FMCG Adalah Salah Satu Industri Besar di Indonesia, Ini Pengertiannya!

Perusahaan fast moving consumer goods atau FMCG adalah salah satu industri perusahaan yang bisa dibilang sangat terkenal. Karena popularitasnya ini, tidak sedikit para fresh graduate ataupun profesional yang mengincar beberapa posisi tertentu dalam perusahaan yang membuat keperluan rumah tangga ini.

Lantas, apa itu perusahaan FMCG? Apa saja produk-produk yang mereka buat? Temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang FMCG di bawah ini hingga selesai.

Pengertian FMCG

Pada dasarnya, FMCG adalah singkatan kata dari fast-moving consumer goods.

Berdasarkan laman Investopedia, perusahaan FMCG adalah perusahaan yang membuat dan menyediakan berbagai produk keperluan sehari-hari yang dijual dengan cepat, dalam jumlah yang sangat banyak, dan dengan harga yang cenderung lebih murah.

Berbagai barang yang diproduksi oleh perusahaan ini umumnya tidak akan tahan lama, karena memang produk tersebut dijual dengan cepat dan hanya mampu memenuhi tingkat permintaan kebutuhan sehari-hari masyarakat.

Contoh sederhananya adalah minuman kemasan, susu, ataupun produk olahan lainnya seperti keju atau butter. Setiap seminggu sekali, minimal Anda harus menyediakan stok kebutuhan barang tersebut di kulkas Anda.

Nah, karena diperlukan oleh kebanyakan masyarakat, maka perusahaan FMCG di Indonesia dan di berbagai negara lainnya pun biasanya akan menyalurkan produk yang mereka buat ke berbagai tempat. Sehingga, setiap orang bisa menemukannya dengan mudah, di manapun mereka berada dan mereka inginkan. Anda bisa menemukan berbagai produk FMCG di minimarket, supermarket, apotek dan lain-lain.

Beberapa produk lainnya yang masuk pada kategori produk FMCG adalah buah dan sayuran, tisu, serta vitamin dan obat generik.

Baca juga: Cara Membuat Presentasi Rencana Bisnis yang Baik

Beragam Jenis Produk FMCG

Seperti yang sebelumnya sudah kita sebutkan, terdapat banyak sekali produk yang masuk kedalam kategori produk FMCG. Beberapa produk FMCG yang ada di Indonesia adalah makanan olahan, minuman, pastry, makanan beku dan juga segar, berbagai obat-obatan, alat kebersihan, kosmetik, dan perlengkapan kantor.

Sebenarnya, masih ada banyak kategori dan produk lainnya dari FMCG. Namun, beberapa produk di atas adalah beberapa produk umumnya saja.

Pada intinya, produk FMCG adalah suatu produk yang dibuat secara massal, tidak tahan lama, dan dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

Beberapa Contoh Perusahaan FMCG di Indonesia

Saat Anda sudah mengetahui pengkategorian dan beberapa contoh jenis dari produk FMCG, beberapa dari Anda pasti langsung terbesit dengan beberapa nama perusahaan yang membuat produk tersebut, seperti makanan olahan Mc Donnald, produk minuman Aqua, dll.

Hal tersebut terjadi karena sudah adanya brand awareness yang kuat di dalam kepala Anda, sehingga saat menyebutkan jenis produknya saja, brand atau merek tertentu akan hadir di dalam kepala Anda.

Untuk di Indonesia sendiri, sudah ada beberapa perusahaan yang sangat terkenal dan sukses bergerak pada industri ini, seperti Orang Tua, Indofood, dan lain-lain. Sementara itu, perusahaan Global yang cukup terkenal juga sangat banyak, seperti P&G (Procter & Gamble), Johnson & Johnson, Nestle, Unilever, dan lain-lain.

Semakin terkenalnya suatu brand, maka akan semakin meningkat juga kemungkinan masyarakat dalam membeli suatu produk tanpa banyak pikir.

Prospek Kerja di Industri Ini

Untuk Anda yang memang tertarik untuk meniti karir di perusahaan dengan tingkat multinasional dan dengan pace kerja yang cenderung sangat cepat, maka perusahaan FMCG adalah perusahaan yang bisa Anda pilih dengan berbagai posisi yang bisa Anda isi.

Selain itu, perusahaan FMCG adalah perusahaan yang stabil, bahkan saat ada badai resesi ekonomi sekalipun. Kenapa? Karena produk yang mereka buat memang diperlukan oleh banyak orang, apapun keadaan mereka.

Bersumber dari laman Telegraph UK, industri perusahaan FMCG adalah industri yang harus terus melakukan inovasi yang tidak hanya sebatas dari sisi sales saja, namun juga dari sisi marketing, advertising, dan komunikasi dengan setiap konsumennya.

Pada intinya, industri ini sudah cukup terbuka untuk orang lain dengan berbagai latar belakang jurusan apapun yang dimilikinya. Selama Anda mempunyai inovasi yang tinggi, bisa bekerja di bawah tekanan, dan mampu memberikan kontribusi yang berarti, terdapat banyak sekali lowongan di dalam industri ini untuk Anda.

Beberapa contohnya adalah sebagai berikut:

1. Procurement Analyst

Setiap perusahaan FMCG tentunya memerlukan jasa seorang procurement analyst.  Berdasarkan laman Payscale, seorang procurement analyst memiliki tugas dalam menjaga hubungan antar pihak perusahaan dengan pihak vendor agar proses dalam menyediakan barang bisa berjalan lebih lancar.

