Pengertian Share of Voice untuk Memastikan Kesuksesan Bisnis dan 5 Cara Mengukurnya

Salah satu cara untuk memastikan kesuksesan bisnis adalah bisa menguasai pasar. Oleh karenanya, share of voice menjadi hal yang harus dilacak.

Share of voice ini akan mampu memberikan informasi terkait besarnya perentase pasar yang dikuasai oleh suatu brand daripada kompetitornya.

Ingin mengetahui lebih dalam tentang share of voice dan cara menghitungnya? Baca terus artikel di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Share of Voice

accurate.id gambar share of voice-1

Berdasarkan laman Wikipedia, share of voice adalah metrik yang digunakan untuk mengukur seberapa besar suara atau kehadiran brand Anda dalam pasar atau industri tertentu.

Secara khusus, metrik ini akan mengukur seberapa besar persentase dari total pembicaraan, iklan, atau promosi yang terkait dengan brand atau produk Anda dibandingkan dengan kompetitor Anda dalam suatu pasar atau industri.

Metrik ini dapat dihitung dengan cara membagi jumlah eksposur brand Anda (seperti iklan, artikel, posting media sosial, dll.) dengan jumlah eksposur total di pasar atau industri tertentu dalam periode waktu tertentu. Hasilnya akan dinyatakan dalam persentase, yang menunjukkan seberapa besar pangsa suara brand Anda dalam pasar atau industri tertentu.

Share of voice merupakan indikator penting dalam memantau performa brand dan strategi pemasaran Anda. Dengan mengukur share of voice, Anda dapat mengetahui seberapa besar peran brand Anda dalam percakapan dan interaksi pelanggan, dan dapat memperbaiki strategi pemasaran Anda untuk meningkatkan kehadiran brand dan meningkatkan pangsa pasar.

Baca juga: Pengertian PR Crisis dan 6 Dampaknya yang Bisa Mengancam Kelangsungan Perusahaan

Kelebihan Mengetahui Share of Voice

accurate.id gambar share of voice-2

Mengetahui share of voice memiliki beberapa keuntungan penting dalam strategi pemasaran dan pengembangan brand. Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan memahami share of voice:

1. Mengukur efektivitas kampanye pemasaran

Metrik ini akan memungkinkan Anda untuk mengukur seberapa besar peran brand Anda dalam percakapan yang terjadi di pasar atau industri tertentu.

Dengan membandingkan share of voice Anda dengan kompetitor, Anda dapat mengetahui sejauh mana kampanye pemasaran Anda berhasil mencapai target audiens dan berkompetisi dengan kompetitor. Jika share of voice Anda lebih besar, itu menunjukkan bahwa brand Anda memiliki kehadiran yang kuat dan menonjol dalam pasar.

2. Mengidentifikasi peluang dan ancaman pasar

Dengan memperhatikan metrik ini, Anda dapat mengidentifikasi tren pasar, peluang pertumbuhan, dan ancaman yang mungkin mempengaruhi bisnis Anda. Jika share of voice Anda menurun, itu bisa menjadi sinyal bahwa kompetitor Anda sedang meningkatkan kehadiran mereka atau bahwa ada pergeseran preferensi pelanggan.

Dengan memantau share of voice secara teratur, Anda dapat mengambil tindakan yang diperlukan untuk mempertahankan pangsa pasar Anda atau meningkatkannya.

2. Menilai keberhasilan kampanye periklanan

Metrik ini dapat membantu Anda menilai keberhasilan kampanye periklanan tertentu. Dengan melacak dan membandingkan share of voice Anda sebelum, selama, dan setelah kampanye, Anda dapat mengukur dampak kampanye tersebut dalam meningkatkan kehadiran brand Anda.

Jika share of voice meningkat secara signifikan selama periode kampanye, itu menunjukkan bahwa iklan Anda berhasil menarik perhatian dan memengaruhi audiens.

3. Membantu pengambilan keputusan strategis

Data yang terdapat di dalam metrik ini dapat memberikan wawasan yang berharga dalam mengembangkan strategi pemasaran dan pengembangan brand yang efektif. Dengan mengetahui sejauh mana brand Anda terlibat dalam percakapan industri, Anda dapat mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan Anda sendiri serta kompetitor Anda.

Informasi ini dapat membantu Anda mengarahkan sumber daya dan upaya pemasaran Anda dengan lebih efektif untuk meningkatkan pangsa pasar dan kesuksesan brand.

4. Memotivasi kegiatan pemasaran

Melihat share of voice yang meningkat seiring berjalannya waktu dapat menjadi sumber motivasi bagi tim marketing Anda. Hal ini akan membantu membangun kepercayaan dan semangat di antara anggota tim, karena mereka melihat dampak positif dari upaya mereka dalam memperkuat brand dan mengalahkan kompetitor.

