Mengenal Harga Eceran Tertinggi dalam Penjualan Produk

Dalam suatu kegiatan perdagangan, Harga Eceran Tertinggi atau HET sering digunakan sebagai dasar pemberian harga suatu produk. Hal ini dilakukan karena banyak pedagang yang menjual suatu produk di pasar secara sewenang-wenang.

Beberapa dari Anda mungkin pernah menemukan dimana pasar dalam suatu kota menjual produk sama tapi harganya berbeda. Hal tersebut akan menyulitkan konsumen untuk memeriksa kesesuaian harga produk yang dijual oleh pihak pengecer.

Kebingungan dalam urusan harga barang memang menjadi hal yang lumrah. Ketika pihak produsen dengan sesuka hatinya menetapkan harga dan konsumen dengan terpaksa membeli barang tersebut dengan biaya yang tinggi, maka pihak produsen akan memperoleh banyak keuntungan karena biaya produksi yang sebenarnya sangatlah rendah.

Nah, Harga Eceran Tertinggi dan tanggal kadaluarsa ini ditetapkan dengan aturan berat dan aturan, serta barang yang dikemas wajib memuat berbagai informasi penting tertentu terkait isi paket seperti volume atau berat, nama dan alamat produsen, tanggal pembuatan, dan lain sebagainya.

Pada kesempatan kali ini, mari kita mengenal lebih dalam tentang harga eceran tertinggi di bawah ini.

Apa itu Harga Eceran Tertinggi?

Pada dasarnya, harga eceran adalah harga produk yang dijual di toko eceran dan menjadi harga akhir dari produk tersebut. Pasalnya, konsumen atau pelanggan akan membeli produk tersebut untuk digunakan sendiri, bukan untuk dijual kembali.

Terdapat perbedaan antara harga eceran, harga distributor dan harga produsen. Seluruh harga berbeda di dalam rantai pasokan. Dalam sistem pasar bebas, pihak pengecer akhir akan mempunyai pilihan untuk bisa menetapkan harga mereka dengan berdasarkan permintaan dan penawaran.

Ketika pihak pengecer menetapkan harga, maka tujuannya adalah agar bisa memaksimalkan keuntungan dengan cara menghitung harga yang siap dibayar oleh pelanggan. Dalam hal ini, pihak produsen bisa memberikan saran harga eceran agar bisa menyelaraskan harga dengan strategi keseluruhan dalam membuat produk. Disinilah umumnya pihak produsen akan menetapkan Harga Eceran Tertinggi atau HET.

Berdasarkan laman Wikipedia, HET adalah batas harga pada suatu produk yang ditetapkan oleh produsen ataupun distributor pada pihak pengecer. Pengecer diizinkan untuk menjual produk di bawah harga HET, namun tidak diperkenankan untuk menjual harga diatas HET.

Walaupun harga eceran tertinggi ini hampir sama dengan plafon harga, yaitu menetapkan batas atas harga dalam suatu produk. Tapi, umumnya plafon harga lebih mengacu pada plafon wajib yang diberlakukan oleh otoritas pihak pemerintah atau regulator, sedangkan harga eceran tertinggi ini mengacu pada batas atas harga yang telah disepakati antara pihak produsen atau distributor dengan seluruh pengecernya.

Baca juga: Apa itu Harga? Berikut Pengertian Lengkap dan Fungsinya

Tujuan Ditetapkannya Harga Eceran Tertinggi

Tujuan umum ditetapkannya Harga Eceran Tertinggi adalah agar bisa memastikan bahwa pedagang eceran tidak bisa menjual produk diatas harga wajar. Jadi bisa dibilang bahwa HET bisa membantu meningkatkan kesadaran pelanggan, sehingga mereka tidak akan tertipu dengan pemilik toko yang memberikan harga tidak wajar pada mereka.

Tapi jika Harga Eceran Tertinggi ditetapkan secara tidak adil oleh pihak produsen, maka akan secara langsung memberikan dampak pada daya beli konsumen, khususnya bila produk tersebut adalah produk kebutuhan.

Untuk itu, sangat penting sekali bagi konsumen untuk mengetahui perbedaan yang terdapat pada harga eceran tertinggi dan harga aktual suatu produk. HET yang sudah ditetapkan sudah termasuk seluruh pajak dan juga biaya produksi, sampai pengecer bisa menjual harga tersebut dibawah harga HET.

Bahkan, konsumen sangat dianjurkan sekali untuk bisa mencari pengecer yang menjual harga dibawah HET, karena HET adalah harga eceran paling tinggi yang diperbolehkan untuk produk tersebut dan bukan menjadi harga yang sebenarnya. Jadi, pengecer bisa mengurangi marginnya yang di bangun ke dalam HET.

Disisi lain, harga aktual suatu produk bisa lebih rendah sekitar 10% hingga 15% dari harga HET. Bahkan, HET yang dicetak pun terkadang sangat tinggi, sehingga selisih antara harga jual dan HET bisa menyentuh angka 30% hingga 50%. Jika penjual menjual produk lebih tinggi dari harga HET, maka hal tersebut termasuk ke dalam pelanggaran berat.

Untuk di Indonesia, produk yang sudah diatur oleh HET banyak ditemukan oleh pada produk pangan, seperti minyak goreng dengan HET 11 ribu rupiah per liter, gula pasir dengan HET 12,500 rupiah per kilogram, dan daging sapi beku dengan HET sebesar 80 ribu rupiah per kilogram.

Penetapan terkait HET ini bisa memotong keuntungan pedagang sekitar 10 triliun rupiah yang selama ini dibebankan pada masyarakat sebagai pihak konsumen. Selain itu, HET yang telah ditetapkan pun akan dianggap mampu mengurangi risiko kenaikan inflasi.

Baca juga: Harga Transfer Adalah: Ini Pengertian dan Metode Menghitungnya

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang Harga Eceran Tertinggi atau HET. Jadi, bila Anda adalah seorang pebisnis retail atau pengecer, maka Anda harus menetapkan HET ini di dalam bisnis Anda agar nantinya Anda tidak terkena pelanggaran dari distributor ataupun produsen.

Selain itu, menetapkan HET juga akan membantu para pelanggan Anda dan bisa membuat mereka menjadi loyal pada bisnis Anda. Namun, seluruh perhitungan harga eceran produk dan keuntungan yang Anda dapatkan di dalamnya ini harus tetap Anda catat dengan baik agar Anda nantinya bisa membuat keputusan bisnis yang tepat.

Tapi jika Anda kesulitan untuk mencatat atau menghitungnya, maka Anda bisa coba menggunakan aplikasi bisnis dari Accurate Online.

Kenapa? Karena Accurate Online akan membantu Anda untuk menghitung dan juga mencatat berbagai kebutuhan akuntansi bisnis Anda. Aplikasi berbasis website ini juga akan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis yang bisa Anda gunakan untuk membuat keputusan bisnis yang tepat.

Tidak hanya itu, Accurate Online juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul yang akan membuat Anda lebih mudah dalam mengelola dan mengembangkan bisnis.

Jadi tunggu apa lagi? Klik tautan gambar di bawah ini untuk segera mencoba kelebihan dan fitur menarik dari Accurate Online.