Rahasia Sebelum Membangun Usaha Rumahan Sukses di Kota Semarang

Bagi sebagian orang membangun sebuah bisnis adalah sebuah impian, masalahnya banyak dari mereka yang tidak tahu memulai dari mana. Bag Anda warga Semarang yang sedang bermimpi untuk membangun sebuah bisnis, adalah ide yang bagus jika Anda mulai merintis usaha rumahan di Kota Semarang.

Kota Semarang sendiri adalah kota besar yang memiliki potensi yang baik jika Anda berencana membangun usaha rumahan karena semua yang Anda butuhkan ada di kota ini. Mulai dari infrastruktur yang memadai, segmen pasar yang luas, dan akses yang mudah terhadap informasi yang Anda mau.

Hal penting selanjutnya untuk membangun usaha rumahan yang sukses di kota Semarang adalah perencanaan. Tanpa perencanaan, bisa dipastikan bahwa bisnis Anda tidak akan berjalan mulus.

Tenang, berikut kami berikan beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk membangun usaha rumahan yang sukses di kota Semarang :

1. Mulai dengan apa yang Anda sukai

Mungkin sekarang Anda masih pekerja full-time yang ingin beralih profesi untuk membuka usaha rumahan di Semarang. Jangan terburu buru, Anda harus mengetahui apa yang bisa Anda “jual” nantinya jika Anda membuka usaha rumahan. Apakah Anda pintar memasak? Bisa mendesain website? Atau bisa dalam fotografi?

Mengandalkan kebisaan Anda saja belum cukup untuk memulai usaha, Anda harus mahir dan menyukai keahlian Anda. Konsisten dan berkomitmen adalah hal yang dibutuhkan dalam membangun sebuah usaha. Banyak orang bisa menyetir, tapi apakah mereka bisa menjadi pembalap?

Baca juga : Bagaimana Caranya Membuka Toko Bangunan Sukses di Semarang?

Dalam memutuskan untuk membuka usaha, nilai keterampilan, pendidikan, dan latar belakang Anda adalah hal penting untuk melihat apakah kualifikasi Anda memadai untuk membuka usaha prospektif atau apakah Anda akan membutuhkan pelatihan atau pengetahuan lebih lanjut.

Peluang Anda untuk sukses ditingkatkan jika ide bisnis Anda adalah sesuatu yang telah Anda miliki sebagai pengalaman kerja, hobi, atau aktivitas sebelumnya.

Tetap bersikap realistis terhadap jumlah waktu yang dapat Anda curahkan untuk sebuah usaha, dengan mempertimbangkan komitmen Anda saat ini.

Jika Anda masih membutuhkan bantuan dalam memutuskan apa “passion Anda”, berkonsultasilah dengan coach bisnis atau orang yang lebih berpengalaman di industri yang menarik minat Anda untuk melihat apakah Anda cocok untuk terjun di dalamnya.

Baca juga : 7 Cara untuk Memulai Bisnis Online yang Menguntungkan

2. Pastikan Anda berada di waktu yang tepat

Jika Anda adalah seorang pekerja full-time, mulailah bisnis Anda sampingan atau part time untuk mengasah keterampilan dan memperkaya pengalaman untuk rencana usaha rumahan yang Anda pilih.

Bekerja sampingan atau part time mungkin membutuhkan waktu lebih lama bagi bisnis Anda  menunjukkan keuntungan, tetapi akan mengurangi hutang dan memberikan lebih banyak waktu untuk menguji pasar dari produk atau layanan Anda, menyempurnakan operasi bisnis Anda, dan membangun basis pelanggan yang solid.

Jika saatnya sudah tepat, Anda bisa dengan lega melapas pekerjaan full time Anda dan mulai untuk membangun sendiri usaha rumahan Anda.

Baca juga : Beberapa Kawasan Strategis di Semarang yang Cocok untuk Bisnis

3. Pastikan Anda memiliki target pasar yang memadai

Seperti yang telah kami tulis diatas, kota Semarang adalah kota besar yang memiliki banyak peluang yang potensial. Namun tidak semua peluang bisa Anda ambil, Anda harus memetakannya secara detail berdasarkan kebutuhan mereka. Itulah pentingnya melakukan riset pasar.

Tujuan Anda dalam melakukan riset pasar sebelum membangun usaha rumahan di kota Semarang adalah memilih produk atau layanan yang akan diminati oleh pelanggan potensial; dan untuk menilai pesaing Anda sehingga Anda akan tahu bagaimana membuat bisnis Anda lebih baik dari para kompetitor.

Carilah pasar yang berisi orang orang  yang kebutuhannya tidak dipenuhi oleh perusahaan besar. Pakar bisnis menyebut “ceruk pasar”, dan penuhi kebutuhan mereka untuk mendapatkan keuntungan.

