Tips Dalam Membangun Kedai Kopi yang Menguntungkan

Berencana membuka kedai kopi? Jika demikian, Anda mungkin menghadapi persaingan yang ketat. Menurut riset Hoovers, 50 perusahaan teratas di industri kedai kopi menghasilkan lebih dari 70 persen penjualan.

Bermimpi untuk bersaing dengan Starbucks atau Kopi Kenangan? Anda harus memilih lokasi Anda dengan hati-hati dan kemudian menarik dan mempertahankan kelompok pelanggan setia yang cukup besar.

Mari kita ketahui beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memulai bisnis kedai kopi yang sukses dan menguntungkan.

4 Hal Utama yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Membangun Kedai Kopi

1. Lokasi

Untuk memiliki  kedai kopi yang sukses, Anda harus memilih lokasi Anda dengan sangat hati-hati sesuai kebutuhan bisnis Anda. Jika Anda membayangkan bisnis Anda sebagai usaha drive-through, pilih lokasi yang banyak dikunjungi orang.

Jika Anda ingin menjalankan toko kasual yang menarik bagi orang-orang perkotaan yang berusia dua puluhan, pertimbangkan ruang di pusat kota di jalan yang sering dilalui pejalan kaki.

2. Pemasaran

Anda harus mendatangkan pelanggan untuk menghasilkan keuntungan, dan itu melibatkan pemasaran. Sebagian besar bisnis Anda akan bergantung pada orang yang lewat, jadi pastikan tempat Anda memiliki penerangan yang baik dan terlihat.

Buat situs web agar penikmat kopi tahu kafe Anda ada di sekitar.Promosi seperti kontes, kupon dan diskon juga menarik bagi pelanggan, terutama selama masa penurunan ekonomi seperti saat ini akibat pandemi. Dan menambahkan item gratis sesekali ke pesanan bisa menjadi sentuhan khusus yang membuat pelanggan datang kembali.

Baca juga: Competitive Advantage Adalah Hal Penting dalam Bisnis, Berikut Penjelasan Lengkapnya

3. Display

Tampilan bisa menjadi iklan terpenting bagi Anda; ketika pelanggan datang untuk minum kopi, tampilan pastry Anda yang menggiurkan harus memikat mereka untuk mencoba satu atau dua kue.

Atur makanan Anda yang dipanggang sedemikian rupa sehingga menarik dan menarik perhatian. Gunakan plakat dan label yang menonjolkan elemen eksotis dan kualitas pada kue atau roti yang Anda jual juga. Pertimbangkan untuk menempatkan layar yang cukup terang di jendela yang menghadap ke jalan untuk mendatangkan pembeli impuls yang lebih lapar.

4. Produk berkualitas

Mendapatkan pelanggan untuk mencoba kopi Anda mungkin bergantung pada lokasi dan pemasaran, tetapi mendapatkan pelanggan berkualitas dimulai dengan memilih bahan yang berkualitas juga.

Menggunakan bahan-bahan segar akan menghasilkan produk yang baik dan membuat pelanggan datang kembali, dan juga akan berkontribusi pada iklan dari mulut ke mulut yang sangat penting.

Menyediakan produk khusus seperti makanan yang dipanggang bebas gluten, kopi khusus, roti gulung dan kue kering eksotis juga dapat membantu bisnis Anda menarik beragam calon pelanggan.

Baca juga: Budidaya Ikan Mas Adalah Bisnis yang Menguntungkan, Ini Buktinya!

kedai kopi 2

10 Tips Dalam Membangun Kedai Kopi yang Sukses

1. Temukan pemasok kopi yang luar biasa

Pemasok kopi yang hebat seharusnya tidak hanya memanggang kopi dengan sempurna dan mengantarkannya tepat waktu, tetapi juga akan menjawab pertanyaan Anda melalui email, media sosial, telepon, dan sepanjang hari.

Jika Anda menemukan pemasok kopi dengan kualitas seperti itu, tumbuhkan hubungan itu dan pastikan Anda selalu membayarnya tepat waktu agar tercipta kepercayaan dalam bisnis yang semakin baik

2. Mencari tempat untuk bisnis Anda? Jadilah mata-mata

Apakah Anda sudah memeriksa tempat atau lokasi dengan benar sebelum membeli atau menyewanya? Sebelum Anda menandatangani kontrak, parkirlah di area gedung atau di dekatnya.

