Dekorasi Pernikahan, Peluang Usaha yang Sangat Menjanjikan

Pernikahan adalah salah satu fase hidup yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat di Indonesia. Sebagian besar orang yang menikahpun pasti akan menyelenggarakan resepsi pernikahan. Dalam pelaksanaannya, terdapat banyak sekali hal yang harus dianggap ada, salah satunya adalah dekorasi pernikahan.

Resepsi pernikahan akan dianggap kurang lengkap tanpa adanya dekorasi. Selain berbagai alasan estetika, terdapat berbagai alasan lainnya, seperti membuat acara yang lebih meriah, membuat dokumentasi foto jadi lebih cantik, membuat venue yang lebih enak dipandang, hingga dekorasi.

Sehingga, banyak sekali orang yang rela untuk mengeluarkan banyak uang untuk biaya dekorasi pernikahan tersebut.

Dari sisi pebisnis, kondisi tersebut tentu menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan, di dalamnya sudah tersedia kebutuhan pasar yang tinggi. Sebagai pebisnis, Anda hanya perlu memberikan supply atau memenuhi tingginya kebutuhan pasar tersebut.

Nah, dalam kesempatan kali ini, mari kita bahas potensi bisnis dan modal yang diperlukan untuk memulai bisnis dekorasi pernikahan.

Konsumen Bisnis Dekorasi Pernikahan

Bila kita membicarakan konsumen, maka yang akan menjadi konsumen atau pelanggan tentunya adalah pengantin atau keluarga pengantin yang akan menyelenggarakan acara resepsi pernikahan itu sendiri.

Jika kita mencari jasa penyedia dekorasi pernikahan di media sosial, memang sudah banyak sekali orang yang menyediakan jasa ini. Namun karena jumlah pernikahan akan terus bertambah di setiap tahunnya, maka bisnis ini masih mempunyai potensi pasar yang sangat tinggi.

Jasa dekorasi pernikahan yang disediakan bisa seputar menghias pelaminan, area catering, meja akad, panggung musik, dan berbagai area lainnya yang berada di lokasi pernikahan dan sesuai dengan permintaan klien.

Beberapa di antaranya bahkan ada yang menambahkan area photo booth di acara pernikahan. Hal ini pun menjadi suatu layanan yang diberikan oleh penyedia jasa dekorasi pernikahan.

Baca juga: 15 Usaha Kecil Menjanjikan dengan Modal Kecil yang Wajib Anda Coba

Potensi Bisnis Dekorasi Pernikahan

Menariknya, bisnis ini tidak hanya berhenti di sana. Jadi, bisnis ini bukan hanya tentang cara menghias tempat acara saja. Di dalamnya masih ada peluang usaha lainnya yang bisa Anda kembangkan, seperti dekorasi mahar, hantaran, sampai mobil pengantin.

Berbagai jasa dekorasi tersebut bukanlah sesuatu yang berbeda dengan jasa dekorasi pernikahan. Keterampilan dan teknik yang digunakan masih sama seperti halnya menghias acara pernikahan. Anda hanya perlu meminta berbagai biaya jasa yang terpisah.

Lebih jauh lagi, Anda bisa membuat lini usaha lainnya, seperti festival musik, seni, pesta dengan tujuan merasakan sesuatu.

Contohnya, beberapa perusahaan terkadang ada yang menyelenggarakan acara gala dinner atau acara tertentu. Dalam acara ini, besar kemungkinan venue acara tersebut memerlukan dekorasi. Untuk itu, banyak perusahaan yang memerlukan jasa dekorasi.

Itulah pengembangan potensi dari bisnis jasa dekorasi, di luar jasa dekorasi pernikahan.

Untuk dekorasi resepsi pernikahannya sendiri, Anda memiliki peluang omset yang sangat besar. Jasa dekorasi pernikahan ini dibanderol mulai dari belasan juta hingga puluhan juta, bahkan beberapa diantaranya ada yang sampai ratusan juta.

