Service Excellent Adalah: Pengertian, Aspek, dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

Setiap bentuk usaha yang bergerak di bidang produksi maupun jasa, service excellent adalah suatu lauanan yang harus dilakukan secara maksimal. Hal ini terkait dengan menjaga hubungan baik dengan para pelanggan agar mereka tetap loyal dengan produk atau jasa dari perusahaan.

Setiap memberikan pelayanan, perusahaan atau suatu bisnis harus memberikan pelayanan terbaik, agar bukan hanya memunculkan pelanggan yang setia, tetapi juga menjadikan pelanggan percaya dan mengonsumsi produk atau menggunakan jasa kita untuk jangka panjang.

Meskipun begitu, service excellent bagi setiap bisnis maupun perusahaan masih harus terus ditingkatkan, karena belum berjalan secara maksimal. Beberapa hal harus diperhatikan untuk menciptakan service excellent yang baik dan terkoordinasi.

Pengertian Service Excellent

Service Excellent adalah dua kata dalam Bahasa Inggris yaitu “Service” dan “Excellent”. Service memiliki arti pelayanan, jasa, atau tugas, sementara Excellent memiliki arti terbaik atau unggul.

Jadi, Service excellent adalah suatu upaya dalam memberikan layanan terbaik kepada pelanggan, agar mampu menciptakan kepuasaan yang optimal bagi pelanggan itu sendiri.

Selain itu, service excellent adalah sebuah pelayanan prima yang bisa diterapkan dalam semua jenis usaha, baik itu yang menjual produk maupun jasa, juga untuk diterapkan di lingkungan korporat.

Persaingan bisnis yang begitu ketat seperti sekarang ini, menjadikan service excellent harus dilakukan dengan maksimal, agar menjadi pembeda dengan bisnis pesaing.

Untuk mencapai sebuah service excellent, ternyata tidak semudah membalikan tangan. Suatu perusahaan atau bisnis harus mengadakan pelatihan untuk menciptakan pelayanan prima yang terbaik.

Beberapa elemen yang akan dipelajari seperti keamanan, kenyamanan, proses, kualitas, kuantitas, hingga kepuasan.

Baca juga: Apa Itu Sektor Industri? Berikut Empat Kategori Ekonomi dan Contoh Utamanya

Tujuan Service Excellent

Setelah mengetahui pengertian dari service excellent, kini mari kita mencari tahu apa saja yang menjadi tujuan service excellent ini. Nah, beberapa tujuan dari service excelent adalah sebagai berikut:

  • Memberikan pelayanan yang berkualitas untuk para klien dan pelanggan
  • Memberikan informasi dengan lengkap untuk kebutuhan para pelanggan
  • Menumbuhkan rasa percaya kepada pelanggan, terhadap jasa atau produk yang ditawarkan perusahaan atau bisnis
  • Memberikan informasi sedetail mungkin mengenai produk atau jasa apa yang dijual, serta apa fungsi dan manfaat produk atau jasa tersebut
  • Meminimalisir keluhan, tuntutan, hingga pengaduan dari pihak pelanggan terhadap produk atau jasa yang dijual
  • Wajib menumbuhkan nilai kepercayaan dan loyalitas bagi para pelanggan, untuk konsumsi jangka panjang

Aspek Penerapan Service Excellent

Jika suatu perusahaan maupun bisnis ingin menerapkan service excellent dengan baik, maka ada beberapa aspek yang harus diperhatikan. Aspek-aspek penerapan service excellent tersebut adalah sebagai berikut:

  • Kepastian hukum, Dalam pelayanan prima yang diberikan, pelanggan harus mendapatkan kepastian hukum agar mereka merasa lebih aman dan terpercaya
  • Keterbukaan, Aspek keterbukaan juga diperlukan pihak pelanggan, agar informasi yang didapatkan lebih jelas dan sesuai dengan apa yang diinginkan serta dibutuhkan oleh pelanggan
  • Efisiensi, Adanya efektivitas dan efisiensi juga akan menjadikan service excellent lebih baik bagi pelanggan
  • Kejujuran serta Kepercayaan, untuk menciptakan service excellent, perusahaan atau bisnis juga perlu memiliki aspek kepercayaan dan kejujuran yang seimbang, baik dalam aturan, pembiayaan hingga dalam penyelesaian pelayanan yang tepat
  • Penampilan, Ini merupakan aspek yang harus diterapkan kepada bagian pelayanan, dimana penampilan mereka harus rapi, dan nyaman ketika berhadapan dengan pelanggan
  • Aspek Kesopanan dan Keramahan, para karyawan yang menerapkan service excellent harus memiliki sopan-santun, tidak egois dan sabar ketika bertugas menghadapi pelanggan yang berbeda status sosial maupun tingkat ekonominya.
  • Kesediaan dalam Melayani, profesionalitas karyawan di bagian pelayanan harus baik, harus ada keinginan untuk selalu siap melayani, seperti seharusnya.
  • Pengetahuan dan Keahlian, memberikan pelayanan prima juga harus dibarengi dengan pengetahuan dan keahlian tentang barang dan jasa yang ditawarkan.
  • Tepat waktu dan Menepati Janji, dalam hal pelayanan prima, Anda juga harus selalu tepat waktu agar pelanggan tidak merasa membuang banyak waktu.
  • Biaya, Menerapkan biaya dalam service excellent juga harus wajar, agar sesuai dengan daya beli masyarakat