Hitung berapa banyak mobil atau orang yang lewat setiap jam. Berada di sana pada waktu yang berbeda —  8 malam, dan 6:30 pagi adalah waktu yang tepat— dan pada hari yang berbeda untuk melihat siapa calon pelanggan Anda nantinya.

Apakah pengemudi di daerah tersebut ingin mendapatkan secangkir kopi sebentar sebelum bekerja? Apakah ada tanda berhenti atau lampu lalu lintas di dekat gedung Anda? Apakah banyak remaja nongkrong di sudut jalan? Apakah Anda memiliki tempat parkir yang cukup untuk bisnis Anda menjadi tempat tujuan?

Teliti bisnis yang dulu ada di ruang itu. Jika kedai kopi lain tutup di tempat yang sama, cari tahu mengapa mereka gagal.

Baca juga: Cara Membuat Toko Online Menguntungkan yang Bisa Anda Coba

3. Temukan orang yang bisa Anda percayai

Pertama, Anda memerlukan akuntan atau pemegang buku untuk menjaga keuangan Anda agar tetap teratur saat Anda membangun bisnis.

Agen asuransi komersial yang baik juga harus ada dalam daftar Anda karena membeli asuransi tidak boleh tentang harga. Jika seseorang menggugat Anda atau ada peristiwa bencana, yang perlu Anda ketahui adalah bahwa Anda memiliki perlindungan yang tepat.

Jika Anda belum mau menggunakan akuntans untuk mengurus keuangan bisnis, ada baiknya Anda menggunakan software akuntansi yang mudah digunakan untuk pengelolaan keuangan dan pembukuan bisnis Anda. Dengan begitu Anda bisa memastikan bahwa seluruh proses keuangan berada dalam kendali Anda.

Saran kamu, cobalah untuk menggunakan software akuntansi berbasis cloud seperti Accurate Online yang bisa digunakan kapan saja dan dimana saja sehingga membuat Anda lebih mudah dalam memantau seluruh proses finansial dalam bisnis Anda.

4. Menjadi ahli kopi

Latih diri Anda terlebih dahulu untuk menyeduh kopi, teh, atau minuman apa pun yang akan Anda sajikan. Jadilah geek tentang semua yang Anda jual.

Pelajari semua yang Anda bisa tentang kopi — ketinggian tanaman kopi, varietas kopi, nama pertanian, catatan cupping, dan gaya pembuatan bir yang direkomendasikan.

Baca setiap buku, telusuri web, dan ajukan banyak pertanyaan tentang produk Anda. Anda harus menjadi “ahli” tentang produk Anda.

Bagikan juga pengetahuan dan minat Anda tentang kopi dan kafe dengan staf Anda. Jika mereka tidak tertarik dengan produk atau layanan Anda, mereka tidak akan membantu keuntungan Anda.

Baca juga: Tertarik Membangun Bisnis Parfum yang Sukses? Baca Dulu Artikel Ini

5. Berikan Harga Produk yang Sesuai

Penetapan harga memang rumit, tapi ini bukan berarti tidak bisa dilakukan. Pikirkan metrik sepanjang waktu. Berapa banyak cappuccino, latte, cangkir kopi, atau espresso shot yang perlu Anda jual untuk mencapai titik impas?

Berapa banyak yang perlu Anda jual setiap hari agar Anda, sebagai pemilik, juga dibayar? Berapa biaya penggantian untuk produk Anda? Apakah Anda mengirim kopi ke pelanggan?

Jika semua orang mengeluh tentang harga Anda, berarti harganya terlalu tinggi. Jika tidak ada yang mengeluh tentang harga Anda, harganya terlalu murah. Jika hanya sedikit orang yang mengeluh, harganya pantas. Proses ini bukanlah proses satu kali — ini harus terus Anda pantau.

Selama Anda memiliki bisnis Anda, harga harus selalu ada di pikiran Anda saat bisnis Anda berkembang. Jika pengeluaran Anda meningkat, pendapatan Anda perlu tumbuh.

6. Pahami “nilai yang dirasakan” dari produk kopi Anda

Ada komponen lain untuk penetapan harga yang hanya dibahas sedikit orang: nilai yang dirasakan. Bagaimana persepsi tentang kopi?

Jika Anda menjual kopi Hawaii Kona yang mahal (kepada Anda) yang bisa dijual seharga 1 juta rupiah per kilo, berapa harga yang pantas? Jenis informasi apa yang akan Anda berikan kepada pelanggan Anda yang akan menunjukkan nilai yang tepat dari kopi ini?

