Digitalisasi Bisnis: Arti, Manfaat, Cara Melakukannya

oleh | Jun 19, 2024

source envato.

Langkah Mudah dalam Menerapkan Digitalisasi dalam Bisnis

Di era globalisasi yang berkembang pesat seperti ini, kehidupan modern sudah menjadi suatu hal yang lumrah.

Seluruh jenis kegiatan untuk kehidupan sehari-hari sudah berkembang berbasis digitalisasi, bahkan di dalam hal usaha atau bisnis.

Digitalisasi sendiri adalah suatu proses pemindahan bisnis tradisional ke bisnis digital.

Digitalisasi ini mengacu pada pembuatan representasi digital dari objek fisik ataupun objek properti.

Kegiatan transformasi digital ini bisa terjadi sebagai akibat dari adanya digitalisasi, yang didalamnya mencakup proses pemindahan proses manual menjadi model bisnis yang berpusat pada teknologi dan juga berpusat pada pelanggan atau konsumen.

Transformasi digital atau digitalisasi ini memiliki dampak yang besar pada bisnis dengan memanfaatkan peluang melalui cara yang strategis agar bisa mempercepat proses dan kegiatan bisnis.

Digitalisasi bisnis merupakan proses digitalisasi komunikasi, interaksi, dan seluruh manfaat di dalam bisnis.

Nah, bila Anda belum menerapkan digitalisasi dalam bisnis, berikut ini akan kami berikan berbagai langkah mudah dalam menerapkannya.

Apa itu Digitalisasi Bisnis?

Digitalisasi bisnis adalah proses mengintegrasikan teknologi digital ke dalam semua aspek operasional dan strategi bisnis.

Hal ini mencakup penggunaan teknologi untuk meningkatkan efisiensi, inovasi, dan pengalaman pelanggan.

Dalam digitalisasi bisnis, dilakukan juga digitalisasi proses yang merupakan transformasi proses-proses operasional dan manajemen dalam sebuah perusahaan dengan menggunakan teknologi digital.

Tujuan digitalisasi proses bisnis adalah meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan fleksibilitas dalam operasional sehari-hari.

Proses digitalisasi proses bisnis melibatkan penggunaan berbagai alat dan platform digital untuk mengotomatisasi dan mengoptimalkan alur kerja serta mengelola data secara lebih efektif.

Baca juga: Pengertian Digitalisasi UMKM dan 12 Langkahnya

Manfaat dari Digitalisasi Bisnis

Digitalisasi bisnis membawa berbagai manfaat yang signifikan bagi perusahaan di berbagai sektor.

Berikut adalah beberapa jawaban atas pertanyaan yang seringkali diutarakan oleh pebisnis “Mengapa Sebuah Bisnis Harus Digitalisasi?”

1. Efisiensi Operasional

  • Otomatisasi Proses: Digitalisasi memungkinkan otomatisasi proses bisnis, mengurangi pekerjaan manual, dan mengurangi kesalahan manusia.
  • Waktu Lebih Cepat: Proses yang dulunya memakan waktu lama dapat diselesaikan lebih cepat dengan bantuan teknologi digital.

2. Penghematan Biaya

  • Reduksi Biaya Operasional: Mengurangi biaya yang terkait dengan proses manual, seperti pencetakan, penyimpanan fisik dokumen, dan pengiriman.
  • Pengurangan Overhead: Mengoptimalkan penggunaan sumber daya, sehingga mengurangi biaya overhead.

3. Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik

  • Akses Data Real-time: Data yang tersedia secara real-time memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih cepat dan berdasarkan fakta.
  • Analitik dan Wawasan: Alat analitik membantu dalam menganalisis data bisnis, memberikan wawasan yang mendalam untuk perencanaan strategis.

4. Peningkatan Produktivitas

  • Kinerja Karyawan: Alat digital mempermudah karyawan dalam menyelesaikan tugas mereka, meningkatkan produktivitas secara keseluruhan.
  • Kolaborasi Lebih Baik: Platform kolaborasi digital memfasilitasi komunikasi dan kerja sama tim yang lebih efisien.

