Dropship Adalah Bisnis yang Mudah? Mari Bahas lebih Jauh

Mengenal lebih jauh tentang Dropship

Dropship adalah cara bisnis yang menguntungkan di zaman sekarang. Dropship tidak mengharuskan kita untuk menyetok barang atau membeli barang dahulu yang mnegeluarkan moal yang besar. Bisnis dengan sistem ini bisa dikatakan bisnis yang tanpa mengeluarkan modal.

Droship juga merupakan pemasaran produk dimana penjual tidak perlu menyimpan barang yang dipasarkan, ketika ada konsumen yang order di penjual barulah penjual meneruskan order dan detail alamat pengiriman barang ke supplier atau produsen.

Bisnis dropship ini biasanya dilakukan secara online, walaupun ada juga yang melakukannya secara offline. Dropship secara online ini akan lebih mudah ketimbang offline. Karena jika online semua bisa menggunakan sistem yang kan otomatis, namun jika offline kita mesti manual juga bisa menunjukkan barang ke pembeli.

Keuntungan yang didapatkan dari bisnis dropship ini juga sangat besar bahkan hingga mncapai jutaan hingga ratusan juta perbulan. Hal ini tentu akan menggiurkan sekali, apalagi bisnis ini bisal dilakukan oleh semua kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga dan juga karyawan yang tidak mengganggu aktivitas bekerjanya.

Perkembangan teknologi juga sangat memicu perkembangan bisnis dropship ini, karena memudahkan kita untuk melakukan order juga melakukan transaksi dan juga penjualan. Semua sudah tersistem secara jelas. Sehingga kita sebagai penjual tidak akan tertipu begitu juga denga pembeli.

Baca juga: Mengenal Berbagai Bisnis Online Tanpa Modal Yang Bisa Anda Kerjakan

Cara Menjalankan Bisnis Dropship Yang Menguntungkan

Untuk memulai bisnis dropship tentu sangat mudah, anda tinggal persiapkan kuota internet. Setelah itu baru lah cari toko online yang menyediakan fitur dropship. Setelah menemukan toko online yang cocok yang juga menyediakan pembelian dengan dropship barulah kita pasarkan barang /jasa dari toko online terebut.

Pemasaran dari dropship ini tentu harus menggunaka teknik tak biasa karena dropship berbeda dengan metode bisnis konvensional. Untuk bisa mendapatkan keuntungan yang besar dari bisnis dengan dropship maka harus memperhatikan hal-hal berikut:

Research keyword

Walaupun kita bisnis menggunakan cara dropship, kita perlu juga melakukan research keyword karena sangat penting untuk menentukan barang apa yang ingin dipasarkan dan juga tren apa yang sedang terjadi sekarang ini.

Untuk research keyword anda bisa menggunakan google trends, google adword, keyword sugestion, atau keywordtool.oi. Anda bisa eksplor sendiri keyword apa yang lagi potensial banyak dicari oleh orang dan memang barang juga berkualitas.

Web penyedia dropship

Sekarang sudah banyak web yang menyedikan dropship sehingga anda bisa memanfaatkan web tersebut sebagai produsen. Web penyedia dropship seperti tokopedia, bukalapak, shoppe dan masih banyak lagi. Tentu hal ini memberikan kita keleluasaan untuk mencari produk yang akan kita jula berdasarkan research kata kunci tadi.

Pemasaran melalui sosial media

Setelah meneukan barang apa yang ingin dijual berdasarkan research keyword. Langka selanjutnya adalah pemasaran melalui media sosial milik kita sendiri. Kita bisa pasarkan melalui facebook, instagram juga youtube.

Anda bisa membuat gambar yang menarik dan sedikit menambahkan caption di status media sosial anda. Sehingga ada orang yang tertarik untuk mengklik dan bertanya kepada kita. Ketika ada orang yang mau order kita bisa arahin website produsen atau juga kita memesan barang di website dengan menggunakan alamat tujuan pembeli produk kita.

Pemasaran online ini ada dua macam ada yang gratis ada juga yang berbayar dengan beriklan. Tetapi untuk pemula kami sarankan untuk yang free dahulu. Jika telah menghasilkan Anda bisa memilih pemasaran berbayar.

Baca juga : Ingin Membangun Bisnis? Berikut Beberapa Tips Membangun Bisnis Plan

Manfaat Bisnis Dropshipping

Dropshipping adalah peluang bisnis yang sangat menguntungkan bagi pengusaha. Hal baiknya adalah tidak ada penghalang untuk masuk dan siapa pun yang memiliki sedikit atau tidak ada investasi dapat dengan mudah memasuki pasar.

Berikut adalah daftar manfaat toko dropshipping.

1. Anda bisa memulai bisnis dengan modal minim

Dalam dropshipping, Anda tidak perlu membayar di muka untuk produk. Jadi, Anda mungkin hanya akan membayar biaya hosting dan domain jika Anda membangun sebuah website atau toko online.

