Teknologi Dapur Restoran Revolusioner yang Harus Dimiliki Pebisnis F&B

Dari mulai meja kasir sampai dapur restoran, teknologi mempunyai peran yang sangat penting dalam operasional bisnis. Inovasi pada industri bisnis food and beverage atau F&B terus-menerus memberikan solusi digital yang mampu membuat operasional restoran bisa berjalan lebih cepat, mudah dan juga menguntungkan.

Revolusi teknologi sudah mengubah suatu hal yang pada mulanya tidak terbayangkan untuk terwujud, menjadi suatu kebutuhan dasar yang harus dimiliki industri F&B.

Dalam beberapa tahun terakhir saja, semua negara di dunia tengah berlomba-lomba dalam mengembangkan beragam inovasi agar bisa mempermudah pekerjaan manusia, termasuk dalam bisnis restoran.

Saat ini, para pengembangan teknologi pun semakin inovatif dalam membuat berbagai teknologi restoran terbaru, sehingga bisnisnya bisa dijalankan secara lebih cepat dan praktis.

Nah, pada kesempatan kali ini kami telah merangkum berbagai teknologi revolusioner yang harus dimiliki oleh setiap restoran.

5 Teknologi yang Harus Dimiliki Dapur Restoran

1. Manajemen Reservasi Otomatis

Penyebab utama hadirnya rasa ketidakpuasan pada pelanggan seringkali adalah waktu tunggu yang terlalu lama. Nah, cara mengatasinya adalah dengan menggunakan suatu aplikasi manajemen reservasi atau aplikasi restoran yang dilengkapi dengan manajemen meja pada restoran Anda.

Aplikasi ini mampu mengatur reservasi pelanggan dan mengatur tempat meja yang optimal sesuai dengan waktu dan juga jumlah pengunjung.

Selain itu, sistem ini juga mampu membantu pelanggan untuk memperoleh waktu tunggu yang akurat dan menginformasikan pada mereka terkait ketersediaan meja. Sehingga, pelanggan pun akan mempunyai waktu tunggu yang lebih menyenangkan.

Sistem ini juga bisa berguna untuk menghubungkan dapur restoran Anda dengan para pelanggan. Para koki pun nantinya bisa memperoleh pembaruan pada pelanggan terkait status makanan mereka yang tersedia.

Baca juga: Cloud Kitchen: Konsep Bisnis Kuliner Baru yang Sedang Hits

2. Tabletop Tablet

Perlu Anda ketahui bahwa saat ini, tidak selamanya teknologi POS harus selalu berada di meja kasir. Teknologi tersebut jika bisa diakses oleh para pelanggan. pelanggan bisa memilih pesanan mereka sendiri, membuat menu mereka secara custome, dan menyelesaikan pembayaran secara langsung tanpa bantuan pelayan.

E-menu ini juga bisa memberikan saran tentang menu upsell dan cross-sell, sehingga akan mampu mendorong para pelanggan untuk bisa membeli lebih banyak makanan. Bila proses tersebut telah otomatis, maka karyawan di bagian back-end dan customer service bisa lebih fokus dalam melakukan hal lain yang jauh lebih penting.

Saat pelanggan sudah selesai memesan dan menyelesaikan pembayaran, maka semua input akan masuk ke dapur restoran. Cara ini mampu menghemat lebih banyak waktu, karena sebelumnya koko harus terlebih dahulu menunggu pelayan menyampaikan pesanan pelanggan, setelah itu baru mulai memasak.

3. Pelacakan Inventaris secara Digital

Saat ini, metode pencatatan dengan menggunakan pulpen dan kertas sudah ketinggalan zaman dan tergantikan dengan sistem manajemen persediaan yang mampu melacak persediaan bahan makanan secara digital.

Dengan menggunakan sistem yang lebih mudah untuk diakses, maka karyawan bisa mencatat dan juga menghitung jumlah persediaan barang yang masih ada secara lebih akurat dan efisien. Perhitungan persediaan pun akan lebih mudah. Sehingga, karyawan bisa memastikan bahan makanan yang paling cepat terjual selalu tersedia di dapur restoran.

Selain itu, sistem manajemen inventaris pun mampu memantau inventory level. Dengan terintegrasi ke ekosistem POS, sistem manajemen persediaan ini mampu menghitung jumlah persediaan yang diperlukan perusahaan dengan berdasarkan penjualan.

Perbandingan yang terjadi antar keduanya mampu memberikan informasi pada manajer terkait persediaan yang berlebih, terbuang ataupun hilang dan mampu menyelesaikan masalahnya secara cepat.

Baca juga: Ghost Kitchen, Solusi Bisnis Kuliner Baru di Tengah PPKM Darurat

4. Manajemen Pembelian Otomatis Dapur Restoran

Salah satu kesalahan paling besar dalam bisnis restoran adalah tidak bisa menyajikan makanan yang dipesan oleh konsumen karena kurangnya persediaan bahan. Nah untuk bisa menghindari masalah ini, Anda bisa menggunakan sistem manajemen pembelian yang terintegrasi dengan sistem manajemen persediaan.

Dengan begitu, bila ada persediaan yang telah mencapai batas paling rendah, maka manajer akan memperoleh persediaan dan melakukan pemesanan barang secara otomatis.

Selain itu, sistem ini pun mampu memberikan saran pembelian produk dengan berdasarkan item melalui berdasarkan prediksi penjualan, angka penjualan paling banyak, dan kategori khusus lainnya.

Semua proses pembelian ini bisa melalui aplikasi mobile, dari mulai proses persetujuan, verifikasi invoice, sampai membandingkan vendor. Dengan berbagi fitur tersebut, maka inventaris restoran akan selalu terjamin ketersediaannya.

5. Kitchen Display pada Dapur Restoran

Di dalam bisnis restoran, setiap waktu adalah uang. Lamanya proses penyajian akan memberikan dampak yang besar pada efektivitas restoran. Tapi, saat ini masalah tersebut bisa diatasi dengan kitchen display pada dapur restoran. Sistem ini mampu mendata semua pesanan yang masuk secara jelas.

Kitchen display mampu menghitung lamanya waktu yang harus disiapkan oleh koki untuk satu porsi makanan dan mengurutkan prioritas masakan yang harus disiapkan secara otomatis.

Tingkat akurasi pada sistem kitchen display ini secara signifikan mampu mengurangi food waste di dapur restoran Anda, karena seluruh masakan akan dibuat sesuai dengan pesanan yang telah masuk.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengembangkan Bisnis Restoran? Baca Tips Ini!

Penutup

Walaupun memang teknologi tidak mampu menggantikan cita rasa dari produk makanan atau minuman, namun gabungan antar keduanya mampu memberikan pengalaman makan yang baik untuk para pelanggan. interkoneksi antara sistem, karyawan dan produk akan memberikan perubahan yang besar di bisnis restoran Anda.

Nah, teknologi yang telah kami sebutkan di atas telah tersaji di dalam aplikasi bisnis Accurate Online. Seluruh teknologi di atas bahkan telah terintegrasi dengan sistem akuntansi yang akan mencatat setiap transaksi dan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan pada Anda.

Penasaran ingin menggunakan Accurate Online? Mudah kok, cukup daftarkan bisnis Anda pada tautan gambar di bawah ini dan Anda bisa langsung menikmati Accurate Online selama 30 hari, Gratis!

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.