Berbagai Jenis Usaha yang Jarang tapi Dibutuhkan

Ketika ingin memulai berbisnis, kira-kira usaha yang jarang tapi dibutuhkan apa saja ya? Saat ini variasi bisnis yang beragam terkadang membuat kita bingung harus memulai bisnis apa yang menguntungkan ditengah persaingan bisnis yang cukup padat.

Sebenarnya, peluang usaha itu masih banyak. Tinggal bagaimana kita mengembangkannya agar bisa sukses dan berhasil dikenal banyak orang.

Setiap usaha sebenarnya akan diragukan dengan pertanyaan, “Apakah akan berjalan”? sehingga membuat jenis usaha apapun terkesan meragukan untuk dijalani. Padahal, usaha apapun di negara kita, sejatinya masih akan laku, asalkan melakukan strategi pemasaran dan keuangan yang tepat.

Seperti apa usaha tersebut? lalu bagaimana cara mengembangkannya? berikut ulasan selengkapnya.

Macam-macam Sektor Usaha yang Jarang Tapi Dibutuhkan

Hampir semua sektor bisnis di Indonesia ini berpeluang untuk menghasilkan keuntungan. Meskipun sektor usahanya jarang digeluti banyak orang, namun kenyataannya, usaha tersebut masih bisa laris manis dan menciptakan pelanggan yang loyal.

Untuk itu, kita perlu mengetahui terlebih dulu macam-macam sektor usaha tersebut yaitu :

  • Sektor pertambangan
  • Sektor pertanian
  • Sektor Industri Pengolahan
  • Sektor Komunikasi
  • Sektor Keuangan dan Jasa
  • Listrik
  • Air
  • Gas
  • Perdagangan
  • Hotel
  • Restoran
  • Bangunan
  • Angkutan umum

Jenis Usaha yang Jarang tapi Dibutuhkan

Setelah mengetahui macam-macam sektor usahanya, saatnya kita mengenal jenis usaha yang jarang tapi dibutuhkan, baik dalam hal penjualan produk dan juga jasa. Berikut ulasan selengkapnya:

Usaha yang Jarang tapi Dibutuhkan dalam Penjualan Produk

1. Menjual Makanan Sehat dari Bahan Organik

Di masa pandemi ini, banyak orang semakin sadar akan manfaat menjaga kesehatan. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung sedikit bahan kimia.

Anda bisa menjual berbagai bentuk makanan seperti kue, snack, minuman, pudding, berbagai masakan untuk catering, dengan menggunakan bahan makanan organik.

Selain rasanya juga enak, kita bisa memberikan makanan yang lebih sehat untuk orang-orang disekitar.

Baca juga: Bisnis Hampers Adalah: Ini Pengertian, Strategi dan Analisa Keuntungannya

2. Membuka Rumah Makan Khas Negara Asing

Makanan khas negara asing sedang diminati di Indonesia, terutama makanan khas Jepang dan Korea. Ide ini termasuk pada usaha yang jarang.

Jika makanan Korea dan Jepang sudah mulai banyak, kenapa tidak dengan makanan dari negara lainnya misalnya Arab, Turki dan Thailand.

Anda bisa bekerja sama dengan teman yang berasal dari negara-negara tersebut, agar memudahkan dalam mengolah bumbu khas dan rasa yang tidak berubah.

3. Toko Emas

Toko emas jumlahnya sudah menjamur, tetapi masing-masing pemilik usahanya masih bisa sama-sama mendapatkan keuntungan.

Hal ini dikarenakan emas merupakan sebuah benda yang bernilai tinggi dengan harga yang cenderung naik setiap tahunnya. Emas juga tidak mudah rusak, dan siapa saja pasti membutuhkan emas untuk berinvestasi.

4. Jualan Clothing Line

Bagi Anda yang masih mahasiswa, ide usaha yang jarang tapi dibutuhkan ini bisa dicoba. Idenya adalah menjual pakaian clothing line (merek sendiri) dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan di distro atau toko pakaian.

