Mengenal Bisnis Food Truck dan Tips Sukses Membangunnya

Untuk memulai dan juga menjalankan bisnis food truck yang sukses, diperlukan tingkat dedikasi yang tinggi, siap untuk gagal, dan mau melakukan inovasi secara terus menerus. Tanpa adanya ketiga hal tersebut, maka akan sulit untuk meraih kesuksesan dalam menjalankan bisnis food truck.

Nah, sebelum Anda memutuskan untuk terjun langsung menjadi pebisnis food truck, maka ada baiknya Anda mengenal bisnis food truck itu sendiri dan mengetahui tujuh tips lengkap dalam membangunnya seperti yang akan kita jelaskan di bawah ini.

Apa itu Bisnis Food Truck?

Pada dasarnya, bisnis food truck adalah suatu jenis usaha di dalam industri kuliner yang menjajakan sajian menunya dengan menggunakan kendaraan truk.

Nantinya, kendaraan ini sudah didekorasi semenarik mungkin agar bisa digunakan untuk menyiapkan makanan dan juga menyajikannya pada para pelanggan.

Jenis usaha ini cukup menarik banyak peminat, khususnya untuk mereka yang masih berusia muda, kenapa? karena bisnis ini memang sesuai untuk dijalankan oleh para pemuda di jaman sekarang yang notabennya masih mempunyai semangat kerja yang tinggi. Sebelum populer di Indonesia, bisnis ini sudah sangat terkenal di benua biru Eropa dan Amerika sana.

Baca juga: Cloud Kitchen: Konsep Bisnis Kuliner Baru yang Sedang Hits

Pilihan Bisnis Food Truck

Untuk Anda yang memang tertarik untuk menjalankan bisnis food truck, maka Anda bisa memilih jenis makanan yang akan Anda jual terlebih dahulu dengan cara mencari referensi usaha yang sebelumnya sudah beroperasi di Indonesia.

Sebagai contoh, menu yang hampir paling banyak disukai oleh semua kalangan adalah menu burger. Nah, Anda bisa memilih menu tersebut, namun dengan memberikan inovasi agar burger Anda tetap mempunyai ciri khas tertentu.

Selain burger, Anda juga bisa berjualan es krim. Menu ini memiliki banyak sekali peminatnya, mulai dari anak kecil hingga pada orang dewasa. Sehingga, nilai keuntungan yang bisa Anda dapatkan pun akan sangat menjanjikan. Anda bisa menambahkan berbagai jenis varian rasa dan juga kemasan penyajian yang menarik agar mampu membantu para pelanggan.

Tips Membantun Usaha Food Truck

1. Pahami dan Pelajari Dulu Soal Bisnis Food Truck

Sebelum benar-benar memulai bisnis food truck, maka kita harus mengetahui lebih jelas tentang bisis ini. Nah bila dilihat secara kasat mata, food truck adalah suatu bisnis kuliner yang hampir pada setiap prosesnya dilakukan di atas kendaraan bermotor. Mobil tersebut bisa berupa minibus ataupun truk sungguhan yang sebelumnya sudah dimodifikasi lagi.

Sama seperti restoran, truk ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai perlengkapan memasak profesional. Mulai dari kompor, penggorengan, gas, dan peralatan lainnya sudah harus tersedia.

Selain itu, bisnis ini juga harus dilengkapi dengan etalase, papan menu, dan juga mesin kasir karena proses transaksinya juga harus terjadi di atas truk tersebut.

Bila memang memungkinkan, maka Anda bisa menyiapkan standing banner yang ada di sekeliling food truck agar bisa menarik lebih banyak orang. Namun, kendala terbesar dalam menjalankan bisnis ini adalah ketersediaan air bersih dan akses listrik.

Untuk itu, Anda harus selalu menyiapkan baterai cadangan dan beberapa galon air agar bisa memenuhi dan mencukupi kebutuhan memasak dan mencuci.

2. Persiapkan Mental Untuk Bekerja Ekstra Keras

Jika memang Anda sudah terjun ke dalam bisnis bisnis ini, maka bersiaplah untuk menjadi orang yang serba bisa. Anda harus siap menjadi supir, chef, pelayan, dan cleaning service pada food truck Anda.

Beberapa orang mungkin sengaja untuk pindah ke jalur bisnis ini karena memang berharap menjadi bos dengan modal yang sangat minim. Padahal kenyataannya tidaklah demikian.

Dengan memerhatikan kerasnya bisnis food truck saat ini, dari sejak awal Anda harus bisa akrab dengan yang namanya kerja keras. Untuk itu, banyak yang menyarankan agar Anda untuk bekerja pada salah satu bisnis ini terlebih dahulu agar bisa mencuri ilmu dan mendapatkan gambaran terkait operasional dalam menjalankan food truck.

Setelah beberapa lama, bisa jadi Anda nantinya bisa mendapatkan inspirasi tentang inovasi yang bisa Anda terapkan pada bisnis Anda.

