menggunakannya untuk memulai.

Pastikan Anda memilih Tema MarketPlace WordPress yang tepat dan web hosting yang tepat karena ini dapat membuat atau menghancurkan toko online Anda. Anda ingin antarmuka toko Anda seintuitif mungkin, jadi pastikan Anda meluangkan waktu untuk memilih tema mana yang terbaik untuk Anda dan produk yang Anda pasarkan.

9. Situs web harus responsif dan interaktif

Lebih dari 1,2 miliar orang menggunakan ponsel cerdas pada tahun 2020, dan lebih dari 52% pengguna tersebut melakukan setidaknya satu pembelian online melalui ponsel mereka. Artinya, jika situs web Anda tidak ramah seluler, Anda akan kehilangan banyak uang.

Respons interaktif situs web Anda di perangkat seluler, dengan menawarkan dan memperingatkan tentang pendatang baru yang mungkin menarik bagi pengguna, juga meningkatkan penjualan secara drastis. Jadi, situs web Anda harus selalu responsif dan interaktif.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengoptimalkan Pengeluaran Bisnis? Berikut Tipsnya

10. Buat desain web yang baik dan profesional

Desain web memainkan peran penting dalam membuat keputusan tentang pembelian produk apa pun. Tampilan situs web profesional meningkatkan rasio konversi. Ada banyak sekali jenis tren desain website di luar sana, jadi pilihlah desain yang tepat untuk toko online Anda agar terlihat profesional dan sesuai dengan merek dan bisnis Anda.

Menurut penelitian terbaru, lebih dari 75% pengguna menilai merek Anda berdasarkan desain situs web Anda. Jadi, Anda bisa membayangkan dengan jelas pentingnya desain web.

11. Tambahkan opsi pembayaran populer sebanyak mungkin

Semakin banyak opsi pembayaran yang Anda miliki di situs web Anda, semakin baik pengalaman berbelanja pelanggan Anda. Jadi, sangat disarankan untuk menambahkan sebanyak mungkin opsi pembayaran populer agar pelanggan dapat dengan mudah memilih gateway pembayaran yang mereka sukai.

Ini meningkatkan tingkat konversi di toko online Anda. Contoh opsi pembayaran populer termasuk PayPal, Visa, MasterCard, eWallet atau pembayaran melalui payment poin.

12. Selalu gunakan pemasaran digital yang efektif

Pemasaran digital adalah salah satu proses bisnis paling kuat dalam ekosistem bisnis online saat ini. Efektivitas pemasaran digital luar biasa, dan biaya pemasaran digital relatif rendah. Teknologi dan tren terbaru membuat terobosan ke dalam pemasaran digital.

Komponen utama pemasaran digital saat ini meliputi pemasaran video, pemasaran konten, pemasaran media sosial, iklan berbayar, pengoptimalan mesin telusur, pemasaran email, iklan online, dan banyak lainnya.

Tren pemasaran digital berubah drastis pada 2020; konten video kini menjadi standar baru pemasaran digital dan seterusnya. Jadi, selalu buat strategi digital marketing yang efektif dan terapkan secara profesional agar bisnis Anda lebih menguntungkan.

Baca juga: Pengertian Inovasi Produk, Manfaat dan Tips Mengoptimalkannya

13. Selalu gunakan tekonlogi mutakhir

Teknologi yang lebih baru seperti analitik data, pembelajaran mesin, dan kecerdasan buatan harus digunakan secara luas dan efektif untuk membuat keputusan berdasarkan data dalam strategi pengembangan toko online Anda.

Dampak analitik data sangat besar; ini membantu meningkatkan layanan pelanggan dan mengubah perilaku pelanggan dan momen mikro menjadi penjualan.

Bisnis modern menggunakan pembelajaran mesin untuk dukungan pelanggan mereka untuk menghemat banyak uang di area ini.

Analisis data memberikan perspektif yang lebih dalam tentang strategi pemasaran, perilaku pelanggan, dan kesalahan strategi bisnis. Jadi, sangat penting untuk menggunakan analisis data terbaru, pembelajaran mesin, dan teknologi lainnya dalam pengelolaan toko online Anda, termasuk laporan keuangan dan transaksi.

Untuk kemudahan pengelolaan pencatatan transaksi dan pemantauan stok yang up to date, Anda bisa mencoba menggunakan  software akuntansi Accurate Online yang memiliki fitur terbaik dan terlengkap, salah satunya adalah fitur smartlink ecommerce yang memudahkan Anda dalam menarik data dari ecommerce di seluruh di Indonesia.

Selain itu, Accurate Online juga memiliki fitur lainnya seperti, fitur pembukuan terlengkap, manajemen stok dan aset, otomasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan masih banyak lagi.

Tertarik menggunakan Accurate Online? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 200 ribu perbulan