Mau Buka Toko Oleh Oleh di Semarang? Baca dulu Tips Berikut ini

Prosepek Toko Oleh Oleh di Kota Semarang

Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, Kota Semarang juga termasuk kota tujuan wisata. Ada banyak tempat wisata di Kota Semarang contohnya seperti lawang sewu, kota lama, dan masih banyak lagi yang daftarnya bisa Anda lihat melalui tautan ini. Berdasarkan data, peningkatan wisatawan juga meningkat dari tahun ke tahun, dan tentunya ini bisa menjadi potensi bagi Anda yang ingin mendirikan bisnis yang berhubungan dengan pariwisata, contohnya adalah membuka toko oleh oleh Semarang.

Bagi Anda warga Kota Semarang yang tertarik untuk berbisnis, membuka toko oleh oleh di Kota Semarang bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan potensi yang telah kami terangkan diatas, tentu Anda juga memerlukan perencanaan yang matang sebelum membuka toko oleh oleh di Kota Semarang.

Baca juga : Bagaimana Memulai Bisnis Toko Alat Kesehatan di Semarang?

Berikut adalah tips yang bisa Anda aplikasikan sebelum membuka toko oleh oleh yang sukses di Kota Semarang :

1. Pilih Tempat yang Dikunjungi banyak Wisatawan

Toko oleh oleh paling sering ditemukan di daerah yang penuh dengan turis atau wisatawan. Di Kota Semarang  contohnya seperti di museum, stasiun, bandara, terminal dan tempat-tempat wisata lainnya, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk memilih tempat di acara-acara lokal dan taman hiburan. Jadi di mana pun toko oleh oleh Anda berada, fokuslah untuk membawa produk-produk yang diinginkan wisatawan di daerah tersebut.

Ini adalah tips yang klise, tetapi yang sulit adalah melakukannya dengan baik. Pertimbangkan untuk menskalakan kembali pilihan atau menambahkan item yang memiliki daya tarik yang lebih unik. Konsumen mungkin bosan melihat hal-hal yang persis sama di setiap toko oleh oleh lainnya, Anda bisa membedakan toko Anda dengan menyediakan barang yang tidak dijual di toko oleh oleh lain di Kota Semarang.

Baca juga : Mau Buka Toko Alat Musik di Kota Semarang? Baca dulu 6 Tips ini

2. Buat Merek Dagang Baru atau Jenis Barang Baru

Pernah dengar produk Dagadu di Yogyakarta? Produk oleh oleh yang terkenal dan sudah identik dengan Yogyakarta dan bisa Anda tiru konsepnya di Kota Semarang.

Banyak produk toko cenderamata atau oleh oleh diberi merek dengan desain dari tempat wisata dan pemandangan terdekat. Tetapi jangan takut memberi merek Anda sendiri untuk  produk Anda.

Produk lain, seperti kaos atau jenis pakaian lainnya, mungkin memiliki daya tarik jika menambahkan logo dari toko Anda. Jika Anda melakukannya dengan benar, toko oleh oleh Anda bahkan bisa berubah menjadi tujuan objek wisata belanja seperti Dagadu di Yogyakarta yang menjual berbagai jenis produk unik.

Baca juga : Ingin Membuka Salon di Kota Semarang? Perhatikan 10 Hal Berikut

3. Jangan Hanya Menyediakan Oleh Oleh

Jika Anda memiliki ruang penjualan yang cukup luas, coba isi rak Anda dengan barang-barang kebutuhan sehari-hari. Sebagian besar wisatawan bepergian jauh dari rumah, sering kali selama beberapa hari atau bahkan berminggu-minggu lupa membawa untuk membawa barang yang mereka butuhkan. Toko oleh oleh yang sukses harus menjadi toko serba ada bagi mereka yang ada di daerah tersebut.

Pastikan juga menjual beragam camilan dan minuman. Orang-orang yang berlibur lebih suka menghabiskan uang untuk hadiah. Sekali lagi, temukan cara untuk menambah kenyamanan bagi wisatawan di daerah tersebut. Anda bahkan dapat memperoleh pelanggan tetap baru dari penduduk lokal.

Baca juga : 10 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuka Restoran di Semarang

4. Jadilah Kreatif dengan Proses Pemasaran, Promosi, dan Tampilan Toko Anda

Secara umum, toko oleh oleh memiliki reputasi mengenakan harga yang sangat mahal untuk produk-produk yang bisa dijual lebih murah. Jangan biarkan konsumen mendefinisikan toko Anda seperti itu. Mungkin alasan penyewaan tempat yang mahal di daerah wisata bisa berdampak pada penetapan harga, tetapi jangan sampai Anda kehilangan pembeli baru karena harga Anda.