Sebagai contoh Anda bisa membangun usaha rumahan yang menjual oleh oleh khas Semarang, atau jasa fotografi prewedding di tempat ikonik di kota Semarang, atau jasa pembuatan website untuk usaha kecil dan menengah. Pastikan Anda peka dengan keadaan pasar yang memiliki kebutuhan yang unik.

Baca juga : 9 Tips untuk Memulai Toko Perbaikan Komputer di Kota Semarang

4. Berdiskusi dengan keluarga

Diskusikan rencana bisnis Anda dengan mereka yang bergantung pada penghasilan Anda. Cakupan pengasuhan anak, kurangnya pendapatan yang dapat diprediksi, jumlah jam kerja yang dihabiskan lebih banyak  jika Anda membuka usaha rumahan, dan hilangnya tunjangan yang dibayarkan perusahan.

Ini hanyalah beberapa faktor yang akan memengaruhi Anda dan keluarga Anda nantinya. Diskusikan skenario ini dan mencari solusi yang dapat disepakati semua anggota keluarga Anda.

Baca juga : Rahasia Sukses Membangun Bisnis Jual Beli Mobil Bekas di Semarang

5. Perbanyak jaringan dan relasi

Perbanyak jaringan dengan pemilik usaha rumahan lainnya baik dalam lingkungan formal maupun informal. Ini adalah cara yang baik untuk menemukan penyedia layanan, prospek, dan klien potensial.

Mengitari diri Anda dengan orang-orang yang juga memiliki usaha rumahan akan memberi Anda dukungan yang dibutuhkan, dan dapat membuat Anda menemukan orang-orang yang dapat membantu Anda mengembangkan bisnis Anda.

Sebagai permulaan Anda bisa bergabung dengan komunitas bisnis lokal di kota Semarang yang ada di forum atau grup tertentu seperti Kaskus, Facebook, atau Grup Whatsapp.

Baca juga : Mau Buka Toko Oleh Oleh di Semarang? Baca dulu Tips Berikut ini

6. Memotivasi diri sendiri

Saat usah rumahan Anda telah berjalan, tentukan beberapa tujuan untuk diri Anda sendiri. Jika Anda tidak lagi memiliki tinjauan triwulanan atau laporan kemajuan, jadi penting untuk melacak apakah Anda membuat kemajuan dalam bisnis Anda atau tidak.

Adalah satu hal untuk menetapkan tujuan kecil seperti menyelesaikan to-do-list Anda – Anda juga harus menetapkan tujuan untuk memotivasi diri Anda untuk sukses. Mudah-mudahan sekarang Anda menghasilkan uang lebih banyak atau paling tidak sama seperti saat Anda melakukan pekerjaan sebelumnya.

Jika tidak, mulailah dengan menetapkan tujuan untuk menghasilkan jumlah keuntungan yang lebih besar, dan perlahan-lahan naikkan target untuk meningkatkan penghasilan Anda beberapa ratus  ribu atau juta perbulan. Setelah Anda mencapai tujuan, luangkan waktu untuk menghargai diri sendiri dengan melakukan sesuatu yang menyenangkan, yang membawa Anda untuk mensyukuri bahwa jalan yang Anda pilih adalah benar.

Baca juga : Ingin Membuka Salon di Kota Semarang? Perhatikan 10 Hal Berikut

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang harus Anda lakukan sebelum membuka usaha rumahan sukses di kota Semarang, terlebih jika Anda adalah karyawan atau memiliki pekerjaan full-time sebelumnya.

Memutuskan untuk mendirikan usaha memang tidak bisa dianggap mudah, diperlukan perencanaan yang matang terutama jika Anda sudah memiliki keluarga yang perlu dinafkahi.

Hal penting lainnya saat Anda membangun usaha apapun, Anda harus melakukan pembukuan untuk pencatatan arus keuangan yang ada pada bisnis Anda.

Dengan pembukuan yang baik, nantinya Anda bisa mendapatkan informasi finansial yang bisa Anda gunakan untuk evaluasi bisnis da rencana pengembangan yang lebih baik. Contohnya Anda bisa mengurangi pos pengeluaran yang Anda anggap sebagai pemborosan dan membuat produk atau layanan baru yang potensial menghasilkan keuntungan lebih besar.

Pada saat fase memulai bisnis, Anda bisa menggunakan proses pencatatan manual dan pembukuan sederhana. Namun seiring berkembangnya bisnis Anda, kami sarankan jika Anda menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan usaha Anda dan mudah digunakan seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software pembukuan berbasis cloud yang bisa Anda gunakan kapan saja dan dimana saja, mudah digunakan dan sesuai dengan kebutuhan bisnis rumahan. Terbukti telah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis mulai dari UMKM sampai perusahaan manufaktur nasional.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melaui tautan pada gambar di bawah ini :

accurate 200 ribu perbulan