10 Peluang Industri Pariwisata dan Tips Mengembangkannya

oleh | Okt 20, 2023

source envato.

10 Peluang Industri Pariwisata dan Tips Mengembangkannya

Seiring dengan kemajuan teknologi, melakukan perjalanan dan berwisata menjadi semakin mudah diakses oleh orang-orang dari seluruh dunia.

Industri pariwisata telah berkembang, memungkinkan individu untuk memanfaatkan sumber daya yang tersedia menciptakan aliran pendapatan di mana sebelumnya tidak ada.

Berikut ini sepuluh peluang bisnis yang menguntungkan di industri pariwisata dan cara mengembangkannya :

10 Peluang dalam Industri Pariwisata

10 Peluang dalam Industri Pariwisata

ilustrasi industri pariwisata. source envato

Industri pariwisata telah menjadi salah satu sektor ekonomi yang paling dinamis dan berkembang di dunia.

Seiring dengan perubahan pola perjalanan, perkembangan teknologi, dan perubahan preferensi konsumen, sejumlah peluang baru dan menarik terus muncul dalam industri ini.

Mari kita eksplorasi bagaimana perubahan global dan teknologi dapat membuka peluang baru yang menarik dan memberikan dampak positif pada industri pariwisata.

1. Penginapan

Dengan meningkatnya layanan online travel agent seperti AirBnB, Booking.com, atau Traveloka permintaan untuk melakukan reservasi penginapan secara online telah menciptakan metode yang disederhanakan bagi pemilik properti untuk menghasilkan aliran pendapatan tambahan

Bagi kebanyakan pelancong, memiliki tempat yang aman untuk tidur adalah prioritas utama dan tertinggi ketika tiba di lokasi baru atau asing.

Pemilihan kamar hotel adalah pertimbangan terpenting bagi orang yang sedang melakukan wisata, terutama dalam hal bepergian dengan keluarga atau pesta besar.

Pemilik properti  memiliki kesempatan unik untuk menawarkan penyewaan jangka pendek di rumah, kondominium, apartemen, bahkan rumah pohon!

Sewa properti dapat menciptakan aliran pendapatan yang andal, terutama jika Anda tinggal di kota yang memiliki banyak pariwisata atau memiliki jenis properti unik untuk ditawarkan kepada masyarakat umum.

Baca juga : Rahasia Sukses Membangun Bisnis Travel di Kota

2. Rental Kendaraan atau Ride-sharing

Perusahaan seperti Gojek dan Grab berfungsi sebagai alternatif sempurna untuk sistem antar  jemput dan taksi tradisional.

Dikutip dari Wikipedia, Konsep ride sharing umumnya memanfaatkan situs web dan aplikasi seluler, mencocokkan penumpang dengan pengemudi kendaraan untuk sewa yang, tidak seperti taksi, tidak dapat diminta secara hukum dari jalanan.

Lebih jauh lagi, mereka menawarkan kesempatan bagi individu untuk menghasilkan uang dengan kecepatan mereka sendiri.

Saat berkeliling di wilayah baru atau asing, dapat berkeliling dengan cepat dan nyaman adalah penting.

Munculnya manfaat berbagi perjalanan tidak hanya masyarakat umum tetapi juga individu yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan.

Anda dapat menggunakan pengetahuan dan pemahaman Anda tentang lingkungan Anda akan berfungsi sebagai penyangga atau pemandu wisata, menciptakan aliran pendapatan tambahan.

3. Menjadi Pemandu Wisata

Menjadi Pemandu Wisata

ilustrasi industri pariwisata. source envato

Siapa yang lebih baik untuk membantu seseorang berkenalan dan menjelajah dan kota atau wilayah baru jika bukan seseorang yang telah tinggal di sana untuk waktu yang cukup lama?

Lebih jauh lagi, menciptakan bisnis dengan gagasan wisata berpemandu membutuhkan modal yang sangat sedikit untuk dilakukan.

Mereka yang mau memulai dari kecil dapat membuat situs web dan blog di sekitar tema sentral seperti makanan atau seni dan menawarkan tur berpemandu ke kota mereka mengunjungi lokasi pusat berdasarkan segment yang mereka pilih.

4. Membangun Bisnis di Daerah Wisata

Seiring perjalanan menjadi lebih mudah diakses, permintaan untuk bisnis lokal telah tumbuh secara eksponensial. Ini telah membuka peluang untuk bisnis seperti restoran, kedai kopi, dan bisnis potensial lainnya.

Waktu tidak pernah lebih baik untuk membuka restoran, klub malam, kedai kopi, atau toko donat khusus.

Kultur yang berbeda dari para pelancong atau wisatawan telah menciptakan peluang bagi individu-individu dari semua lapisan masyarakat dengan sejumlah besar ide berbeda untuk diuangkan di pasar yang terus berkembang.

Lebih jauh lagi, dorongan saat ini untuk mengintegrasikan lokalitas dengan merek dan organisasi yang lebih besar telah memberikan keunggulan bagi bisnis lokal.

