Strategi Ampuh Memulai Bisnis Restoran Pizza

Di kota besar seperti Jakarta, minimal terdapat lebih dari 10 restoran pizza yang tersebar di setiap penjuru kota. Hal tersebut menunjukkan adanya rasa antusiasme yang besar pada makanan khas dari Italia ini. Bukti nyatanya, setiap tahun banyak sekali pebisnis restoran yang membuka restoran pizza baru.

Lantas, bagaimana strategi ampuh dalam membuka restoran pizza? Terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan, dari mulai peraturan dalam membuat restoran baru, mempersiapkan konsep, lokasi, cara promosi, sampai menyiapkan teknologi digitalisasi agar bisa menyederhanakan operasional bisnis pizza Anda.

Nah, dalam kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan seluruh strategi dalam membuka restoran pizza tersebut di bawah ini.

6 Strategi Bisnis Ampuh dalam Membuka Restoran Pizza

1. Mempelajari Regulasi Pembangunan Restoran

Berbagai ketentuan yang mengatur tentang usaha restoran sudah dijelaskan di dalam Peraturan Menteri Pariwisata Nomor 18 Tahun 2016 terkait Pendaftaran Usaha Pariwisata. Anda harus bisa mendapatkan surat izin Tanda Daftar Usaha Pariwisata atau yang dikenal dengan TDUP.

Bila sudah, Anda harus pergi ke kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu atau PTSP yang sesuai dengan domisili restoran Anda akan mengeluarkan TDUP yang Anda ajukan. Tentunya, Anda harus menyerahkan beberapa dokumen dalam mendapatkan izin dari TDUP agar proses pengesahannya bisa dilakukan secara cepat dan juga lancar.

Baca juga: Cara Menghadapi Persaingan Bisnis dengan Baik

2. Mempersiapkan Konsep Restoran Pizza

Banyak sekali pebisnis yang ingin menciptakan pizza dengan rasa yang unik dan otentik. Contohnya, para pemilik restoran banyak yang memilih untuk menyajikan pizza Neapolitan, Capricciosa, dan Margherita.

Tapi, banyak juga pengusaha yang ingin membuat pizza dengan cita rasa yang khas dengan daerah asalnya, contohnya seperti pizza dengan topping daging rendang, pizza ayam tandoori, dan lain sebagainya.

Tapi, konsep apapun yang ingin Anda gunakan, cobalah untuk merancang konsepnya secara matang.

3. Cari Lokasi Tepat untuk Membuka Restoran Pizza

Sama halnya seperti restoran lain, Anda harus bisa memikirkan lokasi yang tepat untuk bisa membuka restoran pizza. Salah dalam memilih lokasi tidak hanya akan membuat usaha menjadi sulit berkembang, tapi juga akan bangkrut.

Untuk itu, cobalah untuk bisa mencatat daftar lokasi yang Anda inginkan, lalu buatlah daftar kelebihan dan kekurangan dalam setiap lokasi tersebut. Jangan lupa juga untuk membandingkan harga sewa bangungan, saingan di sekitar lokasi, akses, dan juga faktor penting lainnya.

4. Merekrut Karyawan yang Tepat

Merekrut karyawan yang berpengalaman akan lebih mudah daripada merekrut karyawan yang paling tepat. Untuk itu, cobalah untuk mencari karyawan yang lebih kompeten dalam bidangnya.

Setelah itu, Anda bisa menyortir surat lamaran dengan berdasarkan pengalaman dan juga keahliannya. Anda harus bisa menanyakan berbagai hal yang berdasarkan dengan keahlian mereka.

Cobalah untuk menilai kompetensi mereka. Setelah itu, putuskanlah siapa yang paling pantas untuk Anda rekrut. Jangan lupa juga untuk memberikan pelatihan dan sediakan kontrak kerja. Hal tersebut dilakukan agar Anda bisa mengurangi angka turnover karyawan.

Baca juga: Cara Meningkatkan Produktivitas Perusahaan Kontraktor

5. Promosikan Restoran Pizza Anda

Sangat penting sekali untuk menyediakan anggaran tertentu untuk mempromosikan restoran pizza. Karena, pelanggan Anda tidak akan mengetahui bisnis restoran pizza Anda tanpa mengiklankannya.

Terdapat banyak sekali cara untuk mempromosikan bisnis restoran, khususnya di zaman yang sudah serba digital seperti saat ini. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan memanfaatkan akun media sosial.

Cobalah untuk memberikan visualisasi serta kata-kata yang menarik. Selain itu, jangan lupa juga untuk mempromosikan akun media sosial Anda, seperti dengan menggunakan Facebook Ads.

6. Manfaatkan Perangkat Lunak

Terdapat beberapa perangkat lunak yang mampu membantu Anda dalam melakukan kegiatan operasional restoran. Contohnya seperti dengan menggunakan sistem POS. Sistem ini akan membantu Anda dalam mempermudah proses transaksi dan melacak informasi pelanggan.

Untuk para akuntan, aplikasi akuntansi juga akan sangat penting, karena penghitungan pajak, membuat jurnal, membuat invoice, sampai membuat laporan keuangan dengan menggunakan sistem akuntansi dalam bentuk aplikasi bisa dilakukan secara lebih cepat, mudah dan akurat.

Selain itu, sistem tersebut juga biasanya sudah dilengkapi dengan fitur manajemen persediaan untuk mengelola stok barang. Dengan begitu, Anda bisa menekan terjadinya risiko penarikan makanan, karena setiap labelnya bisa dilacak dengan lebih cepat dan akurat.

Baca juga: Cara Memaksimalkan Proses Produksi Pabrik Makanan dan Minuman

Penutup

Bisnis makanan adalah suatu bisnis yang banyak digeluti oleh masyarakat luas. Salah satu contohnya adalah usaha restoran pizza yang saat ini banyak diminati oleh masyarakat, sehingga memiliki daya tarik yang cukup besar untuk dijadikan peluang bisnis.

Tapi dalam mengelola suatu restoran pizza, diperlukan beberapa strategi agar bisnis bisa berkembang menjadi lebih besar. Mengelola restoran pizza secara manual tentunya akan memakan waktu yang sangat lama dan membuat perkembangan bisnis menjadi sangat lambat.

Nah, di era digitalisasi seperti yang terjadi saat ini, Anda harus mempertimbangkan penggunaan sistem POS atau aplikasi kasir digital dari Accurate POS agar lebih mudah dalam mengelola restoran pizza.

Dengan menggunakan Accurate POS, Anda akan terbantu dalam mengelola pelanggan dan karyawan, mengelola persediaan barang di gudang dan masih banyak lagi.

Selain itu, karena sudah terintegrasi dengan ekosistem Accurate Online, Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat.

Penasaran dengan Accurate POS? Tenang, karena Anda bisa mencoba Accurate POS lebih dulu selama 30 hari gratis dengan mendaftarkan bisnis Anda pada tautan gambar di bawah ini.

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.