Jika Anda memasarkan bisnis ini dengan baik, maka besar kemungkinan Anda akan mendapatkan 2 hingga 8 pelanggan setiap bulannya.

Baca juga: Usaha Makanan Paling Laris Saat Ini & Tips Suksesnya

Modal Awal Bisnis Dekorasi Pernikahan

Kebutuhan pada bisnis dekorasi pernikahan ini lebih banyak pada peralatan dan juga perlengkapan. Anda memerlukan bunga, vas bunga untuk ditempatkan di atas meja atau model standing, karpet, backdrop¸ lampu hias, kursi pengantin, dan masih banyak lagi.

Nah untuk bisa memenuhi kebutuhan tersebut, modal yang Anda butuhkan mungkin sekitar 50 hingga 100 juta rupiah. Angka tersebut tentunya sangat tergantung pada ukuran tempat resepsinya.

Modal Dekorasi Pernikahan Kapasitas Sedang

Umumnya, modal sekitar 50 hingga 100 juta rupiah sudah cukup untuk menghias ruangan acara yang memiliki kapasitas sedang, sekitar 300 hingga 500 orang.

Semakin besar ruangan pernikahan yang harus Anda hias, maka modal yang dibutuhkan pun semakin besar untuk bisa memenuhi perlengkapan dan peralatan yang diperlukan.

Sebagian besar pebisnis usaha dekorasi akan menghabiskan sebanyak 70% hingga 80% modal awalnya untuk membeli peralatan dan perlengkap. Sisanya, mereka gunakan untuk upah pegawai dan kegiatan pemasaran.

Namun, Anda tidak perlu panik melihat angka yang besar tersebut. Karena, sebagian besar dari peralatan tersebut masih bisa Anda gunakan lagi untuk menghias gedung atau acara lainnya. Jadi, investasi yang besar pada peralatan kemungkinan hanya diperlukan di awal saja.

Anda tentunya akan memerlukan investasi terkait perawatan dan penyimpanan, serta membeli peralatan dengan model terbaru lagi. Untuk itu, Anda harus selalu mengikuti tren dalam menjalankan bisnis dekorasi pernikahan ini.

Para calon pengantin kemungkinan besar akan menginginkan hiasan yang kekinian dalam acara resepsinya, sehingga Anda harus selalu memenuhi keinginan dan kebutuhan klien.

Lalu, bagaimana bila Anda tidak mempunyai modal awal yang cukup untuk membeli semua peralatan yang sedang diperlukan? Tenang, karena masih ada strategi lain yang bisa Anda lakukan.

Saat ini, sudah banyak yang menyediakan jasa sewa alat dekorasi. Jadi, Anda hanya harus mempunyai ide yang kreatif, konsep dekorasi, dan tim yang siap membantu Anda dalam mengerjakan dekorasi tersebut. Sedangkan untuk berbagai alat yang diperlukan, Anda bisa menyewanya dari jasa sewa alat dekorasi.

Baca juga: Berbagai Jenis Usaha yang Jarang tapi Dibutuhkan

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang jasa bisnis dekorasi pernikahan, lengkap dengan peluang bisnis dan modal awal yang diperlukan untuk menjalankan jasa dekorasi pernikahan.

Bila Anda masih kesulitan untuk menghitung modal dan mencatat berbagai transaksi yang terjadi di dalam bisnis Anda, mungkin sekarang Anda memerlukan sistem POS (Point of Sales). Salah satu rekomendasi sistem POS atau aplikasi kasir yang harus Anda pertimbangkan adalah Accurate POS.

Dengan Accurate POS, Anda bisa mengelola pelanggan dan karyawan, melakukan penjualan dan pembelian, serta bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat.

Penasaran? Anda bisa mencoba Accurate POS terlebih dahulu selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

footer image blog Accurate POS

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.