Hal itu terjadi karena konsumen asing dan domestik sama-sama mencari pengalaman yang lebih otentik dalam semua bentuk hiburan, layanan, dan keramahan.

Baca juga : 10 Strategi Pemasaran Hotel Terbaik Demi Kesuksesan Anda

5. Menjadi Fotografer

Menjadi Fotografer

ilustrasi industri pariwisata. source envato

Media sosial terus berkembang sehingga lebih mudah bagi pembuat konten untuk terhubung dengan audiens target mereka. Dalam hal pariwisata, ini menciptakan jalan yang menguntungkan untuk mendapatkan penghasilan.

Industri pariwisata luas dan mencakup kedua sisi spektrum : wisatawan yang mengunjungi daerah baru dan penduduk setempat.

Dualitas pariwisata menciptakan banyak jalan untuk mendekati pembuatan konten. Misalnya, jika Anda menikmati bepergian dan fotografi, Anda dapat menghasilkan konten berisi gambar yang berpusat di sekitar perjalanan Anda.

Di sisi lain persamaan, penduduk setempat dapat menggunakan keakraban mereka dengan daerah lokal sebagai sarana untuk menarik wisatawan dan konten tersebut menjadi pusat informasi yang digunakan oleh para wisatawan.

6. Wisata Lingkungan dan Kota (Eco dan Urban Tourism)

Tur berpemandu melalui cagar alam yang rimbun dan perkembangan kota telah menjadi semakin populer menciptakan bentuk pendapatan lain yang dapat diakses oleh mereka yang mencari untung di industri pariwisata.

Mereka yang mencari peluang bisnis yang menguntungkan di industri pariwisata dapat menambahkan pariwisata lingkungan dan perkotaan ke daftar ini. Bentuk perjalanan ini membutuhkan modal yang cukup rendah untuk memulai.

Lebih jauh lagi, mereka yang gemar fotografi dapat menciptakan aliran tambahan pendapatan dengan menghasilkan gambar terbaik selama tur keliling.

7. Toko cendera mata

Munculnya eCommerce telah memungkinkan esensi toko konvensional berkembang secara online.

Mereka yang mencari untung dari rumah dapat merambah pemasaran online dimana mereka menjual kembali barang-barang khusus lokal yang memungkinkan konsumen mendapatkan akses ke hal-hal yang dulunya tidak dapat diakses.

Lebih jauh lagi, keragaman pasar  dan keunikan dari berbagai daerah membuat berbagai pemilik bisnis potensial untuk berkembang secara global

8. Menjadi Penerjemah

Ahli bahasa yang ingin berkembang di industri pariwisata dapat memanfaatkan kemampuan mereka untuk pendapatan yang konsisten dalam berbagai cara.

Ada banyak peluang yang tersedia bagi mereka yang mencari untung di industri pariwisata termasuk pekerjaan penerjemahan.

Seorang ahli bahasa dapat menempatkan layanan mereka di pasar terbuka dan bekerja sebagai penerjemah pribadi untuk turis yang mengunjungi negara asing atau mencari pekerjaan dengan bisnis yang mencoba berinteraksi dengan pasar internasional.

Baca juga : Mengenal Bisnis Prakarya, Pilihan Bisnis yang Bisa Anda Jalani

9. Event Organizer

ilustrasi industri pariwisata. source envato

Membuat pesta penyambutan atau acara pribadi yang ditujukan untuk mengintegrasikan penduduk lokal dengan wisatawan dapat membuktikan manfaat sosial dan finansial.

Media sosial telah berkembang untuk memungkinkan koneksi di seluruh dunia. Jaringan inilah yang menjadi potensi wirausahawan untuk membuat grup, forum, dan konten yang ditujukan untuk menghubungkan pelancong dengan penduduk setempat.

10. Blogging Topik Terkait Pariwisata

Cara lain untuk mendapatkan penghasilan dari rantai nilai bisnis industri perjalanan dan pariwisata yang dapat diluncurkan oleh seorang wirausahawan dengan sedikit atau tanpa modal awal adalah memulai blogging tentang topik pariwisata.

Sangat menarik untuk dicatat bahwa ada banyak orang di luar sana yang menghasilkan banyak uang setiap tahun dari blogging.

Jika Anda seorang profesional perjalanan dan pariwisata atau seseorang yang memiliki pengetahuan yang baik dalam industri perjalanan dan pariwisata.

Salah satu bisnis yang dapat Anda pertimbangkan untuk memulai adalah mulai menulis blog tentang perjalanan dan subjek terkait pariwisata.

Yang benar adalah bahwa jika blog Anda memiliki konten yang bermanfaat, Anda akan menarik banyak pengunjung dan jika Anda memiliki banyak lalu lintas di blog Anda.

Anda dapat dengan mudah mengamankan penawaran iklan yang baik dari para pemangku kepentingan dan bisnis lain di blog Anda.

