Jastip Adalah Bisnis yang Mengasyikkan dengan Untung yang Besar, Ini Tipsnya!

Jastip adalah salah satu peluang bisnis yang selama beberapa tahun terakhir tengah diminati dan dijalankan oleh para generasi milenial. Kenapa bisa begitu? Bagaimana cara menjalankan bisnis jastip atau jasa titip ini?

Nah, untuk Anda yang tertarik dan berminat untuk menjalankan bisnis jastip, maka simaklah artikel ini hingga selesai agar Anda bisa lebih memahami bisnis jastip, nilai keuntungannya, dan cara menjalankannya dengan baik.

Apa Itu Jastip?

Jasa titip atau yang disingkat jadi jastip adalah suatu layanan informal yang ditawarkan oleh seseorang pada mereka yang ingin membeli suatu produk namun tidak bisa pergi ketempat yang diinginkan karena berbagai alasan tertentu.

Jastip adalah salah satu bentuk bisnis kekinian yang mana para pebisnis di dalamnya akan menawarkan bantuan pada mereka yang ingin membeli sesuatu saat dirinya sedang berada diluar negeri atau sedang berada di luar kota.

Contohnya ada seseorang yang berada di Korea Selatan, maka orang tersebut akan menawarkan jasa titip beli produk fashion atau kosmetik khusus yang hanya terdapat di Korea Selatan.

Umumnya, jastip dilakukan dengan promosi di media sosial seperti Facebook, Instagram, atau WhatsApp. Itu artinya, jasa ini biasanya dijalankan menggunakan smartphone dan juga media sosial.

Baca juga: Tertarik Usaha Fried Chicken? Baca Tips ini Dulu, yuk!

Berapa Keuntungan Bisnis Jastip?

Sebenarnya tidak ada angka keuntungan pasti dalam setiap menjalankan setiap kegiatan bisnis karena banyak faktor yang mempengaruhinya. Seperti faktor harga barang, ongkos kirim, tingkat kebutuhan pembeli dan masih banyak lagi.

Itu artinya, besar ataupun kecilnya keuntungan bisnis ini tergantung dari pebisnis jastip itu sendiri. Selain itu, bisnis ini juga membutuhkan perhitungan yang matang agar harga jasa titip yang ditawarkan tidak terlampau murah atau tidak terlalu mahal.

Beberapa Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Membuka Bisnis Jastip

Keuntungan yang bisa didapatkan dari menjalankan bisnis jastip ini sebenarnya tidak main-main bila Anda pintas dalam mengelolanya. Terlebih lagi bila Anda sangat menyukai travelling, maka bisnis ini akan sangat cocok untuk Anda jalankan.

Lalu, bagaimana cara memulai bisnis jastip? Apa saja yang harus dilakukan agar bisnis ini bisa berjalan dengan lancar? Beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam menjalankan bisnis jastip adalah berikut ini:

1. Memahami Seluk Beluk Jastip

Sebagai langkah awal, suatu hal yang sangat penting dan harus Anda lakukan dalam berbisnis jastip adalah memahami berbagai hal yang berhubungan dengan jastip itu sendiri. Anda harus mencobanya langsung dengan mengunggah beberapa foto di media sosial.

Lalu, Anda bias memperhatikan respon audiens pada postingan yang sudah Anda publish. Umumnya, para audiens akan langsung menanyakan harga, produk lain, atau hal lain yang menarik minatnya.

Harus selalu Anda ingat bahwa harga yang sudah Anda sebutkan wajib sesuai dengan harga aslinya. Lalu, Anda bisa mengambil keuntungan dari jasa ongkos kirim dan juga tarif dalam membeli produk tersebut. Tentunya, Anda juga harus mengetahui biaya dan cara mengirimkan barang tersebut, baik itu keluar negeri ataupun ke dalam negeri.

2. Menentukan Target Pasar

Setelah berhasil memahami berbagai hal terkait pajak pengiriman produk, Anda juga bisa menentukan target pasar yang ingin Anda sasar. Menentukan target pasar akan membantu Anda dalam melakukan promosi dan juga memperoleh pelanggan.

Contohnya Anda membuka jastip untuk skincare, maka target pasarnya adalah wanita dari usia remaja hingga wanita dewasa. Bila mereka puas dengan produk yang sudah Anda tawarkan, umumnya mereka bersedia menjadi pelanggan tetap Anda.

3. Rajin Melakukan Promosi

Seluruh bisnis akan selalu lekat dengan kegiatan promosi, termasuk bisnis jastip. Anda harus lebih sering menggunakan fitur hashtag yang ada pada media sosial agar bisnis jastip Anda terlihat dan dikenal oleh banyak audiens.

Rutinlah dalam memposting berbagai foto menarik dengan kualitas gambar terbaik. Selain itu, jangan sampai lupa untuk memberikan data kontan dan juga informasi lainnya agar para audiens bisa menghubungi Anda dengan mudah.

Dalam menjalankan bisnis ini, umumnya pembeli harus melakukan pembayaran di muka atau membayar uang muka lebih dulu. Tapi, khusus untuk pelanggan tetap, Anda bisa menalanginya terlebih dahulu agar mereka bisa mendapatkan layanan khusus dari Anda.