Mereka memiliki tanggung jawab dalam memastikan stok, melakukan analisa dan melakukan interpretasi data yang sudah ada, sehingga setiap pengeluaran yang dilakukan pun nantinya bisa benar-benar dipahami.

Selain itu, seorang procurement analyst juga harus mampu melakukan negosiasi biaya yang sudah dikeluarkan oleh pihak vendor dan supplier, memastikan setiap kontrak bisa terpenuhi dengan baik, dan membuat berbagai jadwal yang berkaitan dengan kegiatan pembelian.

2. Sales Manager

Sales manager pun mempunyai peran yang sangat penting di dalam industri ini. Kenapa? Karena setiap perusahaan yang bergerak dalam industri FMCG harus mampu memastikan bahwa penjualan yang mereka lakukan stabil ataupun meningkat.

Setiap sales manager harus memastikan bahwa pertumbuhan penjualannya terus meningkat, mampu menarik para pelanggan baru, dan mempertahankan pelanggan lama dengan baik.

3. Stock Control Manager

Karena banyaknya permintaan dan perusahaan harus bisa memutar setiap persediaan atau stok yang ada di pihak distributor, maka seorang stock control manager harus memastikan seluruh hal tersebut bisa berjalan dengan baik.

Tugas utama mereka adalah menentukan jumlah stok yang akan disalurkan ke pihak distributor dan memastikan seluruh halnya bisa berjalan dengan lancar dan sesuai dengan target yang sudah dibuat oleh perusahaan.

4. Marketing dan Advertising

Beberapa tahun yang lalu, profesi marketing dan advertising mungkin hanya profesi yang melekat dengan perusahaan startup dan juga perusahaan digital saja.

Kenyataannya, setiap perusahaan FMCG di Indonesia dan bahkan di seluruh dunia pun memerlukan divisi marketing dan advertising yang baik. Walaupun memang semua orang pasti akan melihat produk yang ditempatkan pada setiap rak di supermarket atau minimarket, namun tetap saja dibutuhkan strategi pemasaran dan juga periklanan yang kuat.

Tujuannya adalah agar mereka mau membeli dan menggunakan produk tersebut dalam kurun waktu yang lama.

5. Research and Development (R&D)

Rata-rata, setiap perusahaan memproduksi produk dengan kategori yang serupa, untuk itu setiap perusahaan tersebut harus memiliki inovasi yang baru. Dalam hal ini, tim research and development (R&D) memiliki peran yang sangat penting.

Perlu Anda ketahui bahwa tim research and development (R&D) adalah tim yang harus melakukan inovasi dan juga perkembangan pada berbagai produk baru. Setiap perusahaan FMCG memerlukan tim ini agar mereka bisa tetap inovatif dan lebih unggul dari para pesaing bisnisnya.

Skill yang Dibutuhkan untuk Kerja di Perusahaan FMCG

Dilansir dari laman Corporate Finance Institute, industri yang mampu mengantongi laba hingga miliaran dolar ini sangat inovatif dan juga kreatif.

Setiap tim produksi harus memikirkan strategi yang tepat, karena produk yang dikeluarkan oleh perusahaan FMCG di Indonesia tersebut ditargetkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari masyarakat.

Beberapa kemampuan atau skill utama yang harus Anda kuasai bila ingin bekerja di industri ini adalah riset, kreativitas yang sangat tinggi, dan juga kemampuan sales.

Anda harus mengetahui produk apa saja yang saat ini sedang tren dan banyak dicari oleh masyarakat, bagaimana cara membuat produk barang yang ingin dijual dengan harga murah, dan berbagai komponen lainnya. Pada intinya, Anda harus bisa berpikir sebagai seorang produsen dan seorang konsumen.

Bila Anda ingin merintis karir di industri perusahaan FMCG, terlebih lagi di perusahaan multinasional, maka Anda harus siap dengan pace kerja yang sangat cepat. Biasakanlah diri Anda untuk bekerja di bawah tekanan, karena keahlian ini akan sangat Anda perlukan.

Baca juga: Model Bisnis dan Rencana Bisnis: Pengertian, Perbedaan, dan Contohnya

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang perusahaan FMCG. Jadi, perusahaan FMCG adalah perusahaan yang membuat dan menyediakan berbagai produk keperluan sehari-hari yang dijual dengan cepat, dalam jumlah yang sangat banyak, dan dengan harga yang cenderung lebih murah.

Beberapa produk FMCG yang ada di Indonesia adalah makanan olahan, minuman, pastry, makanan beku dan juga segar, berbagai obat-obatan, alat kebersihan, kosmetik, dan perlengkapan kantor.

Namun, baik itu perusahaan FMCG atau perusahaan apapun, mereka akan sangat membutuhkan laporan keuangan yang lengkap dan juga tepat tanpa ada kesalahan sedikitpun. Tapi, saat ini masih ada beberapa perusahaan yang menggunakan cara manual dalam membuat laporan keuangan, sehingga memakan banyak waktu dan beresiko terjadi banyak kesalahan.

Bila Anda adalah salah satu pebisnis yang masih menggunakan cara manual dalam membuat laporan keuangan, ini waktunya Anda menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Dengan Accurate Online, Anda akan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat, dan akurat. Sehingga, Anda bisa lebih fokus dalam menjalankan bisnis dan mengembangkan bisnis Anda saat ini.

Selain itu, Accurate Online juga sudah dibekali dengan berbagai fitur yang mampu membuat bisnis Anda berjalan lebih efisien. Di dalamnya, Anda bisa menikmati fitur persediaan, penjualan, pembelian, perpajakan, manufaktur, dan masih banyak lagi.

Anda bisa mencoba seluruh fitur dan keunggulan dari Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.