Salah satu ide pemasaran terbaik adalah dengan menawarkan penawaran paket kreatif. Jarang ada orang yang pergi ke toko suvenir hanya untuk satu item. Ingatkan mereka tentang apa lagi yang mereka butuhkan dengan mengelompokkan barang-barang serupa menjadi satu. Menambahkan diskon pada pembelian paket yang Anda tetapakan.

Hal ini akan membuat konsumen senang, karena mereka menghemat sedikit uang untuk membelanjakan lebih banyak oleh oleh di toko Anda. Ide pemasaran kreatif seperti ini bisa sangat bermanfaat.

Pertahankan tampilan toko Anda tetap segar dan bersih di seluruh ruang penjualan. Tampilan dimaksudkan untuk menarik pelanggan dan menyoroti beberapa produk yang Anda ingin habiskan terlebih dahulu.

Habiskan waktu untuk mempercantik area tampilan dengan desain, produk, dan warna baru. Gunakan staf hebat Anda untuk membantu prosesnya. Hal ini adalah cara yang bagus untuk melibatkan semua orang dan menemukan bakat yang tersembunyi.

Baca juga : Rahasia Sukses Membangun Bisnis Travel di Kota Semarang

5. Perhatikan Persediaan dan Keuangan Anda

Toko oleh oleh sering berada pada masa sulit, terutama pada saat dimana bukan masa liburan . Tetapi ingat bahwa akan banyak pelanggan Anda yang akan datang pada masa liburan atau hari besar. Bersemangatlah dengan apa yang Anda jual.

Cara terbaik untuk memastikan ini adalah dengan merotasi stok produk Anda. Paling tidak, sesuaikan barang yang Anda jual melalui musim: Penuhi rak-rak Anda dengan lebih banyak hoodies dan sweater selama musim hujan dan jualah es krim dan minuman beku selama bulan-bulan musim panas.

Selama musim liburan pastikan stok barang khas Kota Semarang  seperti bandeng presto, lumpia, baso tahu, atau batik semarang cukup untuk memenuhi permintaan pasar.

Cobalah mencampur produk dengan cara lain dengan menggabungkan serangkaian item yang dipilih untuk melihat mana yang terjual lebih baik pada waktu yang berbeda atau di berbagai area toko Anda. Gunakan manajemen stok  yang tepat untuk mengidentifikasi lebih baik kinerja setiap produk agar Anda tidak mengalami kerugian.

Salah satu solusi yang tepat adalah menggunakan software pembukuan yang memiliki fitur inventori terlengkap seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur pencatatan keuangan dan persediaan terlengkap di Indonesia. Dengan menggunakan Accurate Online Anda akan mendapatkan fitur pencatatan stok, metode penghitungan LIFO/FIFO, dukungan stok opname, multi gudang, dan masih banyak lagi.

Tertarik menggunakan Accurate Online? Cobalah secara gratis selama 30 hari melalui tautan ini.

Baca juga : Strategi Terbaik Sebelum Membangun Usaha Cafe di Kota Semarang

6. Gunakan Teknologi untuk Mempermudah Operasi Toko Anda

Seperti toko ritel modern lainnya, mengintegrasikan teknologi ke dalam toko oleh oleh Anda adalah suatu keharusan untuk mempermudah segala proses usaha Anda

Anda benar-benar membutuhkan manajemen inventaris yang solid, pelaporan penjualan, dan analisa produk. Ini semua harus ditemukan di sistem pembukan bisnis Anda, bersama dengan laporan laba rugi, atau konversi penjualan, dll.

Solusi hebat dari teknologi akan membantu toko oleh oleh Anda dengan cara yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya Anda tidak akan pernah memiliki mimpi buruk tentang pemantauan stok dan keadaan finansial usaha Anda lagi.

Baca juga : Mau Membangun Bisnis Rental Mobil di Semarang? Berikut Strateginya

Accurate Online Membantu Toko Oleh Oleh Anda

Kini, jadikan proses pembukuan, pemantauan stok, penghitungan pajak, dan seluruh kemudahan proses bisnis dalam satu sistem di Accurate Online. Telah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis dan dikembangkan sejak 20 tahun lalu, menjadikan Accurate Online sebagai software akuntansi buatan Indonesia yang sudah teruji dan terbukti.

Coba Accurate Online sekarang, gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini :

accurate fokus pengembangan