Go Digital, Solusi UMKM untuk Maju di Tengah Pandemi, ini Tipsnya!

Pada dasarnya, digitalisasi adalah suatu buzzword untuk bisnis saat ini, namun terdapat perdebatan yang sangat a lot yang bisa diwarnai dengan beberapa perlawanan dari karyawan dan juga para pemangku kepentingan. Untuk UMKM yang sudah maju, tampaknya sangat optimis dengan digitalisasi. Dengan go digital, tidak akan ada lagi sekat yang mampu membatasi antar konsumen dan para penjual.

Nah, mengingat go digital ini sangat penting, maka kami akan membahas go digital dengan sangat lengkap.

Pengertian Go digital

Perkembangan di era digital yang sangat cepat, membuat kita mampu memperoleh berbagai sesuatu hanya dalam satu genggaman tangan saja. Selain itu, kemajuan teknologi pun mampu memberikan perubahan yang sangat signifikan di dalam dunia bisnis.

Karena para pebisnis harus mampu menyesuaikannya dengan digitalisasi bisnis yang tidak terbatas dalam suatu tempat ataupun waktu.

Go digital pada bisnis itu sendiri adalah proses yang mengubah suatu komunikasi, interaksi dan berbagai manfaat dalam bisnis berubah menjadi digital. Dengan menerapkan go digital, maka para pebisnis bisa beralih dari sistem konvensional menjadi virtual.

Proses ini mencakup banyak hal, mulai dari kegiatan transaksi sampai dengan bagaimana cara pebisnis mengelola bisnis dan bertujuan dalam membuat kinerja para pebisnis menjadi semakin efisien.

Baca juga: Big Data: Pengertian dan Fungsinya untuk Bisnis Anda

7 Alasan Kenapa UMKM Harus Go digital

Di tahun 2021, strategi pemasaran modern tidak lagi hanya sebatas promosi offline saja, namun juga sudah banyak menggunakan teknologi agar bisa menjangkau pasar yang lebih luas

Nah, cara seperti ini disebut dengan go digital atau Go Online. Artinya, suatu langkah yang menggunakan internet dalam memperluas jangkauan pemasaran.

Nah, berikut ini adalah 7 alasan kenapa para pebisnis UMKM harus secara menerapkan go digital.

1. Untuk Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Alasan pertama adalah agar bisa memperluas jangkauan pasar. Sejak dulu, keterbatasan sistem distribusi dan pemasaran memang menjadi kendala khusus untuk para pebisnis UMKM.

Tapi saat ini, masalah tersebut bisa ditekan dengan adanya sosial media dan juga website yang mampu menjangkau pemasaran agar bisa melewati batasan marketing tradisional.

2. Meminimalisir Hilangnya Target Pasar

Maksud dari kehilangan target pasar dalam hal ini adalah kecenderungan pengguna yang mulai nyaman dengan menggunakan ekosistem digital. Mulai dari bisnis pesan makanan, jasa transaksi, sampai dengan kebutuhan belanja yang dilakukan secara online.

Bila bisnis Anda tidak mampu menyesuaikan dengan kebiasaan tersebut, maka Anda harus bersiap untuk kehilangan potensi pendapatan dari para konsumen yang semakin dimanjakan dengan adanya kemudahan akses online.

3. Pertumbuhan Pengguna Internet yang Kian Pesat

Setiap tahun, jumlah pengguna internet di dunia, termasuk di Indonesia selalu meningkat secara signifikan. Khususnya setelah diterapkannya proyek Palapa Ring yang bisa menjangkau lebih banyak kota di dalam beberapa daerah perbatasan.

Berbekal dengan data diatas, maka akan sangat masuk akal untuk para pebisnis UMKM dalam mulai merambah pasar digital bila bisnisnya ingin selalu tetap relevan.

4. UMKM Menjadi Lebih Profesional

Dengan menerapkan go digital, maka pebisnis UMKM tidak hanya berpotensi mendapatkan banyak sekali pelanggan, namun juga mulai memasuki babak persaingan baru dalam ranah industri modern.

Meskipun masih menyandang status pebisnis UMKM, maka bisnis Anda akan memperoleh nilai yang lebih dari para calon konsumen bila sudah mempunyai media sosial dan juga website sebagai media pemasaran.

5. Biaya Operasional Lebih Rendah

Salah satu manfaat dari menerapkan go digital yang paling besar adalah bisa menekan biaya operasional. Untuk para pebisnis UMKM, biaya operasional seperti workshop, kios dan juga pemasaran yang dilakukan dengan metode offline akan sangat memberatkan mereka.

Nah dengan go digital, para pebisnis UMKM bisa lebih menghemat modalnya karena tidak harus mempunyai toko fisik agar produknya bisa dikenal oleh masyarakat. Kenapa? Karena saat ini, website bisa menjadi seperti tempatnya para  calon konsumen berkumpul dan melakukan kegiatan transaksi pembelian belanjanya.

Selain itu, biaya operasional dan pembuatan website pun saat ini sudah sangat terjangkau dan ramah budget.

6. Budget Pemasaran Bisa Diatur Sesuai Kebutuhan

Pemasaran digital tidak melulu harus mengeluarkan uang. Anggaran pemasaran digital pada prinsipnya malah lebih transparan dan juga lebih akuntabel daripada metode strategi pemasaran offline yang membutuhkan waktu dan juga tenaga ekstra.

