Coin Laundry: Bisnis Modern yang Menjanjikan Banyak Keuntungan

Bisnis merupakan salah satu bentuk investasi yang bisa dilakukan untuk menjamin masa depan. Tentunya, bisnis yang dimaksud adalah bisnis yang tak hanya menjanjikan keuntungan, melainkan juga yang bisa bertahan untuk waktu lama. Dalam hal ini, coin laundry adalah satu di antara bisnis jasa yang menguntungkan tersebut dan bisa bertahan di tengah era apapun, sebab tergolong sebagai hal yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat.

Coin laundry atau laundry koin adalah jenis pelayanan laundry dengan sistem swalayan atau self-service. Dimana yang bertugas untuk mencuci baju kotor Anda bukanlah pegawai toko laundry, melainkan Anda sendiri dengan menggunakan mesin cuci yang disediakan.

Dari sisi konsumen, hal ini menjadi poin plus karena privasi pakaian yang lebih terjaga dan tidak akan tercampur dengan milik orang lain. Konsumen pun tidak perlu membuang waktunya dengan menunggu hingga beberapa hari sampai bajunya selesai di-laundry. Sebab, begitu Anda mendapatkan akses berupa koin/logam/token, Anda bisa langsung menggunakan mesin cuci dan mencuci baju milik Anda.

Namun, apa keuntungan ini hanya bisa dirasakan oleh konsumen? Tentu tidak. Dari sisi pemilik bisnis, bisnis coin laundry juga menjanjikan keuntungan dan keunggulan dari berbagai aspek, yang tentunya bisa dipertimbangkan alih-alih membuka bisnis laundry drop-off yang telah umum ada.

Kelebihan Bisnis Coin Laundry

1. Transaksi di Bayar Secara Tunai di Awal

Pada bisnis coin laundry, pelanggan harus menukar uang tunai dengan koin atau token sebelum bisa menggunakan mesin cuci. Setelah mendapatkan koin dan memasukkannya ke tempat koin mesin cuci, mesin baru akan berputar dan pelanggan hanya perlu menunggu sampai proses pencucian selesai.

Hal ini akan sangat memudahkan pembukuan bagi pelaku bisnis karena uang dibayarkan secara tunai di awal. Berbeda dengan laundry drop-off yang sistem umumnya meliputi menimbang pakaian kotor, menjumlahkan harga total, dan melakukan pembayaran setelah baju selesai dicuci. Hal ini meningkatkan resiko konsumen untuk lupa dan baru mengambil cuciannya setelah berminggu-minggu.

2. Biaya Operasional yang Rendah

Umumnya, bisnis coin laundry hanya membutuhkan satu orang karyawan per-shift. Namun, jika Anda tidak ingin mempekerjakan karyawan, Anda bisa menggunakan vending machine yang digunakan sebagai alat penukar uang tunai dengan koin.

Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan konsep swalayan atau self-service murni, maka pengeluaran untuk biaya operasional bisnis Anda pun akan semakin rendah.

Baca juga: Bisnis Laundry Kiloan: Tips dan Target Pasarnya

3. Minim Resiko

Resiko yang umum muncul dan harus dihadapi oleh para pelaku bisnis laundry, khususnya laundry kiloan, biasanya meliputi komplain dari pelanggan yang mendapati pakaiannya hilang, rusak, atau tertukar. Bisa juga hasil cucian yang diniali kurang bersih ataupun kurang wangi. Hal ini bisa menurunkan kepuasan pelanggan sekaligus membuat mereka enggan untuk memakai jasa laundry kita lagi.

Namun, pada bisnis coin laundry, resiko-resiko tersebut akan sangat minim terjadi. Sebab, sistem mesin cuci akan selalu bekerja sesuai standar. Pelanggan pun bertanggung jawab atas cuciannya sendiri. Pada akhirnya, kepuasan pelanggan akan cenderung terjaga.

4. BEP Cenderung Lebih Cepat

Bisnis coin laundry juga dapat memberikan profit dan balik modal yang cenderung cepat. Selama Anda menempatkan bisnis laundry koin di area yang strategis seperti perkantoran, apartemen, hingga mall, maka akan sangat mugkin bagi Anda untuk mendapatkan balik modal dalam kurun waktu kurang dari satu tahun.

Terlebih lagi, bisnis ini bisa dibuka 24/7 tanpa henti. Sebab, kapasitas jam kerja mesin coin laundry lebih lama dari mesin laundry yang digunakan oleh mesin laundry kiloan. Proses cucinya pun lebih cepat, dimana memakan waktu paling lama selama 2 jam.

Baca juga: Tips Bisnis Cuci Sepatu yang Menguntungkan dan Cara Memulainya

5. Business Plan yang Simpel dan Mudah

Bisnis laundry koin juga tergolong sebagai bisnis yang mudah untuk dijalankan. Anda hanya perlu menyediakan tempat, membeli mesin laundry koin, dan pewangi pelembut. Jika belum bisa merekrut karyawan atau membeli vending machine, hanya dengan Anda sendiri pun bisnis ini akan tetap bisa berjalan.

6. Bisnis Masa Depan

Bisnis coin laundry juga dianggap sebagai future industry atau industri masa depan yang mengacu pada lifestyle yang akan dicari oleh siapa pun dan kapan pun. Pelanggan akan merasa senang mencuci pakaian di tempat yang baru dan belum pernah ada sebelumnya.

Layaknya sebuah gadget atau fashion, yang terbaru-lah yang akan dicari. Apabila terjadi revolusi budaya terkait self-service laundry, hal tersebut akan menjadi gaya hidup yang dicari banyak orang ke depannya.

Baca juga: Bisnis Car Wash: Jenis Peluang Usaha, Analisa Modal dan Tips Sukses Menjalankannya

Penutup

Coin laundry merupakan jenis bisnis yang bergerak di bidang jasa laundry yang memungkinkan pelanggan untuk mencuci pakaiannya sendiri dengan menggunakan mesin cuci yang disediakan. Bisnis ini menggambarkan wujud dari simbiosis mutualisme yang memberi keuntungan bagi pihak pemilik bisnis maupun pihak pelanggan.

Keuntungan yang didapatkan dari sisi konsumen berupa privasi yang lebih terjaga hingga efektivitas dan efisiensi waktu. Sementara dari sisi pemilik bisnis, keuntungan yang didapat meliputi pembayaran yang dibayar di awal, biaya operasional yang rendah, minim akan resiko, BEP yang cepat, business plan yang mudah, serta jenis bisnis masa depan yang akan dibutuhkan oleh masyarakat.

Untuk dapat mewujudkan bisnis yang keberlangsungannya terjaga dalam waktu lama dan bisa menjadi investasi untuk menjamin masa depan, Anda perlu memastikan bahwa bisnis berjalan dengan semestinya, termasuk arus keuangan.

Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan metode pengelolaan dan pembuatan laporan keuangan secara lebih akurat, cepat, dan otomatis menggunakan software akuntansi dan bisnis bernama Accurate Online. Pasalnya, software ini menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis, salah satunya laporan arus kas.

Berbagai fitur dan keunggulan juga tersedia secara lengkap dan bisa di akses kapan saja serta dimana saja. Menarik, bukan?

Jika Anda ingin mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari, silahkan klik tautan gambar di bawah ini.