Cara Efektif Mengurangi Food Waste dalam Bisnis Restoran

Perlu Anda ketahui bahwa organisasi Food Waste Reduction Alliance atau FWRA melaporkan bahwa terdapat 84,3% makanan sisa atau food waste di berbagai restoran Amerika Serikat yang berakhir menjadi sampah. Hal tersebut tentu menimbulkan kerugian untuk banyak pihak.

Berdasarkan laman Wikipedia, food waste sendiri adalah makanan yang telah siap untuk dikonsumsi tapi dibuang begitu saja dan pada akhirnya terjadi penumpukan di tempat pembuangan sampah.

adalah makanan yang siap dikonsumsi oleh manusia namun dibuang begitu saja dan akhirnya menumpuk di TPA.

Banyak aktivis sosial, lingkungan, dan terutama pebisnis restoran yang menilai bahwa hal ini adalah isu yang penting. Terlebih lagi untuk para pebisnis restoran, menghindari adanya penumpukan sisa makanan adalah salah satu cara yang mampu meningkatkan laba mereka.

Lantas, bagaimana cara mengurangi food waste dalam bisnis restoran? Dapatkan jawabannya dengan membaca artikel tentang food waste di bawah ini hingga selesai.

6 Cara Mengurangi Food Waste

1. Lakukan Audit Limbah

Tanpa adanya audit limbah Anda tidak akan pernah mengetahui jumlah makanan yang berakhir menjadi food waste. Untuk itu, mulailah dalam mengurangi jumlah limbah dengan memilah jenis sampah atau sisa makanan setiap hari.

Pisahkanlah kertas, gelas atau piring plastik, plastik, buah dan sayuran, serta daging-dagingan. Bila semuanya telah dipilah, silahkan timbang dan catat beratnya. Lalu, jumlahkan hasilnya setiap kali Anda selesai mengumpulkan sampah. Dari sana Anda akan mengetahui jumlah sampah yang dihasilkan oleh bisnis restoran Anda dalam kurun waktu satu tahun.

2. Mencatat Jumlah Sampah

Selanjutnya, buatlah jurnal agar bisa mencatat dan juga melacak sampah. Jangan lupa juga untuk menghitung berat sampah ketika Anda mengumpulkannya. Anda juga harus membuat catatan khusus lain, seperti bahan baku kadaluarsa, gelas yang pecah, atau catatan terkait kecacatan barang ketika proses pengiriman.

Catatan ini nantinya akan membantu Anda agar bisa memantau jumlah sampah dan sebagai dasar agar bisa mengurangi food waste.

Baca juga: Strategi Ampuh Memulai Bisnis Restoran Pizza

3. Melatih Staf untuk Mengurangi Food Waste

Mengurangi food waste bisa Anda mulai dari hal yang sederhana. Berilah pelatihan tertentu pada staf Anda terkait cara mengatasi dan mengurangi food waste. Apapun staf restoran Anda, mereka harus bisa menjadi seorang food handler. Mereka adalah sumber daya yang sangat penting untuk bisa mengurangi food waste.

4. Simpan Makanan di Tempat yang Sesuai

Restoran yang baik merupakan restoran yang mempunyai manajemen persediaan yang baik. Untuk itu, cobalah untuk menyimpan bahan makanan di tempat yang sesuai. Contohnya seperti buah dan sayur-sayuran yang disimpan di kulkas agar tetap segar dan daging atau makanan beku yang disimpan di dalam freezer.

Pada prosesnya, penyimpanan yang dilakukan oleh para staf terkadang kurang tepat dan bisa menurunkan kualitas bahan makanan, bahkan makanan yang dibekukan dalam kurun waktu yang lama pun akan mengalami penurunan kualitas jika tidak disimpan secara tepat.

Selain itu, perhatikan juga tanggal kadaluarsa dari setiap kemasan produk bahan baku Anda.

5. Berikan Pelanggan Promo Mingguan

Salah satu cara yang paling ampuh dalam mengurangi food waste adalah membuat program promo mingguan. Contohnya, jika minggu ini Anda terlalu banyak memesan sapi dan jarang ada pengunjung yang membelinya, Anda bisa membuat promo atau potongan harga menu steak yang diolah menggunakan daging sapi yang belum terjual.

Anda juga terkadang harus memikirkan menu yang unik untuk para pelanggan. Menu adalah pondasi yang penting dalam mengontrol bisnis restoran.

6. Gunakan Software Inventaris

Cara terakhir untuk bisa mengurangi food waste adalah memanfaatkan aplikasi bisnis restoran. Aplikasi bisnis restoran yang baik pasti terdapat manajemen inventaris atau fitur persediaan yang akan membantu Anda dalam mengurangi food waste.

Fitur ini juga mampu melacak stok barang dan makanan Anda, dari mulai jumlah hingga labelnya. Sistem ini akan membantu Anda untuk bisa mencari tahu berbagai menu favorit dan menu yang kurang disukai oleh pelanggan. Sehingga, Anda bisa lebih mudah dalam membuat perkiraan terkait produk bahan makanan apa yang harus Anda sediakan ulang di periode selanjutnya.

Baca juga: Ingin Beralih ke Paperless? Ikuti Cara ini!

Penutup

Perlu Anda garis bawahi bahwa setiap kali ada makanan yang terbuang, maka seluruh sumber daya yang diperlukan dalam setiap langkah tersebut juga akan terbuang secara sia-sia.

Umumnya, food waste terjadi karena adanya trimming, terdapat bahan baku yang rusak karena terlalu lama berada di gudang, dan restoran yang tidak mempunyai sistem manajemen persediaan yang mampu membantu proses pencatatan dan pelacakan persediaan bahan.

Untuk itu, suatu perusahaan atau pebisnis makanan memerlukan aplikasi bisnis yang mampu membantu mereka dalam mengelola persediaan secara lebih efisien agar bisa terhindar dari food waste.

Nah, fitur manajemen persediaan dari aplikasi bisnis Accurate Online mempunyai fitur yang lengkap dan sangat diperlukan oleh industri food and beverage. Fitur ini akan memberikan informasi terkait produk yang paling laris dan sering terjual habis.

Selain itu, fitur persediaan dari Accurate Online juga akan mendata nilai dan jumlah barang secara otomatis dan Anda fitur ini juga terintegrasi dengan fitur akuntansi yang mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara akurat.

Lebih dari itu, Accurate Online juga telah dilengkapi dengan fitur lainnya yang akan memudahkan Anda dalam melakukan penjualan dan pembelian, menyelesaikan urusan perpajakan, dan masih banyak lagi.

Lebih menariknya lagi, aplikasi yang telah dipercaya oleh ratusan ribu pebisnis di Indonesia ini juga bisa Anda nikmati dengan hanya mengeluarkan biaya investasi yang terjangkau, yaitu sebesar 200 ribuan saja perbulannya.

Bagaimana, menarik bukan? Ayo segera daftarkan bisnis Anda pada tautan gambar di bawah ini untuk bisa langsung mencobanya selama 30 hari, Gratis!

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.