Tips untuk Mengembangkan Barbershop Sukses di Kota Semarang

Jika Anda adalah pemilik berbershop atau orang yang berencana membuka usaha barbershop di kota Semarang, selamat, Anda telah memilih jenis usaha yang tepat. Membangun bisnis di kota besar seperti Semarang memang memiliki keuntungan, terutama barbershop.

Ramainya kota dan tuntutan untuk tetap rapi bagi para pria menjadikan bisnsi barbershop di kota Semarang menjadi salah satu bisnis yang memiliki potensi yang besar, telebih saat ini perawatan pada pria dia barbershop telah menjadi gaya hidup.

Faktanya: Tidak hanya wanita, industri perawatan pria adalah industri yang berkembang pesat. Kebutuhan dan tren perawatan pria telah meningkat sejak 2013 dan industri ini diperkirakan bernilai $ 29,4 miliar pada tahun 2024.

Semua ini menunjukan bahwa tahun yang akan datang adalah waktu yang tepat untuk memulai dan menjalankan sebuah barbershop di kota Semarang

Tetapi bagaimana tepatnya Anda bisa melakukannya dengan sukses?

Untuk menjawab itu, kami telah bertemu dengan pemilik dan ahli barbershop dan meminta mereka untuk berbagi tips terbaik dalam pengembangan barbershop mereka. Berikut adalah beberapa tipsnya:

1. Bersikap Konsisten

Salah satu tips membangun barbershop terbaik yang telah kami pelajari adalah untuk tetap konsisten. Mampu memberikan layanan hebat yang sama kepada pelanggan Anda adalah hal yang sangat penting untuk keberhasilan bisnis Anda.

Bersikaplah konsisten karena rambut akan tumbuh kembali, dan ketika itu terjadi, orang-orang kembali keb barbershop Anda dan menggunakan layanan yang sama. Jadi konsistensi pelayanan adalah hal yang utama dan pelanggan tahu mereka akan mendapatkan hasil yang sama setiap saat.

Jadi bagaimana Anda bisa tetap konsisten?

Salah satu caranya adalah dengan melatih keahlian dan keterampilan Anda secara teratur. Semakin banyak Anda berlatih, semakin baik Anda merawat dan melayani pelanggan Anda, dan hal tersebut dapat memastikan bahwa Anda dapat memberikan tingkat keterampilan dan layanan yang sama setiap saat.

Dari sudut pandang manajemen bisnis, Anda dapat tetap konsisten dengan membuat standarisasi dalam proses Anda. Dokumentasikan prosedur dan praktik dalam bisnis, lalu sampaikan kepada staf Anda sehingga mereka juga dapat menawarkan pengalaman yang sama kepada setiap klien.

Baca juga : New Normal pada Bisnis : Hal Apa Saja yang harus Diperhatikan?

2. Cintai uang Anda Lakukan dan Tetap Termotivasi

Sama seperti dengan bisnis apa pun, menjalankan barbershop tentu mengalami banyak pasang surut. Beberapa hari Anda akan mendapatkan banyak keuntungan, sementara hari lain Anda akan membutuhkan lebih banyak usaha dan energi.

Sebagai solusi untuk melakukan pemantauan, pencatatan, pengelolaan keuangan dalam usaha barbershop Anda, ada baiknya Anda menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur yang barbershop Anda butuhkan untuk memantau keadaan finansial bisnis Anda secara realtime seperti Accurate Online yang bisa Anda coba secara gratis selama 30 hari melalui tautan ini.

Untuk menjadi sukses, Anda harus melalui semua ini, dan dengan melalui hal itu Anda akan benar-benar mencintai apa yang Anda lakukan dan menemukan motivasi yang kuat.

Dengan kata lain: berusahalah untuk menemukan “mengapa” Anda memilih untuk membuka barbershop di Semarang.

Perjelas tujuan dan motivasi Anda dan gunakan untuk memacu semangat Anda.

Anda harus suka melakukan apa yang akan Anda lakukan. Bayangkanlah, Anda mampu mengubah tampilan seseorang dengan satu kali potong rambut dan memberi mereka senyum di wajah mereka akan membuat Anda senang.

