Market Growth Adalah Hal yang Harus Diperhitungkan Oleh Perusahaan, Ini Pentingnya!

Pertumbuhan pasar atau market growth adalah persentase perkembangan ukuran pasar dalam periode tertentu. Hal tersebut ditandai dengan nilai total penjualan oleh seluruh perusahaan yang ada di pasar.

Untuk itu, market growth adalah suatu faktor yang sangat penting untuk diperhatikan dalam membuat rencana dan strategi pemasaran.

Lalu, Apa pengertian market growth yang sebenarnya? Apa perannya untuk perusahaan? Dapatkan jawabannya dengan membaca artikel tentang market growth di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Market Growth

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, market growth adalah suatu perkembangan ukuran di pasar yang dihitung dengan nilai persentase untuk periode waktu tertentu.

Saat suatu perusahaan memasuki pasar baru, maka tingkat perkembangan dan prospek perusahaan harus dijadikan pertimbangan utama. Perusahaan tidak boleh hanya melihat market growth saja. Jika market growth besar namun perkembangannya rendah, maka kemungkinan besar sangat tidak layak.

Hal tersebut menunjukkan bahwa pasar yang matang memiliki tingkat persaingan yang ketat dan mempunyai potensi yang kecil untuk bisa mendapatkan laba.

Pertumbuhan pasar juga bisa berdampak pada intensitas persaingan di pasar. Mereka harus memperhatikan pelanggan dari pesaing untuk bisa mendapatkan pertumbuhan yang positif dan meningkatkan pangsa pasarnya.

Baca juga: Consumer Insight Adalah: Pengertian dan Cara Memaksimalkannya

Peran Penting Market Growth

Perusahaan harus bisa mempertimbangkan market growth saat ingin menetapkan target dan membuat strategi pemasaran yang ampuh. Hal tersebut akan menjadi dasar untuk melakukan evaluasi kinerja produk di pasar.

Selanjutnya, manajemen juga bisa melihat perkembangan pasar sebelum memasuki pasar tersebut. Pasar dengan tingkat market growth yang tinggi lebih disukai karena perusahaan bisa memiliki potensi yang besar dalam menghasilkan uang.

Baca juga: ARR Adalah Cara Tepat Untuk Mengevaluasi Perkembangan Bisnis, Ini Caranya!

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Pasar

Beberapa faktor yang bisa mempengaruhi pertumbuhan pasar atau market growth adalah sebagai berikut:

1. Pertumbuhan Populasi

Faktor pertama yang mempengaruhi market growth adalah peningkatan populasi, karena hal tersebut bisa meningkatkan jumlah pelanggan. Saat jumlah populasi semakin tinggi, maka akan lebih banyak konsumen yang ingin membeli produk.

Untuk itu, perusahaan biasanya akan menargetkan beberapa negara yang memiliki populasi besar dengan populasi usia produktif yang besar.

Selain karena daya belinya yang cenderung lebih tinggi, penduduk yang masih memiliki usia produktif juga akan bisa memberikan dampak pada perusahaan kedepannya.

2. Pertumbuhan Ekonomi

Faktor selanjutnya yang bisa mempengaruhi market growth adalah pertumbuhan ekonomi. Hal ini akan memberikan dampak pada pendapatan konsumen yang mana pada gilirannya nanti akan mempengaruhi pendapatan yang akan mereka keluarkan.

Walaupun pasar mempunyai basis konsumen yang tinggi, bila mereka mempunyai uang yang sedikit, maka permintaan produk pun nantinya akan lebih sedikit, sehingga penjualan perusahaan pun akan sedikit.

Selain itu, saat ini prospek pekerjaan dan pendapatan rumah tangga pun cenderung lemah, sehingga membuat masyarakat lebih banyak yang memilih untuk menabung daripada membelanjakan uangnya untuk membeli produk barang dan jasa.

