Berencana Mendirikan Bisnis? Bisnis Kue Kering bisa Menjadi Pilihan

Sedang berencana mendirikan bisnis? Jika iya, Anda bisa menjadikan bisnis kue kering sebagai pilihan utama. Kenapa? Karena ternyata bisnis ini menawarkan banyak keuntungan dan kemudahan, terutama bagi Anda yang masih pemula. Tertarik untuk mengetahui seluk beluk bisnis kue ini lebih lanjut? Yuk, simak ulasannya.

Mengapa Harus Bisnis Kue Kering?

Kue kering adalah jenis cemilan dan panganan yang sangat umum sebagai suguhan bagi para tamu, terutama di Indonesia. Bisnis kuliner ini memiliki peluang berkembang dari waktu ke waktu, telebih di tengah era media sosial seperti ini. Lalu apa alasan Anda harus membangun bisnis ini? Berikut adalah alasannya :

Hanya Perlu Sedikit Modal

Bisnis kue kering dapat dimulai dengan modal kecil sehingga Anda tidak perlu pusing memikirkan modal awal. Bahkan, Anda bisa membuat sampelnya terlebih dahulu, mendokumentasikan dengan baik dan menarik, lalu mempromosikannya.

Ketika ada pesanan, mintalah pembayaran di muka, sehingga Anda tinggal membuat kue kering berdasar pesanan tersebut. Hal ini dapat Anda lakukan jika modal Anda benar-benar terbatas.

Jika Anda memiliki modal yang cukup lumayan, Anda bisa membuat kue kering ready stock lalu menitipkannya di berbagai toko.

Baca juga : 9 Tips Membangun Bisnis Rumah Makan yang Sukses & Menguntungkan

Tidak Perlu Sewa Tempat

Keunggulan bisnis kue kering yaitu tidak perlu sewa tempat. Jadi, Anda bisa mengolahnya sendiri di rumah. Alat-alat yang digunakan pun dapat menggunakan alat seadanya. Selama Anda kreatif dan berkomitmen menjamin rasa dalam proses pembuatannya, kue kering Anda akan tetap diminati.

Target Market Luas

Hampir semua kalangan menyukai kue kering. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa menyukai kudapan yang satu ini. Kue kering juga menjadi salah satu hidangan utama yang perlu disajikan saat perayaan hari besar agama, seperti Idul Fitri dan Natal.

Hal ini membuat target market atau pangsa pasar bisnis kue kering ini sangat luas. Ditambah lagi jika ada pesta atau acara lainnya yang membutuhkan kue kering sebagai suguhan atau suvenir, maka pesanan Anda akan semakin melimpah.

Laba Bisnis Kue, Semanis Rasanya

Bisnis kue kering juga tergolong jenis bisnis beresiko rendah namun dapat menghasilkan pundi-pundi laba yang menggiurkan. Biaya produksi kue kering terbilang terjangkau. Saat kue kering sudah jadi, apalagi jika tampilannya menarik, kue tersebut dapat dijual berkali-kali lipat dibanding harga produksinya.

Baca juga : Mengetahui Tips Membangun Bisnis Mainan Anak untuk Pemula

Tips Memulai Bisnis Kue Kering

Setelah kita mengetahui beberapa alasan mengapa usaha kue kering tergolong bisnis yang menjanjikan. Selanjutnya, bagaimana cara agar bisnis ini berjalan lancar dan selalu menguntungkan? Simak beberapa tip berikut:

1. Rencanakan Anggaran

Anda perlu membuat rencana anggaran sebelum memulai bisnis kue ini. Rencana yang matang dapat membantu bisnis Anda berjalan lancar. Catat setiap rencana pengeluaran utama yang akan terjadi dan potensi pemasukan yang Anda terima saat Anda membuat sejumlah kue yang telah Anda produksi.

Ingatlah, selain melakukan anggaran, Anda juga harus melakukan pembukuan untuk memantau arus keuangan dalam bisnis secara menyeluruh. Lakukan pembukuan manual jika Anda baru memulai bisnis, jika Anda sudah memiliki banyak transaksi, suplier, pelanggan, dan varian produk, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang mudah digunakan, fitur terlengkap, dan harga terbaik seperti Accurate Online.

2. Gunakan Bahan yang Berkualitas

Bisnis kue kering merupakan bisnis yang salah satu kunci suksesnya terletak pada rasa. Saat konsumen merasakan rasa yang nikmat saat menyicipinya, tentu mereka akan kembali mencari kue buatan Anda. Untuk mendapatkan rasa yang nikmat dan lezat, Anda perlu menggunakan bahan-bahan yang berkualitas dalam proses produksinya.

3. Gunakan Kemasan yang Menarik

Selain rasa kue kering yang dapat diandalkan, kemasan atau packagingnya juga harus menarik. Kemasan yang unik dapat membuat konsumen tertarik untuk membelinya.

4. Lakukan Inovasi

Di luaran, orang yang berbisnis seperti Anda tentu juga tidak sedikit. Oleh karena itu, Anda harus rajin berinovasi agar kue kering Anda memiliki nilai lebih di mata pelanggan. Kue yang unik dengan bentuk kekinian dengan raza yang lezat tentu dapat membuat bisnis kue kering Anda semakin diminati.

5. Tetapkan Harga yang Pantas

Tetapkan harga yang tepat untuk pangsa pasar Anda. Harga yang tepat menjadi salah satu faktor penting bagi kesuksesan bisnis kue Anda.

6.Gencar Promosi

Anda dapat mempromosikan usaha kue kering Anda melalui media sosial atau lainnya untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas.

Baca juga : 10 Peluang Bisnis di Tahun 2020 yang Mudah untuk Dikembangkan

Kesimpulan

Bisnis kue kering merupakan bisnis yang menjanjikan karena pangsa pasarnya cukup luas. Bisnis ini tergolong mudah dilakukan dan tidak membutuhkan modal yang besar. Rasa yang lezat, kemasan yang menarik, harga yang pantas, dan promosi yang efektif merupakan kunci sukses berbisnis di bidang ini.

Seperti yang telah kami jabarkan diatas, pembukuan adalah hal utama yang harus Anda lakukan jika Anda ingin membuat bisnis kue kering Anda tumbuh jauh lebih besar. Dengan pembukuan benar Anda bisa membuat rencana bisnis yang matang berdasarkan laporan keungan yang aktual pada bisnis Anda.

Baca juga : 10 Peluang Industri Pariwisata dan Tips Mengembangkannya

Untuk memudahkan itu semua, Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online sebagai solusi kemudahan segala proses pembukuan Anda.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang bisa digunakan kapan saja dan dimana saja. Memiliki fitur terlengkap, mudah digunakan, dan dengan harga terjangkau telah menjadikan Accurate Online peraih Top Brand Award sejak tahun 2016 sampai sekarang.

Bergabunglah bersama 300 ribu pengguna Accurate Online dari segala jenis bisnis dengan mencoba secara gratis selama 30 hari melalui link ini.