Dengan memahaminya dan memantau perubahan dalam pangsa suara brand Anda seiring berjalannya waktu, Anda dapat mengambil tindakan yang diperlukan untuk mempertahankan kehadiran brand yang kuat dan bersaing dengan efektif dalam pasar atau industri tertentu.

Baca juga: Apa itu Google Data Studio? Ini Pengertian dan 6 Kelebihan Utamanya

Cara Menghitung Share of Voice

accurate.id gambar share of voice-3

Untuk menghitung metrik ini, Anda perlu mengumpulkan data eksposur brand Anda dan kompetitor Anda dalam pasar atau industri tertentu. Berikut adalah langkah-langkah untuk menghitungnya:

1. Tentukan metrik eksposur

Pertama, Anda perlu menentukan metrik eksposur yang akan Anda gunakan untuk mengukur share of voice. Metrik ini dapat berupa jumlah iklan yang ditayangkan, jumlah artikel atau posting media sosial yang memuat brand Anda, jumlah tayangan video, atau metrik lainnya yang relevan dengan industri atau pasar Anda.

2. Kumpulkan data eksposur brand

Selanjutnya, kumpulkan data eksposur brand Anda dan kompetitor Anda dalam periode waktu tertentu. Anda dapat mengumpulkan data ini melalui berbagai sumber, seperti platform periklanan, alat analitik media sosial, atau melalui survei dan penelitian.

3. Hitung total eksposur brand

Jumlahkan total eksposur brand Anda dan kompetitor Anda dalam periode waktu yang sama. Pastikan untuk menggunakan metrik eksposur yang sama untuk konsistensi.

4. Hitung Share of Voice

Bagi jumlah eksposur brand Anda dengan jumlah total eksposur untuk mendapatkan persentase share of voice. Berikut ini adalah rumusnya:

Share of voice brand Anda = (Jumlah eksposur brand Anda / Total eksposur brand dalam pasar) x 100%

Share of voice kompetitor = (Jumlah eksposur kompetitor / Total eksposur brand dalam pasar) x 100%

Anda dapat mengulangi langkah ini untuk setiap kompetitor yang relevan.

5. Analisis dan interpretasi

Setelah menghitung share of voice, Anda harus melakukan analisis hasilnya. Bandingkan share of voice brand Anda dengan kompetitor dan perhatikan perbedaannya.

Apakah Anda memiliki pangsa suara yang lebih besar atau lebih kecil dibandingkan dengan kompetitor? Apakah ada tren perubahan share of voice dari waktu ke waktu? Hal ini akan memberikan wawasan tentang kehadiran brand Anda dalam pasar dan sejauh mana Anda berkompetisi dengan kompetitor.

Penting untuk diingat bahwa metrik ini hanyalah satu metrik dalam pengukuran keberhasilan pemasaran dan pengembangan brand.

Penting juga untuk menggabungkan analisis share of voice dengan metrik lainnya, seperti pangsa pasar, brand awareness, dan kepuasan pelanggan, untuk mendapatkan pemahaman yang lebih lengkap tentang posisi brand Anda dalam pasar atau industri.

Baca juga: Apa itu Repurchase Rate? Ini Pengertian dan 3 Tips Ampuh untuk Meningkatkannya

Penutup

Jadi, share of voice adalah metrik yang digunakan untuk mengukur seberapa besar kehadiran brand Anda dalam pasar atau industri tertentu dibandingkan dengan kompetitor Anda.

Dengan mengetahuinya, Anda dapat mengukur efektivitas kampanye pemasaran, mengidentifikasi peluang dan ancaman pasar, menilai keberhasilan kampanye periklanan, membantu pengambilan keputusan strategis, dan memotivasi kegiatan pemasaran.

Untuk menghitungnya, Anda perlu mengumpulkan data eksposur brand Anda dan pesaing dalam periode waktu tertentu, menggunakan metrik eksposur yang relevan. Setelah itu, Anda dapat menghitung persentase share of voice dengan membagi jumlah brand exposure Anda dengan total eksposur di pasar atau industri tersebut.

Share of voice bukanlah satu-satunya metrik yang perlu diperhatikan, tetapi dapat memberikan wawasan penting tentang posisi brand Anda dalam pasar dan sejauh mana Anda berkompetisi dengan kompetitor.

Dengan memahami dan memantau share of voice secara teratur, Anda dapat mengambil tindakan yang diperlukan untuk meningkatkan kehadiran brand Anda dan mempertahankan atau meningkatkan pangsa pasar Anda.

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk memastikan keberhasilan bisnis adalah dengan mencatat setiap pemasukkan dan pengeluaran yang terjadi pada bisnis Anda. Namun jika Anda kesulitan untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, maka setiap pemasukkan dan pengeluaran akan tercatat secara otomatis dan Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang Anda butuhkan secara tepat dan akurat.

Jadi, ayo segera coba dan gunakan Accurate Online sekarang juga dengan klik tautan gambar di bawah ini sekarang juga.

Accurate footer image blog manajemen

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

10 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!