4. Mengatur Waktu Dengan Baik

Salah satu kunci sukses dari menjalankan bisnis jastip adalah mengatur waktu, baik itu dari mulai promosi, belanja, membalas chat, hingga mengirimkan produk tersebut ke pelanggan. Anda harus bisa menangani seluruhnya dengan baik agar usaha jastip Anda berjalan dengan lancar.

Salah satu cara untuk mengatur waktu jastip adalah dengan membuat jadwal belanja yang teratur. Pastikanlah agar konsisten pada jadwal yang sudah dibuat. Sehingga, pelanggan pun akan merasa puas dan percaya dengan jasa yang Anda tawarkan.

5. Profesional Dalam Menghadapi Konsumen

Umumnya, bisnis jasa akan mengandalkan komunikasi yang baik dengan konsumen, tidak terkecuali dengan bisnis jastip. Terdapat banyak sekali jenis pembeli yang harus Anda hadapi nantinya. Bagaimanapun sikap konsumen terhadap Anda, Anda harus bisa tampil secara profesional.

Sebagai seorang pebisnis, Anda harus mampu menghadapi seluruh pelanggan dengan sopan, ramah, dan baik agar mereka senang ketika memesan produk dari Anda. Selain itu, Anda juga harus berhati-hati ketika membelanjakan uang. Jangan sampai ada satupun barang yang terlewatkan atau salah membeli.

Produk Justip Paling Laris Di Indonesia

1. Camilan

Camilan atau makanan khas dari beberapa negara selalu menarik untuk dicoba banyak orang. Terlebih lagi setiap negara atau daerah tentu mempunyai cita rasa dan camilan khasnya tersendiri. Umumnya, kue seperti biskuit, permen, cokelat, sampai makanan bayi adalah makanan khas yang banyak dipesan.

Namun, Anda harus memastikan bahwa makanan yang dipesan oleh audiens itu tahan lama bila memang berasal dari daerah yang cukup jauh.

2. Skin Care

jenis barang selanjutnya yang paling sering di jastip adalah produk skin care. Banyak yang berpikir bahwa harga skin care dari negara asalnya, seperti Korea dan Jepang justru lebih murah bila membelinya langsung di Indonesia. Selain itu, varian skin care dari negara asal juga sangat banyak dan kemungkinan belum masuk di Indonesia.

3. Make Up

selain skincare, barang lain yang favorit lain yang sering di jastip adalah make up. Harga make up pun bervariasi, mulai dari ratusan ribu, sampai dengan jutaan rupiah. Mulai dari make up yang bisa digunakan sehari-hari, hingga make up yang banyak digunakan oleh para profesional sampai artis ternama.

Selain itu, peralatan makeup juga menjadi produk yang seiring dititip. Walaupun sebenarnya produk ini bisa dibeli secara online, namun banyak juga yang mengeluhkan biaya ongkir yang dibebankan pada pelanggan. Untuk itu, banyak orang yang lebih memilih menggunakan jasa titip.

4. Sepatu

Produk fashion  seperti sepatu pun masuk dalam daftar barang yang banyak dipesan dengan jastip. Mungkin di beberapa kota besar Anda bisa menemukan sepatu dengan merk tertentu, tapi hal tersebut tidak bisa ditemukan di seluruh daerah secara lengkap.

Oleh karena itu, banyak orang yang membelinya secara online atau via jastip. Terdapat beberapa alasan tertentu kenapa banyak orang yang lebih memilih menggunakan jastip daripada online. Dengan menggunakan jasa personal shopper, mereka bisa lebih mengetahui ukuran pasti, warna, dan juga berbagai bahan lain daripada melihatnya di internet.

5. Tas

selain sepatu, produk fashion yang paling banyak di jastip adalah tas. Seringkali beberapa tas dari merk ternama tidak masuk di Indonesia, walaupun ada jumlahnya sangat terbatas. Selain itu, harga yang ditawarkan di daerah asalnya bisa lebih murah daripada harga yang sudah masuk ke negeri lain.

Baca juga: Jualan Jus Buah Dengan Modal 5 Jutaan? Ini Tipsnya!

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang jastip, potensi keuntungan, tips menjalankannya, dan beberapa produk yang banyak di jastip. Saat ini, bisnis ini sudah banyak digemari, baik itu berbelanja di luar negeri ataupun di luar kota di Indonesia.

Jadi, bila Anda mempunyai kesempatan dan juga kemampuan untuk menjalankan bisnis jastip, maka Anda bisa mencobanya sendiri. Tapi, jangan lupa untuk mencatat setiap arus kas bisnis Anda dengan rapi dan akurat. Kenapa, karena laporan tersebut akan menentukan nilai keuntungan Anda nantinya dan memudahkan Anda dalam mengelolah keuangan bisnis jastip.

Bila Anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk mencatat laporan arus kas atau laporan keuangan lainnya, maka Anda bisa menggunakan software akuntansi Accurate Online.

Software akuntansi ini sudah dilengkapi dengan tampilan dashboard yang sederhana dan teknologi cloud computing, sehingga Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara mudah, cepat, dan akurat di mana saja serta kapan saja Anda memerlukannya.

Tertarik? Anda bisa mencoba Accurate Online terlebih dahulu selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini. accurate 3 banner bawah