Ingin Menghemat Biaya Bisnis? Perhatikan 11 Hal ini

Salah satu cara bisnis dapat memaksimalkan keuntungan adalah dengan meminimalkan dan menghemat biaya yang dikeluarkan dalam bisnis. Sering disebut sebagai “pemotongan biaya”, ini melibatkan pengidentifikasian pengeluaran diskresioner untuk dipotong dan pengeluaran untuk disesuaikan atau dialokasikan kembali untuk dibelanjakan lebih sedikit.

Pemotongan biaya dapat membantu bisnis, pemimpin dan karyawan sama-sama mengambil kepemilikan atas keberhasilan organisasi. Dalam artikel ini, kita membahas apa artinya memotong biaya atau cut cost, menjelaskan mengapa ini adalah praktik yang bermanfaat dan memberikan 11 cara untuk menghemat biaya bisnis Anda.

Mengapa menghemat biaya bisnis itu penting?

Menghemat biaya berarti menemukan cara untuk meminimalkan pengeluaran selama proses produksi atau jasa untuk memaksimalkan keuntungan dalam sebuah bisnis. Terkadang, administrator dan eksekutif membuat keputusan untuk memotong biaya, dan merupakan tanggung jawab manajemen untuk mencari tahu bagaimana melakukannya.

Di lain waktu, manajer dan karyawan yang giat dapat mengidentifikasi cara untuk memotong biaya bisnis dan menerapkan solusi atau berkomunikasi dengan mereka yang dapat melakukannya.

Menghemat atau memotong biaya bisnis bermanfaat karena merupakan salah satu elemen penganggaran yang dapat membantu memaksimalkan keuntungan organisasi. Pengusaha sering menghargai karyawan yang dapat memotong biaya tanpa mengorbankan kualitas.

Selain itu, para pemimpin yang dapat memotong biaya dengan cara yang masuk akal dan efektif dapat membantu organisasi mereka berhasil secara finansial dan memenuhi tujuan mereka. Menemukan cara untuk menghemat uang juga dapat memperluas kecerdikan, inovasi, dan keterampilan kolaboratif tim Anda.

Baca juga: Mengetahui Berbagai Jenis Stakeholder dalam Suatu Bisnis

11 cara untuk memangkas dan menghemat biaya di organisasi bisnis Anda

Apakah Anda berada di posisi manajemen atau kepemimpinan, Anda adalah bagian dari departemen keuangan perusahaan Anda atau Anda seorang karyawan yang ditugaskan untuk membuat strategi untuk memotong biaya, berikut adalah beberapa ide untuk dipertimbangkan:

1. Identifikasi pengeluaran yang terlihat asing

Carilah pengeluaran yang tidak perlu untuk menjaga kesejahteraan organisasi Anda. Ingatlah bahwa pemotongan pengeluaran yang besar dapat berdampak langsung pada anggota tim, jadi pastikan Anda merencanakan dengan tepat.

Jika ada fasilitas yang tidak terpakai seperti layanan berlangganan atau katering yang berlebihan, Anda dapat memotong pengeluaran ini sebagai manajer atau pemilik bisnis tanpa menyebabkan gangguan yang tidak perlu pada staf Anda.

Jika Anda seorang karyawan dan Anda mengidentifikasi pengeluaran asing yang dapat dihemat, pertimbangkan untuk membuat perubahan tersebut secara individual dan kemudian membagikannya kepada rekan Anda melalui saluran yang sesuai.

2. Minimalkan dan gabungkan pengeluaran

Berusahalah terlebih dahulu untuk meminimalkan pengeluaran sedapat mungkin dengan mencari vendor berbiaya rendah, berkualitas tinggi, dan mengelola pembelian dengan cermat.

Ketika Anda telah menghilangkan biaya tambahan, pertimbangkan untuk mengintegrasikan secara kreatif pengeluaran yang sebelumnya merupakan biaya terpisah.

Misalnya, Anda dapat menyatukan beberapa lokasi bisnis untuk acara di seluruh perusahaan daripada mengadakan acara di banyak cabang, atau Anda dapat melakukan pertemuan penjualan sambil melakukan pengiriman yang searah dengan lokasi Anda.

