Tertarik Membangun Bisnis Retail? Baca ini sebelum Memulainya
Membangun bisnis retail adalah langkah yang menarik dan berpotensi menguntungkan. Tapi sebelum Anda memulainya, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan.
Bisnis retail melibatkan sejumlah faktor kunci yang perlu Anda pahami, perencanaan yang matang, serta kesiapan untuk bersaing di pasar yang sering kali kompetitif.
Berkecimpung di dunia usaha memiliki prospek masa depan yang cerah. Apalagi para pelaku usaha bisa dengan mudah mendapatkan modal pinjaman dari pemerintah dan swasta melalui lembaga jasa keuangan.
Kemudahan mendapatkan modal inilah yang membuat banyak orang beralih untuk membuka usaha. Salah satu bisnis yang banyak dilirik adalah bisnis retail.
Tertarik untuk membangun bisnis ini? Yuk, baca ini sebelum memulainya.
Daftar Isi
Definisi Bisnis Retail
Retail, atau dalam bahasa Indonesia sering disebut sebagai “ritel,” adalah proses penjualan barang atau layanan kepada konsumen akhir dalam jumlah kecil.
Bisnis retail melibatkan perantara antara produsen atau distributor dengan konsumen akhir. Ini adalah titik akhir dalam rantai pasokan yang berfokus pada mendekati pelanggan akhir.
Dikutip dari Wikipedia, Bisnis ritel adalah penjualan barang dan jasa kepada konsumen, berbeda dengan grosir yang merupakan penjualan kepada pelanggan bisnis atau institusi.
Bisnis retail bisa didefinisikan sebagai sebuah kegiatan menjual barang atau produk secara satuan atau eceran dan produk-produk tersebut biasanya langsung ditujukan kepada konsumen akhir untuk digunakan secara pribadi dan bukan bisnis.
Baca juga : Berencana Mendirikan Bisnis? Bisnis Kue Kering bisa Menjadi Pilihan
Persiapan untuk Memulai Bisnis Retail
Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis retail, berikut ini adalah beberapa persiapan yang harus diperhatikan sebelum memulainya.
1. Pastikan memiliki cukup modal
Persiapan yang harus Anda lakukan untuk memulai usaha retail adalah memastikan bahwa Anda memiliki cukup modal.
Modal ini biasanya meliputi biaya pembelian produk, biaya sewa toko, biaya air dan listrik, biaya pengiriman, biaya pemasaran, dan gaji karyawan.
Jika Anda memiliki modal yang minim, Anda bisa memulai dengan menjual barang secara online di berbagai marketplace.
2. Tentukan produk yang dijual
Persiapan selanjutnya adalah menentukan produk yang akan dijual. Anda bisa memilih produk yang sesuai dengan hobi dan minat. Selain itu, pemilihan produk harus sesuai dengan permintaan pasar.
Untuk mendapatkan produk yang dijual, Ada harus mencari supplier yang menjual produk dengan harga terjangkau sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan produk tersebut.
Baca juga : 9 Tips Membangun Bisnis Rumah Makan yang Sukses & Menguntungkan
3. Pilih lokasi yang tepat
Langkah mempersiapkan usaha retail selanjutnya adalah memilih lokasi yang tepat. Lokasi sebaiknya dekat dengan pelanggan Anda.
Tujuannya agar para pelanggan bisa datang ke tempat Anda untuk membeli produk secara langsung.
4. Kenali konsumen yang ditargetkan
Salah satu persiapan dalam memulai bisnis retail adalah mengenali konsumen target. Lakukan riset terhadap calon konsumen dan pelajari juga tentang kompetisi pasar.
Tujuannya agar Anda mengenal siapa kompetitor, beserta kelebihan dan kekurangannya. Selain itu, Anda bisa membuat rencana pemasaran dan penjualan yang lebih efektif dan unggul daripada kompetitor-kompetitor lainnya.
5. Rekrut karyawan yang memiliki kualifikasi bagus
Jika Anda membuka bisnis retail yang besar, pastikan Anda merekrut calon karyawan untuk menjaga dan menjalankan usaha.
Lakukan sendiri pemilihan dan penyeleksian calon karyawan. Setelah menemukan calon karyawan yang tepat, beri mereka pelatihan tentang penggunaan teknologi, pelayanan, pemasaran, kepribadian, hingga product knowledge.
6. Pilih supplier yang dapat dipercaya
Memilih supplier yang dapat dipercaya untuk memenuhi kebutuhan produk Anda sangatlah penting. Pastikan supplier yang dipilih bisa dipercaya dan cakap.
Supplier yang cakap dan andal tidak hanya menawarkan harga murah, namun memberikan layanan yang efisien dan menawarkan berbagai produk yang berkualitas baik.
Supplier yang andal akan merespons customer-nya secara cepat, memberikan jawaban ketersediaan produk, serta melakukan pengiriman dengan tepat waktu.
Selain itu, Anda bisa mempertimbangkan penggunaan sistem pembelian untuk memudahkan Anda menemukan supplier yang tepat.
Baca juga : 10+ Contoh Wirausaha dengan Modal Kecil namun Untung Besar
7. Lakukan promosi secara intensif dan kreatif
Agar banyak pelanggan mengenal toko baru Anda, pastikan Anda melakukan promosi secara intensif dan kreatif. Promosi bisa dilakukan dengan memberikan potongan harga pada hari pertama toko dibuka atau membagikan voucer dan suvenir untuk pembeli pertama. Manfaatkan penggunaan media sosial untuk untuk melakukan promosi.
8. Catat Setiap Pengeluaran dan Pemasukan
Bisnis retail, terutama jenis barang, adalah bisnis yang sangat lekat dengan pengelolaan stok yang ketat, oleh sebab itu penting bagi Anda untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan. Tidak hanya pencatatan keuangan, pencatatan ini juga berlaku untuk stok yang Anda jual.
Hal ini dilakukan agar stok Anda tidak menumpuk yang akan menyebabkan kerusakan barang atau kekurangan stok sehingga Anda tidak bisa memenuhi kebuutuhan pelanggan yang secara langsung akan berdampak pada reputasi bisnis Anda
Baca juga: Apa itu Konsep Bisnis? Ini Pengertian dan Fungsinya!
Kesimpulan
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa bisnis retail berhubungan dengan sistem penjualan barang dan jasa secara eceran dan biasanya langsung ditujukan kepada konsumen akhir untuk digunakan secara pribadi.
Jika Anda tertarik memulai usaha retail, lakukan berbagai persiapan di atas agar toko Anda bisa segera beroperasi.
Lakukan juga pembukuan untuk mencatat segala proses transaksi, pencatatan stok, penjualan, dan juga pembelian.
Jika kesulitan dengan pembukuan manual, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur terlengkap yang bisa memenuhi kebutuhan pembukuan bisnis Anda seperti Software Akuntansi dan Bisnis Accurate Online.
Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang bisa digunakan kapan saja, dimana saja dan dikembangkan sejak 20 tahun yang lalu. Memiliki fitur terlengkap dan harga yang terjangkau bagi semua jenis bisnis.
Anda dapat merasakan kemudahan proses pembukuan, penghitungan penggajian, otomatisasi perpajakan, penghitungan aset, dan kemudahan mendapatkan lebih dari 100 jenis laporan keuangan bisnis untuk memudahkan perencanaan bisnis Anda.
Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online untuk pembukuan bisnis retail Anda secara gratis selama 30 hari melalui klik gambar di bawah!