3. Pahami Peraturan Hukumnya Terlebih Dahulu

Sama seperti menjalankan bisnis restoran, Anda pun harus bisa memerhatikan bagaimana aspek legalitas dari food truck yang akan Anda mulai nantinya.

Di mata hukum, keberadaan akan bisnis ini sudah diakui sebagai restoran bergerak yang juga sudah mempunyai legalitasnya sendiri. Untuk itu, hal pertama yang harus ANda perhatikan adalah terkait masalah perizinan. Baik itu dari sisi izin membuka usaha sampai dengan membuka izin berjualan di lokasi ataupun daerah baru.

Umumnya, setiap tempat mempunyai peraturannya sendiri terkait restoran bergerak ini. Namun, bila Anda masih bingung dan tidak tahu harus mencari informasi tersebut dari mana, maka Anda bisa berkonsultasi dengan para senior yang memang sudah berpengalaman dalam Asosiasi Food Truck Indonesia.

4. Pilih Food Truk yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Pada mulanya, bisnis ini dimulai dengan banyaknya mobil combi yang pada saat itu dijadikan sebagai tempat berjualan makanan dan minuman ringan lainnya. Seiring berjalannya waktu, inovasi pun makin gencar dikembangkan hingga hadirnya kebutuhan akan kendaraan khusus pun makin tinggi.

Untuk saat ini, sudah banyak pabrikan mobil Karoseri yang menawarkan jasa modifikasi kendaraan truck. Bahkan, salah satu pabrikan otomotif di Indonesia saat ini juga sudah ada yang menawarkan kendaraan food truck siap pakai.

Untuk itu, sebelum memilih truk apa yang ingin Anda gunakan, maka ketahuilah terlebih dulu apa yang Anda butuhkan. Jika hidangan yang akan Anda juga tidak terlalu banyak atau tidak memerlukan pengelolaan yang terlalu rumit, maka Anda bisa memulainya dari truck dengan ukuran yang kecil.

Tapi, bila menu yang ingin Anda juga lumayan banyak. Maka carilah truck yang agak besar. Anda tidak harus memilih truck yang baru, karena truck bekas pun masih bisa Anda gunakan dengan baik

5. Pilih Satu Jenis Hidangan yang Jadi Andalan

Salah satu kunci keberhasilan dari bisnis ini adalah memilih satu jenis hidangan. Di antara banyaknya food truck saat ini, menu andalan adalah menu yang mampu membedakan bisnis Anda dengan kompetitor lainnya.

Untuk saat ini, model bisnis  kebanyakan menjual menu cepat saji, seperti sandwich, kebab, dan beraga menu khas dari luar negeri. Sebagai pembeda, Anda bisa membuat menu makan lokal yang lebih berani, namun dibuat dengan lebih sederhana.

6. Pasarkan Dengan Media Sosial

Jika Anda pernah menonton film Chef buatan Jon Favreau, maka tentu Anda tahu bahwa film ini menceritakan tentang seorang chef yang beralih menjadi pengusaha food truck. Di dalam film ini diceritakan bahwa food truck miliknya menjadi ramai pelanggan karena dipasarkan dengan menggunakan media sosial.

Nah, Anda juga menerapkan konsep seperti ini. Misalnya dengan membuat kompetisis online yang mengundang warganet untuk mengambil foto menggunakan food truck Anda dan menyebarluaskannya di media sosial. Lalu, siapa saja yang menyebarkan foto food truck Anda di akun media sosial aslinya, maka mereka berhak mendapatkan es krim atau menu camilan lainnya secara Cuma-Cuma.

7. Buat Hubungan Yang Kuat Dengan Para Pembeli

Bisnis apapun yang Anda jalankan, tentu tetap memerlukan dukungan dari para pelanggan tetap. Kenapa? karena mereka adalah media promosi yang paling murah dan juga paling efektif. Caranya adalah dengan tetap menciptakan dan menjalin hubungan yang kuat dengan mereka.

Dengan adanya dukungan yang kuat tersebut, maka food truck Anda akan menjadi lebih diingat oleh para pembeli. Sehingga, kemungkinan mereka untuk datang pun akan semakin lebih tinggi lagi.

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda gunakan agar hubungan dekat Anda dengan konsumen bisa terjalin kuat, yaitu dengan membuat program loyalty untuk para pelanggan setia.

Baca juga: Nilai Pasar: Pengertian, Pernyataan, Cara Hitung dan Pendekatannya

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang bisnis food truck dan tips dalam menjalankannya. Bila Anda ingin menjalankan bisnis ini, maka hal lain yang harus Anda perhatikan adalah dengan membuat laporan catatan keuangan yang baik.

Namun, bila Anda kesulitan untuk membuat laporan keuangan, Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate Online. Software akuntansi ini sudah dilengkapi dengan fitur yang sangat mampu mempermudah Anda dalam berbisnis.

Terlebih lagi, Anda juga bisa mendapatkan 20 lebih jenis laporan keuangan yang bisa Anda akses dimana saja dan kapan saja Anda berada.

Anda bisa langsung menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan hanya klik tautan gambar di bawah ini.

https://accurate.id/lp/marketing-form/

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.