Berencana Berbisnis? Berikut 7 Ide Bisnis yang Cocok Untuk Pemula

Berbisnis mungkin bagi beberapa orang awam hanya bisa dilakukan oleh mereka yang sudah berpengalaman dan memiliki bisnis yang sudah sukses saja. Padahal, semua orang bisa menjadi pebisnis, tanpa mengenal lulusan, gender, maupun usia. Selain mengantongi sedikit wawasan berbisnis, ada beberapa bisnis yang dinilai cocok untuk para pemula yang tidak akan memberikan kerugian yang besar. Kalaupun ada ruginya pasti nominalnya tak besar.

Pilihan dan Daftar Ide Bisnis Untuk Pemula

Deskripsi di atas memang benar adanya, bahwasanya ada-ada saja bisnis yang cocok untuk pemula dan menjanjikan. Bahkan, selain itu ide bisnis berikut ini juga termasuk sebagai bisnis yang mudah dilakukan. Simak ide-ide bisnis yang dimaksud itu.

1. Bisnis Makanan Ringan

Bisnis makanan ringan dianggap sebagai bisnis paling mudah dijalankan dan tidak membutuhkan modal yang cukup besar. Semua orang bisa menjalankan bisnis ini karena tak hanya mereka yang bisa memasak saja yang bisa menjalankan bisnis ini.

Untuk bisa berbisnis makanan ringan, Anda bisa memasaknya atau membuatnya sendiri namun juga bisa mengambil dari produsen dan mengemasnya sendiri. Adapun makanan ringan yang bisa Anda coba untuk berbisnis antara lain sale pisang, lidi pedas, keripik singkong, kerupuk udang, dan makanan ringan lain yang banyak disukai orang atau yang jarang dijual orang.

Untuk membuat bisnis kuliner Anda laris manis, Anda dapat membacanya tipsnya melalui link ini.

2. Bisnis Fotocopy

Bisnis fotocopy akan menguntungkan jika Anda membukanya di sekitar sekolah, kampus, perkantoran, dan tempat lain yang sekiranya pengunjungnya membutuhkan sebuah fotocopy. Mesin fotocopy sendiri memang bukanlah mesin yang murah harganya.

Baca juga : Langkah Membangun Bisnis Percetakan Bagi Pemula

Namun Anda bisa membeli mesin fotocopy bekas untuk lebih menghemat modal. Anda bisa mempelajari mesin fotocopy sendiri dan kemudian menjalankannya tetapi juga bisa dengan mempekerjakan orang lain untuk menjalankannya.

3. Bisnis Pakaian

Pakaian merupakan benda yang dibutuhkan semua orang dan hadir dengan banyak sekali pilihan model. Jika Anda kreatif dalam membrandingnya, Anda bisa menjual pakaian dengan harga tinggi namun harga belinya rendah.

Anda bisa saja menjahitnya sendiri jika memang punya keterampilan tata busana, namun Anda juga bisa membeli pakaian secara grosir kemudian menjualnya kembali. Anda bisa memanfaatkan momen hari raya keagamaan untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. Anda pun juga bisa memanfaatkan media sosial untuk memasarkannya. Tertarik? Anda bisa melihat tips menjual pakaian online melalui link ini.

4. Bisnis Perlengkapan Bayi

Dibanding orang dewasa, bayi membutuhkan perlengkapan yang lebih banyak. Ini menjadi kesempatan untuk berbisnis bagi beberapa orang, yaitu untuk menciptakan bisnis perlengkapan anak.

Modalnya memang cukup besar, karena Anda harus menyewa tempat untuk membuka toko dan menyiapkan modal yang besar untuk mengisi etalase toko. Tetapi, jika toko perlengkapan bayi milik Anda sudah dikenal masyarakat luas, keuntungan akan mengalir begitu saja.

5. Bisnis Reseller atau Dropshipper

Bisnis ini memang bisa dipadu padankan dengan bisnis sebelumnya. Menjadi dropshipper bukanlah hal yang sulit karena Anda tak membutuhkan modal rupiah untuk bisa menjalankannya. Modal yang harus Anda miliki adalah smartphone, kuota internet, dan rajin membujuk orang untuk tertarik dengan produk yang Anda jual.

Menjadi dropshipper atau reseller sama halnya Anda menjualkan produk orang lain. Namun, Anda tak perlu membelinya terlebih dahulu untuk bisa dijual kembali. Anda hanya perlu memasang katalognya di sosial media atau memasarkan foto-fotonya secara online saja.

Anda juga bisa menawarkannya ke orang terdekat dengan katalog yang telah Anda cetak. Setelah Anda mendapatkan pembeli, biarkan produsen yang menyiapkan barang yang dibeli tersebut dan Anda akan mendapatkan persenan.

Kekreatifan dan rajin dalam berpromosi menjadi hal yang harus dimiliki untuk sukses menjalankan bisnis ini. Karena, Anda harus bersaing dengan reseller atau dropshipper lain yang juga menjual produk tersebut.

6. Bisnis Franchise

Bisnis franchise atau waralaba juga sama menguntungkannya jika Anda memilih produk yang tepat dan implementasi yang tepat. Ada banyak pilihan waralaba yang bisa Anda pilih dan modalnya berbeda-beda. Anda bisa memilih waralaba produk minuman thai tea, rumah makan ayam geprek, minimarket, dan masih banyak lagi.

Pilihan bisnisnya pun juga biasanya beragam, ada yang menawarkan waralaba dengan fasilitas rumah makan ada juga yang menawarkan dalam bentuk booth yang mana harganya lebih murah. Implementasi dari bisnis waralaba juga harus tepat, sebelum memilih tempat untuk berbisnis pastikan di tempat tersebut minim persaingan supaya bisnis Anda lah yang bisa meraup banyak keuntungan.

Untuk mengetahui tips dan trik bagi Anda yang ingin membangun bisnis waralaba secara sukses, Anda bisa membacanya melalui link ini.

7. Bisnis Pulsa

Berjualan pulsa juga masuk dalam daftar ide bisnis pemula yang mudah dijalankan dan minim rugi. Ya, setelah membeli pulsa, Anda bisa menjualnya kembali. Tidak ada masa kadeluwarsa pada pulsa dan lagi pulsa menjadi kebutuhan bagi setiap orang.

Yang harus Anda perhatikan pada bisnis ini adalah pada pembukuan bisnisnya. Jika Anda tidak menata pembukuan dengan benar, maka besar kemungkinan Anda akan mengalami kerugian dikarenakan margin keuntungan pada bisnis ini tidak terlalu besar.

Untuk membangun bisnis pulsa yang menguntungkan dengan pembukuan yang benar, Anda bisa membaca tipsnya melalui link ini.

Anda bisa mengunakan proses pembukuan manual melalui buku catatan atau program excel. Jika kesulitan Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online yang bisa Anda coba secara gratis melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 200 ribu perbulan