5. Peningkatan Kepuasan Pelanggan

  • Layanan Lebih Cepat: Proses digital yang lebih cepat dan efisien meningkatkan kecepatan layanan kepada pelanggan.
  • Personalisasi Layanan: Data pelanggan yang lebih baik memungkinkan personalisasi layanan, meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

6. Skalabilitas

  • Pertumbuhan Fleksibel: Bisnis dapat dengan mudah meningkatkan atau menurunkan skala operasi mereka sesuai dengan permintaan pasar tanpa perlu perubahan besar dalam infrastruktur.
  • Ekspansi Pasar: Teknologi digital memungkinkan bisnis untuk menjangkau pasar baru yang sebelumnya tidak terjangkau.

7. Keunggulan Kompetitif

  • Inovasi: Digitalisasi memungkinkan bisnis untuk terus berinovasi dengan memperkenalkan produk dan layanan baru yang relevan.
  • Responsivitas: Kemampuan untuk merespons perubahan pasar dengan cepat memberi bisnis keunggulan atas pesaing.

8. Keamanan Data

  • Proteksi Data: Sistem digital dapat memiliki keamanan yang lebih baik untuk melindungi data sensitif dari ancaman cyber.
  • Backup dan Recovery: Data yang disimpan secara digital lebih mudah untuk dibackup dan dipulihkan dalam kasus kehilangan data.

9. Transparansi dan Auditabilitas

  • Rekaman Elektronik: Semua transaksi dan proses bisnis yang dilakukan secara digital meninggalkan jejak yang mudah diikuti dan diaudit.
  • Kepatuhan: Mempermudah kepatuhan terhadap regulasi dan standar industri.

10. Lingkungan Kerja yang Lebih Baik

  • Fleksibilitas Kerja: Alat digital memungkinkan fleksibilitas kerja yang lebih besar, seperti kerja jarak jauh, yang dapat meningkatkan keseimbangan kerja-hidup karyawan.
  • Pengurangan Stres: Mengurangi beban kerja manual dan repetitif, yang dapat meningkatkan kepuasan kerja dan mengurangi stres karyawan.

Baca juga: Digital Transformation, Strategi Bisnis Masa Kini 

5 Cara Mudah Menerapkan Digitalisasi dalam Bisnis

cara melakukan digitalisasi bisnis

ilustrasi digitalisasi bisnis. source envato

Dibawah ini, kami akan menjelaskan beberapa langkah mudah untuk membantu Anda dalam menerapkan digitalisasi di dalam bisnis agar bisa mencapai kesuksesan dalam menjalani bisnis saat ini.

1. Menyiapkan Website Bisnis

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan dalam menjalankan digitalisasi dalam bisnis adalah dengan mendaftarkan perusahaan Anda untuk membuat situs resmi website yang nantinya akan memudahkan para pelanggan dalam mengakses informasi tentang perusahaan Anda.

Dengan kecanggihan teknologi yang ada di era revolusi industri 4.0 seperti saat ini sudah memudahkan banyak perusahaan dan pelanggan.

2. Menjadikan Website Sebagai Tempat Transaksi

Selain mampu menyediakan informasi bisnis yang tepat, situs website perusahaan pun bisa dijadikan sebagai lahan penghasilan.

Yang mana produk yang ditawarkan nantinya bisa langsung dibeli sesuai dengan harga yang tertera dan pembayaran bisa dilakukan melalui dompet digital agar bisa memudahkan pelanggan untuk melakukan transaksi.

Dengan cara tersebut, maka bisnis bisa dikelola secara lebih mudah dan maksimal.

3. Menyiapkan Media Sosial dan Kontak

Dengan memiliki akun media sosial dan kontak yang bisa dihubungi, seperti kontak telepon atau email, maka pelanggan bisa lebih mudah dalam melakukan interaksi dengan Anda, sehingga proses digitalisasi bisa berjalan dengan baik.