Manfaatnya bagi Perusahaan

Perusahaan yang menerapkan service excellent tentunya akan meningkatkan kinerja perusahaannya. Penerapan pelayanan prima ini bukan hanya untuk menarik banyak konsumen, tetapi juga untuk bekal bagi para karyawannya dalam penguasaan yang baik tentang produk atau jasa yang ditawarkan.

Adapun manfaat service excellent adalah sebagai berikut:

  • Manfaat bagi perusahaan yang menjual produk, penerapan service excellent berperan penting untuk peningkatan penjualan. Konsumen akan merasa puas dengan pelayanan prima yang diberikan, sehingga mereka cenderung lebih loyal kepada perusahaan.
  • Manfaat bagi perusahaan yang menjual jasa, menerapkan service excellent di perusahaan jasa dapat meningkatkan value di hadapan konsumen yang potensial serta dapat meningkatkan citra perusahaan di mata publik dan konsumen.

Dalam penerapannya, service excellent di setiap perusahaan bisa berbeda-beda, tergantung dari kebutuhan pelanggan dan jenis perusahaan itu sendiri.

Misalnya penerapan service excellent di industri kesehatan seperti rumah sakit. Pelayanan prima yang harus diberikan adalah dengan jelas, terbuka dan diikuti kepastian hukum atas sesuatu yang sifatnya ilmiah agar para pelanggan dan pasien dapat memahami dengan jelas.

Berbeda dengan sektor perbankan, seorang satpam yang bekerja harus mampu memberikan rasa aman dan memberikan arahan yang tepat dan jelas kepada para nasabah yang akan melakukan transaksi ke bank untuk pertama kalinya.

Agar karyawan memahami dengan penuh mengenai service excellent, maka biasanya mereka akan mengikuti training service excellent.

Training pelayanan prima ini akan mengajarkan mereka tentang penerapan pelayanan prima dengan gabungan elemen-elemen dasar, mulai dari biaya, keamanan hingga kualitas dan kepuasan.

Karyawan juga akan diajarkan bagaimana cara untuk bersikap wajar, namun tetap harus ramah dan disukai oleh orang yang sedang dilayani.

Selain itu, karyawanpun diajarkan tentang bagaimana cara mengetahui kebutuhan dan keinginan pelanggan, dan akan diajarkan juga bagaimana melihat sikap pelanggan dari gesture, bahasa yang digunakan, hingga secara lebih dalam mengenai seluk beluk psikologis yang sedang dialami pelanggan atau klien.

Baca juga: Bagasse Box: Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Harganya

Kesimpulan

Setiap perusahaan yang menjual jasa atau produk harus mampu menerapkan service excellent yang mengandung aspek-aspek pelayanan prima terbaik. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan penjualan, menjaga citra perusahaan, serta menciptakan lebih banyak pelanggan yang loyal.

Jika penjualan sudah meningkat, maka citra perusahaan juga akan semakin baik dengan kondisi keuangan yang baik dan tersaji dalam laporan keuangan yang jelas dan akurat.

Untuk membuat laporan keuangan yang terorganisir, diperlukan sebuah software akuntansi dan bisnis yang mampu melakukan pengelolaan pembukuan secara lebih cepat, tepat dan akurat. Perusahaan Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online.

Accurate online merupakan software akuntansi berbasis cloud, yang lebih mudah digunakan dan cocok untuk semua jenis bisnis atau korporat. Memiliki fitur paling lengkap dan harga yang terjangkau, software ini sudah membantu sekitar 300 ribu lebih pemilik bisnis di Indonesia.

Kini, Anda dan perusahaan bisa mencoba menggunakan software Accurate Online ini secara gratis selama 30 hari, tunggu apa lagi!accurate 2 banner bawah