Seseorang mungkin datang ke barbershop Anda untuk potong rambut sebelum pergi mencari pekerjaan, dan mereka kembali untuk memberi tahu Anda bahwa dia telah diterima di tempat yang dia mau. Anda tahu, membuka dan menjalani bisnsi barbershop akan berpotensi mengubah kehidupan seseorang. Akan ada cerita yang selalu bisa Anda pelajari

Baca juga : Solvabilitas adalah Hal Penting dalam Bisnis. Berikut Pengertian, Jenis dan Manfaatnya

3. Buat Pengalaman Terbaik untuk Pelanggan

Mendapatkan potongan rambut atau bercukur bukan satu-satunya alasan pria mengunjungi barbershop. Seperti yang saya katakan diatas, saat ini perawatan pria telah menjadi gaya hidup, mereka melakukannya karena mereka menghargai pengalaman yang mereka dapatkan di barbershop Anda.

Itu sebabnya Anda harus terus-menerus menemukan cara untuk meningkatkan layanan Anda dan memastikan bahwa klien Anda bersenang-senang di barbershop Anda.

Untuk menumbuhkan bisnis, Anda perlu mengetahui cara membawa layanan terbaik kepada pelangaan.

Beberapa ide yang bisa Anda teraplan adalah seperti Anda bisa mencoba untuk menjual alat atau barang barang yang masih berhubungan dengan perawatan pria.

Ingatlah, bahwa banyak pria bosan menunggu. Untuk memeberikan pengalaman terbaik, Anda bisa menyediakan game console di ruang tunggu agar mereka tidak bosan. Atau menyediakan kopi dengan kualitas terbaik lengkap dengan wifi untuk membuat merela lebih nyaman. Kenakan harga yang pantas untuk semua layanan yang diberikan.

Untuk meminimalisir pelanggan yang menunggu terlalu banyak, Anda bisa mencoba untuk menggunakan layanan telepon atau perpesanan instan yang memudahkan pelanggan bertanya terlebih dahulu sebelum ke barbershop Anda. Pastikan juga barbershop Anda selalau dalam keadaan bersih

Ingatlah yang terpentin adalah fokus pada setiap pelanggan yang datang ke barbershop Anda. Jika Anda fokus pada pengalaman mereka dan selalu memberikan hasil terbaik, maka hasilnya adalah mereka akan menjadi pelanggan tetap.

Baca juga : Tertarik Membangun Usaha Kontraktor? Berikut 11 Tips Agar Anda Berhasil

barbershop semarang 1

4. Memiliki Kepribadian yang Unik dan Menyenangkan

Kunci lain untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang baik dan sulit dilupakan terletak pada kepribadian Anda. Jangan takut untuk membiarkan karakter Anda berjalan seperti apa adanya ketika berinteraksi dengan pelanggan Anda. Berusahalah untuk menjadi diri sendiri namun tetap menyenangkan dan profesional.

Menjadi orang baik, secara umum, juga penting karena orang tertarik pada orang baik, dan menjadi ramah, bisa melakukan percakapan yang menarik sangat penting bagi bisnis

Apa hal yang penting lainnya? Kepercayaan.

Ini semua harus tertanam pada kerangka pikiran Anda; Anda harus percaya diri. Anda harus memasukkan kepribadian Anda ke dalamnya, dan membuat orang merasa nyaman.

Baca juga: Ingin Menjadi Wirausaha Semarang? Berikut 8 Ide Bisnis yang Cocok

5. Gunakan Teknologi

Seiring berkembangnya zaman, usaha apapun tentu membutuhkan teknologi untuk membuat proses bisnis menjadi lebih efisien. Dalam bisnis barbershop misalnya, Anda bisa menggunkan software kasir dan software pembukuan yang akan memudahkan pencatatan transaksi yang terjadi dan memantau keuangan bisnis Anda.

Saat ini telah banyak software kasir dan software akuntansi berbasis cloud dengan harga murah dan mudah digunakan, salah satunya adalah Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang telah digunakan oleh berbagai jenis usaha, termasuk barbershop. Tidak hanya untuk memudahkan Anda untuk melakukan pembukuan pada bisnis, Accurate Online memiliki berbagai fitur yang akan memudahkan operasional bisnis Anda.

Contohnya penghitungan aset otomatis, pembuata faktur otomatis, pengelolaan multi cabang, payroll atau penggajian, rekonsiliasi bank otomatis, penghitungan dan pelaporan pajak, otomatisasi lebih dari 100 jenis laporan keuangan dan masih banyak lagi.

Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan ini.