Untuk bisa memperkenalkan bisnis, Anda bisa menggunakan platform email yang mampu mengirim pesan ke banyak orang secara sekaligus dalam beberapa kali klik saja. Selain itu, Anda juga bisa melihat seberapa efektif kampanye yang dilakukan berkat adanya fitur analytics yang mampu merekam setiap respon yang diberikan para pelanggan.

7. Perkembangan Lebih Cepat 

Alasan terakhir kenapa pebisnis UMKM harus go digital adalah mereka mampu berkembang lebih cepat. Cepatnya penyebaran informasi saat ini menjadi poin utama dalam setiap menjalankan bisnis digital.

Dengan menggunakan platform digital secara lebih maksimal, maka jumlah audiens yang mampu mengenali produk Anda pasti akan lebih banyak. Sehingga, potensi penjualan pun akan semakin besar.

Media Digital Yang Digunakan Untuk UMKM 

Sudah bukan rahasia lagi bahwa bisnis go digital sudah menjadi bagian yang sangat erat dalam dunia bisnis saat ini dan juga masa depan. Setidaknya terdapat tiga media yang bisa digunakan oleh para wirausaha agar bisa go digital, yaitu website, sosial media, email. Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Website

Website mampu menjelaskan identitas produk Anda dengan sangat baik. Website yang Anda buat harus menarik calon pelanggan. Hal ini bisa dinilai dari lalu lintas internetnya, seperti berapa banyak klik, pengunjung, atau hits yang diperoleh dari situs web Anda.

Untuk itu, Anda harus membuat konten yang menarik dan juga memikat yang di dalamnya mencakup foto, gambar, video, model, dan juga copywriting dengan kualitas yang tinggi.

2. Social Media

Selanjutnya adalah media sosial, yang berperan penting sebagai “front-line kantor bisnis digital” Anda, yang di  dalamnya memasarkan dan juga memberikan informasi detail terkait produk Anda. Anda harus bisa memilih antara Facebook, Twitter dan juga instagram atau seluruhnya secara sekaligus.

3. Email Marketing

Anda pun bisa membuat email tertentu yang diperuntukkan untuk kebutuhan email marketing. Fungsinya adalah agar bisa melakukan interaksi lebih lanjut, lebih dalam, dan juga lebih private dengan para pelanggan atau calon pelanggan potensial.

Hal ini sangat penting, karena para pelanggan harus dibuat senyaman mungkin, selain itu keamanan data mereka juga harus dilindungi dan juga jangan sampai bias kepada pihak lain yang tidak memiliki kepentingan.

Baca juga: Machine Learning: Pengertian, Manfaat dan Cara Kerjanya

Penutup

Demikianlah tujuh alasan kenapa para pebisnis UMKM harus go digital. Berpindah dari pasar offline ke dunia online memang tidak mudah. Saat masuk ke ranah digital, itu artinya Anda harus siap dalam menanggung berbagai konsekuensi yang bisa timbul.

Seperti harus selalu sigap dalam merespon berbagai pertanyaan konsumen kapanpun dan juga dimanapun, harus mampu menguasai teknik packaging yang aman agar produk Anda mampu diterima dengan baik, serta mampu memenuhi closing penjualan.

Hal ini tentunya berbeda dengan konsep pemasaran tradisional yang umumnya hanya menjangkau calon pelanggan pada area yang terbatas, pemasaran digital didorong untuk bisa menembus wilayah yang sebelumnya tidak pernah Anda bayangkan.

Ada banyak sekali alasan kenapa para pebisnis saat ini harus go online. Mulai dari mampu meningkatkan kredibilitas, customer support, keberadaan, memperoleh feedback, hemat biaya, dan juga upaya agar mampu mencapai target market secara global.

Seluruh hal tersebut adalah benefit yang harus Anda peroleh bila Anda mendaftarkan bisnis Anda di Internet dan mempunyai presensi secara online. Terlebih lagi, di era digital seperti saat ini, sangat penting bagi Anda untuk mempunyai presensi secara online tersebut.

Selain itu, dalam mengelola keuangan bisnis juga Anda bisa mulai go digital. Caranya adalah dengan menggunakan software akuntansi. Dengan menggunakan software akuntansi, maka proses pembukuan dan juga pencatatan laporan keuangan bisa dilakukan dengan cepat, dan juga akurat.

Salah satu software akuntansi yang sudah terpercaya dan menjadi pilihan utama bagi 300 lebih pebisnis di Indonesia adalah Accurate Online. Software akuntansi ini sudah berhasil meraih Top Brand Award selama 6 kali berturut-turut sejak tahun 2016.

Hal ini dikarenakan Accurate Online mampu menyediakan 200 jenis laporan keuangan yang tepat, akurat dan bisa diakses dimana saja dan kapan saja karena dikembangkan dengan basis cloud computing yang aman.

Selain itu, Accurate Online juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih dan tampilan yang sederhana, sehingga akan semakin membantu Anda dalam menjalankan bisnis. Uniknya, berbagai keunggulan dan fitur dari Accurate Online bisa dinikmati dengan biaya investasi sebesar 200 ribu rupiah perbulan saja.

Penasaran? Anda bisa mencoba Accurate Online terlebih dahulu dengan klik tautan gambar di bawah ini.

Accurate-