Langkah Mudah dalam Menerapkan Digitalisasi dalam Bisnis

Di era globalisasi yang berkembang pesat seperti ini, kehidupan modern sudah menjadi suatu hal yang lumrah. Seluruh jenis kegiatan untuk kehidupan sehari-hari sudah berkembang berbasis digitalisasi, bahkan di dalam hal usaha atau bisnis.

Digitalisasi sendiri adalah suatu proses pemindahan bisnis tradisional ke bisnis digital. Digitalisasi ini mengacu pada pembuatan representasi digital dari objek fisik ataupun objek properti.

Kegiatan transformasi digital ini bisa terjadi sebagai akibat dari adanya digitalisasi, yang didalamnya mencakup proses pemindahan proses manual menjadi model bisnis yang berpusat pada teknologi dan juga berpusat pada pelanggan atau konsumen.

Transformasi digital atau digitalisasi ini memiliki dampak yang besar pada bisnis dengan memanfaatkan peluang melalui cara yang strategis agar bisa mempercepat proses dan kegiatan bisnis.

Digitalisasi bisnis merupakan proses digitalisasi komunikasi, interaksi, dan seluruh manfaat di dalam bisnis. Nah, bila Anda belum menerapkan digitalisasi dalam bisnis, berikut ini akan kami berikan berbagai langkah mudah dalam menerapkannya.

5 Langkah Mudah Menerapkan Digitalisasi dalam Bisnis

Dibawah ini, kami akan menjelaskan beberapa langkah mudah untuk membantu Anda dalam menerapkan digitalisasi di dalam bisnis agar bisa mencapai kesuksesan dalam menjalani bisnis saat ini.

1. Menyiapkan Website Bisnis

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan dalam menjalankan digitalisasi dalam bisnis adalah dengan mendaftarkan perusahaan Anda untuk membuat situs resmi website yang nantinya akan memudahkan para pelanggan dalam mengakses informasi tentang perusahaan Anda.

Dengan kecanggihan teknologi yang ada di era revolusi industri 4.0 seperti saat ini sudah memudahkan banyak perusahaan dan pelanggan.

2. Menjadikan Website Sebagai Tempat Transaksi

Selain mampu menyediakan informasi bisnis yang tepat, situs website perusahaan pun bisa dijadikan sebagai lahan penghasilan, yang mana produk yang ditawarkan nantinya bisa langsung dibeli sesuai dengan harga yang tertera dan pembayaran bisa dilakukan melalui dompet digital agar bisa memudahkan pelanggan untuk melakukan transaksi.

Dengan cara tersebut, maka bisnis bisa dikelola secara lebih mudah dan maksimal.

3. Menyiapkan Media Sosial dan Kontak

Dengan memiliki akun media sosial dan kontak yang bisa dihubungi, seperti kontak telepon atau email, maka pelanggan bisa lebih mudah dalam melakukan interaksi dengan Anda, sehingga proses digitalisasi bisa berjalan dengan baik.

Pasalnya, akun media sosial bisnis tidak hanya bisa membantu Anda dalam melakukan kegiatan bisnis saja, tapi juga bisa digunakan untuk meningkatkan brand awareness bisnis Anda.

4. Mengelola Usaha Secara Online

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, digitalisasi adalah proses transisi dari proses manual ke proses digital. Untuk itu, sangat penting sekali untuk mengetahui pengelolaan bisnis secara cermat melalui penggunaan aplikasi yang tepat untuk bisa dijalankan pada bisnis Anda.

5. Menerapkan Teknologi Masa Kini

Terdapat banyak sekali sistem dalam menerapkan teknologi untuk kebutuhan bisnis. Aplikasi bisnis seperti Accurate Online bisa menjadi langkah terbaik agar Anda bisa mencapai target bisnis yang telah dibuat.

Fitur bisnis yang lengkap di dalam Accurate Online ini mampu memudahkan Anda dalam mengelola dan mengontrol bisnis, sehingga bisa menghadirkan efisiensi dalam bisnis.

Baca juga: Mengenal Aplikasi Pelacak Lokasi dan Manfaatnya dalam Bisnis

Menggunakan Aplikasi Bisnis yang Tepat untuk Mendigitalisasikan Bisnis

Penggunaan aplikasi bisnis melalui digitalisasi sangat penting untuk memaksimalkan proses bisnis, sehingga bisa menekan terjadinya kesalahan yang bisa merugikan perusahaan. Aplikasi bisnis dari Accurate Online menyajikan fitur utama dalam bentuk:

1. Accounting

Sistem akuntansi yang akurat pada Accurate Online akan membantu Anda untuk bisa mengetahui pendapatan dan biaya pengeluaran secara tepat dengan jangka waktu yang bisa ditentukan sendiri. Sistem ini akan menekan terjadinya human error dengan pencatatan dan juga perhitungan aktual, serta amortisasi secara otomatis.

Aplikasi bisnis dari Accurate Online ini mampu menyajikan laporan laba rugi, laporan arus kas, laporan neraca, laporan perubahan modal, dan lebih dari 200 jenis laporan keuangan lainnya dalam secara cepat dan akurat.

2. Persediaan

Melalui fitur persediaan di dalam Accurate Online, Anda bisa mengelola dan melacak pengiriman serta penerimaan barang di beragam tempat secara cepat dan akurat. Fitur ini juga akan memudahkan Anda dalam melacak persediaan di gudang melalui hasil dan pelacakan nomor seri secara otomatis.

3. Perpajakan

Fitur perpajakan dari Accurate Online ini akan membantu Anda dalam menyelesaikan berbagai urusan perpajakan bisnis. Fitur ini telah diawasi dan dipantau oleh Direktorat Jenderal Pajak, bahkan Accurate Online telah terdaftar sebagai Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan resmi dari Direktorat Jenderal Pajak.

Baca juga: Apa itu Retail Apocalypse? Ini Pengertian dan Dampaknya di Indonesia!

Penutup

Demikianlah lima langkah penting yang bisa Anda terapkan untuk segera memulai digitalisasi di dalam bisnis. kelima langkah tersebut adalah dengan menyediakan situs resmi perusahaan, menjadikan situs resmi sebagai tempat transaksi, membuat media sosial dan mencantumkan kontak yang bisa dengan mudah dihubungi, mengelola bisnis secara online, dan menerapkan penggunaan teknologi.

Nah, aplikasi akuntansi dan bisnis dari Accurate Online bisa dijadikan pilihan penting untuk mencapai kesuksesan Anda dalam menjalankan bisnis digital. Aplikasi ini juga mampu menghemat pengeluaran dan meningkatkan omset Anda.

Lebih menariknya lagi, aplikasi yang sudah dipercaya oleh ratusan ribu pebisnis di Indonesia ini bisa Anda nikmati dengan hanya mengeluarkan biaya investasi yang sangat terjangkau, yakni sebesar 200 ribuan saja perbulan.

Bagaimana, tertarik menggunakan Accurate Online? Tenang, Anda bisa mencobanya lebih dulu selama 30 hari gratis dengan mendaftarkan bisnis Anda pada tautan gambar di bawah ini.

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.