Pasalnya, akun media sosial bisnis tidak hanya bisa membantu Anda dalam melakukan kegiatan bisnis saja, tapi juga bisa digunakan untuk meningkatkan brand awareness bisnis Anda.

4. Mengelola Usaha Secara Online

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, digitalisasi adalah proses transisi dari proses manual ke proses digital.

Untuk itu, sangat penting sekali untuk mengetahui pengelolaan bisnis secara cermat melalui penggunaan aplikasi yang tepat untuk bisa dijalankan pada bisnis Anda.

5. Menerapkan Teknologi Masa Kini

Terdapat banyak sekali sistem dalam menerapkan teknologi untuk kebutuhan bisnis. Aplikasi bisnis seperti Accurate Online bisa menjadi langkah terbaik agar Anda bisa mencapai target bisnis yang telah dibuat.

Fitur bisnis yang lengkap di dalam Accurate Online ini mampu memudahkan Anda dalam mengelola dan mengontrol bisnis, sehingga bisa menghadirkan efisiensi dalam bisnis.

Baca juga: Contoh Perusahaan yang Berhasil Menerapkan Transformasi Digital

Rekomendasi Aplikasi Bisnis untuk Digitalisasi Bisnis

Penggunaan aplikasi bisnis melalui digitalisasi sangat penting untuk memaksimalkan proses bisnis, sehingga bisa menekan terjadinya kesalahan yang bisa merugikan perusahaan. Aplikasi bisnis dari Accurate Online menyajikan fitur utama dalam bentuk:

1. Accounting

Sistem akuntansi yang akurat pada Accurate Online akan membantu Anda untuk bisa mengetahui pendapatan dan biaya pengeluaran secara tepat dengan jangka waktu yang bisa ditentukan sendiri.

Sistem ini akan menekan terjadinya human error dengan pencatatan dan juga perhitungan aktual, serta amortisasi secara otomatis.

Aplikasi bisnis dari Accurate Online ini mampu menyajikan laporan laba rugi, laporan arus kas, laporan neraca, laporan perubahan modal, dan lebih dari 200 jenis laporan keuangan lainnya dalam secara cepat dan akurat.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Laporan Keuangan dengan Accurate Online

2. Persediaan

Melalui fitur persediaan di dalam Accurate Online, Anda bisa mengelola dan melacak pengiriman serta penerimaan barang di beragam tempat secara cepat dan akurat.

Fitur ini juga akan memudahkan Anda dalam melacak persediaan di gudang melalui hasil dan pelacakan nomor seri secara otomatis.

3. Perpajakan

Fitur perpajakan dari Accurate Online ini akan membantu Anda dalam menyelesaikan berbagai urusan perpajakan bisnis.

Baca juga: Langkah Awal Menggunakan Accurate Online untuk Pembukuan Bisnis

Penutup

Demikianlah lima langkah penting yang bisa Anda terapkan untuk segera memulai digitalisasi di dalam bisnis.

Kelima langkah tersebut adalah dengan menyediakan situs resmi perusahaan, menjadikan situs resmi sebagai tempat transaksi, membuat media sosial dan mencantumkan kontak yang bisa dengan mudah dihubungi, mengelola bisnis secara online, dan menerapkan penggunaan teknologi.

Nah, aplikasi akuntansi dan bisnis dari Accurate Online bisa dijadikan pilihan penting untuk mencapai kesuksesan Anda dalam menjalankan bisnis digital. Aplikasi ini juga mampu menghemat pengeluaran dan meningkatkan omset Anda.

Lebih menariknya lagi, aplikasi yang sudah dipercaya oleh ratusan ribu pebisnis di Indonesia ini bisa Anda nikmati dengan hanya mengeluarkan biaya investasi yang sangat terjangkau, yakni sebesar 200 ribuan saja perbulan.

Bagaimana, tertarik menggunakan Accurate Online? Tenang, Anda bisa mencobanya lebih dulu selama 30 hari gratis dengan mendaftarkan bisnis Anda pada tautan gambar di bawah ini.

bisnisukmbanner
sidebarPromo
Natalia
Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.

Artikel Terkait