Karena Anda tidak memiliki persediaan berlebih, maka bisnis Anda tidak terlalu rentan kehilangan pendapatan.
Anda dapat menjual produk Anda sendiri bersama dengan produk terlaris di toko Anda.

2. Kenyamanan untuk Pemasok dan Toko Dropshipping

Dengan dropshipping, baik toko dropshipping tidak perlu khawatir tentang pengiriman dan pengemasan produk maupun pemasok tidak perlu khawatir tentang pemasaran dan promosi produknya dan keduanya meraup untung yang lumayan. Satu hal lagi, dropshippers dapat bekerja dengan banyak grosir sekaligus.

3. Lebih Mudah untuk Mengubah Skala dan Merombak Item yang Dijual

Karena toko dropshipping tidak memerlukan fasilitas penyimpanan dan sepenuhnya digital, maka penskalaannya lebih mudah.

Meskipun satu ceruk atau produk tidak laku, pemilik toko dropshipping dapat dengan mudah beralih ke produk dengan penjualan yang lebih baik.

4. Resiko Minimal

Toko dropshipping dapat dimulai secara gratis. Buat saja website dengan pemasaran yang menarikdan Anda siap melakukannya.

Bahkan jika Anda kehilangan toko, tidak dapat menskalakan bisnis atau mendapat untung dari bisnis ini, Anda dapat dengan mudah mundur tanpa risiko sama sekali.

Baca juga: Lingkungan Bisnis: Pengertian, Komponen, Fungsi dan Cirinya

Kelebihan dan kekurangan bisnis sistem dropship

Setiap model bisnis tentu memiliki banyak sekali kelebihan dan juga kekuarangan. Berikut adalah kelebihan dari bisnis sistem dropship ini:

  1. Modal yang dikeluarkan sangat kecil atau bahkan tanpa modal untuk membeli barang. Jika hanya siapkan kuota internet saja.
  2. Mudah dikerjakaan, bisnis ini sangat mudah dilakukan oleh siapa saja, baik yang sudah bekerja maupun yang belum bekerja. Sehingga akan menambah pengahasilan sampingan juga.
  3. Waktu kerja fleksibel, ini yang menyebabkan dropship bisa dilakukan oleh siapa saja, karena jamnya sangat fleksibel, tapi ingat meski fleksibel tapi kadang-kadang ada chat tidak tepat waktu, misalnya jam tidur. Itulah yang menyebabkan konsumen jarang membeli karena kita tidak respon cepat.
  4. Risiko kecil, tentu karena tanpa modal risiko yang ditimbulkan juga sedikit. Berbeda orang berjualan dengan cara biasa ia harus menyetok barang baru menjualnya sehingga jika barang tidak laku maka penjual mendapatkan kerugian yang besar.

Baca juga: Tips Membangun Bisnis Fashion Online yang Sukses dan Menguntungkan

Setelah membahas mengenai kelebihannya, sekarang kita akan bahas tentang kekurangannya:

  1. Memiliki pesaing yang sangat ketat, tentu karena bisnis ini mudah sehingga banyak sekali orang yang melakukannya.
  2. Mendapatkan keuntungan yang kecil, karena pesaingan yang ketat kita juga harus menyesuaikan dengan pasar, karena bisanya pendropship ini sering melakukan banting harga untuk mendapatkan konsumen. Namun hal ini tidak baik karena justru akan mengalami kerugian yang sangat banyak.
  3. Sangat sulit untuk mengecek stok barang yang tersedia, sehingga kadang barang sudah kosong masih tertera ready, ini juga akan mengurangi rasa percaya konsumen kepada kita. Namun untuk mengatasi hal tersebut adalah sering cek dan menyakannya di supiler.
  4. Sangat sulit untuk menerima komplain, karena konsumen akan langsung komplain pada dropshipper (para pelaku dropship), padahal para dropshipper ini tidak tahu permasalahannya dimana. Kadang konsumen juga akan bosan menunggu balasan produsen yang sibuk. Ini juga akan menghilangkan rasa kepercayaan konsumen ke produk kita.

peluang bisnis 2021 5

Siapa yang Cocok Menjalankan Bisnis Dropship?

Nah, setelah kita mengetahui kelebihan dan kekurangan bisnis dropshipping, sekarang saatnya mengetahui siapa saja yang cocok untuk menjalani bisnis ini.

Dropshipping bukanlah bisnis yang dapat dimulai oleh siapa pun. Menjaga fakta dalam fokus, kami telah menyusun daftar orang-orang yang akan lebih sukses dalam bisnis arbitrase online semacam ini.

Mari kita lihat beberapa di antaranya:

1. Pengusaha Pemula

Pengusaha pemula, mereka yang ingin memulai bisnis baru. Karena mereka benar-benar baru mengenal game startup, mereka akan kesulitan mempelajari prosesnya.

