Dropship Adalah Bisnis yang Mudah? Mari Bahas lebih Jauh

Mengenal lebih jauh tentang Dropship

Dropship adalah cara bisnis yang menguntungkan di zaman sekarang. Dropship tidak mengharuskan kita untuk menyetok barang atau membeli barang dahulu yang mnegeluarkan moal yang besar. Bisnis dengan sistem ini bisa dikatakan bisnis yang tanpa mengeluarkan modal.

Droship juga merupakan pemasaran produk dimana penjual tidak perlu menyimpan barang yang dipasarkan, ketika ada konsumen yang order di penjual barulah penjual meneruskan order dan detail alamat pengiriman barang ke supplier atau produsen.

Bisnis dropship ini biasanya dilakukan secara online, walaupun ada juga yang melakukannya secara offline. Dropship secara online ini akan lebih mudah ketimbang offline. Karena jika online semua bisa menggunakan sistem yang kan otomatis, namun jika offline kita mesti manual juga bisa menunjukkan barang ke pembeli.

Keuntungan yang didapatkan dari bisnis dropship ini juga sangat besar bahkan hingga mncapai jutaan hingga ratusan juta perbulan. Hal ini tentu akan menggiurkan sekali, apalagi bisnis ini bisal dilakukan oleh semua kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga dan juga karyawan yang tidak mengganggu aktivitas bekerjanya.

Perkembangan teknologi juga sangat memicu perkembangan bisnis dropship ini, karena memudahkan kita untuk melakukan order juga melakukan transaksi dan juga penjualan. Semua sudah tersistem secara jelas. Sehingga kita sebagai penjual tidak akan tertipu begitu juga denga pembeli.

Baca juga : Mengenal Berbagai Bisnis Online Tanpa Modal Yang Bisa Anda Kerjakan

Cara Menjalankan Bisnis Dropship Yang Menguntungkan

Untuk memulai bisnis dropship tentu sangat mudah, anda tinggal persiapkan kuota internet. Setelah itu baru lah cari toko online yang menyediakan fitur dropship. Setelah menemukan toko online yang cocok yang juga menyediakan pembelian dengan dropship barulah kita pasarkan barang /jasa dari toko online terebut.

Pemasaran dari dropship ini tentu harus menggunaka teknik tak biasa karena dropship berbeda dengan metode bisnis konvensional. Untuk bisa mendapatkan keuntungan yang besar dari bisnis dengan dropship maka harus memperhatikan hal-hal berikut:

Research keyword

Walaupun kita bisnis menggunakan cara dropship, kita perlu juga melakukan research keyword karena sangat penting untuk menentukan barang apa yang ingin dipasarkan dan juga tren apa yang sedang terjadi sekarang ini.

Untuk research keyword anda bisa menggunakan google trends, google adword, keyword sugestion, atau keywordtool.oi. Anda bisa eksplor sendiri keyword apa yang lagi potensial banyak dicari oleh orang dan memang barang juga berkualitas.

Web penyedia dropship

Sekarang sudah banyak web yang menyedikan dropship sehingga anda bisa memanfaatkan web tersebut sebagai produsen. Web penyedia dropship seperti tokopedia, bukalapak, shoppe dan masih banyak lagi. Tentu hal ini memberikan kita keleluasaan untuk mencari produk yang akan kita jula berdasarkan research kata kunci tadi.

Pemasaran melalui sosial media

Setelah meneukan barang apa yang ingin dijual berdasarkan research keyword. Langka selanjutnya adalah pemasaran melalui media sosial milik kita sendiri. Kita bisa pasarkan melalui facebook, instagram juga youtube.

Anda bisa membuat gambar yang menarik dan sedikit menambahkan caption di status media sosial anda. Sehingga ada orang yang tertarik untuk mengklik dan bertanya kepada kita. Ketika ada orang yang mau order kita bisa arahin website produsen atau juga kita memesan barang di website dengan menggunakan alamat tujuan pembeli produk kita.

Pemasaran online ini ada dua macam ada yang gratis ada juga yang berbayar dengan beriklan. Tetapi untuk pemula kami sarankan untuk yang free dahulu. Jika telah menghasilkan Anda bisa memilih pemasaran berbayar.

Baca juga : Ingin Membangun Bisnis? Berikut Beberapa Tips Membangun Bisnis Plan

Kelebihan dan kekurangan bisnis sistem dropship

Setiap model bisnis tentu memiliki banyak sekali kelebihan dan juga kekuaranga. Berikut adalah kelebihan dari bisnis sistem dropship ini:

  1. Modal yang dikeluarkan sangat kecil atau bahkan tanpa modal untuk membeli barang. Jika hanya siapkan kuota internet saja.
  2. Mudah dikerjakaan, bisnis ini sangat mudah dilakukan oleh siapa saja, baik yang sudah bekerja maupun yang belum bekerja. Sehingga akan menambah pengahasilan sampingan juga.
  3. Waktu kerja fleksibel, ini yang menyebabkan dropship bisa dilakukan oleh siapa saja, karena jamnya sangat fleksibel, tapi ingat meski fleksibel tapi kadang-kadang ada chat tidak tepat waktu, misalnya jam tidur. Itulah yang menyebabkan konsumen jarang membeli karena kita tidak respon cepat.
  4. Risiko kecil, tentu karena tanpa modal risiko yang ditimbulkan juga sedikit. Berbeda orang berjualan dengan cara biasa ia harus menyetok barang baru menjualnya sehingga jika barang tidak laku maka penjual mendapatkan kerugian yang besar.

Setelah membahas mengenai kekurangannya, sekarang kita akan bahan tentang kelebihannya:

  1. Memiliki pesaing yang sangat ketat, tentu karena bisnis ini mudah sehingga banyak sekali orang yang melakukannya.
  2. Mendapatkan keuntungan yang kecil, karena pesaingan yang ketat kita juga harus menyesuaikan dengan pasar, karena bisanya pendropship ini sering melakukan banting harga untuk mendapatkan konsumen. Namun hal ini tidak baik karena justru akan mengalami kerugian yang sangat banyak.
  3. Sangat sulit untuk mengecek stok barang yang tersedia, sehingga kadang barang sudah kosong masih tertera ready, ini juga akan mengurangi rasa percaya konsumen kepada kita. Namun untuk mengatasi hal tersebut adalah sering cek dan menyakannya di supiler.
  4. Sangat sulit untuk menerima komplain, karena konsumen akan langsung komplain pada dropshipper (para pelaku dropship), padahal para dropshipper ini tidak tahu permasalahannya dimana. Kadang konsumen juga akan bosan menunggu balasan produsen yang sibuk. Ini juga akan menghilangkan rasa kepercayaan konsumen ke produk kita.

Kesimpulan

Setelah Anda mengetahui tentang serba serbi bisnis dropship, hal yang harus Anda lakukan selanjutnya merencanakan untuk menjalankan bisnis ini dengan baik. Rencanakan semua poin penting dalam menjalankan bisnis ini seperti, pemasaran, supplier penyedia barang dropship, sampai pembukuan yang benar.

Mengenai pembukuan, tanpa pembukuan yang baik, akan bisa dipastikan setiap bisnis akan berakhir menyedihkan, temasuk bisnis dropship ini. Jika Anda kesulitan mengelola pembukuan dengan proses manual, Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online sebagai solusi pembukuan bisnis yang lebih mudah.

Baca juga : Memulai Bisnis Pulsa Besar Dengan Pembukuan Yang Benar

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang bisa Anda gunakan kapan kapan saja dan dimana saja. Telah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia, mulai dari UKM sampai perusahaan manufaktur besar.

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.