Pastikan Anda memperbarui blog Anda secara teratur dengan tips wisata dan wisata yang trendi dan bermanfaat dan Anda akan terus menarik lalu lintas.

Tips Terbaik Dalam Pengembangan Bisnis Pariwisata

Tips Terbaik Dalam Pengembangan Bisnis Pariwisata

ilustrasi industri pariwisata. source envato

Menjalankan bisnis pariwisata yang menguntungkan itu memang sedikit sulit. Ada beberapa bisnis pariwisata yang sayangnya tidak lagi berbisnis.

Ini bukan karena kurangnya produk yang hebat, tetapi biasanya karena kurangnya permintaan pelanggan untuk produk atau layanan mereka atau tidak mampu mengenakan biaya yang cukup untuk tetap menguntungkan.

Berikut adalah  tips yang bisa Anda gunakan untuk pengembangan bisnis dalam dunia pariwisata yang bisa Anda gunakan :

1. Habiskan Waktu dengan Apa yang Anda Bangun

Bisnis pariwisata yang sukses, adalah diisi oleh mereka menghabiskan waktu untuk mengerjakan bisnis mereka secara total. Bukan hanya dalam membangun bisnis mereka, mereka juga meluangkan waktu untuk:

  • Kembangkan dan tinjau rencana pemasaran. Mereka tahu ke mana mereka pergi dan bagaimana mereka akan sampai di sana, dan kemudian mewujudkannya dan menyesuaikan tujuan mereka sesuai kebutuhan.
  • Bangun dan kelola tim, baik staf atau pihak eksternal untuk memberikan visi dan produk luar biasa.
  • Membangun hubungan dengan influencer atau endorser.
  • Menyistematiskan tugas operasional.
  • Meninjau dan menyesuaikan kembali kegiatan pemasaran mereka

2. Pahami Pelanggan Ideal Anda

Bisnis pariwisata yang sukses hanya berfokus pada menarik pelanggan ideal yang paling menguntungkan . Mereka tidak mencoba menjadi segalanya bagi semua orang.

Cari pelanggan yang dapat memberi tahu Anda apa yang mereka minati, bagaimana pengalaman pariwisata mereka apakah Anda sudah memenuhi kebutuhan mereka, apa mereka menghargai Anda, di mana mereka menghabiskan waktu online dan offline, tantangan apa yang Anda hadapi?

Kemudian, buat daftar pelanggan ideal Anda sebagai lensa untuk pengembangan produk dan membuat keputusan pemasaran yang sesuai kebutuhan masa depan.

Baca juga : Ingin Berbisnis? Berikut 8+ Ide Mudah Bisnis Untuk Pemula

3. Fokus pemesanan konsumen secara langsung

Walaupun tren online travel agent sedang berkembang, Anda harus tahu keuntungan terbesar  datang dari pelanggan yang memesan secara langsung, bukan mereka yang memesan melalui distributor pihak ketiga, atau online travel agent.

Anda harus fokus membangun database email, berbagi konten yang relevan di media sosial dan email, dan berinvestasi di situs web yang dapat dipesan secara visual, dioptimalkan untuk seo & seluler, dapat dipesan secara online.

4. Memahami apa yang memengaruhi pelanggan 

Anda harus tahu pemasaran yang paling kuat dari pengalaman wisata adalah cerita yang terbentuk dari pelanggan Anda. Cara termudah untuk menciptakan berita positif dari mulut ke mulut di sekitar bisnis mereka adalah dengan menawarkan produk yang disukai dan diinginkan oleh pelanggan ideal mereka.

Jangan berinvestasi dalam iklan berbayar karena hal tersebut kurang efektif, pertimbangkan hal ini, kecuali jika sangat tertarget pada pelanggan potensial dan ideal.

Baca juga: Apa itu Konsep Bisnis? Ini Pengertian dan Fungsinya!

Kesimpulan

Bergelut dalam industri pariwisata memiliki tantangan tersendiri yang terus berubah seiring zaman.

Akan ada hal baru yang bisa Anda kembangkan untuk memenuhi kebutuhan wisatawan yang terus meningkat dari waktu ke waktu, terlebih lagi dengan mudahnya akses pemesanan tiket dan reservasi hotel.

Meningkatnya keuntungan bisnis juga membuat proses bisnis menjadi lebih rumit termasuk pembukuan Anda.

Untuk memudahkan pembukuan pada usaha Anda, gunakanlah software akuntansi yang akan membuat penghitungan dan pencatatan transaksi menjadi lebih optimal.

Accurate Online, software akuntansi berbasis cloud yang cocok bagi Anda pelaku bisnis pada industri pariwisata, seperti contohnya pembukuan hotel yang lebih efisien jika menggunakan Accurate Online.

Tidak hanya pada industri pariwisata, Software Akuntansi dan Bisnis Accurate Online juga cocok untuk semua jenis bisnis di Indonesia karena telah digunakan oleh lebih dari ratusan ribu pengguna.

Anda bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui klik tautan pada gambar di bawah!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

143 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Natalia

Artikel Terkait