Sebaliknya, selama perkembangan ekonomi makmur, maka kebanyakan orang akan banyak mendapatkan pendapatan. Mereka tidak akan segan untuk membelanjakan uangnya untuk membeli produk atau jasa. Hal tersebut akan membuat pertumbuhan pasar ke arah yang positif.

3. Selera Konsumen

Saat selera konsumen mengalami perubahan, maka permintaan produk pun akan berubah. Contohnya, saat ini lebih banyak konsumen yang sadar akan makanan sehat. Hal ini akan membuat permintaan makanan organik meningkat, dan membuat pasar bisa menikmati perkembangan yang cepat.

Di lain hal, tren ini akan mengurangi perkembangan pasar junk food. Bahkan saat ini banyak restoran cepat saji yang rela mengubah menu makan mereka dengan makanan yang lebih kaya akan nutrisi.

4. Produk Pengganti

Saat ada produk pengganti muncul dan mampu memberikan kepuasan yang lebih baik, maka pelanggan akan beralih ke produk tersebut dan akan mengurangi permintaan untuk produk yang lain. Dampaknya bahkan bisa seperti yang terjadi dalam produk teknologi.

Contohnya seperti saat muncul smartphone layar sentuh yang diperkenalkan oleh Apple dan Samsung, banyak konsumen yang tertarik dan membuat mereka beralih dari ponsel tombol ke ponsel layar sentuh.

5. Tingkat Penetrasi Pasar

Tingkat perkembangan pasar juga akan tergantung dari tingkat penetrasi pasar. Hal ini akan menginformasikan pada Anda tentang berapa banyak pelanggan yang sudah menggunakan produk, relatif pada total pelanggan potensial, dan akan dinyatakan dalam bentuk persentase.

Jika ternyata produk tersebut mampu menjangkau konsumen yang banyak, tingkat perkembangannya akan cenderung lebih rendah dan akan membuat pasar jenuh, karena sebagian konsumen sudah memiliki produk tersebut.

Contohnya saja seperti penjualan mesin cuci di berbagai negara maju. Tingkat penjualannya tidak mengalami peningkatan setiap tahun karena memang sebagian besar rumah tangga sudah memiliki mesin cuci. Sehingga, pembelian baru akan lebih didorong oleh pembelian pengganti mesin cuci yang sudah lama.

Dalam kondisi seperti ini, maka perusahaan akan cenderung mengalami kesulitan untuk meningkatkan penjualan. Sebagai gantinya, mereka hanya akan mengandalkan pembelian berulang, atau mereka juga bisa merebut pelanggan dari kompetitor agar bisa menumbuhkan basis pelanggan dan juga penjualan mereka, atau lebih intensif pada persaingan di pasar.

Sebaliknya, bila tingkat penetrasinya rendah, maka tingkat perkembangannya akan cenderung lebih tinggi. Hal tersebut dikarenakan sebagian besar konsumen belum membeli produk tersebut. Sehingga, perusahaan bisa meningkatkan penjualan karena mendapatkan pelanggan baru.

Baca juga: Probabilitas Bersyarat, Cara Dalam Menentukan Strategi Perusahaan

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang market growth. Jadi, market growth adalah suatu perkembangan ukuran di pasar yang dihitung dengan nilai persentase untuk periode waktu tertentu. Sehingga, Anda bisa menentukan strategi pemasaran yang tepat.

Namun, untuk menerapkan strategi pemasaran yang tepat tentu akan memerlukan anggaran pemasaran dan anggaran tersebut harus dikelola dengan baik.

Kabar baiknya, Anda bisa dengan mudah mengelola anggaran pemasaran dan anggaran lainnya bila menggunakan Accurate Online.

Aplikasi bisnis dan akuntansi ini akan membantu Anda dalam mengelola keuangan dengan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan. Bahkan, di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul luar biasa yang mampu meningkatkan efisiensi bisnis Anda.

Tunggu apa lagi? Klik tautan gambar di bawah ini untuk langsung mencoba Accurate Online selama 30 hari, Gratis!

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.