Buat dan desain pakaian seperti hoodie, kaos, topi, celana sesuai permintaan pelanggan. Beriklan di social media atau menjual di e-commerce juga bisa Anda coba.

5. Menjadi Agen Minuman Tradisional

Usaha yang jarang tapi dibutuhkan selanjutnya adalah menjadi Agen jamu tradisional. Jamu merupakan minuman dari racikan bahan-bahan alami yang bermanfaat untuk tubuh.

Produk ini akan selalu dibutuhkan masyarakat, meskipun zaman sudah modern. Jamu juga tidak dibuat dengan campuran bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh kita.

Usaha yang Jarang Tapi dibutuhkan dalam Penjualan Jasa

1. Jasa Pembuatan dan Editing Konten

Di era digital ini, ada banyak Youtuber dan Blogger baru bermunculan. Mereka membuat konten-konten seperti video dan blog secara berkala untuk menaikan traffic pengunjung di social media-nya.

Peluang usaha yang jarang tapi dibutuhkan ini adalah menyediakan jasa untuk editing konten-konten tersebut. Seperti kita ketahui, proses editing video atau konten lainnya itu akan membutuhkan waktu, orang-orang yang sibuk akan sangat membutuhkan jasa seperti ini.

2. Usaha Salon Mobil dan Montir Panggilan

Usaha jasa ini menyediakan salon mobil serta montir yang bisa dipanggil ke rumah konsumen. Anda cukup menyiapkan peralatan dan tenaga kerja yang siap bekerja.

Untuk pemasaran usaha jenis ini, Anda bisa melakukannya melalui iklan di internet hingga menyebarkan brosur, pamflet dan lain sebagainya.

3. Menyelenggarakan Kursus Tertulis

Saat ini, ada banyak bidang pekerjaan yang membutuhkan pendidikan dan keahlian. Hal itu didapatkan dari kursus. Beberapa kursus yang banyak diminati adalah kursus kewirausahaan, manajemen, public relation dan lain sebagainya.

4. Jasa Rental

Usaha ini memang membutuhkan keamanan yang ektra dengan meminjam KTP konsumen sebagai jaminanya. Jasa rental yang akan selalu dibutuhkan adalah rental laptop, rental infokus untuk seminar, rental tenda untuk pameran dan lain sebagainya.

5. Jasa Pembuatan Animasi

Bagi Anda yang memiliki keahlian di bidang animasi 3 dimensi, maka usaha yang jarang tapi dibutuhkan adalah usaha untuk membuat konten dengan animasi.

Animasi kini banyak diperlukan untuk kepentingan iklan, kampanye, serta konten unik di Youtube. Pastikan Anda memiliki portfolio yang bagus, sehingga bisa lebih dipercaya oleh klien.

Baca juga: Bagasse Box: Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Harganya

Kesimpulan

Usaha yang jarang tapi dibutuhkan itu ternyata masih banyak. Seiring berkembangnya zaman menuju era digital, banyak muncul peluang usaha baru yang tidak terpikirkan sebelumnya.

Pastikan Anda memilih jenis usaha yang jarang tapi dibutuhkan, yang memang sesuai dengan keinginan dan modal yang Anda miliki.

Setiap usaha yang sukses, pasti memiliki pembukuan dan pencatatan keuangan yang jelas dan akurat. Untuk membuat laporan keuangan seperti itu, sebaiknya jangan secara manual. Kini ada software akuntansi dan bisnis yang bisa menjadi solusi masalah pencatatan keuangan usaha.

Accurate online merupakan software akuntansi dan bisnis yang sudah digunakan oleh 300 ribu lebih pengusaha, dalam membuat laporan keuangan, serta pembukuan dengan lebih cepat dan akurat.

Software Accurate online dapat digunakan secara mudah, dengan fitur-fitur yang juga mudah diakses. Ingin mulai berbisnis, pastikan Anda ingat dengan software Accurate online. Coba software ini secara gratis untuk 30 hari kedepan sekarang juga! Tunggu apa lagi!accurate1