Jika Anda seorang karyawan, cobalah untuk memaksimalkan efisiensi dengan melakukan banyak tugas selama perjalanan atau aktivitas yang sama.

Baca juga: ISO 27001: Pengertian dan Manfaatnya Untuk Perusahaan IT

3. Periksa kepegawaian

Terkadang, kebutuhan personel bisnis dapat berkembang untuk menyelaraskan dengan kebutuhan anggaran. Pertimbangkan untuk mencari posisi yang tidak terisi setelah seorang karyawan pensiun, misalnya. Anda mungkin juga dapat mengisi posisi kosong dengan tingkat gaji yang lebih rendah untuk memangkas biaya staf.

Jika Anda mempertimbangkan PHK, pastikan untuk memikirkan kemungkinan biaya tak terduga seperti paket pesangon bagi mereka yang diberhentikan. Bisnis dapat menyesuaikan staf eksekutif untuk menggabungkan posisi dan menghilangkan pemborosan juga. Jika Anda berada dalam posisi untuk melakukannya, pertimbangkan untuk mendiskusikan reorganisasi administratif untuk membantu memangkas biaya.

4. Bepergian dengan efisien

Untuk memotong biaya tambahan dalam transportasi, evaluasi efisiensi armada Anda dan buat penyesuaian jika perlu. Cari kendaraan yang hemat bahan bakar jika memungkinkan, dan pertimbangkan untuk memberikan pelatihan tentang manajemen kendaraan yang efisien.

Jika Anda atau rekan kerja Anda melakukan perjalanan bisnis, pertimbangkan untuk mencari harga tiket yang lebih murah atau mencoba menegosiasikan tarif perjalanan dan penginapan perusahaan.

5. Atur ulang departemen

Jika Anda berada dalam posisi kepemimpinan, pertimbangkan untuk memeriksa keluaran dari departemen yang berbeda untuk mengidentifikasi layanan yang tumpang tindih dan pengeluaran yang tidak perlu.

Jika beberapa departemen melakukan fungsi serupa, Anda mungkin ingin menggabungkan atau mengkonsolidasikannya.

Misalnya, jika divisi PR dan komunikasi diklasifikasikan sebagai entitas yang terpisah tetapi menyelesaikan tugas serupa terkait periklanan, korespondensi berita, atau media sosial, Anda mungkin dapat menggabungkan peran untuk memaksimalkan efisiensi.

Baca juga: Mengenal Berbagai Jenis Toko dan Mana yang Terbaik Untuk Anda?

6. Restrukturisasi layanan

Saat memotong biaya, pertimbangkan untuk mencari layanan yang tidak digunakan atau kurang digunakan dan mengurangi layanan tersebut untuk memenuhi permintaan.

Misalnya, jika perusahaan Anda mengelola saluran dukungan bantuan teknis 24 jam sehari, tetapi Anda menerima sebagian besar panggilan selama jam kerja, Anda dapat menghilangkan shift malam.

Pertimbangkan untuk menggunakan alat digital seperti perangkat lunak manajemen inventaris untuk membantu mengidentifikasi layanan yang akan disesuaikan.

7. Brainstorming dengan tim Anda

Jika Anda berada dalam posisi kepemimpinan, pertimbangkan untuk membuka dialog dengan tim Anda tentang kebutuhan anggaran. Anda mungkin menemukan bahwa karyawan memperhatikan cara untuk memotong biaya yang mungkin tidak Anda sadari.

Jika Anda seorang karyawan, cobalah berkolaborasi dengan rekan kerja untuk mendiskusikan cara memangkas biaya selama operasi sehari-hari.

8. Memanfaatkan teknologi

Teknologi dapat menjadi cara ampuh lainnya untuk memangkas biaya dalam lingkungan bisnis. Jika Anda merasa nyaman dengan pemrograman komputer, cobalah mengembangkan program yang dapat mengotomatiskan tugas yang biasanya memakan waktu jika dilakukan dengan tangan.