Tetapi hal baiknya adalah mereka bersemangat dan siap untuk memahami konsepnya. Menurut pendapat kami, para pemula ini dapat membawa bisnis dropshipping ke level yang benar-benar baru dengan cukup mudah.

2. Pengusaha Minim Anggaran

Pengusaha minim anggaran adalah ahli matematika. Mereka menghitung semuanya, termasuk untung dan rugi, dan menyimpan tolok ukur untuk kesuksesan berikutnya.

Dropshipping bisa menjadi bisnis yang ideal bagi mereka. Karena mereka akan mengerjakan detail terkecil dan membangun proses untuk menjaga arus kas tetap tinggi. Bagi mereka, ini semua tentang cara mendapatkan pendapatan pasif.

3. Pemilik Toko Ecommerce

Pemilik toko ecommerce adalah para profesional. Mengambil tantangan dropshipping tidak lain adalah seperti menambah keuntungan bagi bisnis mereka saat ini.

Mereka dapat dengan mudah memenangkan bisnis dropshipping karena mereka mengenal pelanggan mereka, pelanggan seperti apa yang bisa menjadi konversi, dan pasar yang ingin mereka targetkan. Mereka adalah penguasa game dropshipping.

4. Sebagai Sampingan

Pekerja sampingan memiliki pekerjaan tetap. Mereka hanya mencoba menghasilkan sedikit uang sampingan. Mereka siap mempelajari teknologi baru yang dapat menghasilkan lebih banyak uang.

Mereka mungkin memerlukan beberapa pelatihan di awal, tetapi setelah mereka mengetahui cara kerja seluruh proses dropshipping, mereka akan siap untuk menangani berbagai hal dengan tangan mereka sendiri.

Baca juga: Apa itu Bisnis Dropshipping dan Bagaimana Cara Memulainya?

Bisnis Dropship vs Affiliate Marketing 

Dropshipping dan pemasaran afiliasi atau Affiliate Marketing adalah dua model bisnis online yang menguntungkan, namun keduanya berbeda dan sering dianggap sama. Mari kita lihat perbedaan sebenarnya di antara keduanya.

Model Dropshipping

Dropshipping melibatkan pemasok, toko dropshipping, dan pelanggan. Pelanggan memesan produk dari toko dropshipping.

Toko dropshipping mentransfer detail pelanggan ke pemasok. Pemasok kemudian mengirimkan produk ke pelanggan. Toko dropshipping mendapat untung dengan menjual produk dengan harga lebih tinggi.

Misalnya, jika harga produk grosir adalah 150.000, toko dropshipping dapat menjualnya seharga 200.000 hingga  250.000 dan mendapatakan komisi dari selisih nilai jual yang sebenarnya

Poin-poin utama dalam bisnis dropship

  • Anda menetapkan harga Anda sendiri.
  • Anda dapat mulai menjual produk apa pun tanpa bermitra dengan produsen menggunakan Aliexpress, Ebay, dan Amazon.
  • Anda memperoleh penghasilan melalui arbitrase.

Pemasaran Afiliasi

Dalam pemasaran afiliasi, afiliasi menjual produk perusahaan yang dia pasarkan dengan komisi yang ditetapkan. Ada banyak program online yang tersedia untuk pemasaran afiliasi tetapi komisi biasanya ditetapkan oleh perusahaan yang produknya dijual oleh afiliasi.

Tidak seperti Dropshipping, pemasar tidak memiliki kebebasan untuk menetapkan harganya sendiri.

Hal baiknya adalah keduanya menguntungkan, gratis untuk memulai, dan orang-orang dapat berkarir di kedua jenis model pemasaran ini dengan kerja keras.

Poin-poin utama dalam Affiliate Marketing

  • Anda bekerja dengan komisi tetap.
  • Anda harus bergabung dengan program afiliasi atau bermitra dengan toko ecommerce.
  • Anda mendapatkan komisi dari jumlah produk yang terjual melalui referensi Anda.

Kesimpulan

Setelah Anda mengetahui tentang serba serbi bisnis dropship, hal yang harus Anda lakukan selanjutnya merencanakan untuk menjalankan bisnis ini dengan baik. Rencanakan semua poin penting dalam menjalankan bisnis ini seperti, pemasaran, supplier penyedia barang dropship, sampai pembukuan yang benar.

Mengenai pembukuan, tanpa pembukuan yang baik, akan bisa dipastikan setiap bisnis akan berakhir menyedihkan, temasuk bisnis dropship ini. Jika Anda kesulitan mengelola pembukuan dengan proses manual, Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online sebagai solusi pembukuan bisnis yang lebih mudah.

Baca juga : Memulai Bisnis Pulsa Besar Dengan Pembukuan Yang Benar

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang bisa Anda gunakan kapan kapan saja dan dimana saja. Telah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia, mulai dari UKM sampai perusahaan manufaktur besar.

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautatan pada gambar di bawah ini:

accurate 2 banner bawah