Baca juga: Rahasia Sebelum Membangun Usaha Rumahan Sukses di Kota Semarang

6. Lakukan Kolaborasi dengan Bisnis Lain

Seperti yang kami jelaskan pada poin ketiga tentang membuat pengalaman terbaik pada pelanggan Anda dengan menjual barang  yang berhubungan dengan perawatan pria.

Selain membuat pelanggan puas, menemukan bisnis lain yang melengkapi bisnis Anda adalah baik untuk mengetahui apakah Anda dapat membentuk hubungan yang saling menguntungkan. Kolaborasi sangat bermanfaat bagi barbershop.

Barbershop yang sukses perlu membangun merek dengan cara unik untuk membangun hubungan kepada pelanggan modern dengan menyediakan produk perawatan berkualitas tinggi. Bermitra dengan pemilik produk perawatan dapat membantu Anda mendefinisikan merek Anda dan membantu Anda mendapatkan keuntungan tambahan melalui penjualan produk.

Baca juga : Bagaimana Caranya Membuka Toko Bangunan Sukses di Semarang?

barbershop semarang 3

7. Terus Belajar

Pembelajaran dan pengembangan berkelanjutan sangat penting, terutama jika Anda berada di tahap awal perjalanan dalam memulai barbershop. Dan bagi Anda yang ingin memulai, hal yang pertama Anda lakukan adalah untuk terus belajar.

Saat Anda baru keluar dari sekolah penataan rambut atau kursus, Anda mungkin sudah bisa memotong rambut, namun pengalaman adalah hal yang lebih rumtt. Anda akan belajar lebih banyak saat berada di barbershop. Menerima kritik konstruktif, dan terus belajar.

Pertimbangkan juga memiliki seorang mentor dan mendapatkan pengalaman langsung. Dengan menemukan seorang mentor, mempelajari bisnisnya, dan jika Anda ingin mendapatkan pengalaman lebih jauh, Anda bisa bekerja di barbershop miliknya. Anda harus berada di sana sejak barbershop dibuka sampai ditutup.

Barbershop tidak hanya tentang memotong rambut seorang pria, penting untuk membuat diri sendiri mengenal lebih dekat tentang semua aspek bisnis dalam barbershop.

Bagi mereka yang memulai, jangan takut, menyelam, dalami semua aspek – baik itu dalam hal keterampilan, potongan rambut baru, dan berbicara dengan tukang cukur berpengalaman. Mintalah bantuan, ajukan pertanyaan, jangkau orang-orang yang Anda cari.

Baca juga : Beberapa Kawasan Strategis di Semarang yang Cocok untuk Bisnis

8. Temukan Cara untuk Meningkatkan Penjualan

Cara termudah untuk menumbuhkan bisnis Anda adalah menjual lebih banyak kepada pelanggan yang sudah Anda miliki. Untuk barbershop, ini berarti meningkatkan frekuensi kunjungan klien Anda.

Hampir tidak ada pemilik barbershop yang fokus pada hal ini karena lebih menarik untuk memikirkan cara untuk menjangkau pelanggan baru di Instagram atau sosial media serupa, padahal membuat banyak orang yang menjadi pelanggan tetap jauh lebih menguntungkan.

Pikirkan tentang layanan Anda yang membuat orang kembali dan menemukan cara untuk mempertahankan pelanggan tersebut.

Anda juga harus membuat proses pemesanan semudah mungkin. Seperti yang kami jelaskan pada poin tiga tentang membuat pengalaman terbaik pada pelanggan, Anda bisa mengadopli layanan telepon atau perpesanan instan untuk melakukan booking online.

Nantinya pelanggan Anda dapat menjadwalkan janji temu mereka secara online, dan kemudian mengotomatisasi tugas-tugas seperti mengirim pesan konfirmasi dan pengingat sehingga Anda dapat memaksimalkan kehadiran pelanggan dengan upaya minimal.

Baca juga : Pengertian Lengkap Tentang Laporan Pertanggungjawaban


Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membangun usaha barbershop yang sukses di Kota Semarang. Yang terpenting adalah Anda harus terus meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan memperbanyak relasi untuk membuat barbershop Anda lebih dikenal banyak orang.

Lakukan juga pemasaran di media sosial untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Pastikan Anda memberikan pelayanan terbaik dan tak terlupakan sehingga Anda memiliki banyak pelanggan tetap yang selalu setia kembali ke barbershop Anda setiap bulannya. Ingatlah, hanya sedikit pria yang bisa memotong rambutnya sendiri tanpa bantuan orang lain, jadi ini kesempatan Anda.

accurate 200 ribu perbulan