Jika Anda mengetahui proses produksi yang dapat diotomatisasi oleh perusahaan, pertimbangkan untuk menyebutkan proses dan solusi tersebut kepada individu yang sesuai dalam manajemen.

Jika Anda sudah menjadi bisnis tech-heavy, pertimbangkan cara untuk memotong biaya layanan. Misalnya, jika Anda mengelola server bisnis atau menyewa ruang server, pertimbangkan untuk menggunakan produk berbasis cloud dan browser.

Pada proses pembukuan yang memakan waktu misalnya, untuk menghemat waktu dan biaya yang Anda keluarkan dalam proses pencatatan transaksi, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang berbasis cloud.

Selain lebih hemat waktu, menggunakan software akuntansi online juga bisa membuat bisnis Anda paperless, dan semua pengelolaan keuangan dapat Anda pantau kapanpun dan dimanapun Anda mau.

Baca juga: ISO 22000: Pengertian dan Peran Pentingnya untuk Sistem Manajemen Keamanan Pangan

9. Melakukan riset vendor

Jika hubungan vendor atau perjanjian pembelian tetap relatif tidak berubah untuk jangka waktu tertentu, Anda mungkin ingin menilai kembali setiap pesanan tetap atau berulang untuk memastikan bahwa mereka seefektif mungkin dari segi biaya.

Meskipun ada manfaat dari perjanjian pedagang dan vendor yang sudah berlangsung lama, terkadang menemukan alternatif atau menegosiasikan titik harga yang lebih rendah dapat membantu memangkas biaya.

10. Maksimalkan manfaat pajak

Jika memungkinkan, pertimbangkan implikasi pajak dari keputusan anggaran untuk meminimalkan pengeluaran dan memotong biaya. Jika Anda berada dalam posisi untuk melakukannya, evaluasi pengeluaran untuk kemungkinan manfaat pajak.

Jika Anda bisa, cobalah bekerja dengan seorang akuntan untuk memastikan Anda menerima manfaat pajak yang paling sah. Terkadang, biaya konsultasi dapat sebanding dengan pengurangan biaya dan peningkatan keuntungan pada akhirnya.

11. Menganalisis fasilitas

Pertimbangkan cara untuk menyesuaikan biaya overhead fasilitas Anda untuk memotong biaya tambahan. Misalnya, pencahayaan dan peralatan hemat energi dapat memengaruhi biaya utilitas.

Jika sebuah bangunan sulit untuk dipanaskan dan didinginkan, pertimbangkan biaya upgrade terhadap penghematan yang akhirnya terjadi. Dalam analisis Anda, sertakan ikhtisar tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk merealisasikan keuntungan setelah melakukan perbaikan bangunan.

Baca juga: 15 Tips Pengembangan Bisnis yang Berdampak Pada Suksesnya Usaha

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap tentang cara menghemat biaya dan pengeluaran pada bisnis Anda. Proses pengelolaan biaya dalam sebuah bisnis memang merupakan hal yang vital, ini karena jika biaya tidak terkontrol dengan baik akan berujung pada pemborosan dan proses bisnis menjadi tidak optimal. Jadi, jika Anda adalah seorang pemilik bisnis, pastikan Anda mengetahui dan melakukan efisiensi biaya yang dikeluarkan dalam bisnis Anda dengan baik.

Sebagai solusi pengelolaan biaya yang telah kami singgung diatas, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi untuk proses akuntansi dan pencatatan biaya yang lebih mudah dan praktis. Salah satu software akunansi yang sudah terbukti memudahkan banyak bisnis di Indonesia adalah Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dan digunakan oleh lebih dari 370 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan biaya dan transaksi dalam bisnis, melakukan otomatisasi pembuatan 200 jenis laporan keuangan, manajemen aset, manajemen multi gudang dan persediaan, pembuatan faktur, pengelolaan pajak, fitur manufaktur terlengkap, dan masih banyak lagi fitur di Accurate Online yang akan membuat bisnis Anda menjadi lebih mudah dan optimal.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online untuk memudahkan pengelolaan pembukuan dan menghemat biaya bisnis dengan uji coba gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate berhenti membuang waktu