Apakah Anda memiliki foto para petani kopi yang memetik kopi ini? Apakah itu organik dan akankah sebagian dari keuntungan membantu organisasi penting? S

udahkah Anda berkomunikasi dengan pelanggan Anda melalui media sosial dan email tentang kopi ini? Jika jawaban Anda adalah ya untuk semua pertanyaan di atas, maka Anda bisa menjual kopi itu seharga 1 juta rupiah per kilo.

Baca juga: 10 Daftar Usaha Yang Menjanjikan di Masa Depan dan Wajib Dicoba

7. Pekerjakan orang yang bersemangat untuk bekerja untuk Anda

Jangan mempekerjakan staf penjualan — cari orang yang memiliki senyum di matanya dan senyum di bibirnya. Pekerjakan orang yang akan selalu menampilkan produk Anda dengan senyuman dan yang bersemangat tentang produk / layanan dan perusahaan Anda.

Satu-satunya alasan Anda memecat karyawan adalah saat mereka kehilangan senyum. Ketika Anda pertama kali membuka kafe, buat contoh perilaku dan ucapan yang Anda ingin diikuti oleh karyawan Anda. Peliharalah karyawan Anda, bayar mereka dengan baik, dan temukan karyawan bahagia yang memiliki impian besar.

8. Ketahui nilai lebih kopi dan kafe Anda

Semua orang menjual kopi. Terima kasih tentang Blue Ocean Strategy — bagaimana Anda akan membedakan kafe Anda dari pesaing? Teliti persaingan yang ada dalam radius 5 kilometer dan perhatikan bisnis baru apa pun. Tanyakan pada diri Anda setiap hari, “Siapa lagi yang membuka kedai kopi?” Jika jawabannya “tidak ada yang melakukan ini”, Anda berada di jalur yang benar.

Baca juga: Beberapa Usaha Rumahan Yang Lagi Tren dan Tips Mengembangkannya

9. Selalu bersemangat

Yang terpenting, perlu ada kegembiraan dan semangat besar dalam bisnis Anda. Ingatlah, Anda bisa mengubah dunia dengan senyuman. Jika Anda, pemiliknya, selalu tersenyum karena Anda menyukai bisnis, produk, dan pelanggan Anda, dan Anda akan menjual lebih banyak. Pelanggan Anda ingin membeli barang dari orang yang bahagia.

10. Sadarilah tujuan akhir Anda

Terakhir, ingatlah bahwa Anda membuka bisnis baru untuk mengembangkan hidup Anda. Mungkin terdengar aneh untuk didengar, tetapi Anda harus merencanakan strategi keluar dari bisnis pada saat yang sama saat Anda merencanakan pertumbuhannya.

Jika Anda bersemangat dengan bisnis Anda, jam kerja yang panjang tidak akan mengganggu Anda. Namun, jika Anda terus bekerja dengan jam kerja yang panjang, setelah tiga tahun Anda mungkin akan mulai membenci bisnis Anda.

Rencanakan strategi keluar Anda dengan mempekerjakan orang-orang terbaik, merencanakan secara finansial untuk saat-saat terbaik dan terburuk, dan mendelegasikan banyak tugas harian. Jika Anda dapat menghabiskan lebih banyak waktu dengan teman dan keluarga, Anda mungkin menganggap diri Anda sebagai pebisnis yang sukses.

Baca juga: Ingin Membangun Bisnis Real Estate yang Sukses? Begini Caranya!

Kesimpulan

Membuka kedai kopi yang suskes dan menguntungkan memang membutuhkan kerja keras dan juga perencanaan yang matang. Pastikan Anda mengetahui risiko dan konsekuensi dari setiap langkah yang Anda ambil.

Dalam bisnis apapun, pengelolaan keuangan yang baik menjadi hal utama yang harus diperhatikan oleh setiap pemilik bisnis, tidak terkecuali bagi Anda pemilik kedai kopi.

Pastikan Anda mengelola pembukuan dan laporan keuangan bisnis dalam sistem modern dan mudah di aplikasikan untuk setiap operasional bisnis dan pencatatan keuangan Anda.

Gunakanlah software akuntansi berbasis cloud seperti Accurate Online yang sudah terbukti dan teruji selama 20 tahun dan digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Masih ragu? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 2